Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Re:Buah Kersen
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 07, 2014, 01:00:10 AM »
Ditinjau dari segi kandungan gizinya buah kersen tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan pada buah kersen 80,5 mg, selain itu kandungan kalsium pada buah kersen 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg.

Di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat. Rebusan daun kersen juga memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas bahkan kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik.

Bahan Sirup

Kersen juga bisa dipakai untuk membuat sirup. Bahan-bahannya meliputi buah kersen masak, air, gula putih, kayu manis, garam, vanilla, pewarna makanan dan alat yang digunakan adalah ember, panci, penumbuk (cobek), saringan dan botol untuk mengemas.

Buah Kersen dipilih yang sudah matang (berwarna merah) lalu dicuci hingga bersih. Daging buah kersen dipisahkan dari kulitnya dengan cara di tumbuk lalu direbus dengan perbandingan 1 bagian air dengan 3 bagian kersen. (1:3).

Kersen lalu dicampur dengan gula dengan perbandingan 1:2 beserta vanilla, garam, dan kayu manis secukupnya sampai mendidih dan harus terus diaduk. Setelah mendidih sirup kersen disaring untuk menghilangkan ampas dan diberi pewarna agar lebih menarik dan dikemas dalam botol. Sirup buah Kersen ini bagus untuk kesehatan tubuh karena terkait dengan khasiat yang dimiliki oleh kersen yaitu dapat mengobati asam urat.
92
Obrolan Ringan / Buah Kersen
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 07, 2014, 12:56:55 AM »
Buah Kersen atau talok (Muntingia calabura L.) adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri.

Di Lumajang, anak-anak menyebutnya baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datiles, aratiles, manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Juga dikenal sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri.

Buah kersen disukai terutama oleh anak-anak, burung dan codot. Anak-anak sekolah sering memanjat pohonnya, meninggalkan bekas-bekas berupa ranting yang berpatahan dan kulit batang yang terkelupas. Buah ini juga dapat dijadikan selai. Di Meksiko, buah kersen dijual di pasar.Pohon kersen di Indonesia mudah dijumpai. Biasanya pohon ini dijadikan tempat teduh bagi tukang becak di Indonesia.
Kayu kersen lunak dan mudah kering, sangat berguna sebagai kayu bakar. Kulit kayunya yang mudah dikupas digunakan sebagai bahan tali dan kain pembalut. Daunnya dapat dijadikan semacam teh.

Burung-burung pemakan buah, seperti kelompok merbah dan burung cabe, sering mengunjungi pohon ini di waktu siang untuk memakan buah atau sari buahnya yang manis. Di waktu hari gelap, berganti aneka jenis kelelawar pemakan buah yang datang dengan tujuan yang sama. Biji kersen tidak tercerna oleh burung dan codot, karena itu kedua kelompok hewan ini sekaligus berfungsi sebagai pemencar bijinya.
Pohon kersen khususnya berguna sebagai pohon peneduh di pinggir jalan. Pohon kecil ini awalnya sering tumbuh sebagai semai liar di tepi jalan, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, dan akhirnya tumbuh dengan cepat –biasanya dibiarkan saja– membesar sebagai pohon naungan. Sebab itulah pohon kersen acapkali ditemukan di wilayah perkotaan yang ramai dan padat, di tepi trotoar dan lahan parkir, di tepi sungai yang tidak terurus atau di tempat-tempat yang biasa kering berkepanjangan.

Semai kersen tumbuh pada retakan lantai trotoar. Karena sifat-sifat dan daya tahannya itu, kersen menjadi salah satu tumbuhan pionir yang paling banyak dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis. Berasal dari Amerika tropis (Meksiko selatan, Karibia, Amerika Tengah sampai ke Peru dan Bolivia), kersen dibawa masuk ke Filipina pada akhir abad-19, dan lalu dengan cepat menyebar di seluruh wilayah tropis Asia Tenggara.
93
Obrolan Ringan / Khasiat Buah Jambu Biji
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 05, 2014, 09:05:56 PM »
JAMBU BIJI, dengan nama latin Psidium guajava L,kebanyakan dianggap hanya dapat  membantu mempercepat pnyembuhkan  penyakit demam berdarah saja. Padahal, buah jambu ini selain kaya akan vitamin C dan juga memiliki banyak khasiat kesehatan yang belum banyak diketahui.
 
Menurut beberapa ahli kesehatan, jambu mempunyai banyak manfaat. Mulai dari penyakit yang sederhana sampai penyakit yang berat, seperti:

Mencegah kanker

Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.

Menurunkan hipertensi

Jambu biji adalah buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi jika ingin menghindar dari serangan jantung. Buah ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian juga menunjukkan rutin mengonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah.

Mengobati diare

Tanaman jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah kita mengunyah jambu biji. Selain itu daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare atau disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium.

Batuk dan flu

Daun jambu biji yang dimakan mentah atau buah yang masih mentah yang dibuat jus dipercaya secara turun temurun sebagai obat mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Buah jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi virus flu.

Merawat kulit

Kandungan astringet dalam jambu biji akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Bukan hanya itu jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

Mencegah sembelit

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang mengandung 36 persen kebutuhan serat yang disarankan. Selain itu biji buah ini juga menjadi laksatif yang ampuh yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

Menurunkan berat badan

Buah ini memiliki komponen yang diperlukan untuk menurunkan berat badan, misalnya serat, protein dan vitamin. Buah ini juga membuat perut terasa lebih kenyang. Jambu biji berukuran sedang yang diasup saat makan siang sudah cukup untuk mengganjal perut sampai makan malam.

Sariawan perut

Vitamin C yang terkandung dalam jambu biji empat kali lebih tinggi dibanding dengan vitamin C yang terdapat dalam jeruk. Selain itu, buah ini juga menjadi obat yang ampuh untuk sariawan, penyakit yang ditandai dengan gusi bengkak dan berdarah.

Merawat gigi

Konsumsi jus jambu biji untuk merawat gusi, mengatasi gusi bengkak dan berdarah.


Diabetes Melitus

Jambu biji yang telah  direbus dan diambil airnya untuk diminum  dipercaya dapat mengobati Diabetes Melitus
94
Obrolan Ringan / Tubuh Go Green
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 05, 2014, 01:36:26 AM »
Istilah "go green" tidak hanya baik bagi lingkungan, tetapi juga untuk pola makan kita sehari-hari. Menurut Steven Masley, ahli gizi dan penulis buku The 30-Day Heart Tune-Up: A Breakthough Medical Plan to Prevent and Reverse Heart Disease, mengurangi daging memberikan manfaat bagi kesehatan seluruh tubuh.

"Orang Amerika yang mengganti daging dengan diet vegetarian dapat mengurangi berat badan mereka dan terlihat perbaikan untuk kadar kolesterol dan gula darah mereka," jelasnya.

Lebih lanjut, inilah sembilan manfaat yang Anda bisa dapatkan dari pengurangan makan daging.

1. Berat badan berkurang
Sebuah studi berskala besar selama lima tahun yang dipublikasi dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics di 2013 mengungkap, mereka yang tidak makan daging memiliki rata-rata indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah daripada mereka yang makan daging. Selain itu, studi juga menemukan, orang obesitas yang melakukan diet vegetarian cenderung lebih banyak mengurangi berat badannya daripada mereka yang berdiet namun tetap makan daging.

2. Tekanan darah menurun
Menurut sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Public Health Nutrition, pelaku diet vegetarian dan vegan cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding dengan pemakan daging. Para peneliti mengatakan, ini karena mereka lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

3. Risiko diabetes lebih rendah
Studi yang dilakukan American Diabetes Association menemukan, pelaku diet vegeratian memiliki penurunan risiko sindrom metabolik, salah satu faktor risiko yang berhubungan dengan diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung. Studi menemukan, orang yang menghindari makan daging merah dan ayam rata-rata tekanan darah, gula darah, dan trigliseridanya lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

4. Risiko kanker menurun
Para peneliti asal Loma Linda University menemukan adanya hubungan antara diet vegan dengan penurunan risiko semua tipe kanker. Dalam studi yang berperiode 10 tahun tersebut, mereka menganalisa data dari 70.000 orang yang tidak makan daging.

5. Lebih mudah BAB
Makan lebih banyak sayuran dan kacang-kacangan berarti lebih banyak juga serat yang dikonsumsi. Dawn Jackson, pakar diet dan penulis buku The Flextarian Diet mengatakan, konsumsi serat lebih banyak akan menurunkan angka konstipasi dan perbaikan sistem pencernaan secara keseluruhan.

6. Kulit lebih berkilau
Diet vegetarian merupakan diet terbaik bagi kilau kulit. Sebuah studi menemukan, lebih banyak makan buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian utuh akan meningkatkan kadar antioksidan di tubuh yang akan menetralisasi radikal bebas sehingga mencegah penuaan.

7. Bau tubuh lebih baik
Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Chemical Senses menemukan, orang yang tidak makan daging cenderung memiliki bau tubuh yang lebih baik dan menarik, terutama bagi lawan jenis. Bahkan wanita yang tidak makan daging dianggap lebih menarik dengan bau badan lebih sedap.

8. Tambah bahagia
Makan lebih banyak buah dan sayuran adalah salah satu cara untuk memperbaiki mood. Sebuah studi asal University of Warwick dan Dartmouth College pada 80.000 orang menemukan, penambahan porsi makan buah dan sayur harian terbukti dapat memperbaiki mood.

9. Tingkat energi bertambah
Makan bayam, kale, kacang, dan makanan kaya nitrat lainnya akan menambah tingkat energi Anda. Para peneliti menemukan, nitrat dapat memperbaiki kualitas pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah dan memperbaiki distrubusi oksigen ke seluruh tubuh.
95
Obrolan Ringan / Sederet Kebaikan Teh Hitam
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 03, 2014, 09:53:15 PM »
Di kalangan masyarakat Indonesia, teh begitu digemari. Berbeda dengan kopi, kadar kafein dalam teh lebih rendah. Manfaat kesehatannya pun cukup banyak.

Semakin hari, beragam jenis teh semakin terungkap. Masyarakat tak hanya menikmati teh biasa. Teh oolong, teh hijau, sampai teh putih juga mulai dieksplorasi.

Satu lagi teh yang wajib coba. Yakni, black tea atau teh hitam. Dibanding teh jenis lain, ia lebih teroksidasi. Rasa teh hitam bisa bertahan selama bertahun-tahun, melebihi teh hijau.

Teh hitam berasal dari tanaman Camellia Sinensis. Dalam bahasa Tionghoa, teh hitam juga disebut teh merah karena air tehnya yang berwarna merah gelap.

Namun, nama teh hitam bisa pula merujuk ke warna daun yang teroksidasi. Seperti yang lainnya, teh hitam juga punya sederet manfaat untuk tubuh.

Mengutip Times of India, berikut keuntungan mengonsumsi teh hitam.
- Mengandung kafein yang sangat rendah, sehingga baik untuk sirkulasi tubuh.
- Kandungan fluoride-nya bermanfaat bagi kesehatan tulang dan mulut.
- Mengandung flavonoid, sama seperti apel.
- Kaya antioksidan, ampuh melawan bakteri serta menguatkan sistem imun tubuh.
- Mampu menyeimbangkan tingkat hormon dan efektif meredakan stres.
- Mengandung zat-zat anti inflamasi yang bisa membantu memperbaiki pencernaan.
- Mampu menyeimbangkan tingkat kolesterol, sehingga menurunkan risiko stroke.
- Membantu menghilangkan kantung mata. Caranya: simpan dalam lemari es, letakkan di atas mata.
96
Obrolan Ringan / Berbagai Minyak Alami Untuk Kesehatan Rambut
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 29, 2014, 02:42:31 AM »
Rambut indah merupakan salah satu daya tarik wanita. Sejak dahulu wanita oriental memiliki rahasia menutrisi rambut. Mereka memadukan minyak tumbuh-tumbuhan dari generasi  ke generasi, agar rambut tetap sehat berkilau.

Saat ini ritual kecantikan rambut dengan minyak telah dikembangkan menjadi rangkaian Mythic Oil. Ini jadi solusi bagi wanita di seluruh dunia yang memiliki berbagai masalah rambut, mulai dari rambut normal, rambut diwarnai hingga rambut sulit diatur.

Resep Mythic Oil ini diracik dari tujuh bahan yang berbeda. Masing-masing memiliki khasiat tersendiri bagi rambut. Ketujuh bahan itu antara lain.

Minyak citrus
Jeruk atau limau yang juga dikenal dengan citrus, berfungsi mengaktifkan mikrosirkulasi di kulit kepala.

Minyak Cypress
Cypress merupakan tumbuhan yang hanya ada di Eropa. Manfaatnya untuk memurnikan dan memberikan tenaga bagi kulit kepala.

Minyak argan
Merupakan spesied endemik di daerah gurun seperti Maroko dan Aljazair. Argan digunakan untuk memperbaiki dan menyegarkan sehingga rambut lembut dan bersinar.

Minyak teh hijau
Memiliki khasiat serupa dengan cypress, yakni memurnikan dan memberikan tenaga bagi kulit kepala.

Minyak biji rami
Biji rami merupakan tanaman dengan konsentrasi asam lemak omega yang seimbang. Kegunaannya bagi rambut adalah menambah kilau dan menjaga warna rambut.

Minyak biji kapas
Ini adalah minyak yang diekstrak dari biji tanaman kapas. Rambut membutuhkan minyak biji kapas untuk menutrisi dan meregenerasi dengan memberi ruang bagi kulit kepala untuk bernapas.

Minyak dedak padi
Minyak ini diekstrak dari kuman dan sekam yang terdapat di dalam beras. Fungsinya untuk menghaluskan, serta melembutkan dengan menutrisi serat rambut dan kulit kepala.
97
Obrolan Ringan / Tomat Ungu, Spesies Baru Kaya Manfaat
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 26, 2014, 07:37:23 PM »
Di telinga masyarakat awam, nama tomat ungu tentunya masih terdengar asing. Namun di Kanada, tomat ungu sedang diproduksi secara besar-besaran. Jus tomat sebanyak 1.200 liter pun kini sudah siap untuk dipasarkan.

Tomat unik awalnya dikembangkan di Inggris. Fokus pada pengembangan tomat menggunakan pigmen gelap, yang biasa dikenal dengan antosianin. Kandungan ini memberikan tomat manfaat potensial untuk kesehatan. Dalam studi terhadap hewan, diketahui antosianin mampu memerangi kanker.

Tomat-tomat ini dikembangkan di John Innes Centre di Norwich, di mana Profesor Cathie Martin berharap kiriman jus tomat edisi perdana dari Kanada nanti akan memberi kesempatan pada para peneliti tentang potensi manfaat perasan buah itu.

"Dengan tomat ungu ini Anda bisa mendapatkan kandungan yang sekarang ada dalam blueberry and cranberry yang manjur untuk kesehatan - tetapi bisa juga digunakan dalam makanan yang dikonsumsi orang dalam jumlah signifikan dan dengan harga terjangkau," kata Martin seperti dilansir laman BBC.

Pigmen ungun pada tomat merupakan hasil rekayasa dengan mantransfer gen dari tumbuhan snapdragons. Modifikasi ini memungkinkan pengembangan antosianin pada tomat.
98
Artikel tentang Tanaman Hias / Re:Bunga Kacapiring
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 24, 2014, 02:31:19 AM »








99
Artikel tentang Tanaman Hias / Bunga Kacapiring
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 24, 2014, 02:29:27 AM »
Kacapiring atau Kaca Piring?Gardenia augusta) adalah perdu tahunan dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae. Bunganya berwarna putih dan sangat harum. Tanaman juga dikenal dengan nama binomial Gardenia jasminoides yang berarti "seperti melati," walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum (Melati). Di Bali, tanaman ini dikenal dengan nama jempiring dan bunganya merupakan maskot kota Denpasar.

Bunga merupakan komoditas bunga potong, digunakan dalam karangan bunga dan korsase. Daun bisa digunakan sebagai obat seriawan dan akarnya sebagai obat sakit gigi.

Buah mengandung crocin (salah satu jenis karotenoida) berwarna kuning cerah seperti yang terdapat pada safron. Buah yang kering merupakan bahan pewarna. Di Jepang, bahan pewarna dari Kacapiring digunakan untuk pencelupan tekstil dan pewarna kue tradisional (wagashi) dan asinan lobak (takuan).

Kacapiring (Gardenia) banyak dipelihara orang sebagai tanaman hias atau pagar hijau yang memiliki aroma bunga harum. Kacapiring termasuk tumbuhan perdu yang berumur tahunan serta banyak memiliki cabang, ranting maupun daun yang lebat. Kacapiring mudah tumbuh disembarang tempat, baik di daerah dingin maupun panas. Namun, tumbuhan ini lebih cocok di daerah pegunungan atau lokasi yang tingginya lebih dari 400 meter di atas permukaaan laut. Batang pohonnya mampu mencapai ketinggian berkisar 1-2 meter. Bunganya berukuran besar, indah mirip dengan bunga mawar putih dengan tajuk-tajuk melingkar dan bersusun membentuk satu kesatuan yang anggun. Daunnya berbentuk oval, tebal, licin dan mengkilap pada permukaan telapak daun bagian atasnya. Karena keharuman bunganya, kacapiring mempunyai nilai komersial untuk dibuat minyak wangi. Sedang pengembangbiakan tanaman ini dapat dilakukan dengan cara stek.

100
Obrolan Ringan / Cara Sederhana Sembuhkan Sakit Tanpa Obat
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 23, 2014, 02:30:52 AM »
Demam dan hidung tersumbat karena menderita flu, sakit kepala bahkan menurunkan tekanan darah bisa sangat mengganggu. Obat kerap kali jadi solusi. Namun, tergantung pada obat untuk mengatasi penyakit bukanlah hal yang baik bagi kesehatan dalam jangka panjang.
Karenanya, para herbalis menyarankan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih ramah bagi kesehatan, seperti dilaporkan Mens Health berikut ini:

Obati migrain dengan seks
Sebanyak 60 persen penderita migrain yang melakukan hubungan seks mengatakan, aktivitas ini membantu mengurangi gejala sakit kepala mereka. Sebagian besar merasa sakit kepala berkurang secara moderat dan lainnya tidak merasakannya sama sekali. Studi ini dilakukan di Jerman pada 2013.

Obati nyeri punggung dengan berjalan
Saat punggung terasa nyeri, hindari berbaring di sofa atau tempat tidur, sebaliknya lakukan jalan kaki rutin 2-3 hari seminggu selama 20-40 menit. Sebuah penelitian di klinik rehabilitasi dan fisioterapi menemukan olahraga ringan dapat meringankan rasa nyeri akibat gangguan atau cedera punggung.

Atasi flu dengan bawang putih
Konsumsi bawang putih sebanyak 600 mg gram dua kali sehari bisa mengurangi efek tidak menyenangkan flu dan mempercepat penyembuhannya. Studi di Clinical Nutrition melaporkan, orang yang mengasup bawang putih saat flu mengalami kondisi yang tidak separah mereka yang tidak mengasupnya. Para peserta studi juga mengatakan lebih cepat sembuh.

Ringankan iritasi lambung dengan peppermint
Peneliti Italia pada 2007 menemukan dua kapsul minyak peppermint dua kali sehari selama empat minggu membantu meringankan gejala iritasi lambung dan usus. Mereka yang minum kapsul peppermint secara rutin mengalami penurunan gejala gangguan ini antaralain kembung, sakit perut, diare dan keluar gas terus menerus.

Redakan heartburn dengan permen karet
Makan makanan pedas dapat memicu refluks asam lambung. Untuk mengatasinya, kunyah sepotong permen karet bebas gula. Studi dalam Journal of Dental Research menunjukkan mengunyah permen karet selama setengah jam setelah makan membantu menetralkan asam di kerongkongan, sehingga tidak menimbulkan rasa terbakar.

Turunkan gula darah dengan kayu manis
Penelitian pada akhir 2013 yang menganalisis 10 studi menemukan, konsumsi sekitar satu setengah sendok teh kayu manis per hari membantu mengurangi kadar glukosa darah, kolesterol total, dan trigliserida. Asupan rempah ini dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes.
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia