Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Makanan Penurun Kolesterol
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Mei 01, 2014, 08:50:29 PM »
Kata Kolesterol mungkin sudah tidak tidak asing di telinga kita. Tahukah anda, kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama lipid. Sebagai lemak tubuh, kolesterol ternyata memiliki berbagai fungsi di dalam tubuh kita. Tapi jika kadar kolesterol dalam darah mengalami kenaikan atau tinggi. Maka hal itu dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh. Berbagai jenis makanan dapat menurunkan kadar kolesterol anda. Lalu, apa saja makanan penurun kolesterol tersebut....???


 Kolesterol memang memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh kita, jika kadar kolesterol dalam tubuh anda normal. Fungsi kolesterol sebagai lemak tubuh yaitu sebagai penyusun struktur pada membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan pada kulit tubuh serta pembentukan vitamin D (bersama sinar UV). Namun bermacam gangguan kesehatan pada tubuh seperti gangguan ereksi, gagal ginjal, serta jantung merupakan akibat dari kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Oleh karena itulah, tips kesehatan kali ini akan mengetengahkan sebuah artikel yang  mungkin bermanfaat bagi pembaca. Sahabat, tips kesehatan, berikut ini 7 makanan penurun kolesterol dalam tubuh anda :

Makanan penurun kadar kolesterol yang pertama yaitu tomat. Meskipun tergolong ke dalam buah-buahan, tomat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Anda dapat membuat tomat menjadi jus tomat yang enak dan minum dua gelas jus tomat sehari  merupakan salah satu langkah terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan yang kedua yaitu buah delima. Buah delima ternyata sangat baik pula untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Manfaat buah delima sendiri yaitu untuk mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.

Makanan berikutnya yaitu alpukat. Buah alpukat ini merupakan salah satu buah-buahan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol yang baik dalam tubuh anda. Karena ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita yaitu kolesterol jahat atau LDL dan kolesterol baik atau HDL.
 Makanan berikutnya yaitu anggur. Buah anggur ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita. Minum dua gelas jus anggur setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Makanan yang kelima yaitu bawang putih. Meskipun tergolong rempah-rempah atau bumbu dapur, namun bawang putih ternyata juga sangat baik untuk menurnkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Usahakan mengkonsumsi satu siung bawang putih perhari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.

Makanan berikutnya yaitu berbagai makanan dari olahan kedelai seperti tahu dan tempe. Kedua makanan tersebut juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Manfaat lain yang dapat kita peroleh yaitu kedua makanan tersebut yaitu kaya akan protein juga.

Makanan yang ketujuh yaitu kacang-kacangan seperti kacang tanah, kenari, almond. Kacang-kacangan tersebut ternyata sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda. Ini dikarenakan kacang-kacangan tersebut banyak mengandung lemak Omega-3 serta antioksidan.
92
Obrolan Ringan / Makanan Pembakar Lemak
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 30, 2014, 02:43:03 AM »
Kebanyakan orang beranggapan, kunci untuk menurunkan berat badan adalah makan kalori lebih sedikit. Namun, sebenarnya tidak sesederhana itu karena ada pula jenis makanan-makanan tertentu yang bisa membantu membakar lemak tubuh.

"Dengan kata lain, menyantap makanan-makanan ini sama pentingnya dengan mengurangi asupan kalori untuk menurunkan berat badan," ujar Jacqueline Silvestri Banks, konselor kesehatan holistik tersertifikasi asal Amerika Serikat.

Ia menjelaskan, beberapa jenis makanan dapat membantu menstabilkan gula darah, mencegah keinginan makan gula, dan menjaga tubuh kenyang lebih lama, bahkan membantu pembakaran lemak. Apa sajakah makanan tersebut?

1. Minyak kelapa
Minyak kelapa dibentuk oleh asam lemak rantai sedang yang dimetabolisme secara berbeda dengan asam lemak rantai panjang yang terdapat di kebanyakan lemak. Asam lemak rantai sedang ini paling utama digunakan sebagai sumber energi tubuh daripada disimpan dalam bentuk lemak.

2. Cuka apel
Diproduksi dari fermentasi sari apel, cuka apel diketahui merupakan sumber mineral, enzim, vitamin, dan asam amino yang baik. Sebuah studi oleh American Diabetes Foundation menemukan, mengonsumsi cuka apel sebelum makan makanan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Lemon
Menurut sebuah studi dalam Journal of the American College of Nutrition, kadar vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh. Orang dengan kadar vitamin C yang cukup mengoksidasi 30 persen lemak selama berolahraga moderat daripada mereka dengan kadar vitamin C yang rendah. Maka, mengonsumsi lemon yang tinggi vitamin C akan membantu Anda membakar lemak lebih banyak.

4. Ikan berlemak
Kaya protein dan asam lemak omega-3, ikan berlemak termasuk salmon atau sarden dapat mendukung upaya pengurangan berat badan. Beberapa bukti mengindikasikan omega-3 yang ditemukan dalam ikan dapat meningkatkan laju metabolisme.

5. "Grapefruit"
Buah ini rendah kalori, tinggi kadar enzim yang menjaga rasa kenyang. Dalam sebuah studi dalam Journal of Medicinal Food, para peneliti menemukan, makan setengah grapefruit segar sebelum makan berkaitan dengan pengurangan berat badan signifikan pada orang obesitas. Makan grapefruit sebelum makan juga signifikan mengurangi kadar glukosa dua jam setelah makan.
93
Obrolan Ringan / Khasiat Alami Bawang Merah
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 29, 2014, 02:26:49 AM »
Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa selalu di Gunakan dalam setiap masakan, bahkan hampir semua penduduk Bumi ini menggunakan Bawang untuk bumbu dapur, namun siapa sangka jika Bawang merah yang selama ini kita gunakan sebagai Bumbu dapur ternyata bermanfaat untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Rambut anda, Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami mencoba membagikan kepada anda artikel Manfaat Bawang Merah untuk Rambut.

Khasiat Bawang Merah

Bawang merah yang memiliki Nama latin Allium cepa L. Kelompok Aggregatum ini merupakan Allium cepa L. Kelompok Aggregtanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakanatum, Nah tanaman ini Konon di Yakini berasal dari Asia tengah dan Juga Asia Tenggara. Nah Sekarang mari kita langsung saja melihat Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan Kulit di Bawah ini.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kulit Kepala

Manfaat Bawang Merah Untuk Mengatasi Ketombe
Pusing dengan ketombe pada rambut yang tidak mau hilang, silahkan gunakan jus bawang merah sebagai solusinya. Dengan mencampur jus bawang merah dengan lemon bisa membantu mengurangi bahkan menghilangkan ketombe pada kulit kepala anda.

Khasiat Alami Bawang Merah Untuk Mengatasi masalah rambut rontok
Kandungan sulfur dalam bawang merah sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu memperkuat rambut

Manfaat Bawang Merah Untuk Membantu menumbuhkan rambut
Gunakan jus bawang pada kulit kepala sambil memijatnya. Cara ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan efek positif terhadap pertumbuhan rambut. Kandungan sulfur juga bisa membantu mengurangi rambut rontok.

Manfaat Bawang Untuk Mengatasi Infeksi pada kulit kepala
Jus bawang merah bisa membantu membuat pori-pori kulit kepala yang tersumbat karena folikel rambut. Manfaat lain jus bawang merah juga bisa membantu menyembuhkan infeksi pada kulit kepala
94
Obrolan Ringan / Adas Dan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 25, 2014, 01:41:49 AM »
Manfaat adas bagi kesehatan sebagai tanaman daun yang mengandung obat telah lama dikenal di Indonesia, tanaman ini bisa tumbuh subur ditanam di daerah dataran rendah  tetapi tanaman adas secara biologi lebih cocok ditanam di daerah  dataran tinggi dengan ketinggian 1.800 meter dari atas permukaan laut. Tanaman adas mempunyai nama ilmial (nama latin) Foeniculum Vulgare Mill, habitat asalnya adalah dari daratan Eropa bagian selatan dan daratan Asia. Karena tanaman adas memiliki banyak manfaat medis maka tanaman ini banyak tumbuh menyebar dan dibudidayakan negara-negara lain Indonesia, Argentina, India, dan Jepang.

Ciri-ciri tanaman Adas
Secara fisik tanaman adas mempunyai tinggi 50 cm – 2 meter, sifat tanaman ini merumpun dan sanggup hidup dengan umur panjang.

Batang, dalam satu rumpun tanaman adas biasanya mempunyai 3 – 5 buah batang, Batang adas mempunyai warna hijau agak kebiruan, batang mempunyai alur dan beruas serta berlubang, batang mempunyai bau wangi bila memar.
Daun, tanaman adas mempunyai letak daun yang berseling dan majemuk, daunnya menyirip ganda dua dengan posisi sirip-sirip yang letaknya menyempit berbentuk jarum, mempunyai bentuk runcing pada ujung dan pangkalnya. Panjang daun kira-kira 30 cm sampai dengan 50 cm, lebar daun 5 cm sampai dengan 7 cm berwarna hijau muda.
Bunga : tanaman adas mempunyai bunga yang berbentuk payung majemuk dengan diameter 5 cm sampai dengan 15 cm. Panjang gagang bunga adas kira-kira 2 mm  sampai 5 mm, kelopak bunga berbentuk tabung dengan warna hijau.
Buah : buah adas berbentuk biji kering yang mempunyai panjang 4 sampai 9 mm, lebar biji 3 samapai 4 mm, jika masih berumur muda mempunyai warna biru kemudian akan berwarna coklat ketika biji berumur tua. Bentuk biji lonjong serta beraroma kuat dan manis. Warna buah adas berbeda-beda berdasarkan negara asalnya.
Tanaman adas menghasilkan minyak adas yang dihasilkan dari proses sulingan serbuk-serbuk buah adas yang sudah matang dan kering. Minyak adas terdiri dari 2 jenis yaitu minyak adas manis dan pahit. Kerena manfaat adas sebagai tanaman herbal mempunyai sifat menyembuhkan maka tanaman ini banyak dijadikan sebagai bahan baku dalam industri pembuatan obat-obatan. Adapun manfaat adas dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, seperti : perut kembung, rasa mual seperti ingin muntah, produksi ASI sedikit, sakit diare, sakit kuning, kurang nafsu makan, sakit batuk, nafas sesak serta asma, dan sebagainya.

Kandungan Kimia Tanaman Adas Dan Efek Farmakologis
Kandungan Kimia Tanaman adas : Tanaman adas mempunyai sifat kimiawi serta efek farmakologis,yaitu adanya bau aromatik yang terdapat pada buah yang masak, mempunyai rasa sedikit manis, pedas dan hangat.  Masuk ke meridian hati, ginjal, limpa serta lambung. Tanaman adas memiliki kandungan kimia antara lain : minyak asiri 1 % – 6 %, kandungan atenol 50 % – 60 %, mengandung  (fenkon, pinen, limonene, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat) sekitar 20 %, serta terdapat kandungan minyak lemak sebesar 12 %. Bagian akar terdapat kandungan bergapten. Terdapat juga kandungan stigmasterin pada akar dan bijinya.

Efek Farmakologis Tanaman adas :

Manfaat adas diantaranya dapat menambah peningkatan gaya peristaltik pada saluran cerna serta dapat merangsang proses pengeluaran kentut (flatus). Dapat menghilangkan adanya gangguan dingin dan dahak. Kandungan komponen-komponen seperti anetol, fenkon, chavicol serta anisaldehid yang terdapat pada minyak adas mempunyai khasiat dapat membuat sejuk pada saluran cerana serta dapat meningkatkan gairah dan rangsangan untuk nafsu makan. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa manfaat adas mempunyai kesamaan dengan akar alang-alang yaitu bersifat deuretik yang bisa di gunakan untuk membantu menghancurkan batu di dalam ginjal.

Manfaat adas pada buah dan daunnya
Berbeda dengan jenis tanaman herbal lainnya seperti tanaman alang-alang dan tanaman akar wangi yang dimanfaatkan dari dari tanaman adas untuk pengobatan adalah bagian buah dan daunnya.

Manfaat buah adas : tanaman adas pada bagian buahnya dapat mengobati beberapa penyakit seperti :

Buah adas dapat mengobati sakit perut (mulas), perut kembung, perasaan penuh pada lambung, perasaan mual, perasaan ingin muntah dan sakit diare.
Dapat mengobati sakit kuning serta meningkatkan nafsu makan.
Dapat mengobati batuk disertai dahak dan mengatasi penyakit sesak nafas (asma)Dapat mengatasi gangguan haid seperti nyeri pada waktu haid atau proses haid yang tidak lancar.
Dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu yang melahirkan.
Dapat mengatasi masalah susah tidur (insomenia)
Dapat mengobati buah zakar turun (orchidoptosis)
Buah adas bisa menngatasi usus turun sampai lipat paha (Hernia inguinalis)
Meredakan pembengkakan pada saluran sperma (epididimis)
Manfaat adas pada penderita batu empedu yaitu dapat mengurangi perasaan nyeri yang diakibatkan adanya batu pada empedu serta bekerja membantu proses penghancuran batu tsb.
Mengatasi penyakit Rematik ( Gout)
Manfaat daun adas : bermanfat pada buahnya tanaman adas juga bisa memberikan manfaat kesehatan pada bagian daunnya.  Adapun penyakit- penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman adas dari daunnya antara lain :

Daun adas bisa mengobati batuk
Mengatasi gangguan perut yang terasa kembung disertai kholik.
Meningkatkan daya penglihatan.
Cara mengolah manfaat adas pada buah dan daunnya
Siapkan buah adas sebanyak kira-kira 3 – 9 gram kemudian direbus dan dikonsumsi dengan cara meminumnya. Buah adas juga bisa digiling terlebih dahulu sampai halus lalu diseduh dengan air yang mendidih diamkan sampai hangat lalu diminum. Pada bagian daunya dapat dimakan langsung sebagai sayuran dengan merebusnya terlebih dahulu.

Untuk pemakaian pada bagian luar, buah adas kering digiling terlebih dahulu sampai menjadi halus kemudian digunakan untuk pengobatan masuk angin dengan meggosokannya pada bagian tubuh.

Cara pengolahan Tanaman adas untuk penggunaan bersama tanaman obat lain
Cara mengolah manfaat  adas untuk batuk
Siapkan sebanyak 5 gram serbuk buah adas , kemudian seduhlah dengan setengah gelas air yang mendidih, diamkan dan tunggu sampai dingin kemudian disaring. Tambahkan madu ke dalam seduhan sebanyak kira-kira 1 sendok, lakukan pengadukan hingga air seduhan tsb merata dan minumlah sekaligus. Cara ini dapat dialkukan rutin 2 kali dalam sehari.
Siapkan kira-kira seperempat genggam daun saga, 2 kuntum bunga kembang sepatu, setengah genggam daun Poko, 10 kuntum bunga tembelekan, 2 siung bawang merah, serbuk adas halus 1 sendok teh, tambahkan juga pulosari kira-kira 1 jari, 1 jari rimpang jahe, tambahkan juga kira-kira 3 jari gula merah, kemudian rebus bahan-bahan tsb dengan 3 gelas air bersih diamkan mendidih hingga menjadi tersisa setengahnya. Angkat dan diamkan sampai dingin lalu disaring.  Kemudian minumlah 3 kali sehari.
Siapkan 10 tetes minyak adas, kemudian diseduh dengan air panas sebayak 3 sendok. Minumlah pada kondisi hangat 3 kali sehari.
Siapkan setengah sendok teh adas, tambahkan seperempat jari pulosari, 2 jari rimpang kencur, 1 jari rimpang temulawak, tambahkan juga 114 sendok the jintan hitam, ¼ genggam daun poncosudo, 3 jari gula merah. Kemudian rebuslah bahan-bahan tsb dengan air bersih kira-kira 4 setengah gelas, tunggu sampai mendidih hingga tersisa kira-kira menjadi setengahnya. Diamkan dan tunggu sampai dingin lalu saring, minumlah secara rutin 3 kali sehari.
Cara mengolah manfaat adas untuk sesak napas.
Siapakan 10 tetes minyak adas, kemudian diseduh dengan air panas sebanyak 3 sendok. Minumlah pada kondisi hangat 3 kali sehari
Siapkan setengah sendok teh adas, tambahkan 1/4 jari pulosari, 2 rimpang kencur, 1 jari rimpang temulawak, tambahkan juga kira-kira 1/4 sendok jintan hitam, 1/4 daun poncosudo, dan terakhir tambahkan 3 jari gula merah. Kemudian rebuslah bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi dengan air bersih sebanyak kira-kira 4 setengah gelas, tunggu rebusan sampai mendidih hingga air tersisa kira-kira setengahnya. Diamkan dan tunggu sampai air rebusan dingin lalu disaring. Minumlah secara rutin 3 kali sehari.
Cara mengolah manfaat adas untuk mengobati sariawan
Siapkan adas kira-kira ¼ sendok, tambahkan ¼ sendok the ketumbar, 1/5 gengggam daun iler, ¼ genggam daun saga, 1/5 genggam sisik naga, ¼ genggam daun sembung, ¼ daun pegagan, 1/6 genggam daun kentut, ¾ jari pulosari, ½ jari rimpang lempuyangan wangi, ½ jari rimpang kunyit, ¾ jari kayu manis, tambahkan juga 3 jari gula merah. Kemudian rebuslah bahan-bahan tsb dengan 4 setengah gelas air bersih, tunggu mendidih hingga tersisa setengahnya. Angkat dan diamkan hingga dingin lalu disaring. Minumlah ramuan tsb 3 kali sehari sebanyak ¾ gelas.

Cara mengolah manfaat adas untuk mengatasi Haid tidak teratur.
Siapkan adas sebanyak ½ sendok teh, tambahkan daun bunga srigading kira-kira 1/5 genggam, sertakan juga ½ sendok teh jinten hitam, ½ jari pulosari, 2 kuntum bunga kesumba keling, 2 buah jeruk nipis, tambahkan juga gula batu kira-kira sebesar telur ayam. Kemudian rebuslah bahan-bahan tsb  dengan 3 gelas air bersih, tunggu mendidih hingga tersisa  sampai 2 ¼ gelas. Angkat dan dinginkan kemudian disaring, minumlah ¾ gelas 3 kali sehari untuk mendapatkan khasiat dan manfaat adas bagi kesehatan.
95
Obrolan Ringan / Yang Perlu Diketahui tentang Jus untuk Detoks
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 23, 2014, 08:22:22 PM »
 Mengonsumsi jus buah dan sayuran kini menjadi tren bagi mereka yang ingin mencukupi kebutuhan serat dan vitamin, sekaligus menangkal penyakit. Jus buah dan sayuran juga bisa membantu membuang racun-racun dari dalam tubuh alias detoksifikasi.

Agar tujuan tersebut tercapai, ketahui dulu kiat-kiat dalam membuat jus.

Perhatikan kadar gula
Banyak orang yang mengira jus buah-buahan lebih sehat karena kandungan gulanya lebih rendah. Padahal, membuat jus dengan lebih dari satu jenis buah bisa lebih cepat menaikkan kadar gula darah. Karena itu pilihlah hanya satu jenis buah yang dicampur dengan sayur-sayuran.

Jus merah
Pilihlah jus delima karena mengandung antioksidan, termasuk asam ellagic yang bisa membantu fungsi liver dalam membuang racun. Selain itu jus bit juga direkomendasikan. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, bit sering dianggap seabgai pembersih darah. Buah bit juga diketahui bisa meningkatkan ketahanan atlet. Campurkan dalam jumlah sedang dalam jus Anda.

Teh hijau
Dalam teh hijau terkandung antioksidan super yang disebut katekin. Penelitian menunjukkan zat ini membantu mengurangi lemak perut dan menurunkan risiko salah satu jenis kanker kulit.

Sayuran siap minum
Untuk mencegah efek radikal bebas pada tubuh, rutinlah mengonsumsi sumber vitamin dan antioksidan seperti sayur dan buah-buahan setidaknya 5 sajian dalam sehari. Jika Anda merasa kesulitan memenuhinya, buat saja menjadi jus.

Jenis sayuran yang disarankan antara lain kale, bayam, brokoli, bok choy dan masih banyak lagi. Sayuran hijau ini tidak mengandung banyak gula dan kaya polifenol dan karotenoid, dua jenis antioksidan. Anda juga menggunakan seledri untuk meredam hipertensi dan meningkatkan produksi enzim pencernaan.

Cukup air
Minumlah cukup air putih di pagi hari setelah bangun tidur. Mengapa? Saat bangun tidur tubuh biasanya dalam kondisi dehidrasi sehingga metabolisme cenderung melambat. Air akan membantu menghilangkan toksin dari tubuh.
96
Obrolan Ringan / Re:Meniran Yang Kaya Manfaan
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 23, 2014, 12:18:55 AM »
Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan

Untuk Mengobati nyeri waktu kencing.
Cara pemakaian :
Cuci 30 gram meniran dan daun kumis kucing.
Rebus 3 gelas air dan sisakan setengahnya.
Diminum 3x sehari setengah gelas.

Untuk Mengobati disentri.
Cara pemakaian :
Cuci 30-60 gram meniran.
Rebus dengan 3 gelas air dan sisakan hingga hanya 1 gelas.
Setelah dingin, disaring dan diminum sekaligus saat itu juga.

Untuk Mengobati hepatitis.
Caranya sama dengan ramuan 4, untuk obat disentri.

Untuk Mengobati rabun senja.
Cara pemakaian :
Cuci 15-30 gram meniran.
Lalu ditim dengan 2 potong ati ayam.
Setelah dingin minum airnya dan makan hati ayamnya.

Untuk Obat rematik.
Cara pemakaian :
Sediakan 1 sendok makan daun meniran dan 7 lembar daun kumis kucing.
Cuci sampai bersih.
Rebus dengan 1 gelas air hingga sisa setengahnya.
Setelah dingin diminum sekaligus.

Untuk Mengobati badan bengkak akibat radang ginjal.
Cara pemakaian :
Cuci bersih 50 gram meniran segar.
Rebus ke dalam 3 gelas air sisakan setengahnya.
Setelah dingin, saring dan diminum setengah gelas 3x sehari.

Untuk Mengobati saluran kencing yang ada batunya.
Cara pemakaian :
Cuci bersih 30 gram meniran, ditambah daun sendok dan tempuyung.
Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya.
Setelah dingin, minum 1 gelas 2x sehari.
97
Obrolan Ringan / Meniran Yang Kaya Manfaan
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 23, 2014, 12:14:08 AM »








Nama latinnya adalah Phyllanthus urinaria Linn atau Phyllanthus niruri. Masuk dalam famili tumbuhan Euphorbiaceae. Tumbuhan ini sangat mudah tumbuh disekitar pekarangan rumah. Memiliki efek farmakologis astrigent-diuretikum(peluruh air seni), anti piretik (penurun panas), peluruh batu, antihepatotoksik.

        Meniran, mungkin masyarakat padaumumnya telah mengetahui bagaimana wujud dari tanaman ini. Meniran (Phyllantusniruri) memang tumbuhan semak yang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Penampilan boleh seperti tumbuhan semak biasa, namun apakah anda tahu khasiat meniran sebagai tumbuhan obat?

        Hampir semua bagian tanaman meniran berkhasiat obat. Banyak literatur yang menunjukkan bahwa secara turun temurun meniran dipercaya dapat menyembuhkan penyakit-penyakit yang terkait dengan saluran empedu dan berkhasiat menurunkan jumlah virus hepatitis B yang ditemukan dalam darah.

        Penelitian terbaru menyebutkan bahwameniran memiliki aktivitas imuno modulator. Imuno modulator berperan membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya, menguatkan sistem imun tubuh (imunostimulator) atau menekan reaksi sistem imun yang berlebihan (imunosuppressan). Dengan demikian, kekebalan atau daya tahan tubuh kita selalu optimal sehingga tetap sehat ketika diserang virus, bakteri, dan mikroba lainnya.

 Kandungan kimia yang bermanfaat dari meniran adalah flavonoid. Pada tanaman lainnya kandungan flavonoid sebenarnya juga
ada, bedanya pada meniran aktivitas penigkatan sistem imunnya ternyata lebih baik.

        Sebagai imunomodulator, meniran tidak semata-mata berefek meningkatkan sistem imun, namun juga menekan sistem imun apabila aktivitasnya berlabihan. Jika aktivitas sistem imun berkurang, makakandungan flavonoid dalam meniran akan mengirimkan sinyal intraseluler pada reseptor sel untuk meningkatkan aktivitasnya. Sebaliknya jika sistem imun kerjanya berlebihan, maka meniran berkhasiat dalam mengurangi kerja sistem imun tersebut. Jadi, meniran berfungsi sebagai penyeimbang sistem imun.
98
Obrolan Ringan / Vitamin Yang Terlupakan
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 17, 2014, 01:26:02 AM »
Hidup tak bisa lepas dari aspek kesehatan dan gizi. Setiap orang ingin tetap bugar, terlihat lebih muda, dan memiliki umur yang panjang. Inilah mengapa vitamin dari sumber alami maupun suplemen terus dikonsumsi.

Vitamin mendukung fungsi tubuh mulai menyediakan nutrisi, membangun tulang, meningkatkan kesehatan jantung hingga menjaga otak dan sistem saraf. Namun, mayoritas orang hanya 5 jenis mengenal vitamin, yakni A, B, C, D dan E.

Padahal, ada satu lagi vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh tapi kerap dilupakan, yaitu vitamin K2.

Vitamin ini ditemukan secara alami pada makanan hewani seperti daging, unggas, juga produk turunannya seperti keju dan telur. Vitamin yang juga disebut itu menaquinones berfungsi membantu kalsium dalam membangun tulang.

Kekurangan vitamin K2 dalam jangka panjang, berarti menyebabkan hilangnya kalsium pada tulang.

Selain membangun tulang, vitamin K2 juga mengurangi penumpukkan kalsium. Terlalu banyak kalsium dapat menyebabkan kerapuhan pembuluh darah, bahkan terkadang menghambat aliran darah yang sehat dari hati.

Kelompok yang paling membutuhkan vitamin K2 adalah anak-anak karena tulang mereka sedang tumbuh dan berkembang. Selain itu, wanita dan pria di atas 40 tahun juga membutuhkannya untuk menguatkan tulang dan menjaga kesehatan jantung.
99
Obrolan Ringan / Manfaat Buah Melon Dan Kandungan Di Dalamnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 14, 2014, 07:21:20 PM »
Buah melon memiliki nama latin Cucumis melo dan termasuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Melon masih memiliki ikatan saudara dengan semangka dan blewah. Sejak masuk ke pasar Indonesia pada tahun 70-an, buah melon langsung menyandang predikat sebagai buahnya orang kaya karena harganya yang mahal dan masih langka. Namun saat ini, melon sudah dibudidayakan di Indonesia sehingga semua orang dari berbagai lapisan masyarakat bisa mendapatkannya dengan harga relatif murah.

Buah melon cukup digemari karena rasanya yang manis dan segar. Selain dikonsumsi secara langsung, buah yang satu ini juga sering dijadikan campuran dalam aneka minuman seperti koktail. Ada pula yang mengkonsumsinya sebagai jus.

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa dibalik kesegarannya, buah melon mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kalau sudah begini, Anda boleh merasa beruntung karena di artikel ini kami akan mengungkap fakta mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah melon bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Melon

Selain memiliki rasa yang segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti, karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, vitamin A 5.706,5 IU (mencukupi 64 persen kebutuhan vitmain A harian), dan vitamin C 74,7 mg (mencukupi 12 persen kebutuhan vitamin C harian).

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Kandungan gizi buah melon memang cukup lengkap. Maka tidak heran jika buah segar ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat buah melon untuk kesehatan, kecantikan dan membantu program diet.

1. Anti Aging

Anda pasti pernah mendengar istilah kolagen. Sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat awet muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

2. Baik untuk Diet

Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat Anda sedang berdiet untuk menurunkan berat badan maupun mengecilkan perut yang buncit.

3. Anti Kanker

Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

4. Mencegah Serangan Jantung

Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.

6. Mencegah Impotensi

Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ s3ksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ s3ksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi 3r3ksi (impotensi).
100
Obrolan Ringan / Wortel Dan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 13, 2014, 09:08:33 PM »
Manis dan renyah, wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat. Makanan favorit kelinci ini, sudah dikenal sejak 5.000 tahun lalu. Dahulu, warnanya bukan oranye, melainkan merah, hitam, kuning dan ungu. Sementara wortel berwarna oranye yang kita kenal sekarang, dikembangkan oleh petani Belanda.

Sayuran akar yang memiliki tekstur renyah ini dikenal baik untuk kesehatan mata berkat kandungan vitamin A yang tinggi. Tapi bukan hanya untuk mata, kandungan beta karoten, vitamin C, vitamin K, serat, mineral dan antioksidan yang dimiliki wortel juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. Dilansir Style Craze, berikut manfaat wortel untuk tubuh:

Perawatan mata
Wortel terkenal baik untuk mata karena kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Beta karoten meningkatkan penglihatan pada malam hari dan melindungi mata dari masalah seperti glaukoma, degenerasi makula dan katarak.

Menjaga Jantung
Wortel mengandung berbagai antioksidan dan polyacetylenes yang bersama-sama memberikan perisai pelindung untuk jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi karotenoid menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan alpha karoten dan luteinnya melindungi jantung Anda dari kerusakan oksidatif, pembentukan plak dan kolesterol jahat.

Merawat Gigi dan mulut
Wortel bermanfaat dalam mengikis plak dan partikel makanan layaknya menyikat gigi. Wortel juga merangsang gusi dan memfasilitasi pembentukan air liur dalam jumlah banyak, yang menjadi alkali alami, menyeimbangkan bakteri rongga pembentuk asam dan kandungan mineralnya dapat membunuh kuman berbahaya pada mulut serta mencegah kerusakan gigi.

Membersihkan tubuh
Kandungan vitamin A yang berlimpah pada wortel membantu hati membuang racun dari tubuh. Ini juga mengurangi akumulasi empedu dan lemak di hati. Serat larut pada wortel juga dapat membersihkan usus besar.

Manfaat untuk kulit
Wortel tidak hanya lezat dimakan, ia juga bisa dijadikan masker untuk mencerahkan kulit karena memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Selain itu, wortel juga dipercaya ampuh menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat. Sementara, kandungan kolagennya membantu memelihara elastisitas kulit dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, pigmentasi dan warna kulit tidak merata

Manfaat untuk rambut
Sejak dulu, wortel dikenal akan khasiatnya untuk pertumbuhan rambut dan menambah ketebalan. Selain itu, wortel juga dapat mencegah rambut rontok karena memberikan vitamin penting bagi rambut. Sayuran ini berkhasiat untuk membuat rambut tampak lebih kuat, tebal dan bersinar. Konsumsi 3 hingga 4 ons jus wortel setiap hari untuk merangsang pertumbuhan rambut Anda. Vitamin C dan vitamin E nya dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia