Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Artikel tentang Tanaman Hias / Re:Fittonia, Tanaman Hias yang Sangat Sensitif Terhadap Udara Dingin
« Tulisan terakhir oleh coprai pada Pebruari 05, 2017, 08:51:00 PM »
Bunga fittonia ini yang membuatnya mahal karena memiliki ruas tulang yang bagus
92
Artikel tentang Tanaman Hias / Re:Mengetahui Sekilas Tentang Bunga Vinca yang Indah
« Tulisan terakhir oleh coprai pada Pebruari 05, 2017, 08:47:56 PM »
nama umum dari bunga ini madagaskar Periwzinkle, keren banget ya ?
93
Obrolan Ringan / Re:Teh Hibiscus Kurangi Resiko Penyakit Jantung
« Tulisan terakhir oleh coprai pada Pebruari 05, 2017, 08:46:38 PM »
Jadi penasaran juga rasa teh yang terbuat dari bunga sepatu ini
94
cantik juga ya tangkai daun dimasukkan ke dalam botol yang bening dan diisi air, tapi bisa tahan berapa  lama itu daun-daunnya sampai mengering






95
Jual & Beli Tanaman Hias / Re:JUAL TANAMAN FLAME OF IRIAN ( Mucuna Bennetti(
« Tulisan terakhir oleh coprai pada Pebruari 05, 2017, 08:36:33 PM »
tanaman flame of irian memang cocok untuk dijadikan sebagai tanaman pagar di depan rumah
96
Artikel tentang Tanaman Hias / Sirih: Tanaman Obat yang Elok Dipandang
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Pebruari 03, 2017, 02:53:22 AM »
Oleh: Indra/Anissa


Biasanya tanaman sirih digunakan untuk menutup tembok. Namun ternyata dominasi tanaman merambat ini, juga bisa membuat taman menjadi cantik. Sirih ditanam di hampir setiap sudut halaman. Di tembok samping, bak tanaman, dan pot-pot, penuh oleh sulur-sulur tanaman sirih.

Agar mudah memantau dan merawatnya, tanaman sirih ditata dan diletakkan di area yang berbatasan dengan tembok. Salah satunya ditanam di bak, yang terletak di tembok bagian bawah. Hasilnya, sulur-sulur sirih menjulur ke luar bak, dan merambati tembok. Ini menimbulkan kesan rimbun dan teduh.


Untuk menjaga keindahan taman sirih, atur penataannya. Sebaiknya jangan letakkan tanaman sirih pada area yang terkena matahari langsung. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan tanaman sirih dari kerusakan, dan warna daun menguning. Agar sirkulasi udara tanah berjalan baik, jaga agar tanah tetap gembur. Lakukan penggemburan setiap kali tanah mulai memadat.

Untuk menambah keindahannya, taman sirih juga dipadu dengan tanaman lainnya. Seperti, palem merah, alamanda, dan daun salam. Ada pula pohon rambutan, mangga, dan jambu. Selain indah, tanaman sirih juga berkhasiat sebagai obat berbagai penyakit. Bermanfaat pula untuk mengusir serangga.



Sumber Artikel: http://properti.kompas.com/
97
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Catat! Ini Faktor Penting dalam Merawat Anggrek
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Januari 31, 2017, 03:44:02 AM »
Oleh: Riana


Bagi Anda pecinta tanaman hias pasti tahu sosok bunga hias satu ini, dialah anggrek. Dalam hal perawatan, ternyata merawat bunga bernama Latin Orchidaceae ini tidak sulit lho. Ketua Bangka Flora Society, Dian Rossana Anggraini, mengatakan, bahkan untuk merawat anggrek spesies yang langka tidak begitu susah.

Menurut Dian, faktor lingkungan tempat pelestarian anggrek harus dibuat sama dengan faktor lingkungan habitat aslinya. Misalnya, anggrek pensil yang habitat aslinya di rawa, maka lingkungan budidaya juga harus seperti di rawa. Untuk anggrek epifit, maka budidayakan secara epifit. “Untuk biaya perawatan tidak terlalu mahal, karena bisa memanfaatkan bahan organik yang berada di sekitar habitat anggrek tersebut,” tutur Dian.

Secara umum, lanjut Dian, untuk merawat anggrek tidak memerlukan sinar matahari penuh, hanya 20%. Namun tanaman anggrek perlu naungan. Naungan bisa dengan paranet atau di pohon.  “Seperti tanaman anggrek saya yang disimpan di bawah pohon anggur yang merambat,” kata Dian.

Perlu diingat juga, sirkulasi udara sangat dibutuhkan tanaman anggrek. Artinya hembusan angin cukup baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek. Semakin baik sirkulasi udara, pertumbuhan tanaman anggrek akan semakin bagus. Bahkan sebagian orang memasang kipas angin. Fungsi sirkulasi udara ini untuk meratakan temperatur dan kelembaban.


Untuk penyiraman tanaman, usahakan Anda menyiramnya dua kali sehari. Untuk waktu penyiraman yang baik, yaitu sekitar jam 07.00-09.00 dan sore harinya 16.00-18.00. “Penyiraman sebaiknya langsung ke arah akar dan menggunakan air yang bersih, tidak tercemar limbah kimia,” saran Dian.

Kemudian, untuk menjaga serangan hama dan penyakit, penyemprotan insektisida dan fungisida seminggu sekali juga wajib dilakukan.
“Penyemprotan sebaiknya dilakukan sore hari. Karena tumbuhan juga perlu makan, maka beri tanaman anggrek dengan makanan dan nutrisi, yaitu dengan melalui cara pemupukan yang teratur. Pupuk yang dibutuhkan adalah pupuk yang kaya akan kandungan kalsium (Ca), phospor (P), dan kalium (K). Pemberian pupuk dilakukan rutin dua minggu sekali. Pemberian pupuknya sendiri dilakukan dengan cara dilarutkan dahulu dengan air kemudian disiramkan,” pungkas Dian.



Sumber Artikel: Jitunews.com
98
Obrolan Ringan / Re:Jaga kesehatan tubuh saat puasa dengan minum susu Kayu Manis
« Tulisan terakhir oleh randi12 pada Januari 31, 2017, 01:58:38 AM »
Wah kayanya susu kayu manis boleh juga nih jadi referensi buat bulan puasa besok, kayanya enak nih :D
99
Obrolan Ringan / Re:Mengapa Jeruk Selalu Hadir Saat Imlek?
« Tulisan terakhir oleh randi12 pada Januari 31, 2017, 01:51:09 AM »
Walah dikirain informasi panjang ternyata pendek ya heheheh
Yup memang dari dulu Jeruk sudah sangat identik dengan perayaan Imlek.
100
Oleh: Hartati, Hasballah


Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung, pasti akan menemukan menjumpai bunga anggrek selop. Tanaman ini memiliki habitat asli yang berada dikawasan Selatan Lereng Gunung Semeru yang berada di Lumajang, Jawa Timur.

Namun, jika tak sempat mendaki gunung, tanaman cantik ini pun bisa dilihat di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur karena merupakan salah satu tanaman yang dikoleksi di sana. Bagi Anda yang penasaran mengenai bentuk tanaman ini, bisa mengetahuinya dari ciri-ciri yang bisa Anda ketahui. Anggrek Selop memiliki 4 kelopak yang terbagi atas 2 kelopak utama, serta memiliki dua kelopak samping dan 1 labelium.

Sekilas penampilan Anggrek Selop menyerupai tanaman kantong semar, dan hal inilah yang menjadi daya tarik serta letak keunikan Anggrek Selop dibandingkan jenis anggrek lainnya.

Untuk bentuknya sendiri Anggrek Selop memiliki ukuran bunga sekitar 7,5 cm, dengan kelopak punggungnya sekitar 3cm yang memiliki warna hijau biru keputihan. Selain itu kelopak samping tanaman ini memiliki panjang 5cm, dan labeliumnya sendiri berukuran 4,5cm dan memiliki corak totol-totol dan berwarna ungu. Daun tanaman ini bisa dikatakan memiliki ukuran yang lumayan panjang, yakni sekitar 30 cm dengan ukuran batangnya yang bisa mencapai hingga 45 cm.


Tanaman hias yang termasuk ke dalam genus Paphiopedilum ini, dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama The Shiney Green Leaf Paphiopedilum dan Tropical Ladys-Slipper. Para kolektor luar negeri menyukai jenis anggrek ini untuk dijadikan indukan anggrek hibidra. Tak hanya itu saja, tanaman ini pun cukup populer sebagai tanaman ornamental.

Menurut seorang pedagang Anggrek Nurul Rusniawati, pemilik Nungky Orchids di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, negara-negara kolektor peminat anggrek selop ini antara lain Jerman, Belanda, Inggris, Amerika Serikat,Taiwan, Thailand dan Jepang.

Lebih lanjut, untuk menanam jenis anggrek ini haruslah memiliki tempat naungan yang sejuk. Genus paphiopedilum, dalam hal ini adalah anggrek selop termasuk jenis anggrek teretris yakni anggrek yang dapat hidup dengan media tanamnya adalah tanah.

Cara menanamnya, seperti diungkapkan oleh Nurul bisa langsung ditancapkan atau bisa juga ditanam ke dalam pot namun harus terlindung oleh pepohonan yang besar. Selain itu, waktu ideal untuk menyiram tanaman ini adalah saat menjelang sore hari.




Sumber Artikel: Jitunews.com
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia