Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Vitamin Yang Terlupakan
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 17, 2014, 01:26:02 AM »
Hidup tak bisa lepas dari aspek kesehatan dan gizi. Setiap orang ingin tetap bugar, terlihat lebih muda, dan memiliki umur yang panjang. Inilah mengapa vitamin dari sumber alami maupun suplemen terus dikonsumsi.

Vitamin mendukung fungsi tubuh mulai menyediakan nutrisi, membangun tulang, meningkatkan kesehatan jantung hingga menjaga otak dan sistem saraf. Namun, mayoritas orang hanya 5 jenis mengenal vitamin, yakni A, B, C, D dan E.

Padahal, ada satu lagi vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh tapi kerap dilupakan, yaitu vitamin K2.

Vitamin ini ditemukan secara alami pada makanan hewani seperti daging, unggas, juga produk turunannya seperti keju dan telur. Vitamin yang juga disebut itu menaquinones berfungsi membantu kalsium dalam membangun tulang.

Kekurangan vitamin K2 dalam jangka panjang, berarti menyebabkan hilangnya kalsium pada tulang.

Selain membangun tulang, vitamin K2 juga mengurangi penumpukkan kalsium. Terlalu banyak kalsium dapat menyebabkan kerapuhan pembuluh darah, bahkan terkadang menghambat aliran darah yang sehat dari hati.

Kelompok yang paling membutuhkan vitamin K2 adalah anak-anak karena tulang mereka sedang tumbuh dan berkembang. Selain itu, wanita dan pria di atas 40 tahun juga membutuhkannya untuk menguatkan tulang dan menjaga kesehatan jantung.
92
Obrolan Ringan / Manfaat Buah Melon Dan Kandungan Di Dalamnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 14, 2014, 07:21:20 PM »
Buah melon memiliki nama latin Cucumis melo dan termasuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Melon masih memiliki ikatan saudara dengan semangka dan blewah. Sejak masuk ke pasar Indonesia pada tahun 70-an, buah melon langsung menyandang predikat sebagai buahnya orang kaya karena harganya yang mahal dan masih langka. Namun saat ini, melon sudah dibudidayakan di Indonesia sehingga semua orang dari berbagai lapisan masyarakat bisa mendapatkannya dengan harga relatif murah.

Buah melon cukup digemari karena rasanya yang manis dan segar. Selain dikonsumsi secara langsung, buah yang satu ini juga sering dijadikan campuran dalam aneka minuman seperti koktail. Ada pula yang mengkonsumsinya sebagai jus.

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa dibalik kesegarannya, buah melon mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kalau sudah begini, Anda boleh merasa beruntung karena di artikel ini kami akan mengungkap fakta mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah melon bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Melon

Selain memiliki rasa yang segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti, karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, vitamin A 5.706,5 IU (mencukupi 64 persen kebutuhan vitmain A harian), dan vitamin C 74,7 mg (mencukupi 12 persen kebutuhan vitamin C harian).

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Kandungan gizi buah melon memang cukup lengkap. Maka tidak heran jika buah segar ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat buah melon untuk kesehatan, kecantikan dan membantu program diet.

1. Anti Aging

Anda pasti pernah mendengar istilah kolagen. Sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat awet muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

2. Baik untuk Diet

Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat Anda sedang berdiet untuk menurunkan berat badan maupun mengecilkan perut yang buncit.

3. Anti Kanker

Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

4. Mencegah Serangan Jantung

Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.

6. Mencegah Impotensi

Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ s3ksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ s3ksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi 3r3ksi (impotensi).
93
Obrolan Ringan / Wortel Dan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 13, 2014, 09:08:33 PM »
Manis dan renyah, wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat. Makanan favorit kelinci ini, sudah dikenal sejak 5.000 tahun lalu. Dahulu, warnanya bukan oranye, melainkan merah, hitam, kuning dan ungu. Sementara wortel berwarna oranye yang kita kenal sekarang, dikembangkan oleh petani Belanda.

Sayuran akar yang memiliki tekstur renyah ini dikenal baik untuk kesehatan mata berkat kandungan vitamin A yang tinggi. Tapi bukan hanya untuk mata, kandungan beta karoten, vitamin C, vitamin K, serat, mineral dan antioksidan yang dimiliki wortel juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya. Dilansir Style Craze, berikut manfaat wortel untuk tubuh:

Perawatan mata
Wortel terkenal baik untuk mata karena kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Beta karoten meningkatkan penglihatan pada malam hari dan melindungi mata dari masalah seperti glaukoma, degenerasi makula dan katarak.

Menjaga Jantung
Wortel mengandung berbagai antioksidan dan polyacetylenes yang bersama-sama memberikan perisai pelindung untuk jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi karotenoid menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan alpha karoten dan luteinnya melindungi jantung Anda dari kerusakan oksidatif, pembentukan plak dan kolesterol jahat.

Merawat Gigi dan mulut
Wortel bermanfaat dalam mengikis plak dan partikel makanan layaknya menyikat gigi. Wortel juga merangsang gusi dan memfasilitasi pembentukan air liur dalam jumlah banyak, yang menjadi alkali alami, menyeimbangkan bakteri rongga pembentuk asam dan kandungan mineralnya dapat membunuh kuman berbahaya pada mulut serta mencegah kerusakan gigi.

Membersihkan tubuh
Kandungan vitamin A yang berlimpah pada wortel membantu hati membuang racun dari tubuh. Ini juga mengurangi akumulasi empedu dan lemak di hati. Serat larut pada wortel juga dapat membersihkan usus besar.

Manfaat untuk kulit
Wortel tidak hanya lezat dimakan, ia juga bisa dijadikan masker untuk mencerahkan kulit karena memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Selain itu, wortel juga dipercaya ampuh menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat. Sementara, kandungan kolagennya membantu memelihara elastisitas kulit dan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, pigmentasi dan warna kulit tidak merata

Manfaat untuk rambut
Sejak dulu, wortel dikenal akan khasiatnya untuk pertumbuhan rambut dan menambah ketebalan. Selain itu, wortel juga dapat mencegah rambut rontok karena memberikan vitamin penting bagi rambut. Sayuran ini berkhasiat untuk membuat rambut tampak lebih kuat, tebal dan bersinar. Konsumsi 3 hingga 4 ons jus wortel setiap hari untuk merangsang pertumbuhan rambut Anda. Vitamin C dan vitamin E nya dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.
94
Obrolan Ringan / Pisang Untuk Kesehatan, Kecantikan & Ibu Hamil
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 09, 2014, 10:11:23 PM »
Pisang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak terdapat di Indonesia. Hampir di setiap daerah di Indonesia selalu terdapat pohon pisang. Selain buahnya yang dapat dikonsumsi, beberapa bagian dari pohon pisang juga bisa dijadikan bahan makanan. Salah satunya adalah jantung. Daun pisang juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pembungkus.

Buah pisang mengandung banyak nutrisi seperti kalium dan asam folat yang baik dikonsumsi ibu hamil untuk membantu perkembangan janin.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang bermanfaat bagi kesehatan karena membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor, yang semua berguna untuk membangun perbaikan dan regenerasi jaringan. Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, juga kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Salah satu manfaat pisang yang paling utama adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti melancarkan buang air besar dan mengobati sakit maag. Pisang mampu menetralkan cairan asam lambung, untuk mengurangi iritasi akibat maag dengan melapisi permukaan lambung secara unik. Hal ini menjadikan pisang sebagai buah yang aman dikonsumsi penderita maag.

1. Masker Buah Pisang Mengobati Jerawat

Hancurkan daging buah pisang yang telah matang atau menguning secukupnya, lantas oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat, lalu bersihkan. Ulangi selama beberapa hari hingga jerawat hilang dan kulit bersih.

2. Masker Buah Pisang Menghaluskan Kulit Wajah

Selain itu, bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kasar dan kering, daging buah pisang pun bisa jadi solusi. Caranya, hancurkan pisang dan tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan sebagai masker pada wajah yang bermasalah. Rasakan betapa kulit wajah akan berubah menjadi halus dan lembut.

3. Kaya Vitamin dan Serat

Pisang memiliki lebih dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel yang diketahui sebagai buah penangkal kunjungan ke dokter. Pisang juga kaya akan potasium.

4. Sumber Energi

Dengan mengkonsumsi dua pisang sehari, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi ketika melakukan aktifitas sehari-hari.

5. Mengalirkan oksigen ke otak

Karena kaya akan potasium, maka pisang membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

6. Melancarkan Buang Air Besar

Bagi yang sering mengalami kesulitan buang air besar, santaplah pisang. Ini membantu mengembalikkan kelancaran pembuangan sisa tubuh.

7. Meningkatkan mood

Pisang membantu meningatkan suasana hati sehingga mood stabil dan terus positif sepanjang hari.

8. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi wanita yang sering mengalami nyeri ketika haid, tidak perlu mengonsumsi obat-obatan atau zat berbahaya bagi tubuh. Hanya dengan buah ini, keram di perut dan nyeri di perut dapat berkurang

9. Mengobati Sakit Maag

Ketika telat makan dan perut sudah mulai pedih, makanlah pisang dan rasa sakit akibat maag akan segera berkurang karena pisang diketahui memiliki zat penangkal asam dalam tubuh.

10. Mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk yang sangat menganggu dan gatal dapat hilang ketika kulit pisang dioleskan secara pelan-pelan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

11. Menyembuhkan Luka Bakar

Caranya cukup dengan menumbuk pisang matang hingga lembek, dan sebarkan di area yang yang terbakar atau luka untuk meredakan rasa perih. Kemudian balut dengan perban kain untuk hasil terbaik.

12. Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Selain kaya akan potassium, pisang juga mengandung banyak asam folat. Asam folat yang dikandung pisang juga sangat baik bagi pertumbuhan janin, sehingga disarankan untuk ibu hamil untuk mengkonsumsi buah ini.
95
Obrolan Ringan / Re:Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 07, 2014, 02:11:08 AM »
Cuka apel adalah hasil olahan buah apel yang praktis dimana menjadi alternatif lain dari pemanfaat buah apel selain di makan seperti biasa. Sejak dahulu, banyak orang yang mengklaim bahwa cuka apel atau apple cider vinegar ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan orang yang mengkonsumsinya, seperti dapat mengatasi dan menangkal berbagai macam penyakit yang mengganggu kinerja tubuh.

Dalam pemakaiannya, cuka apel biasanya sering dijadikan sebagai penambah rasa asam alami pada masakan. Selain itu, cuka apel juga kerap kali digunakan untuk mengawetkan berbagai jenis makanan seperti sayur, daging, dan juga acar. Sedangkan jika di fungsikan lebih ke segi medis, cuka apel sangatlah berperan penitng untuk membantu seseorang dalam program penurunan berat badan, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, meminimalisir gejala arthhritis, dan juga mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Cuka apel atau apple cider vinegar ini sendiri memiliki dua macam jenis dan keduanya memiliki khasiat tersendiri jika di konsumsi secara rutin. Yang pertama adalah cuka apel yang dibuat dari hasil fermentasi sari apel, sedangkan macam kedua adalah terbuat dari sari apel beralkohol (cider). Cuka apel yang terbuat dari hasil fermentasi sari apel murni tidak memiliki efek samping bagi kesehatan, sedangkan yang terbuat dari sari apel beralkohol mengandung sekitar 5,85% kadar alkohol yang harus dihindari pada saat penggunannya, khususnya untuk orang muslim. Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh seseorang yang mengkonsumsinya.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan

#Menurunkan berat badan

Seperti yang telah dijelaskan diawal, cuka apel sangat baik untuk membantu program diet sehat Anda. Penelitian menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu menjaga rasa lapar seseorang yang sudah mengkonsumsinya. Manfaat lainnya adalah dapat menurunkan kadar glisemik pada makanan yang tinggi karbohidrat. Dengan kata lain, cuka apel berarti mampu menghambat proses pelepasan glukosa ke dalam darah.

#Meningkatkan energi

Pada pagi hari, rubahlah kebiasaan ngopi Anda dengan cuka apel sebab jika Anda lebih sering minum segelas penuh air yang telah dicampur dengan cuka apel sudah memberikan suntikan energi terhadap tubuh Anda.

#Menstabilkan tekanan darah

Seperti yang kita ketahui, apel adalah buah yang kaya manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk menstabilkan tekanan darah meski apel ini sudah diolah dan diproses sedemikian rupa hingga menjadi bentuk cair.
96
Obrolan Ringan / Fungsi Mineral Pada Tubuh
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 02, 2014, 07:40:25 PM »
Vitamin dan Mineral merupakan dua hal yang sering kita dengar. Mineral adalah kelompok mikronutrien bagi tubuh. Artinya, zat gizi ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk mendukung proses tumbuh dan kembangnya tubuh kita.

Banyak yang menganggap bahwa vitamin sama dengan mineral. Padahal dalam struktur kimia kedua nutrisi ini memiliki bentuk yang berbeda sekali pun memiliki beberapa fungsi yang hampir sama.

Secara umum, mineral terbagi menjadi 2 macam, yaitu makro mineral dan mikro mineral. Makro mineral adalah mineral yang ada di dalam tubuh lebih dari 0.01% dari berat badan dan dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah lebih dari 100 mg/hari seperti Ca (kalsium), P (fosfor), Na (natrium), K (kalium), Cl (klorida), dan S (sulfur).

Mineral mikro terdapat dalam tubuh kurang dari 0.01% berat tubuh dan hanya dibutuhkan dalam jumlah kurang dari 100 mg/hari seperti besi (Fe), tembaga (Cu), iodine (I2), zinc (Zn), kobalt (Co), dan Se (selenium).

Masing-masing mineral memiliki fungsi yang penting untuk tubuh. Berikut ini macam-macam mineral yang penting dan fungsinya di dalam tubuh Anda.

1. Kalsium (Ca)
Kalsium adalah salah satu mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Kalsium juga berperan penting untuk proses kontraksi dan relaksasi otot, pembekuan darah, dan sistem imunitas. Konsumsi 2 gelas susu perhari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.
Buah dan sayuran yang mengandung Kalsium : sayuran berdaun hijau, seperti kangung, daun singkong, bayam, daun pepaya, daun kacang panjang, brokoli.

2. Fosfor (P)
Fosforus juga bertanggung jawab terhadap proses mineralisasi tulang dan gigi. Selain itu, fosforus juga mengatur keseimbangan pH darah Anda. Kekurangan mineral ini menyebabkan otot Anda terasa lebih lemah sedangkan jika terlalu berlebih, menyebabkan terjadi nya proses kalsifikasi (pengerasan) pada organ-organ tubuh yang tidak seharusnya seperti ginjal. Daging, ikan, unggas, telur dan susu merupakan sumber fosforus yang utama.

3. Natrium atau sodium (Na)
Fungsi utam natrium yaitu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, serta menjaga dan mengatur tekanan osmotik agar cairan tidak keluar dari darah dan masuk ke dalam sel. Dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, natrium bekerja sama dengan kalium. Natrium juga berperan dalam transmisi sara, kontraksi otot, absorpsi glukosa, dan sebagai alat angkut zat-zat gizi melalui membran sel.

4. Kalium atau Potasium (K)
Bersama-sama dengan natrium, kalium memegang peranan penting dalam pemeliharaan keseimbangan cairan dan eletrolit serta keseimbangan asam-basa di dalam tubuh. Kalium juga berperan dalam transmisi saraf dan rekasasi otot serta sebagai katalisator dalam banyak reaksi biologik, terutama dalam metabolisme energi, sintesis glikogen, dan protein.
Buah dan sayuran yang mengandung Kalium : jeruk, semangka, pisang, sayuran hijau, tomat, kentang, kacang polong, dan wortel.

5. Sulfur (S)
Fungsi sulfur antara lain membantu menjaga keseimbangan oksigen untuk fungsi otak. Selain itu sulfur bersama-sama dengan vitamin B kompleks membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh dan membantu melawan infeksi akibat bakteri.
Buah dan sayuran yang mengandung Sulfur : kacang-kacangan, bawang putih, bawang bombay, dan kubis-kubisan.

6. Kromium (Cr)
Kromium dibutuhkan dalam metabolisme karbohidrat dan lemak. Bersama-sama dengan insulin, kromium berfungsi untuk memudahkan masuknya glukosa ke dalam sel.
Buah dan sayuran yang mengandung Kromium : kentang, cabai hijau, apel, pisang, bayam, wortel, dan jeruk.

7. Zat besi (Fe)
Zat besi berperan dalam pusat pengaturan molekul hemoglobin sel-sel darah merah. Hemaglobin bertanggung jawab dalam pendistribusian oksigen dari paru-paru ke keseluruh jaringan tubuh. Zat besi juga berperan dalam metabolisme energi, termasuk sintesis DNA oleh beberapa enzim, serta dalam sistem kekebalan tubuh.
Buah dan sayuran yang mengandung Zat besi : sayuran hijai seperti bayam, kangkung, daun singkong, dan daun pepaya.

8. Yodium (I)
Fungsi yodium adalah untuk pertumbuhan normal; membakar kelebihan lemak tubuh; serta menjaga kesehatan rambut, kuku, kulit, dan gigi.
Buah dan sayuran yang mengandung Yodium : bawang merah atau tanaman lain yang ditanam di daerah dekat pantai.

9. Magnesium (Mg)
Magnesium memegang peranan penting sebagai kofaktor berbagai enzim dalam tubuh. Magensium bertindak sebagai katalisator dalam reaksi-reaksi biologi di dalam tubuh, termasuk reaksi yang berkaitan dengan metabolisme energi, karbohodrat, lemak, protein, dan asam nukleat. Selait itu, magnesium juga berperan dalam sintesis degradasi, dan stabilitas banan gen DNA
Buah dan sayuran yang mengandung Magnesium : sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

10. Mangan (Mn)
Mangan berperan sebagai kofaktur berbagai enzim yang membantu bermacam proses metabolisme. Enzim yang berkaitan dengan mangan berperan dalam sintesis ureum, pembentukan jaringan ikat dan tulang, serta mencegah peroksidasi lemak oleh radikal bebas. Mangan juga berperan dalam pengontrolan gula darah, metabolisme energi, fungsi hormon tiroid, fungsi otak, dan untuk pengontrolan neurotransmiter.
Buah dan sayuran yang mengandung Mangan : kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, bit, dan gandum.

11. Molibdenum (Mo)
Molibdenum bekerja sebagai kofaktor berbagai enzim, mengkatalis reaksi oksidasi-reduksi, penawar racun alkholm metabolisme sulfur, dan mencegah anemia.
Buah dan sayuran yang mengandung Molibdenum : kembang kol, kacang polong, bayam, bawang putih, jagung, kentang, bawang bombay, kacang tanah, semangka, wortel, dan kubis.

12. Selenium (Se)
Selenium bekerja sama denga vitamin E berberan sebagai antioksidan dalam sistem enzim. Di samping, selenium juga berperan mencegah terjadinya serangan radikal bebas, melindungi membran dari kerusakan oksidatif, membantu reaksi oksigen dan hodrogen pada tahap akhir rantai metabolisme, serta membantu sintesi immunoglobulin sebagai kekebalan tubuh.
Buah dan sayuran yang mengandung Selenium : bawang, tomat, brokoli, kubis dan gandum.

13. Seng (Zn)
Seng berperan dalam proses kekebalan tubuh, memelihara kesehatan mata, menghambat virus, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan organ vital laki-laki, dan mempercepat proses penyembuhan luka.
Buah dan sayuran yang mengandung Seng : kacang-kacangan, biji-bijian, legum, dan gangum.

14. Boron (Bo)
Boron mempunyai efek positif terhadap pencegahan osteoprosis dan osteoartritis dengan cara meningkatkan penggunaan kalsium dan magnesium. Fungsi boron tersebut bersifat sinergis dengan vitamin D dalam memperkuat tulang. Boron juga diduga dapat membantu memelihara fungsi sarat. Selain itu, boron juga mempunyai mekanisme kerja yang berhubungan dengan fungsi membran sel sarat serta terbukti memiliki aktivitas anti-inflamasi (antiperadangan). Aktivitasnya sangat signitifkan, terutama untuk pencegahan penyakit pradangan, seperti rematoid, artritis, dan asama.
Buah dan sayuran yang mengandung Boron : jamur, kacang-kacangan dan asparagus.
97
Obrolan Ringan / Para Warrior Penurun Kolesterol
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada April 01, 2014, 01:08:50 AM »
Banyak  tanaman yang secara turun temurun terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah. Karena murah dan mudah didapat, tanaman ini banyak direkomendasikan.

Mengonsumsi tanaman obat, baik daun, biji, akar, maupun buahnya, tidak berarti makan tanaman itu sebanyak-banyaknya. Konsumsilah ramuan tersebut dengan komposisi dan dosis tertentu. Karenanya, cara membuat ramuan, komposisi, dosis, dan waktu pemakaian harus dipelajari dengan baik lagi benar.

Berikut beberapa resep peluruh kolesterol dan trigliserida yang diperoleh dari berbagai sumber :

1. Alpukat
Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah.
Bahan:  1 buah alpukat matang
Cara Pemakaian: Buah alpukat dimakan mentah. Lakukan setiap hari.

2. Kubis               
Kubis (brassica oleracea var. capitate) yang juga disebut kol, mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Kubis juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation.
Bahan: 1 buah kubis segar
Cara Pemakaian: Cuci kubis hingga bersih, lalu bilas dengan air matang. Potong-potong seperlunya, lalu dijus. Air sari kubis diminum sekaligus, lakukan setiap hari.

3. Belimbing manis   
Apa rahasia buah ini sehingga bisa mengusir kolesterol? Ternyata seratnya yang tinggi mampu mencegah penyerapan lemak hingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Serat yang tinggi juga memperlancar pencernaan. Sementara kandungan vitamin C-nya yang tinggi baik untuk antikanker.
Bahan: 2 buah belimbing manis ukuran besar
Cara Pemakaian: Buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan malam, masing-masing 1 buah.

4. Akar manis           
Tanaman yang memiliki nama asing licorice ini mengandung sejumlah zat seperti triterpenoid, flavanoid, asam ferulic, asam sinapic, biotin, asam amino dan beta-sitoserol.  Yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan akan manis dalam dosis besar jangka panjang. Ada laporan bahwa pemakaian akan manis dengan dosis 30-40 gram per hari selama 9 bulan menyebabkan kelemahan oto, hipertensi, edema dan kekurangan kalium.
Bahan: 10 gram akar manis
Cara Pemakaian: Akar manis direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring, lalu dibagi menjadi 2 kali minum, pagi dan malam hari.

5. Kacang Tanah
Bahan: 1 genggam daun kacang tanah
Cara Pemakaian: Daun dicuci bersih, lalu diiris halus. Masukkan irisan daun ke dalam gelas, lalu diseduh dengan secangkir air panas. Biarkan selama 40 menit, lalu disaring. Minum airnya selagi hangat dan sewaktu perut kosong.

6. Tempe
Bahan: 100 gram tempe
Cara Pemakaian: Tempe dipotong-potong sesuai selera, lalu direbus, dikukus, atau dibacem. Tempe dijadikan lauk dan dimakan bersama nasi.

7. Angkak
Sering disebut beras merah Cina, tanakan adalah sejenis cendawan berwarna merah, bernama Latin Monascus purpureus. Angkak bisa digunakan untuk membuat arak merah yang terbuat dari beras, sebagai bahan pengawet makanan, dan untuk obat. Berdasarkan penelitian, angkak mampu menurunkan kadar kolesterol darah.
Bahan: 1 sendok teh angkak
Cara Pemakaian: Angkak ditumbuk halus, dimasukkan ke dalam cangkir, lalu diseduh dengan secangkir air panas. Minum airnya selagi hangat. Lakukan setiap hari.

8. Labu siam
Bahan: 1 buah labu siam ukuran sedang
Cara Pemakaian: Buah labu dikupas, potong kecil-kecil dan dijus atau diparut, peras airnya dan saring. Kumpulan airnya diminum sekaligus.

9.    Sambiloto
Bahan: 20 gram herbal sambiloto kering
Cara Pemakaian: Direbus dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

10. Jamur kuping putih
Bahan: 10 gram jamur kuping putih kering
Cara Pemakaian:Jamur putih dipotong-potong secukupnya, lalu direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Tambahkan sedikit pemanis buatan. Setelah dingin, airnya diminum dan jamurnya boleh dimakan.

11.    Bawang merah
Bawang merah (Cepae bulbus), mengandung senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan dan menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan gula darah. Bahan: 20 gram bawang merah segar
Cara Pemakaian: Bawang merah diiris tipis-tipis, dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran yang sama.

12.    Bawang putih
Bawang putih (Allii bulbus), bahan aktifnya s-allyl cysteine, suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Studi di Munich University, Jerman, menemukan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam diet akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan. Mengonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi banyak orang karena rasa yang tidak enak dan aromanya menyengat.
Bahan: 1-2 siung bawang putih
Cara Pemakaian: Bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil, lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari. Namun ada cara lain supaya lebih mudah masuk ke tubuh kita. Bawang putih bisa dikreasikan dengan buah-buahan yang enak, menjadi jus kaya manfaat.

13. Kunyit
Dengan nama latin Curcumae domesticae rhizoma, tumbuhan ini juga berkhasiat melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, sebagai peluruh kentut dan haid, mempermudah persalinan, antibakteri, antiinflamasi, serta memperlancar pengeluaran empedu ke usus.
Bahan: 10 gram rimpang kunyit segar
Cara Pemakaian: Rimpang kunyit dibersihkan, lalu diiris tipis-tipis. Rebus dalam air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu.

14. Temulawak
Tanaman bernama latin Curcumae rhizoma ini mempunyai aktivitas kolagoga (memperlancar pengeluaran empedu ke usus).
Bahan: 3 jari rimpang temulawak segar
Cara Pemakaian : Rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang dan airnya diminum. Lakukan setiap hari.

15. Seledri
Seledri (Apii graveolentis radix), akarnya mengandung asparagin, pentosan, glutamin, tirosin, manit, zat pati, lendir, dan minyak atsiri. Khasiatnya memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing.
Bahan: 30 gram akar seledri segar
Cara Pemakaian: Akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring lalu minum sekaligus.
98
Obrolan Ringan / Mengenal Infused Water
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 28, 2014, 12:53:22 AM »
Infused water adalah suatu air mineral atau air putih yang sudah matang atau disebut juga dengan minuman yang dicampurkan oleh beberapa buah-buahan dengan melalalui proses pendiaman selama beberapa jam, lalu dapat bisa dinikmati atau diminum. Infussed water yaitu suatu minuman yang sangat menyehatkan bagi tubuh, sebagai salah satu alternatif apabila seseorang tidak menyukai air putih saja, karena inffused water suatu minuman air putih yang dicampurkan oleh berbagai macam buah-buahan, tetapi tidak semua buah-buahan dapat digunakan untuk membuat infused water.

AWAL MULANYA INFUSED WATER

Sebenarnya alternatif ini sudah terkenal pertama kali di AS, lalu menjalar terus menerus hingga sampai diasia salah satunya INDONESIA. Sebenarnya belum banyak yang tahu akan alternatif ini, dikarenakan memang aneh, dan buah-buahannya cukup mahal.

Tapi disini saya menjelaskan kepada anda bukan hanya buah-buahan mahal saja yang bisa digunakan, sungguh sangat-sangat murah contoh: jeruk nipis, pepaya mengkel, jeruk sankis, dll. Infused water terinspirasi dari wedang jahe, sungguh mencengangkan, memang sungguh ini yang terjadi, seharusnya kita sebagai bangsa indonesia yang memang mempunyai banyak sekali rempah-rempah, bisa digunakan lebih bermanfaat, hingga akhirnya bisa dipandang dimata dunia.

Alangkah senangnya, kalau bisa terwujud. Tren gaya hidup sehat di zaman modern ini merebak semenjak kehadiran berbagai sentral kebugaran dalam mall terus berlanjut hingga hari ini, dan cukup banyak yang mentayangkan tentang inffused water ini, slah satunya di NET Entertaiment News.

MANFAAT INFUSED WATER

Sebenarnya sungguh banyak sekali manfaatnya, saluh satunya adalah :

Berguna untuk “detokfikasi” Dapat membantu tubuh dalam mengguras racun dalam tubuh.
Menghambat dalam radikal bebas dalam paparan tubuh.
Membantu dalam proses “DIET”
Menjaga sistem perthanan antioxidant
Membantu mengatur gula darah
Membantu meregenerasi vitamin C dan vitamin E
Itulah sedikit ulasan mengenai infused water yang mungkin bermanfaat untuk Anda yang ingin mencobanya. Di lain kesempatan, saya akan menyebutkan beberapa jenis buah-buahan yang cocok dan tidak cocok untuk infused water serta langkah-langkah dalam membuat infused water.
99
Obrolan Ringan / Kandungan Dan Manfaat Buah Anggur
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 27, 2014, 01:22:09 AM »
Buah anggur memiliki banyak jenis, namun yang paling familiar di masyarakat Indonesia adalah anggur merah dan anggur hijau. Buah Anggur biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung.

Anggur kaya antioksidan berkat kandungan vitamin A dan C-nya. Anggur juga mengandung kalsium, yodium, mangan, kalium, seng, selenium, serta gula alami seperti dektrosa dan glukosa.

Kandungan Nutrisi dalam 100 g Anggur
Energi   288 kJ (69 kcal)
Karbohidrat   18.1 g
Gula   15.48 g
Serat pangan   0.9 g
Lemak   0.16 g
Protein   0.72 g
Thiamine (Vitamin B1)   0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vitamin B2)   0.07 mg (5%)
Niacin (Vitamin B3)   0.188 mg (1%)
Asam Pantothenat (Vitamin B5)   0.05 mg (1%)
Piridoksin (Vitamin B6)   0.086 mg (7%)
Asam Folat (Vitamin B9)   2 ?g (1%)
Kobalamin (Vitamin B12)   0 ?g (0%)
Vitamin C   10.8 mg (18%)
Vitamin K   22 ?g (21%)
Kalsium   10 mg (1%)
Zat Besi   0.36 mg (3%)
Magnesium   7 mg (2%)
Mangan   0.071 mg (4%)
Fosfor   20 mg (3%)
Kalium   191 mg (4%)
Natrium   3.02 mg (0%)
Seng   0.07 mg (1%)
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Sumber: Data Nutrisi USDA

Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah anggur, menjadikannya sebagai buah yang kaya manfaat bagi manusia. Berikut ini beberapa manfaat buah anggur bagi kesehatan:

Mencegah Jantung Koroner

Anggur merah disebut-sebut dapat mencegah penyakit jantung koroner berkat kandungan senyawa fenol yang punya sifat antioksidan yang sangat kuat. Sedangkan resveratrol pada anggur merah dan hitam khususnya, berpotensi menurunkan risiko terkena jantung koroner (berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang dan AS). Begitu pula kandungan saponinnya, mampu menghambat penyerapan kolesterol dalam darah.

Mengatasi Insomnia

Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. Dengan begitu para penderita insomnia boleh berharap dengan mengonsumsi anggur bisa mengatasi masalah tidurnya.

Mengatasi Hipertensi

Kandungan kalium dan melatonin pada anggur bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sementara kandungan seratnya mampu membersihkan pembuluh-pembuluh darah dari lemak.

Menghambat Sel Kanker

Sifat antioksidan, senyawa petrostilbene, acutimissin A, resveratrol, asam elagik yang cukup tinggi pada buah anggur menunjukkan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Mencegah Diabetes

Kandungan mangan pada anggur mampu membantu menjaga kestabilan gula dalam darah.

Manfaat lainnya

Kandungan vitamin C pada anggur baik untuk pembentuk kolagen, kesehatan gusi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan gulanya merupakan sumber energi instan. Selain itu, anggur juga dipercaya sebagai afrodisiak (makanan pembangkit gairah seksual). Kandungan boron pada anggur pun dapat mencegah osteoporosis.

Catatan: Pilihlah anggur yang masih kencang. Bila akan disimpan, anggur sebaiknya disimpan di lemari pendingin agar kerenyahan dan rasanya tetap terjaga. Saat akan dimakan, anggur hendaknya dicuci bersih untuk mengurangi kadar residu pestisidanya.
100
Obrolan Ringan / Khasiat Super Bawang Bombay
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 24, 2014, 02:12:21 AM »
Bawang bombay adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk memberikan cita rasa lezat dan aroma menggoda pada masakan. Selain untuk memasak, ternyata para leluhur kita banyak yang memanfatkan bawang bombay untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Apakah Anda penasaran manfaat apa yang terkandung dalam bawang bombay? Simak ulasannya berikut ini.

Khasiat bawang bombay

1. Menjaga kesehatan jantung

Dari hasil uji laboratirum membuahkan hasil bahwa makan setengah bawang bombay mampu menunrunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, secara otomatis tentu bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan jantung. Agar khasiatnya lebih terasa efektif, Anda bisa rutin mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

2. Melancarkan peredaran darah

Vitamin C dalam bawang bombay yang di dampingi oleh bantuan fitokimia dan nutrien dalam bawang bombay memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk melancarkan perredaran darah dan meredakan inflamasi.

3. Mencegah osteoporosis

Jika orang tua Anda sudah memasuki usia lanjut, bujuk orang tua Anda untuk mengonsumsi bawang bombay secara teratur tiap harinya, karena senyawa khusus dalam bawang bombay mampu mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang.

4. Membantu mengontrol gula darah

Selain mampu untuk melancarkan peredaran darah, bawang bombay juga berkhasiat untuk mengontrol gula darah dengan bantuan kromium yang terkandungnya. Kromium adalah mineral penting yang membantu sel-sel untuk merespon kinerja insulin yang mengatur gula darah dalam tubuh agar tetap terkontrol.

5. Melancarkan pencernaan

Bawang bombay kaya akan serat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem metabolisme tubuh. Sehingga jika Anda hobi mengonsumsi bawang bombay, penyakit seperti susah BAB atau sembelit akan menjauh dari Anda.

6. Meningkatkan sistem imun

Tubuh Anda harus tetap fit agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu langkah mudah agar menjaga kesegaran tubuh adalah dengan bawang bombay. Di dalamnya terdapat senyawa khusus yang di percaya berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun.
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia