Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Manfaat Dan Cara Kerja Air Mawar Untuk Kulit
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Maret 22, 2016, 09:00:55 PM »

Rahasia kecantikan dengan menggunakan air mawar, sudah ada sejak jaman dahulu dan mungkin tidak terdengar asing lagi. Bagi para wanita mungkin sudah banyak yang mengetahui kalau air mawar memiliki banyak manfaat. Air mawar adalah salah satu rahasia cantik yang membuat seorang wanita cantik alami hal itu yang membuat kita sering mendengar nenek kita sangat memuji khasiat dari air mawar ini.

Air mawar dan minyak mawar adalah salah satu perawatan kulit dan perawatan produk tertua. Dulu, air mawar sering ditambahkan ke bak mandi untuk mengobati kondisi kulit ringan. Untuk itu, saat ini banyak produk kecantikan yang berlomba-lomba menggunakan dan memanfaatkan air mawar.

Berikut manfaat dan cara kerja air mawar untuk kulit Anda.


1. Mengatasi Iritasi Pada Kulit

Sifat anti-inflamasi pada air mawar dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit yang kemerahan karena iritasi.


2. Menyegarkan Kulit Berjerawat

Air mawar membantu membersihkan minyak dan kotoran menumpuk di pori-pori tersumbat . Bila Anda memiliki kulit yang berjerawat, gunakan air mawar sebagai cairan yang melembutkan, mengurangi peradangan dan antiseptik. Kulit yang kemerahan akan hilang dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Cukup rajin membasuh wajah Anda dengan air mawar 2 kali sehari.

Hal ini juga berlaku setelah anda facial. Menggunakan air mawar setelah facial akan menutupi pori-pori yang terbuka sehingga mengurangi kemerahan sehabis facial.


3. Mengatasi Kulit Kering dan Sensitif

Air mawar alami bisa memberikan lapisan yang melembabkan pada kulit. Cocok bagi Anda yang punya kulit kering dan sensitif. Juga bisa mengatasi eczema, dermatitis, lecet atau luka bakar. Gunakan air mawar seperti menggunakan toner pada saat yang diperlukan.


4. Mencerahkan Wajah

Ingin wajah yang lebih cerah dan segar? Coba gunakan air mawar yang kaya akan vitamin A dan E. Celupkan kapas dan tepuk-tepuk di kulit. Air mawar dengan suhu yang dingin bisa membantu membuat kulit Anda nampak cerah dan segar.


5. Mencegah Penuaan

Air mawar yang mengandung Rose Hip Seeds memiliki 8 kali vitamin C yang lebih banyak dan bisa menjadi salah satu sumber anti oksidan. Kulit jadi lebih elastis dan jauh dari kerutan. Larutan air mawar jenis ini bisa menutrisi hingga jauh ke dalam lapisan kulit.


6. Mengencangkan kulit

Selain membersihkan wajah, air mawar juga seringkali digunkan setelah facial untuk menutup pori-pori yang sebelumnya terbuka. Gunakan air mawar untuk mengencangkan kulit, mengurangi kemerahan dan wajah Anda akan segar kembali.


7. Aroma yang menenangkan

Aroma bunga mawar dapat juga digunakan sebagai mood booster. Mencium aroma bunga mawar dapat menenangkan suasana hati yang cemas dan perlahan-lahan akan menjadi lebih santai. Karena itu air mawar bisa membantu Anda tidur lebih baik yang berarti Anda akan bangun pagi dengan perasaan segar.


8. Menyegarkan Mata

Air mawar bisa membantu menyegarkan area mata yang kehitaman akibat kurang tidur atau kelelahan. Cukup kompreskan kapas yang telah dicelupkan ke dalam air mawar selama yang Anda perlukan.


9. Menyehatkan Rambut

Air mawar bisa membantu pertumbuhan rambut. Selain bisa membersihkan dan menjadi antiseptik juga bisa mengatasi kulit kepala yang iritasi. Kulit kepala yang tadinya kering, kotor dan berketombe, bisa bersih hanya dengan menggunakan air mawar.


10. Mengurangi Garis Bekas Pakaian Dalam

Apakah Anda mengalami tanda merah bekas pakai pakaian dalam? Coba kurangi dengan menggunakan kompresan air mawar. Selain bisa mengurangi bekasnya, juga bisa membantu menghilangkan bekas kemerahan yang ada pada kulit.


11. Penggunaan Air Mawar Terbaik Pada Malam Hari

Cara terbaik dan termudah untuk menggunakannya adalah dengan menerapkannya pada malam hari. Karena akan membantu menghapus semua kotoran yang telah terkumpul di wajah Anda sepanjang hari.


Banyak sekali bukan manfaat air mawar yang baik bagi Anda? Tak ada salahnya nih menambahkan air mawar sebagai rutinitas kecantikan Anda.



Sumber Artikel: http://www.catatanistri.com/
92
Artikel tentang Tanaman Hias / Nusa Indah: Cantik Dengan Beragam Warna
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Maret 22, 2016, 08:20:08 PM »

Bunga yang satu ini sempat menjadi buah bibir di era 70-an. Kini, ia hadir lagi dengan "penampilan" baru, satu batang pohon dengan bunga beraneka warna.

Bunga satu ini namanya berkibar di era 70-an. Di halaman rumah, kantor, atau hotel dan sebagainya terlihat tanaman perdu yang rimbun dengan bunga merah yang menawan hati. Apalagi tanaman ini cukup mudah ditanam, sehingga dalam tempo cepat berkembang ke mana-mana. Ketika itu boleh dibilang booming-nya bunga nusa indah, yang dikenal pula dengan sebutan cangkok mas atau daun putri.

Bagaimana kabar nusa indah sekarang? Dewasa ini, orang lebih suka satu pohon dengan banyak warna bunga atau jenis buah. Misalnya satu batang pohon mangga dengan tiga jenis buah mangga yang berbeda, atau satu batang tanaman bougenvil dengan ragam warna bunga merah, putih, kuning, orange, dan sebagainya. Ada juga satu batang kamboja Jepang dengan bunga merah, putih, kuning, dan sebagainya. Tak ketinggalan tanaman nusa indah, satu batang dengan bunga berwarna merah, putih dan orange.


Tempat Terbuka

Tanaman nusa indah (Mussaenda Erythrophylla) bukan asli dari negeri kita. Asalnya dari Kongo dan termasuk famili Rubiaceae yang tergolong tanaman perdu. Tinggi batangnya mencapai 2 - 3 meter dengan banyak ranting, berdaun tunggal namun rimbun, duduk daun berhadapan, bertangkai, dengan bentuk daun bulat telur hingga lanset dan ujungnya runcing.

Jika diamati, yang tampak seolah-olah seperti bunga ­ warna putih, merah jambu dan orange, dan merah terang ­ sesungguhnya adalah kelopak daun. Bunga yang sesungguhnya muncul di balik kelopak daun, berwarna putih dengan benang sari kuning. Namun, sering orang salah kaprah, kelopak daun itulah yang telanjur disebut-sebut sebagai bunganya. Ada bunga berwarna merah mencolok, orange, putih ­ yang nantinya direkayasa akan tumbuh mekar dalam satu batang nusa indah.



Bunga nusa indah betina steril, bertangkai putih panjang, dan sedikit menonjol di luar leher mahkota bunga. Sedangkan bunga jantannya bercabang, dengan panjang 3-5 mm. Bunga ini makin lama menjadi buah yang berbentuk bulat memanjang dan ujungnya berparuh.

Tanaman nusa indah sangat cocok ditanam di tempat terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Bisa saja ditanam di tempat terlindung, dan masih bisa berbunga, namun kondisi bunganya kurang cerah dan kecil-kecil. Tak heran jika nusa indah lebih pas dihadirkan di halaman rumah. Bisa juga ditanam dalam pot, lalu diletakkan di teras rumah. Sesekali (sekurang-kurangnya 3 hari sekali), keluarkan dari teras untuk menikmati sinar matahari.



Sumber Artikel: http://nostalgia.tabloidnova.com/
93
Obrolan Ringan / Manfaat Bawang Putih Tunggal/lanang untuk Kesehatan
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Maret 21, 2016, 01:18:44 AM »

Bawang putih secara umum telah dikenal mengandung zat-zat tertentu yang secara klinis sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan, terutama minyak atsiri yang bersifat antibakteri dan senyawa allicin yang bersifat anti kolesterol sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan darah tinggi. Namun kalau untuk dimanfaatkan sebagai herbal, bawang putih yang baik adalah jenis bawang lanang atau bawang tunggal karena kandungan-kandungan senyawa berkhasiat obat lebih banyak hingga 5 kali lipat daripada bawang biasa. Lalu apakah bawang lanang, bagaimana ciri, dan cara mendapatkannya?

Untuk membedakan antara bawang lanang dan bawang biasa cukup mudah. Ciri khas bawang tunggal adalah hanya terdiri dari 1 siung dalam satu tangkai tanaman berwarna lebih putih dan berbentuk bulat/oval, sementara kalau bawang biasa dalam satu tanaman bisa terdiri dari banyak siung bawang yang bisa dipisah-pisahkan. Tentu saja penjual sudah paham betul akan kedua jenis bawang ini, dan siap untuk menyiapkannya kepada Anda jika ingin membeli khusus bawang lanang.

Bawang putih  merupakan sayuran yang sangat bergizi dengan sedikit kandungan kalori, mengandung jejak nutrisi yang berkontribusi kuat bagi kesehatan dan bersifat obat. Hal ini merupakan baha obat dan suplemen alam alami yang baik yang dapat memperkuat fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Orang dewasa yang sehat bisa dengan aman mengkonsumsi bawang putih hingga empat siung setiap hari masing-masing dengan berat 4 gram, menurut University of Maryland Medical Center.

Efek memperkuat tubuh dari rempah ini dianggap karena bahan allicin aktif yang dikandungnya. Zat ini adalah yang memberikan bau dan rasa yang khas pada bawang putih. Tak peduli Apakah Anda mengkonsumsi bawang putih lanang yang masih segar, sudah di ekstark, atau dalam bentuk suplemen, semuanya bisa bermanfaat untuk kesehatan yang optimal.


Berikut Beberapa Manfaat Utama Bawang Putih untuk Kesehatan


1. Mengobati Jerawat
Jika Anda ingin menggunakan cara alami untuk membasi jerawat? Anda dapat menggunakan bawang putih karena sebagai pengobatan topikal untuk menyingkirkan noda jerawat. Allicin, merupakan senyawa organik dalam bawang putih yang juga memiliki kemampuan untuk menangkal efek merusak dari radikal bebas dan mematikan bakteri, menurut sebuah studi 2009 yang dipublikasikan dalam jurnal Angewandte Chemie. Dalam bentuk yang membusuk – asam sulfenic – allicin akan menghasilkan reaksi cepat dengan radikal bebas, yang membuatnya menjadi obat yang baik untuk mengobati bekas jerawat, penyakit kulit, dan alergi.


2. Merawat rambut rontok

Bawang putih bisa membantu dalam pengobatan masalah rambut rontok. Kandungan sulfur yang sangat tinggi bawang putih mengandung keratin(jenis protein yang membuat rambut). Ini merangsang fortifikasi dan pertumbuhan. Sebuah studi pada tahun 2007 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venerology dan Leprology menemukan bahwa penggunaan gel bawang putih yang  ditambahkan pada terapi betametason valerat topikal untuk pengobatan alopecia areata,  bisa efektif mendorong pertumbuhan kembali rambut.


3. Mengobati flu biasa

Allicin dalam bawang putih bisa berguna membantu memulihkan kesehatan selama masa sakit. Rene Ficek, seorang ahli diet dan ahli gizi yang memimpin di Seattle Sutton’s Healthy Eating mengatakan   “Satu siung bawang putih mengandung jumlah allicin yang sehat, namun Anda mungkin masih memerlukan beberapa siung per hari untuk dapat merasakan efeknya. “. Suplemen bawang putih juga dapat digunakan untuk menangkal virus.

Sebuah studi pada tahaun 2001 yang diterbitkan dalam Advances In Therapy  menemukan bahwa konsumsi suplemen bawang putih setiap hari dapat mengurangi angka pilek sebesar 63 persen jika dibandingkan dengan tidak mengonsumsi suplemen. Selain itu, rata-rata lama gejala pilek juga berkurang menjadi 70 persen pada kelompok yang mengambil suplemen bawang putih. Temuan ini menunjukkan allicin yang terkandung dalam suplemen bawang putih memiliki efek perlindungan tubuh terhadap flu biasa.


4. Menurunkan Tekanan Darah

Suplemen bawang putih sehari dapat membantu menjaga tekanan darah untuk tetap stabil. Senyawa aktif bisa secara signifikan mengurangi tekanan darah yang sebanding dengan efek obat yang diresepkan. Antara 600 sampai 1.500 miligram ekstrak bawang putih diketahui sama efektifnya dengan obat atenolol diresepkan untuk mengobati hipertensi dalam periode 24 minggu menurut sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Pharmaceutical Sciences Pakistan.

Bawang putih dipercaya mengaktifkan produksi endotelium (asal faktor relaksasi), karena mengandung tinggi polysulfides  – mengandung molekul sulfur. Hal ini akan menyebabkan relaksasi otot halus dan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah), menyusul kemudian relaksasi otot polos di dinding pembuluh darah. Suplemen bawang putih bisa mencapai efek ini secara efisien tanpa bau mulut yang hebat jika dibandingkan dengan konsumsi bawang putih mentah.


5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Bawang putih dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan total kolesterol LDL. Sebuah studi di tahun 2000 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menemukan efek bawang putih menurunkan kadar kolesterol pada orang dengan kadar kolesterol total.  Suplemen bawang putih dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan pembekuan darah yang akan meningkatkan risiko serangan jantung karena berpotensi mennyumbat arteri.


6. Meningkatkan Kinerja Fisik
Bawang putih dapat membantu meningkatkan kapasitas latihan dan mengurangi kelelahan akibat olahraga. Bawang putih memiliki sejarah dalam budaya kuno untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas kerja buruh. Minyak bawang putih telah terbukti meningkatkan kapasitas latihan pada orang-orang dengan penyakit jantung. Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa peserta dengan penyakit jantung yang mengambil minyak bawang putih selama enam minggu terlihat mengalami penurunan denyut jantung sebanyak 12 persen. Hal ini disertai dengan peningkatan ketahanan fisik mereka selama latihan treadmill.


7. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Bawang putih mengandung nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tulang seperti seng, mangan, vitamin B6, dan vitamin C.  Mangan dalam bawang putih cukup tinggi yang mengandung enzim dan antioksidan yang memfasilitasi pembentukan tulang dan jaringan ikat, metabolisme tulang, dan membantu penyerapan kalsium.

Bawang putih bisa membantu mengurangi kehilangan tulang karena meningkatkan estrogen pada wanita. Sebuah studi di 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Penelitian dalam jurnal tersebut menemukan bahwa minyak bawang putih mampu menjaga kesehatan tulang tikus ketika berada di bawah situasi hipogonadisme. Dengan kata lain, bawang putih mengandung nutrisi yang bertindak sebagai blok pebangun kesehatan dan kekuatan tulang.



Sumber Artikel: http://www.manfaat-kesehatan.com/
94
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Cara Menanam Bunga Lotus
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Maret 21, 2016, 01:04:21 AM »

Bunga lotus adalah tanaman hias yang memiliki habitat di air atau di lumpur. Dalam bahasa Latin, lotus disebut dengan nama Nelumbo nucifera sedangkan dalam bahasa Indonesia bunga lotus juga dinamai dengan nama seroja. Harus diingat bahwa lotus ini berbeda dengan bunga teratai. Bunga lotus berukuran jauh lebih besar dengan kelopak bunga yang lebih lebar dibandingkan bunga teratai. Tangkai bunga lotus cukup panjang, sehingga bunga lotus yang mekar akan jauh dari permukaan air sebagai tempat hidup tanaman lotus.


Dalam hal daun, daun bunga lotus tidak mengambang di air melainkan menjulur di atas permukaan air tanpa menyentuhnya. Sedangkan pada teratai, daunnya mengapung di atas permukaan air.

Tidak seperti bunga teratai yang memiliki berbagai varian warna, bunga lotus hanya terdiri dari dua varian warna. Varian warna untuk bunga lotus terdiri dari warna ungu dan pink. Untuk menanam bunga lotus, dapat memanfaatkan biji atau menggunakan akar rimpang. Manfaat bunga ini adala sebagai hiasan pada kolam yang anda buat di taman. Bunga lotus ini akan lebih indah jika ditanam lebih dari satu buah. Dan saat berbunga kolam anda anda Nampak jauh lebih indah dengan warna merah jambu dari bunga-bunga lotus.


Mari simak beberapa langkah untuk proses penanaman berikut ini:

1. Selain langsung ditanam pada kolam, menanam lotus juga dapat di dalam wadah seperti tempayan. Nantinya media yang digunakan adalah lumpur dan air. Air harus lebih tinggi 15 cm dari permukaan lumpur.
2. Selanjutnya tanam bibit lotus yang berupa akar rampang pada lumpur.
3. Walaupun ditanam di dalam air, lotus tetap akan membutuhkan cahaya matahari langsung untuk proses pertumbuhannya.
4. Karena lotus tumbuh di media yang merupakan air, perlu diperhatikan agar air sebagai media lotus tidak ditumbuhi jentik-jentik nyamuk atau hama lainnya yang dapat berasal dari air.

Rawat lotus yang sudah melewati cara menanam bunga lotus di atas secara teratur agar lotus dapat segera berbunga.



Sumber Artikel: http://flowerian.com/
95
Artikel tentang Tanaman Hias / 6 Jenis Bunga yang Perlu Ada di Taman Rumah Anda
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Maret 20, 2016, 11:27:08 PM »

Membangun taman rumah bukanlah perkara mudah, perlu perhitungan matang agar taman rumah sesuai dengan fungsinya, sebagai sarana penghilang rasa lelah setelah beraktivitas. Bukan hanya dari segi penataan dan teknik menanam, Anda juga perlu selektif dalam memilih tanaman.

Banyak orang belum menyadari pentingnya menanam tanaman bunga di taman rumah. Tanaman bunga menjadi bagian penting bagi taman, memberikan lahan khusus untuk tanaman bunga merupakan suatu keharusan. Pasalnya tanaman bunga merupakan pemanis taman yang perlu mendapatkan porsi lahan yang lebih. Seperti dilansir dari themysteriousworld, berikut 6 tanaman bunga yang perlu ada di dalam taman rumah Anda.

1. Lobelia


Selain memiliki warna dan bentuk bunga yang menawan, Lobelia merupakan bunga yang mudah tumbuh dan berbunga tiap tahun. ada sekitar 300-400 jenis lobelia di dunia, dengan memiliki variasi warna yang banyak, seperti biru, kuning, ungu, putih, dan merah jambu. Meski memiliki variasi warna yang banyak, pecinta bunga lebih memilih warna ungu dan biru untuk ditanami di taman rumah mereka.
Lebih dari bentuk dan warnanya yang menawan, bunga Lobelia juag dipercaya mampu mengobati berbagai gangguan medis, seperti asma dan gangguan otot.

2. Begonia


Untuk lahan taman rumah yang terbatas, menanam Begonia merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya tanaman bunga jenis ini bisa tumbuh dengan baik hanya dengan menanamnya di dalam pot gantung. Jenis bunga ini juga memiliki variasi warna yang banyak, lebih dari itu bibitnya juga sangat mudah ditemukan. Ada satu tips saat menanam begonia, Anda perlu drainase tanaman yang baik, tanah yang subur, sinar matahari yang cukup.

3. Lantana


Lantana merupakan jenis bunga yang mekar sepanjang musim panas dan musim gugur. Bunga yang dikenal memiliki variasi warna yang beragam ini memiliki ukuran kelopak kecil namun tumbuh secara berkelompok. Karena sifatnya yang tumbuh berkelompok, Lantana sangat cocok jika ditanam dengan cara digantung.

4. Fuchsia


Jika Anda tertarik menanam Fuchsia di taman rumah, pastikan Anda orang yang rajin untuk menyiramnya. Pasalnya bunga jenis ini hanya tumbuh di daerah yang lembab dan dingin. Perawatan dengan pemupukan tiap dua minggu sekali sangat diperlukan untuk pertumbuhan bunga yang sehat. Periode mekar Fuchsia bervariasi, dalam kondisi normal, bunga ini mekar pada Maret dan April.

5. Sweet Alyssum


Sweet Alyssum merupakan bunga yang mekar tiap tahun dan menghasilkan kelompok kecil bunga-bunga yang menawan. Hadir dalam beragam warna, seperti putih, merah muda, ungu, kuning dan ungu, bunga ini memiliki aroma yang khas.

Sweet Alyssum cocok ditanam sebagai pembatas taman, di antara batu taman, dan dalam wadah yang menggantung sekali pun. Pastikan bunga jenis ini mendapat sinar matahari yang cukup, hal ini sangat penting untuk pertubuhan bunga yang cepat.

6. Petunia


Ada 35 jenis bunga Petunia yang tumbuh di dunia, dan semua jenisnya layak untuk ditanam di taman rumah Anda. Selain dapat mekar berulang kali di musim panas, bunga ini juga dapat mengharumkan suasana hari Anda mengingat aroma wanginya yang kuat. Cascadia dan Surfinia merupakan bunga jenis Petunia terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda.



Sumber Artikel: http://news.lewatmana.com/
96
Obrolan Ringan / Jauhkan Tanaman Hias Ini Dari Jangkauan Anak-Anak dan Keluarga Anda!
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Maret 16, 2016, 11:28:23 PM »

Silahkan perhatikan tanaman hiasan yang satu ini betul-betul, anda akan langsung menyadari bahwa anda sering melihatnya bukan, atau munkin ada di pekarangan rumah anda. Di Indonesia tanaman ini umum disebut beras wutah, namun bisa disebut juga dengan tanaman sri rejeki, dumb cane, pisang tanah dll. Untuk nama ilmiahnya adalah Dieffenbachia amoena.


Jika anda masih menyayangi anak-anak dan keluarga anda, musnahkan pohon hiasan ini segera, atau jauhkan darijangkauan anak-anak. Sekiranya anda menanam pohon di rumah, menaruhnya di ruang tamu, pastikan selepas membaca posting ini segera pindahkan pohon ini ke tempat yang jauh dari anak-anak anda.

Pohon hiasan ini adalah jenis tumbuhan yang sangat beracun, dapat mengakibatkan kematian sekiranya anak anda menggigit dan menelan daunnya. Kandungan racun yang kuat pada tanaman ini mampu membunuh kanak-kanak dalam waktu kurang dari 1 menit. Sedang pada orang dewasa racunnya dapat menyebabkan kematian kurang dari 15 menit. Bayangkan betapa kuatnya racun yang terdapat pada daun pohon ini. Jika mengenai mata, racun atau getahnya dapat menyebabkan kebutaan.


Anak-anak yang suka menggigit-gigit benda terutama yang berumur 1 sampai 3 tahun yang tidak tahu apa-apa mungkin saja memetik daun pohon hiasan ini jika anda letakkan diruang tamu atau teras depan rumah anda, jadi segera pindahkan jauh jauh.

Reaksi awal racun ketika menggigit daun tanaman ini adalah lidah anda akan membengkak dan dengan segera mengganggu pernafasan anda. Ini akan menyebabkan kematian kerana dada anda terasa sesak dan tidak dapat bernafas.

Tanaman satu ini sering terdapat di kanor-kantor pemerintahan dan sekolah-sekolah sebagai hiasan kerana daunnya yang terlihat bagus. Tanaman ini berasal dari Kenya , Rwanda dan Uganda. Senang tumbuh di iklim tropis. Daunnya yang besar dan hijau menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi kaum ibu.



Sumber Artikel: http://www.kuncitips.com/
97
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Cara Menanam Bunga Viola, Si Ungu Berkhasiat
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Maret 16, 2016, 10:57:38 PM »

Sudah tahukah anda jika beberapa tanaman hias yang dapat kita budidayakan di halaman atau pekarangan rumah ternyata dapat digunakan pula untuk keperluan lain. Fungsi lain tanaman hias tersebut misalnya untuk mengobati ataupun mencegah penyakit-penyakit tertentu, dan ada juga tanaman hias yang beberapa bagian tanamannya bisa kita konsumsi secara langsung. Namun memang, tidak semua tanaman hias dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang sudah disebutkan tadi, hanya beberapa saja, bunga viola adalah satunya.


Teknik dan Cara Menanam Bunga Viola

Tips Cara Menanam Bunga Viola

Viola atau sering juga disebut violet merujuk pada warna bunganya, sering dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan dan bunganya juga dapat dikonsumsi serta memiliki rasanya yang enak pula. Bunga dari tanaman bunga violet ini berwarna ungu, selain itu wanginya sangat harum khas violet sehingga sangat cocok untuk menghiasi taman atau halaman rumah anda. Jika biasanya orang enggan menanam tanaman hias dikarenakan perawatannya yang sulit, tidak demikiannya dengan violet karena perawatannya cukuplah mudah bahkan bagi pemula sekalipun. Untuk anda yang tertarik menanam bunga viola, berikut teknik dan caranya:

1) Syarat viola dapat tumbuh dengan baik yaitu apabila ditanam pada tanah yang memiliki tingkat pH sekita 6 hingga 7,5. Keasaman atau pH tanah yang tidak sesuai akan membuat warna bunga viola yang keunguan akan tampak berwarna ungu pudar.

2) Viola juga harus cukup terkena cahaya matahari. Cahaya matahari yang diperlukan untuk tumbuhnya viola adalah cahaya matahari yang tidak langsung. Jadi, jangan tempatkan viola di area yang dapat terkena matahari langsung karena viola sangat tidak tahan terhadap panas dari terik matahari.

3) Jika menanam viola dengan menggunakan bijinya sebagai benih, maka butuh penyemaian terlebih dahulu sebelum bibit tersebut ditanam pada media tanam. Harapan hidup benih-benih yang berupa biji ini akan sangat kecil jika langsung ditanam pada pot.

Nah demikian cara menanam bunga viola yang dapat anda lakukan, sirami secara rutin agar viola tetap segar dan tidak layu.



Sumber Artikel: http://flowerian.com/
98
Artikel tentang Tanaman Hias / Ini Lho 3 Tanaman Hias yang Bawa Hoki di Tahun 2016
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Maret 16, 2016, 10:46:12 PM »
Oleh: Suciati



Memiliki tanaman hias di perkarangan rumah tentunya bisa membuat Anda lebih rileks hanya dengan melihatnya saja. Namun, sebaiknya Anda jangan salah memilih jenis tanaman yang menurut feng shui bisa membawa sial.
Dikatakan oleh Konsultan Spiritual, Roy Kiyoshi, tanaman yang membawa sial adalah tanaman yang dikerdilkan atau yang biasa disebut mini bonsai.


"Tanaman hias yang dikedilkan itu sebaiknya jangan kita pelihara karena menurut fengshui bisa membuat bisnis kita macet. Bagi orang yang mengerti fengshui dia sudah tahu bahwa tanaman itu tidak boleh ada disekitar rumah kita," ungkap Roy saat Jitunews.com menyambangi kediamannya di kawasan Jakarta Barat.

Sedangkan bicara soal tanaman yang menguntungkan di tahun 2016 ini menurut Roy adalah tanaman bambu air yang memiliki ruas banyak. Roy mengungkapkan bahwa tanaman tersebut bisa membawa nuansa kedamaian bagi pemiliknya. Sebaiknya tanaman ini juga diletakkan di ruang keluarga atau tempat dimana keluarga biasa berkumpul.


"Bambu air ini bisa membawa semacam suasana damai, menyejukkan dan sangat hoki di tahun Monyet Api. Dalam tanaman tersebut dibawahnya terdapat air yang harus kita siram dan diganti. Air sendiri melambangkan kemakmuran, kedamaian juga dan bisa menyerap segala macam energi yang negatif," ucap Roy.

Dengan tegas Roy menambahkan jika tanaman bambu air ini jangan di letakkan di kamar tidur karena bisa menyebabkan keborosan dalam hal keuangan. Selain itu, sebaiknya tanaman ini jangan lebih dari satu.
"Tanaman apa pun termasuk tanaman bambu air ini sebaiknya jangan taruh dikamar karena bisa menyebabkan kebocoran dalam bidang uang dan tanaman ini sebaiknya satu saja karena dalam feng shui harus seimbang tidak boleh banyak dan sedikit," jelasnya.

Roy menambahkan bahwa tanaman lain yang bisa membawa energi positif adalah melati dan anggrek putih.


Sumber Artikel: http://www.jitunews.com/
Sumber Gambar: www.obunga.com, http://www.bonsaiempire.com/, http://tiperumah.com/, http://tempatbeli.aalil.com,
99
Obrolan Ringan / Manfaat Daun Binahong dan Khasiatnya
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Maret 14, 2016, 03:24:47 AM »

Binahong? Pada tidak kenal? Bagaimana dengan Gondola. Ya, binahong banyak dikenal dengan nama Gondola di Indonesia. Manfaat daun binahong tidak pernah bohong lho. Banyak yang sudah membuktikannya bagi yang paham dengan khasiat alias manfaat daun binahong ini. Sekarang masalahnya, maukah kita mengetahui manfaat daun binahong ini? Di sini kita akan bahas dengan terperinci.

Daun binahong memiliki nama latin Bassela Rubra Linn. Tanaman satu ini memiliki bentuk daun yang melengkung dengan bentuk bagian yang dekat dengan batang menyerupai hati. Tanaman satu ini dapat hidup di mana saja. Tanaman ini bisa hidup di dataran rendah, dan juga dataran tinggi. Bagi kita yang tertarik menanam nantinya bisa dengan mudah memetik hasilnya. Tanaman satu ini lumrah ditemukan di Cina, madagaskar, dan Korea. Demikian pula dengan Indonesia. Banyaknya tanaman ini sungguh sangat disayangkan apabila tidak dipergunakan dengan baik. Apalagi di beberapa negara, semisal Cina, daun binahong sudah sangat biasa digunakan untuk obat dalam bentuk teh sedari dulu.

Daun binahong punya dua manfaat besar bagi tubuh manusia. Daun binahong dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat kecantikan dan juga kesehatan. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki protein tinggi, anti mikroba, saponis, asam arkobat, dan total fenol. Kandungan-kandungan ini membantu kita dengan banyak penyakit. Berikut kita simak ulasannya:


Manfaat daun binahong untuk kecantikan berfokus pada kulit wajah. Kulit wajah manusia memiliki banyak sekali kendala. Salah satu kendala yang paling mengesalkan terkhusus untuk remaja adalah masalah jerawat. Daun binahong memiliki manfaat emas tentang hal ini. Khasiat daun binahong dapat merontokkan (menghilangkan) jerawat. Hal ini juga termasuk jerawat batu dan membandel yang suka memerah dan menyebabkan bopeng di wajah.

Cara agar kita bisa memuluskan kulit wajah dengan daun binahong adalah dengan cara menghaluskannya dan mengenakannya di wajah yang berjerawat. Selain itu, daun binahong bisa drebus. Hasil rebusan yang sudah mendingin digunakan untuk mencuci wajah sehingga pori-pori kencang. Rebusan daun binahong untuk kecantikan juga bagus dengan cara diminum sehingga wajah akan terlihat cantik berseri. Ini adalah kesempatan emas untuk perawatan yang jauh dari asupan bahan kiamiawi. Khususnya untuk kaum Hawa yang sangat peduli akan kecantikan dan kemulusan wajahnya.


Daun binahong memiliki manfaat untuk kesehatan yang banyak sekali jenisnya. Inilah yang menyebabkan di Cina daun binahong dapat dikatakan popular digunakan. Beragam penyakit diatasi dengan manfaat daun binahong. Mari kita sebutkan banyak di antaranya seperti: lemah syahwat, ambeien berdarah, batuk darah, muntah darah, kencing manis, darah rendah, penyakit paru-paru, luka borok, kencing manis, diabetes, luka borok, patah tulang, gatal-gatal, eksim kulit, radang ginjal, disentri, gegar otak berat dan tingan, menghangatkan tubuh, mimisan, menambah nafsu makan, membuat lancar menstruasi, gusi berdarah, meningkatkan imunitas tubuh, rematik, luka bakar, memar, maag, tipes, luka parut, sakit pinggang, kecelakaan, pembengkakan jantung, pegal linu, stress, pembekuan darah, pembengkakan liver, dan mencegah stroke. Banyaknya dari manfaat daun binahong ini tentu saja sangat panjang jika dibahas semuanya. Beberapa akan dibahas seperti:

1. Mengatasi Gangguan Maag

Maag adalah penyakit yang amat menganggu aktivitas manusia sehari-hari. Sehari-harinya dengan banyaknya pergerakan, dibutuhkan tubuh yang fit. Cara mendapatkan tubuh fit adalah dengan menjaga kantong nasi tetap terjaga sehingga kita dengan mudah dapat melahap berbagai makanan. Sayangnya, jika terkena maag, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sakit dan justru menganggu kegiatan.

Pada kasus yang parah, orang yang mengalami maag bisa mengalami opname dan juga mengeluarkan keringat dingin. Penting sekali mengatasi maag ini. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan Khasiat daun binahong. Daun binahong direbus dan kemudian setelah cukup dingin, air rebusan daun binahong diminum. Air rebusan harus diminum rutin. Ketika sudah diminum rutin, niscaya gangguan maag akan berkurang.

2. Meredakan Kolesterol

Ketakutan terbesar orang hari ini salah satunya adalah masalah kolestrol. Kolestrol yang terlalu tinggi akan menganggu peredaran darah. Peredaran darah yang tidak lancar jelas akan menyebabkan penumpukan. Penumpukkan kolesterol ini lambat laun akan mengundang banyak penyakit. Manfaat Daun binahong dengan senyawanya yang kuat bisa mengurangi alias meredakan kolesterol. Caranya sederhana sekali. Cukup rebus beberapa lembar daunnya dengan air secukupnya. Air rebusan yang dirasa sudah cukup susut dan kental dengan esens daun binahong tinggal diminum saja setelah cukup dingin.

3. Mengurangi Asam Urat

Asam urat yang dihasilkan tubuh ternyata bisa berlebihan dan menumpuk di sendi. Setelah menumpuk di sendi, ini akan menganggu aktivitas kita lambat laun. Semakin lama dibiarkan, akan emmbentuk kristal yang menyebabkan kelumpuhan jangka panjang. Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan bagitu saja. Cara utama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan daun binahong. Baca juga khasiat dan manfaat daun sukun.

Daun binahong yang sudah dipetik digunakan dalam rebusan. Air rebusan ditunggu susut setelah daun binahong dimasukkan. Setelah cukup dingin, minumlah si air rebusan. Peminuman tidak bisa langsung menyembuhkan atau mengurangi asam urat jika hanya sekali atau tidak rutin. Maka dari itu, sangat penting meminum daun binahong secara rutin agar manfaatnya untuk kesehatan bisa terasa.



Sumber Artikel: http://www.manfaatbuahdaun.com/
100
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Cara Menanam Bunga Petunia
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Maret 14, 2016, 03:04:36 AM »

Apakah anda pernah mendengar nama bunga ‘petunia’? Bunga petunia ini sebuah bunga yang indah dengan bentuknya yang menyerupai terompet. Dengan perpaduan warna ungu dan putih serta ukurannya yang kecil menjadikan petunia ini sebagai bunga yang cocok untuk ditempatkan di pot gantung.

Sebagai alternative lain, anda juga dapat menempatkan bunga di balkon rumah anda. Sehingga ini akan sangat menyegarkan mata anda jika anda sedang bersantai-santai sore di balkon rumah anda. Ingin menanam bunga petunia? Tunggu dulu, lihat apakah lingkungan tempat anda tinggal termasuk tempat yang baik untuk hidup bunga petunia ini.

Bunga petunia ini berasal dari daerah pegunungan. Sehingga, jika anda berada di dataran rendah, mungkin lingkungan and bukanlah tempat yang cocok untuk tumbuhnya si bunga cantik ini. Untuk menanam bunga kecil nan cantik ini, anda bisa menanamnya dengan bibit berupa benih.


Cara Menanam Bunga Petunia – Penyemaian

Jadi, nantinya anda perlu melakukan penyemaian dulu terhadap benih petunia ini. Dengan penyemaian maka kita dapat mengantisipasi jikalau bibit-bibitnya ada yang mati maka kita masih bisa menggantinya dengan yang baru.

Ketika penyemaian, hindarkan benih petunia yang sudah disemai dari jangkauan sinar matahari langsung. Bunga petunia ini akan sangat tidak tahan dengan panas sinar matahari secara langsung.

Jadi, tempatkan penyemaian petunia di area yang lembab. Jaga pula suhu area penyemaian agar tetap dengan suhu yang cukup sejuk agar benih petunia dapat tumbuh menjadi kecambah.

Setelah petunia ini berubah menjadi kecambah, anda selanjutnya harus menyiapkan media untuk menanam petunia. Siapkan pot dengan ukuran yang anda kehendaki, dapat juga menggunakan pot gantung.


Cara Menanam Bunga Petunia – Media Tanam

Setelah itu, masukan media tanam berupa tanah gembur, arang sekam serta dicampur dengan pupuk kandang ataupun pupuk kompos. Media yang subur akan sangat baik untuk tumbuhnya bunga petunia.

Untuk menyiram, anda dapat melakukan penyiraman dua kali satu hari yaitu pada pagi dan sore hari. Namun ketika cuaca sangat panas, anda dapat menambah jadwal penyiraman dari tiga hingga empat kali dalam satu hari. Ini dilakukan agar tanah sebagai media petunia tumbuh ini tidak mongering.

Tanah tersebut nantinya tetap gembur dan tetap bisa menjadi tempat tumbuh yang baik untuk akar-akar bunga petunia. Untuk tumbuh menjadi petunia besar, dibutuhkan waktu paling tidak lima hingga enam bulan. Dan setelah itu petunia pun akan berbunga.
 
Demikian Cara Menanam Bunga Petunia, Selamat mencoba.



Sumber Artikel: http://flowerian.com/
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia