Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Khasiat Jahe Bagi Tubuh
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 17, 2014, 02:42:00 AM »
Tumbuhan dari suku zingi beranceae ini kebanyakkan ditanam orang sebagai tanaman lainnya, dipekarangan maupun tegalan.

Untuk menanam jahe, bibit yang dipakai adalah akar rimpang yang memiliki 3 – 4 mata tunas dan berasal dari rimpang yang umurnya sekitar 10 bulan. Jika pemeliharaannya baik, dalam waktu beberapa bulan jahe sudah mulai bisa dipanen.

Berikut adalah khasiat tanaman herbal jahe sebagai obat tradisional :

Banyak obat-obat yang menggunakan jahe sebagai bahannya.

Sebagai obat bobok untuk mengobati reumatik atau pegal linu, yang menyerang persendian kaki maupun tangan dan anggota badan lainya. Cara membuat ramuannya ; Jahe diparut kemudian dicampur minyak kayu putih sedikit kemudian digosokkan atau dibobok pada bagian badan yang terasa linu.

Sebagai obat herbal penghilang mual dan kembung. Secara tradisional jahe digunakan sebagai obat pencegah mual dan kembung, ketika menempuh perjalanan jauh.

Sebagai penghangat badan ; Untuk hal ini biasanya dibuat wedang jahe (wedang serbat) dan diminum ketika masih hangat. Minuman ini dibuat dengan cara menyeduh air panas irisan atau tumbuhan jahe yang dibubuhi gula jawa secukupnya.
Sebagai penghilang mual dan muntah saat hamil ; Beberapa teks pengobatan menganjurkan wanita hamil agar mengonsumsi jahe untuk menghilangkan rasa mual dan muntah selama kehamilan. Mengunyah jahe dapat merangsang pengeluaran air liur dan cairan pencernaan, sehingga mengurangi mual dan muntah.

Bahkan sekarang banyak perusahaan jamu modern yang sudah mengemas Jahe dalam kemasan praktis untuk campuran minuman dan obat-obatan
92
Koleksi Foto Tanaman Hias / Re:Pohon didepan rumah, apa namanya?
« Tulisan terakhir oleh alas pada Maret 14, 2014, 02:20:18 AM »
kayaknya emang pohon mojo itu, kalo setahuku buah nya buat nakutin tikus
93
Koleksi Foto Tanaman Hias / Bunga apa ini yah??
« Tulisan terakhir oleh alas pada Maret 14, 2014, 01:32:18 AM »
saya suka warna dan bentuknya bunga ini
tapi di toko bunga setahuku gak ada yg jual  :'(
kira2 temen2 ada yg tau nama dan jenis tanaman ini??
makasih
94
Obrolan Ringan / Manfaat Super Dari Bayam
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 13, 2014, 08:20:53 PM »
Ingat dengan Popeye? Tokoh kartun tersebut seolah dibuat untuk mengklaim bahwa tak ada sayuran lain yang lebih hebat dari bayam. Tapi, Popeye memang tidak salah. Karena bayam memiliki kandungan zat besi dengan berjuta manfaat tidak hanya untuk tubuh, tapi juga kecantikan.

Kandungan karoten, asam amino, potasium, iodin, vitamin A,K,C, B kompleks, dan alkalin dalam bayam membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh, sehingga kulit lebih terjaga kecantikannya. 

Berikut beberapa manfaat dari jus bayam untuk kecantikan kulit, seperti dilansir Boldsky:

Mengobati jerawat
Jus bayam tidak hanya lezat diminum, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk mengobati jerawat. Blender daun bayam dengan sedikit air, lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas hingga bersih. Jus bayam akan membersihkan kotoran dan minyak di wajah, sehingga kulit menjadi lebih bersih.

Anti-aging
Bayam memiliki banyak kandungan antioksidan yang akan membantu menghilangkan radikal bebas pada kulit. Konsumsi jus bayam agar kulit dapat beregenerasi dengan baik dan mengurangi risiko penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.

Melindungi kulit dari sinar ultraviolet
Bayam mengandung banyak vitamin B kompleks yang membantu mencegah kulit menghitam akibat sinar ultraviolet. Mengonsumsi jus ini dengan rutin dapat menghalau risiko kerusakan kulit akibat terlalu sering menggelapkan kulit dengan teknolongi tanning.

Mencegah lingkaran bawah mata
Kandungan vitamin K dan folat pada bayam bermanfaat untuk membantu menghilangkan lingkaran bawah mata dan memar-memar di bagian kulit lainnya. Bayam juga dapat membuat kulit tubuh tampak lebih sehat dan cerah. Serta membantu mengatasi masalah kulit seperti gatal dan kering.

Memperbaiki kulit rusak
Vitamin A dan C yang terdapat pada bayam dapat memperbaiki kulit rusak. Vitamin A membantu meningkatkan warna kulit, sedangkan vitamin C menginduksi pertumbuhan sel-sel kulit baru yang sehat.
95
Obrolan Ringan / Keajaiban Lobak Untuk Batu Ginjal Dan Lainnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 12, 2014, 10:10:08 PM »
Merupakan famili Brassicaceae, lobak merupakan jenis sayuran berakar panjang yang tumbuh dan dikonsumsi banyak orang di seluruh penjuru dunia.

Di Eropa misalnya, lobak sering digunakan sebagai bahan pembuat salad. Sedangkan di India, lobak biasanya dipakai sebagai penambah rasa pada kari. Di Jepang dan Korea, lobak diawetkan dengan cara dibuat acar. Banyak pula yang mengonsumsi lobak dengan cara membuatnya menjadi jus.

Selain lezat, tahukah Anda bahwa lobak ternyata juga memiliki kandungan gizi tinggi. Tak hanya itu, mengonsumsi lobak secara rutin juga mampu menurunkan risiko sakit kanker.

Jika Anda mengira itu saja manfaat lobak, berikut ini beberapa manfaat lainnya yang perlu Anda tahu seperti dilansir laman Boldsky.

Mengobati bantu ginjal

Mengonsumsi jus lobak mampu mengobati kondisi peradangan pada saluran kemih dan mencegah infeksi ginjal. Bahkan, jus lobak juga membantu menyembuhkan bantu ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Membantu tubuh terhidrasi dengan baik

Karena kaya akan vitamin A, C, zinc, fosfor dan kadar air, lobak layaknya makanan bagi sel-sel tubuh Anda sehingga tubuh terhidrasi dengan baik.

Menyehatkan kulit

Karena memiliki sifat detokstifikasi, lobak juga sangat efektif dalam mengobati masalah-masalah kulit seperti jerawat, gatal dan luka. Sayuran ini juga mampu menjaga kulit tetap lembab dan awet muda.

Menjaga tekanan darah

Kandungan kalium di dalam lobak membantu melawan efek buruk sodium yang masuk ke tubuh sehingga mampu menjaga tekanan darah.

Menyehatkan rambut

Konsumsi lobak secara rutin juga mampu menjaga kesehatan kulit kepala sehingga rambut yang tumbuh menjadi lebih sehat dan indah. Tak hanya itu, sayuran ini juga sangat efektif dalam menghilangkan masalah rambut rontok.

Menyembuhkan penyakit kuning

Karena mampu menjaga produksi bilirubin dan melawannya, lobak menjadi sayuran yang mampu menyembuhkan penyakit kuning. Selain itu, lobak juga mencegah rusaknya sel darah merah dengan meningkatkan suplai oksigen dalam darah.
96
Obrolan Ringan / Manfaat Dan Kandungan Biji Pala
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 12, 2014, 02:30:28 AM »
Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi. Pala disebut-sebut dalam ensiklopedia karya Plinius "Si Tua". Semenjak zaman eksplorasi Eropa pala tersebar luas di daerah tropika lain seperti Mauritius dan Karibia (Grenada).

Istilah pala juga dipakai untuk biji pala yang diperdagangkan.

Tumbuhan ini berumah dua (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya. Bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.

Biji pala mempunyai sifat antiemetic yaitu senyawa kimia yang memiliki manfaat untuk mengatasi mual atau muntah.Begitu besar khasiat buah pala banyak terdapat di bagian daging, kulit, biji pala sampai ke bunganya sekali pun yang mana terdapat kandungan kimia didalamnya.

Penelitian yang dilakukan untuk menguji seberapa besar kadar gizi yang terkandung dalam Biji Pala tidak sia-sia, terbukti banyak sekali zat baik yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan biji pala diantaranya adalah:

Kandungan Energi Buah Pala = 42 kkal
Kandungan Protein Buah Pala = 0,3 gr
Kandungan Lemak Buah Pala = 0,2 gr
Kandungan Karbohidrat Buah Pala = 10,9 gr
Kandungan Kalsium Buah Pala = 32 mg
Kandungan Zat Besi Buah Pala = 2 mg
Kandungan Vitamin A Buah Pala = 29 IU
Kandungan Vitamin B1 Buah Pala = 0 mg
Kandungan Vitamin C Buah Pala = 22 mg

Manfaat Biji Pala:

1. Mengobati Suli tidur (insomnia)

caranya sangat mudah, ambil 1 buah biji pala lalu tumbuh hingga halus dan beri sedikit air. letakkan pada pelipis penderita di malam hari saat akan tidur.

2. Mengobati Pusing kepala

Ambil 1 buah biji pala dan campur dengan 7 lembar daun sirih, 7 buah cengkeh, kemudian semua ditumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air, dan oleskan pada tengkuk dan ubun-ubun penderita.

3. Mengobati telinga yang sakit

Caranya, ambil biji pala dan biji mahoni, lalu tumbuk halus. Tambahkan 1/2 liter air, lalu rebus dan biarkan mendidih selama 10 menit. Teteskan air pada telinga sebanyak 4 sampai 5 kali.

4. Pereda sakit perut

5. Menghilangkan jerawat dan noda

6. Mengatasi rasa mual

7. Meringankan penyakit maag

8. Menyembuhkan suara parau

Manusia banyak kesibukan dalam kegiatan sehari-hari sehingga banyak yang mengalami yang namanya susah tidur. Penyakit akan mudah sekali datang bila sesorang kurang tidur. Parkinson adalah salah satu penyakitnya, Ini bisa berlangsung karena terjadinya degenerasi sel-sel otak yang menghasilkan dopamine.

Kelemahan obat yang berbahan kimia untuk mengobati yang namanya susah tidur memiliki efek samping ketika di gunakan dalam kurun waktu yang panjang, dan bila menggunakan obat yang berbahan kimia bisa timbul ketergantungan dan bisa meningkatkan dosis terus menerus.

Obat herbal yang ada dialam sekeliling kita dan sangat dekat dengan kita itulah biji pala. Kini biji pala tersebut telah tersedia dalam bentuk kapsul biji pala terlihat lebih praktis.
97
Obrolan Ringan / Sumber Karbohidrat Lain Pengganti Nasi
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 10, 2014, 08:02:02 PM »
Sumber karbohidrat, terutama nasi, belakangan sering dihindari. Nasi dianggap penyebab gemuk. Tak heran banyak orang yang melakukan program diet menghilangkan nasi dalam list menunya. Padahal,  karbohidrat sebenarnya merupakan nutrisi penting.

Tubuh membutuhkannya sebagai penyedia energi agar dapat beraktivitas normal. Jika kekurangan karbohidrat, tubuh akan terasa lemas, tidak bertenaga, dan metabolismenya terganggu.

Untuk itu, jangan sepenuhnya menghilangkan karbohidrat dari diet Anda. Jika tak ingin mendapatkan asupan karbohidrat dari nasi, ada beberapa sumber karbohidrat yang bisa diperoleh dari makanan lain. Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat Anda memasukkan dalam daftar makanan diet Anda seperti dikutip Times of India.

Buah-buahan

Bukan hanya nasi, sumber karbohidrat juga bisa berasal dari aneka buah. Jika Anda ingin menurunkan berat badan konsumsi buah juga aman untuk kesehatan. Buah-buahan seperti pir dan apel mengandung rendah glikemik dan memiliki manfaat yang bisa membantu tubuh melakukan metabolisme, meningkatkan pektin--serat larut dalam air yang sangat berguna bagi kesehatan manusia.

Ubi Jalar

Jika Anda ingin memberikan banyak serat untuk tubuh, konsumsi karbohidrat seperti ubi jalar. Bukan hanya sekedar mengandung serat, ubi jalar juga kaya akan beta karoten dan vitamin lainnya. Mengkonsumsi makanan ini juga akan menjaga perut Anda kenyang untuk jangka waktu lama dan akan membantu Anda menjalani olahraga dengan baik.

Oatmeal

Mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan menjadi hal biasa yang dilakukan banyak orang saat ini. Ya, oatmeal memang sumber karbohidrat yang sehat, tida meningkatkan kolesterol dan baik untuk jantung. Oatmeal jadi sumber energi dan bisa membantu dalam penurunan berat badan.
98
Obrolan Ringan / Makanan Penambah Tinggi Badan
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 10, 2014, 02:01:01 AM »
iapa yang tidak ingin punya badan tinggi layaknya bule-bule keren? Jelas semua orang menginginkannya termasuk Anda bukan. Bicara soal tinggi badan mari kita telaah terlebih dahulu apa yang menyebabkan tinggi badan seseorang bertambah dengan cepat ataupun dengan proses yang memakan waktu cukup lama karena kebanyakan orang tidak bisa ditentukan kapan dan berapa tinggi badannya akan mulai ataupun terus naik.

Di Indonesia, tinggi rata-rata orang Indonesia maksimal mencapai 170 cm, tinggi badan tersebut sudah tergolong tinggi jika hanya dilihat dari wilayah Indonesia yang masyarakatnya cenderung lebih pendek dibanding orang-orang eropa. Perbedaannya sangat jelas, kita sering melihat pertandingan sepak bola antara Timnas Indonesia dengan Timnas negara lain, Korea Selatan misalnya. Dari layar televisi saja sudah terlihat jelas perbedaan tinggi badan orang Indonesia dibanding orang Korea Selatan, kenapa?.

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan seseorang adalah faktor keturunan (gen), jika kedua orang tua Anda termasuk dalam kategori yang memiliki postur tubuh cukup tinggi, kemungkinan besar tinggi badan Anda bisa sama dengan orang tua Anda, bahkan bisa lebih. Namun bisa juga kebalikannya, jika orang tua Anda memiliki postur tubuh yang pendek, kecil kemungkinannya tinggi badan Anda akan melebihi orang tua Anda, namun tidak menutup kemungkinan juga jika Anda bersikeras untuk berusaha menambah tinggi badan.

Faktor lainnya bisa dilihat dari makanan, orang Indonesia lebih suka makanan yang cepat saji, mengandung banyak lemak jahat, dan berkolesterol tinggi sehingga tinggi badan pun akan terhambat akibat ini. Sedangkan orang-orang di eropa sana lebih suka makan sesuatu yang menyehatkan tubuh dan biasanya tidak disukai oleh lidah orang-orang kita, misalnya seperti ikan salmon mentah namun sudah di bersihkan kotorannya.

Melihat kondisi tersebut, tidak mungkin jika kita meniru kebiasaan mereka dalam mengkonsumsi ikan mentah, atau jenis makanan lainnya yang mereka konsumsi karena lidah kita tidak serasi dengan lidah-lidah orang luar. Oleh karena itu, disini akan di sebutkan sedikit beberapa makanan sehat yang dapat Anda konsumsi untuk menambah tinggi badan Anda, apa saja itu? Simak berikut ini,

Makanan sehat sebagai penambah tinggi badan

1. Telur

Selain sebagai salah satu sumber makanan yang tinggi pretein, putih telur ternyata juga bisa menambah tinggi badan. Jadi, jangan takut untuk mengkonsumsi putih telur sebagai menu sarapan Anda tiap harinya.

2. Ayam

Sama seperti telur, kandungan protein dalam ayam sangat bermanfaat untuk perkembangan otot dan tulang. Mengkonsumsi dua porsi ayam dalam satu minggu dapat menambah tinggi badan Anda secara signifikan.

3. Daging

Cowo-cowo yang hobi pergi ke tempat fitnes tentu tahu betul apa manfaat daging, yaitu untuk membentuk massa otot tubuh. Memang benar, tapi daging juga memiliki peran lain untuk tubuh, yaitu dapat meningkatkan tinggi badan. Hanya sebagai catatan, pilihlah daging yang rendah lemak.

4. Pisang

Kandungan kalsium dalam pisang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan mineral yang berkhasiat untuk mengembangkan massa otot tubuh. Banyak sekali bukan manfaat buah pisang ini.

5. Oatmeal

Makanan yang satu ini juga sering di konsumsi oleh cowo-cowo yang sering ngegym, katanya bisa membuat tubuh gemuk bagi yang kurus dan juga bisa dijadikan menu sarapan pagi yang sehat karena dapat membuat tubuh kenyang lebih lama dan tentunya dapat menambah tinggi badan Anda.
99
Obrolan Ringan / Re:Pasak Bumi, Obat Kuat Alami Asli Indonesia
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 06, 2014, 09:42:41 PM »
Sebuah temuan yang diterbitkan dalam Journal International Society of Sports Nutrition menemukan tanaman asli Indonesia mampu menjadi pembangkit gairah pria sekaligus suplemen peningkat massa otot.

New Sunday Times menyebut, asupan ekstrak akar tanaman yang disebut 'Tongkat Ali' sebanyak 200 mg setiap hari mampu meningkatkan kadar testosteron pria sebanyak 37 persen selama 28 hari.

Kenaikan testosteron akan meningkatkan libido, dorongan seks, massa otot serta mengurangi massa lemak.  Sehingga ekstrak tanaman ini disebut-sebut sebagai Viagra Asia.

Tongkat Ali selama bertahun-tahun digunakan pria di Indonesia dan Malaysia untuk meningkatkan gairah seksual, libido, kinerja seksual dan untuk mengobati disfungsi ereksi.

Berdasar penelitian, tanaman Tongkat Ali mengandung Adaptophen yang terbukti efektif meningkatkan kekuatan otot dan stamina, memperbaiki libido.

Namun, di sisi lain kritikus mengatakan senyawa dalam tongkat Ali kontroversial karena membuat atlet memperoleh keuntungan yang tidak adil sehingga harus dilarang penggunaannya.

Tetapi ilmuwan pendukung berpendapat, senyawa ini aman dan efektif. "Pelarangan ekstrak alami akan mirip dengan melarang atlet mengkonsumsi creatine , yang juga diisolasi dari sumber alami," ujar Shawn M Talbott, salah satu peneliti.

Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine & Science menemukan pemula yang mengkonsumsi senyawa tersebut selama tujuh minggu mengalami peningkatan otot hingga 600 persen. Mereka juga mengalami penebalan pada massa otot bisep dibandingkan kelompok yang menggunakan plasebo.

Kendati terbukti sangat manjur, peneliti mengingatkan bahwa tanaman ini sangat langka dan ketersediaannya di alam sangat terbatas. Akibat meningkatnya permintaan ekstrak tanaman ini di AS, ilmuwan mengingatkan agar bahaya konsumsi tongkat Ali palsu yang berasal dari China.
100
Obrolan Ringan / Pasak Bumi, Obat Kuat Alami Asli Indonesia
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 06, 2014, 09:40:59 PM »
Tanaman herbal pasak bumi yang dalam bahasa latinnya disebut sebagai eurycoma longifolia radix merupakan tanaman herbal asli Indonesia yang banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk menambah kejantanan dan keperkasaan pria dewasa dalam hubungan seksual. Pasak bumi juga dikenal dengan nama lain Tongkat Ali, tanaman atau tumbuhan herbal pasak bumi ini ternyata telah berkembang yang tidak hanya tumbuh di tanah Indonesia namun juga tumbuh di Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Semenanjung Malaya, Burma Selatan, Laos, Kamboja dan Birma.



Pasak bumi juga memiliki nama sebutan dalam tiap daerah di Indonesia, seperti :

- Kalimantan : pasak bumi
- Jawa : Widara putih
- Bangka : Bidara laut, mempoleh
- Melayu : penawar pahit
- Sumatera : beseng
- Aceh : Tongkat ali

Pasak bumi juga dikenal dan memiliki nama lain di beberapa negara sebut saja seperti di Malaysia yang dikenal dengan sebutan tongkat ali, bedara merah, atau bedara putih, sedangkan di Thailand dikenal dengan nama plaa-lai-pueak, hae pan chan, plaalai phuenk atau phiak.

Berikut ini adalah ciri-ciri umum dari tanaman herbal pasak bumi :

a. Jika diteliti dari batang tumbuhan dengan ciri :

Memiliki lingkar tumbuh dengan batas tidak jelas, tetapi parenkim pita menyerupai batas lingkar tumbuh. Pembuluh: baur, 34-73 persen soliter, lainnya berganda radial 2-3 sel, beberapa bergerombol dan berderet tangensial, panjang 425 ± 21 ?, diameter sampai 203 mikron, rata-rata 99 ± 6 ?, frekuensi 6,2 ± 0,9 per mm2 , bidang perforasi sederhana, ceruk antar pembuluh selang seling, bersegi banyak, diameter 6-11 ?, ceruk antar pembuluh dengan jari-jari serupa dalam ukuran dan bentuk dengan ceruk antar pembuluh, tilosis tidak dijumpai, endapan kadang-kadang ada. Trakeida vaskular: tidak dijumpai. Parenkim: dua macam, pita setebal 2-5 sel dan berjarak kurang teratur dan vaskisentrik, panjang untai, 3-4 sel. Jari-jari: heteroselular dengan 1 atau 1-4 jalur sel tegak, lebar 1- 6 seri, tinggi sampai 2085 mikron, rata-rata 867 ± 89 ?, frekuensi 7,6 ± 0,4 per mm, jari-jari agregat terkadang ada. Serat: dengan ceruk halaman yang tegas, ketebalan dinding sedang, panjang 1040 ± 46 mikron, diameter 16,7 ± 0,9 ?, tebal dinding 4,1 ± 0,3?.

Saluran interselular: saluran aksial traumatik kadang-kadang ada, tersusun dalam deret tangensial pendek. Inklusi mineral: kristal prismatik adakalanya dijumpai dalam sel baring jari-jari, silika tidak dijumpai.

b. Jika diteliti dari akar tumbuhan dengan ciri :

 Lingkar tumbuh: batas tidak jelas, tetapi parenkim pita menyerupai batas lingkar tumbuh. Pembuluh: baur, 30-95 persen soliter, lainnya berganda radial 2-3 sel, beberapa bergerombol dan berderet tangensial, panjang 424 ± 27 ?, diameter sampai 214 ?, rata-rata 88 ± 8 ?, frekuensi 9,4 ± 1,3 per mm2, bidang perforasi sederhana, ceruk antar pembuluh selang-seling, bersegi banyak, diameter 7-9 ?, ceruk antar pembuluh dengan jari-jari serupa dalam ukuran dan bentuk dengan ceruk antar pembuluh, tilosis tidak dijumpai, endapan kadang-kadang ada. Trakeida vaskular : ada pada akar cabang pohon dewasa walau jarang Parenkim: dua macam, pita setebal 2-4(5) lapis sel dan berjarak kurang teratur dan vaskisentrik, panjang untai 3-4 sel. Jari-jari: heteroselular dengan 1-3 atau 1-4 jalur sel tegak, lebar 1-3- 6(8) seri, tinggi sampai 1800 ?, rata-rata 919 ± 131 ?, frekuensi 8,9 ± 0,5 per mm. Serat: dengan ceruk halaman yang tegas, ketebalan dinding sedang, panjang 1017 ± 66 ? , diameter 17,8 ± 0,7 ?, tebal dinding 3,6 ± 0,2 ?. Inklusi mineral: kristal dan silika tidak dijumpai.
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia