Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Jual & Beli Tanaman Hias / Dendrobium Thyrsiflorum (anggrek species thailand)
« Tulisan terakhir oleh centraanggrek pada Pebruari 25, 2014, 09:33:35 AM »
Jual species thailand lagi Dendrobium thyrsiflorum ..
Juara 1 waktu PF2N di jogja taun 2013 kemarin..
Stok banyak, dijual keadaan belum berbunga..
[/color]


Harga : Contact Us

Tlfn, sms, line, whatsaap : 081809766663
BBM : 79B04Ac9
COD : Bandung ( CENTRA ANGGREK )








92
Obrolan Ringan / Manfaat Mengkonsumsi Jamur
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 25, 2014, 01:24:40 AM »
Jamur termasuk dalam kelompok sayur-mayur, namun memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang juga terdapat pada daging, gandum dan biji-bijian. Baik itu jenis jamur portobello, shiitake, jamur kancing atau enoki, semuanya diperkaya berbagai nutrisi penting tapi juga rendah kalori. Masih banyak manfaat kesehatan lain dari jamur yang perlu Anda ketahui, seperti yang dikutip dari Health Me Up.

1. Sumber Vitamin D
Seperti halnya manusia, jamur juga memproduksi vitamin D ketika terpapar sinar matahari. Hal ini yang menjadikan jamur unik karena merupakan satu-satunya tanaman yang tidak dapat memproduksi vitamin D sendiri secara alami. Mengonsumsi jamur kancing yang dikeringkan diketahui bisa memenuhi kebutuhan vitamin D2 dan D3 setiap hari bahkan sama efektifnya dengan mengonsumsi suplemen vitamin D dalam bentuk pil atau kapsul.

2. Menguatkan Daya Tahan Tubuh
Tanaman 'bertopi' ini bisa memperkuat daya tahan tubuh dengan meningkatkan produksi protein serta antivirus yang dilepaskan oleh sel-sel ketika mereka mencoba melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh. Jamur juga mempercepat pematangan sel-sel dendritik dari tulang yang membantu memperkuat sistem imun untuk melawan mikroba yang merugikan.

3. Sumber Antioksidan
Jamur merupakan sumber antioksidan, salah satunya selenium yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang bisa memicu timbulnya penyakit kronis. Jamur juga memiliki antioksidan lain yang disebut ergothioneine yang juga berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

4. Menjaga Berat Badan Ideal
Jika ingin turunkan berat badan maka Anda bisa mengonsumsi jamur kancing sebagai pengganti daging. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi jamur bisa meningkatkan kesehatan saluran cerna yang akhirnya membantu mengurangi ukuran lingkar pinggang dan menurunkan berat badan.

5. Melawan Kanker
Jamur juga merupakan makanan yang mengandung bahan pencegah kanker alami. Sebuah studi menunjukkan, dengan mengonsumsi jamur secara teratur tiap hari bisa mengurangi risiko kanker prostat dan payudara. Jamur jenis shitake, diketahui juga bisa mencegah pertumbuhan tumor.
93
Obrolan Ringan / Aturan Sehat Mengkonsumsi Teh
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 23, 2014, 08:01:32 PM »
Budaya minum teh sangat mengakar di Indonesia. Itu bukan sekadar kebiasaan penghilang penat di sore hari. Teh juga membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.

Namun, meraup sehat dari secangkir teh tak bisa sembarangan dilakukan. Misalnya, riset menunjukkan, manfaat maksimal teh hanya bisa diperoleh melalui konsumsi rutin: 4 sampai 6 cangkir per hari.

Selain itu, masih ada aturan lain yang harus “ditaati” agar manfaat teh dapat dirasakan optimal oleh tubuh. Menurut pakar diet klinis, Emilia E Achmadi, berikut hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi teh.

Seduh satu kali
Hasil seduhan kedua sudah tak lagi menyimpan nutrisi dan mineral yang terkandung dalam teh. “Satu kali penyeduhan adalah proses mencapai keseimbangan rasa yang tepat, serta manfaat kesehatan, seperti kandungan antioksidan dan asam amino pada teh,” ujar Emilia. Jangan merasa sayang atau terlalu hemat dengan menyeduh teh berulang-ulang.

Perhatikan porsi
Penting memperhatikan porsi, agar asupan nutrisi teh mencukupi kebutuhan tubuh. Perhatikan pula untuk tidak menggunakan teh secara berlebihan. Untuk satu cangkir teh, diperlukan sebanyak 250cc air. Selain itu, teh yang digunakan pun cukup satu sendok teh untuk sekali seduh.

Hindari merebus teh
Cukup menyeduh teh dengan air panas, jangan merebusnya di atas kompor. Sebab, itu melenyapkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. “Suhu 100 derajat Celsius membuat zat-zat yang baik dalam teh hilang,” lanjut Emilia.

Perhatikan suhu air
Emilia menambahkan, saat air mendidih, jangan langsung dipakai menyeduh teh. Diamkan dulu hingga suhunya berkisar antara 85 hingga 80 derajat selsius. Itu merupakan suhu terbaik untuk menyeduh teh. Air yang terlalu panas, akan menghilangkan kandungan baiknya.

Segera diminum
Setelah diseduh, teh sebaiknya tidak didiamkan terlalu lama dalam keadaan terbuka. Sebab, proses oksidasi akan menghilangkan kandungan sehatnya. Jika tidak diminum sampai habis, simpan teh dalam lemari es dengan kondisi tertutup. Suhu dingin akan menjaga kandungan antioksidannya.

Cara penyimpanan
Cara menyimpan teh harus diperhatikan, agar teh tetap segar saat akan dikonsumsi. Untuk itu, simpan teh di dalam lemari es dengan kemasan yang aman bagi kesehatan. Begitu juga dengan teh dalam kemasan siap saji.
95
Obrolan Ringan / Manfaat Konsumsi Apel Dan Kulitnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 20, 2014, 09:34:21 PM »
Manis dan kaya manfaat. Itu sebabnya apel jadi buah favorit. Namun tahukah Anda, jika manfaat apel akan jauh berkurang saat dikonsumsi tanpa kulitnya?

Mungkin rasa dan tekstur kulit tidak terlalu nikmat. Tapi kebiasaan mengupas apel ternyata keliru. Menghilangkan kulit apel berarti membuang sebagian besar serat buahnya.

Apel dibungkus kulit yang mengandung 4,4 gram serat. Tanpa kulit, Anda hanya akan mendapatkan 2,1 gram saja. Jumlah itu bahkan tak memenuhi syarat sumber serat minimal: 3 gram.

Mengutip News, sebagian besar vitamin apel juga terletak pada kulitnya. Pada kulit ada 8,4 miligram vitamin C. Jika kulit dikupas, vitamin C yang terkandung berkurang menjadi 6,4 miligram.

Senyawa bermanfaat lain yang disebut quercetin, juga hanya bisa ditemukan di kulit apel. Itu baik bagi paru-paru dan melindungi memori. Untuk mendapat manfaatnya, menurut studi, konsumsi minimal lima buah apel dalam seminggu.

Selain itu, penelitian dari Cornell University memaparkan, senyawa triterpenoid pada kulit apel mampu menghambat atau membunuh sel kanker. Secara khusus, senyawa itu bertugas melindungi hati, usus, dan memerangi sel-sel kanker payudara.

Terakhir, kulit apel mengandung ursolat asam. Itu senyawa penting untuk melawan obesitas. Asam ursolat mampu meningkatkan kekuatan otot, yang kemudian bisa membakar kalori.
96
Obrolan Ringan / Buah Belimbing Manis
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 20, 2014, 12:11:53 AM »
Buah belimbing manis, sering disebut sebagai star fruit, karena bentuknya yang jika dipotong menyerupai gambaran bintang. Belimbing manis memiliki nama latin Latin Averrhoa carambola yang berasal dari keluarga oxalidaceae. Buah yang berasal dari India ini, di Indonesia sering ditanam sebagai tanaman peneduh di halaman rumah. Malah, sekarang banyak dibudidayakan dalam pot dengan cara stek. Sehingga walaupun umurnya baru beberapa bulan sudah bisa berbuah.

Buah belimbing manis memiliki sifat sejuk, manis dan sedikit asam. Buah ini juga cocok sebagai pelepas dahaga karena mengandung banyak air dan sifatnya yang menyegarkan. Selain dikonsumsi sebagai buah meja, belimbing ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Diantaranya sebagai peluruh air kencing, mengatasi kolesterol, hingga hipertensi.

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing

Belimbing manis merupakan buah yang kaya vitamin A dan C yang bersifat antioksidan dan kalium. Yang patut diperhitungkan juga adalah seratnya, terutama serat pektin yang berguna bagi kesehatan pembuluh darah.

Kandungan Gizi dalam 100 g Buah Belimbing:

Kalori 36 kal                             Protein 0,4 g
Lemak 0,4 g                             Karbohidrat 8,8 g
Serat 4 g                                  Kalsium 12 mg   
Fosfor 1,1 mg                           Zat Besi 170 mg
Vitamin A 0,03 IU                     Vitamin B1 35 mg
Vitamin C 90 mg                       Air 86 g

Manfaat Buah Belimbing Manis

Berikut ini beberapa manfaat dari buah belimbing manis untuk kesehatan tujbuh manusia seperti dilansir IntisariOnline:

Mengatasi Hipertensi

Entah mengapa buah ini sering dianjurkan untuk diasup oleh para penderita hipertensi. Besar kemungkinan karena buah ini kaya kalium yang membuat pengasupnya sering buang air kecil (diuretik) sehingga tekanan darah pun terkendali. Selain itu, serat yang terkandung, terutama pektin, mampu menyerap lemak sehingga ikut membantu menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Berkat kandungan pektin yang merupakan serat kasar, kolesterol dan asam empedu akan diikat oleh serat ini agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah. Alhasil, kadar kolesterol dalam tubuh pun turun.

Melancarkan Buang Air Kecil

Buah yang banyak airnya dan mengandung kalium ini berkhasiat memperlancar masalah buang air kecil, serta tidak memberi kesempatan terbentuknya batu ginjal sekaligus menyehatkan ginjal.

Menurunkan Berat Badan

Buah yang banyak mengandung air ini kadar kalorinya sangat rendah sehingga cocok diasup oleh mereka yang sedang berniat menurunkan berat badan (karena harus mengurangi asupan kalori). Serat yang terkandung pada belimbing pun berperan besar dalam melancarkan pencernaan sehingga tidak terjadi sembelit.

Mengatasi Gangguan Hati

Khasiat antiradang yang terdapat pada belimbing disebut-sebut baik untuk membantu gangguan liver.

Manfaat Lainnya

Belimbing juga dapat membantu menurunkan demam dan mengatasi radang tenggorokan. Semuanya berkat kandungan airnya yang banyak.

Jika Anda ingin memilih buah belimbing untuk dikonsumsi langsung, pilihlah buah yang sudah masak, yakni buah yang berwarna kuning. Karena jika masih muda, buah ini rasanya asam.
97
Obrolan Ringan / Kandungan Dan Manfaat Bawang Putih
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 19, 2014, 01:58:01 AM »
Bawang putih merupakan bawang yang warnanya putih. Berbeda dengan bawang merah yang warnanya merah. Sementara bawang daun warnanya daun. Eh, bukan. Bawang daun atau daun bawang yaitu daunnya tanaman bawang. Hehe, tidak ilmiah sekali penjelasannya. Ah, tentunya pembaca sudah pada tahu seperti apa bentuk bawang putih, bawang merah dan daun bawang.

Bawang putih banyak digunakan sebagai bumbu masak dasar yang tidak boleh terlewat dalam setiap masakan. Akan tetapi, selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga berkhasiat sebagai obat-obatan untuk berbagai macam penyakit.

Bawang putih dalam keadaan mentah mengandung senyawa sulfur termasuk zat kimia bernama Alliin. Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Selain alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat, yaitu alil. Senyawa alil paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

Nilai Kandungan Gizi Bawang Putih Mentah per 100 g (3.5 oz)
Energi 623 kJ (149 kcal)
Karbohidrat 33,06 g
Gula 1.00g
Diet serat 2,1 g
Lemak 0,5 g
Protein 6,39 g
Beta-karoten 5 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0,2 mg (15%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,11 mg (7%)
Niacin (Vit. B3) 0,7 mg (5%)
Asam pantotenat (B5) 0,596 mg (12%)
Vitamin B6 1,235 mg (95%)
Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%)
Vitamin C 31.2 mg (52%)
Kalsium 181 mg (18%)
Zat Besi 1,7 mg (14%)
Magnesium 25 mg (7%)
Fosfor 153 mg (22%)
Kalium 401 mg (9%)
Sodium 17 mg (1%)
Seng 1,16 mg (12%)
Mangan 1,672 mg
Selenium 14.2 mg
Sumber: USDA Nutrient database

Nah, setelah anda mengetahui kandungan yang terdapat dalam baunya bawang putih, maka Anda perlu tahu juga apa saja manfaat dan khasiat bawang putih. Berikut ini penjelasannya.

1. Mencegah Kanker

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Jika Anda adalah perokok berat, Anda boleh mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh dan mencegah kanker.

2. Anti Radang

Bawang putih mengandung anti-peradangan. Sehingga jika Anda mengalami demam, atau sakit tenggorokan, cukup hanya mengunyah bawang putih dan hasilnya tenggorokan Anda akan segera kembali fit.

3. Anti Bakteri

Bawang putih juga merupakan anti-bakteri yang baik. Apabila Anda mengalami infeksi pencernaan, maka campurkan cacahan bawang putih mentah di dalam salad. Pencernaan Andapun akan semakin lancar.

4. Menyuburkan rambut

Bawang putih dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Dengan kandungan Allicin yang tinggi, mirip senyawa belerang yang ditemukan pada bawang merah, yang dipercaya efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Gosokkan irisan siung bawang putih pada kulit kepala lalu pijat-pijat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa juga bawang putih ditambahkan minyak, lalu dipijatkan ke kepala.

5. Membersihkan jerawat

Mungkin tidak ditemukan sebagai bahan utama dalam obat jerawat yang ada di apotek, tetapi bawang putih merupakan obat alami yang mampu mengusir jerawat karena mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri. Gosokkan satu irisan bawang putih pada jerawat di wajah perlahan-lahan.

6. Mencegah dan mengobati flu

Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, menjadikan sistem imun tubuh manusia mendapatkan manfaat jika bawang putih secara konstan di masukkan dalam menu sehari-hari. Jika flu menghampiri, cobalah menyeruput teh bawang putih : masukkan irisan atau cincang halus bawang putih dalam air panas untuk beberapa menit kemudian saring. Teh siap diminum. Dapat juga ditambahkan sedikit madu atau jahe untuk menambah rasa.

7. Menyembuhkan penyakit kulit

Karena telah terbukti memiliki khasiat anti radang, bawang putih berguna mengurangi terjangkitnya penyakit kulit. Coba olesi sedikit minyak bawang putih di area yang terinfeksi untuh hasil kulit yang lebih halus.

8. Mengontrol berat badan

Ahli gizi Cynthia Sass menyebutkan penelitian pada tikus yang makan bawang putih menunjukkan adanya pengurangan berat badan dan penyimpanan lemak. Cobalah untuk memasak setiap dengan menggunakan bawang putih menghasilkan makanan yang lezat dan pinggang yang ramping.

9. Mengatasi Keracunan

Antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih juga mampu membantu mengusir racun dari dalam tubuh. Manfaat ini tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat membantu memperlambat penuaan dini.

10. Meredakan Nyeri

Jika Anda menderita arthritis, hancurkan bawang putih mentah kemudian kompreskan pada bagian lutut atau tulang yang nyari. Bawang putih akan meredakan nyeri tersebut.

11. Pertolongan Pertama Keracunan Merkuri

Keracunan akibat merkuri atau arsenik juga dapat diringankan dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Namun, pertolongan ini hanya berfungsi sebagai pertolongan pertama saja. Segera dapatkan perawatan intensif dari dokter jika Anda mengalaminya.

12. Menyembuhkan luka serpihan

Menempatkan sepotong bawang putih di atas luka serpihan kaca kemudian menutupinya dengan balutan perban merupakan obat tradisional yang telah lama digunakan oleh sebagian masyarakat. Para blogger meyakini akan hal tersebut sampai sekarang.

13. Menghilangkan Gatal Akibat Jamur

Dengan sifat anti-jamurnya, bawang putih dapat menjadi obat mujarab bagi atlet untuk menghilangkan rasa gatal di kaki. Rendam kaki dalam bak berisi air hangat dan cincangan bawang putih.

14. Mengusir Nyamuk

Salah satu penelitian di India menemukan bahwa orang-orang yang menggosokkan ramuan bawang putih di lengan dan kaki mereka, tidak terganggu oleh binatang penghisap darah tersebut. Buatlah larutan minyak bawang putih, minyak jeli dan lilin lebah atau tempakan sesiung bawang putih di tempat tertentu sebagai penangkal nyamuk.

15. Menyembuhkan sariawan

Menurut situs ECOSALON, bawang putih mengandung suplemen yang dapat membantu proses penyembuhan pada masalah sariawan . Dengan adanya sifat alami anti-inflamasi membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

16. Zat Perekat Alami

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana lengketnya jari Anda setelah memotong bawang putih? Bawang putih mengandung bahan perekat alami yang berkualitas dimana banyak orang meyakini dan menggunakannya untuk memperbaiki keretakan pada benda kaca. Hancurkan beberapa cengkeh dan beberapa siung bawang putih kemudian oleskan bahan tersebut ke bagian yang akan direkatkan.

17. Mengusir Hama Tanaman

Hama tanaman tidak suka bawang putih. Gunakanlah pestisida alami yang terbuat dari bawang putih, minyak mineral, air, dan sabun cair. Tuang ke dalam wadah penyemprot dan semprotkan ke tanaman.

18. Campuran Umpan Pancing

Bagi anda yang suka memancing, gunakanlah bawang putih sebagai campuran umpan. Ikan sangat tertarik denga aroma bawang putih yang ditautkan pada umpan.

19. Melancarkan Peredaran Darah

Mengunyah bawang putih merah juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat.

20. Mengatasi Diabetes

Apabila Anda menderita diabetes, bawang putih juga baik untuk membantu mengontrol jumlah kadar gula di dalam darah.

Manfaat bawang putih yang disebutkan di atas hanya sebagian kecil saja dari 1001 khasiat yang terkandung pada bawang putih. Mengingat banyaknya manfaat dari si putih ini, ada baiknya kita selalu menyimpan persediaan bawang putih di dapur. Tidak perlu khawatir membusuk, karena bawang putih termasuk bumbu dapur yang tahan lama asalkan disimpan di tempat yang kering.
98
Obrolan Ringan / Kacang Hijau Dan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 19, 2014, 01:55:55 AM »
Kacang hijau memiliki nama latin Vigna radiata dan termasuk ke dalam famili Fabaceae. Kacang hijau masih bersaudara dengan kacang panjang, kacang polong dan kacang kedelai. Di Indonesia, kacang hijau biasa dikonsumsi dan diolah menjadi bubur. Makanya dikenal dengan nama bubur kacang ijo, yang isinya merupakan campuran antara kacang hijau, santan dan gula serta beras ketan hitam.

Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Bahkan dikenal sebagai makanannya para tentara agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi, fisiknya kuat dan otaknya cerdas. Oke berikut ini merupakan penjelasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

Sebagai salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan, kacang hijau mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Kaya Vitamin
Kacang hijau mengandung asam folat sebesar 159 µg/100 gr dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg/100 gr. Tidak hanya itu, kacang hijau juga dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin, yang berguna membantu fungsi metabolisme dan organ tubuh.

Sumber Mineral
Kacang hijau kaya akan mineral. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat potasium (266 mg), fosfor (99 mg), mangan (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), zat besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).

Kaya Protein
Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Kandungan protein dalam setiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein. Protein dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.

Kaya Serat
Kandungan serat dalam 100 gr kacang hijau sebesar 7,6 gr serat. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 persen. Serat bermanfaat dalam menjaga fungsi saluran cerna, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol.

Kaya Omega-3
Kacang hijau juga diperkaya dengan Omega-3 sebesar 0,9 mg/100gr dan Omega-6 sebesar 119 mg/100gr. Seperti kita ketahui bahwa asam lemak esensial ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi lengkap yang terkandung dalam kacang hijau, menjadikan makanan ini sebagai sumber makanan dengan segudang manfaat kesehatan, antara lain:

Membantu Penyerapan Nutrisi
Penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin B1 menyebabkan metabolisme melambat sehingga proses penyerapan nutrisi dari makanan tidak berjalan maksimal. Kandungan vitmin B1 dan enzim-enzim aktif pada kacang hijau dapat memperbaiki kondisi ini dengan meningkatkan penyerapan nutrisi dan metabolisme tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung
Kacang hijau mengandung serat tinggi yang berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk di dalam usus, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Mencegah Anemia
Diperkaya dengan zinc dan zat besi menjadikan kacang hijau sebagai makanan pilihan untuk mengatasi anemia, membantu keseimbangan hormon dan sistem kelenjar, serta menjaga metabolisme tubuh.

Membantu Pertumbuhan
Kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pertumbuhan dan pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot, dan otak.

Mengingat begitu banyaknya kandungan nutrisi dalam kacang hijau serta khasiatnya bagi kesehatan, tidak salah bila anda memasukkan kacang hijau dalam menu harian anda. Jika anda bingung cara mengolahnya, sekarang ini sudah banyak minuman kesehatan yang terbuat dari sari kacang hijau.
99
Obrolan Ringan / Tabir Surya Alami
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 17, 2014, 01:52:13 AM »
Indonesia merupakan negara tropis yang mendapatkan sinar Matahari selama setahun penuh. Panas Matahari yang menyengat sering membuat seseorang enggan untuk mengenakan pakaian berlengan panjang atau celana panjang karena terlalu panas. Jika tidak mengenakannya, kulit dijamin langsung gosong terpapar Matahari.

Sunscreen atau tabir surya menjadi salah satu alternatif untuk melindungi kulit agar tidak menghitang terbakar panas Matahari.
Di pasaran, bisa ditemukan lotion tabir surya dengan berbagai tingkat SPF (Sun Protection Factor). Semakin tinggi SPF, biasanya harganya semakin mahal. Belum lagi, seseorang tidak tahu apakah bahan-bahan yang terkandung dalam lotion tersebut aman atau tidak pada kulit.
Sebagai alternatif, laman Boldsky mendaftar bahan-bahan alami dari dapur yang juga bisa berfungsi sebagai tabir surya, yang dijamin tidak menyebabkan iritasi kulit:

Minyak biji wortel
Minyak biji wortel merupakan minyak nabati yang memiliki kandungan tingkat SPF paling tinggi yaitu SPF 40. Selain dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan Matahari, minyak biji wortel juga kaya antioksidan dan memiliki sifat antiseptik yang sangat baik.

Minyak biji raspberry
SPF 30 dapat ditemukan dalam minyak biji Raspberry. Minyak ini kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6. Selain memberikan perlindungan dari sengatan Matahari, minyak ini juga membantu mencegah stretch mark pada kulit Anda.

Minyak gandum
Kandungan SPF 20 yang terdapat pada minyak gandum dapat melindungi kulit dari bahaya kerusakan sengatan Matahari. Selain itu, minyak gandum mengandung banyak vitamin E dan antioksidan yang dapat mendorong perbaikan sel-sel kulit yang rusak.

Minyak avokad
Mengandung SPF 15, minyak avokad memiliki proporsi lemak jenuh yang tinggi di dalamnya. Lemak ini membentuk lapisan pelindung di atas kulit untuk mencegah pembakaran sinar Matahari.

Minyak kacang kedelai
Di China, minyak ini biasanya digunakan untuk memasak. Minyak kacang kedelai mengandung SPF 10 yang sangat efektif sebagai moisturiser dan pelindung sinar Matahari yang baik jika digunakan pada permukaan kulit.
100
Obrolan Ringan / Kemiri Dan Khasiatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 13, 2014, 02:45:05 AM »
Kemiri merupakan salah satu rempah-rempah yang dihasilkan oleh sejenis pohon mirip beringin yang banyak tumbuh di daerah Asia Timur dan Asia Tenggara. Biji kemiri sudah sejak lama dikenal oleh manusia dan sudah menjadi salah satu komoditas perdagangan antarbenua sejak beribu tahun yang lalu. Rempah-rempah ini biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bahan minuman, serta untuk diolah menjadi minyak kemiri.

Kandungan Biji Kemiri

Selain terkenal sebagai bumbu dapur, kemiri juga terkenal karena kandungan nutrisinya yang kaya serta karena berbagai manfaat kesehatan yang dikandungnya. Biji buah kemiri ini tercatat memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam seperti protein, lemak tak jenuh, serta vitamin B1. Selain iu, biji kemiri juga mengandung beberapa jenis mineral diantaranya kalium, besi, magnesium, fosfor, serta kalsium. Kemiri juga mengandung beberapa senyawa kimia seperti zat saponin, polivenol, gliserida, serta asam linoleat.

Dari semua nutrisi dan senyawa kimia yang dikandung oleh biji kemiri, asam amino adalah nutrisi yang kandungannya paling banyak dalam rempah-rempah ini. Asam amino sendiri memiliki manfaat yang cukup penting bagi tubuh, satu diantaranya adalah sebagai pembentuk protein yang berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh. Protein juga berperan penting dalam pembentukan antibodi serta memperbaharui sel-sel tubuh yang sudah tidak berfungsi.

Karena kandungan nutrisinya yang amat beragam tersebut, tak heran jika kemiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya untuk meredakan sembelit, diare, demam, sakit gigi, dan bisulan. Sedangkan dalam bidang kosmetika, biji kemiri banyak dimanfaatkan sebagai campuran produk-produk kosmetika serta diolah juga sebagai minyak kemiri.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut


Khusus untuk kesehatan rambut, minyak kemiri adalah salah satu produk olahan dari biji kemiri yang paling banyak digunakan. Minyak kemiri bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko obat dan kosmetik terdekat. Pembuatan minyak kemiri sebenarnya harus melalui proses ekstraksi yang cukup susah dan merepotkan. Namun, langkah-langkah mudah untuk membuat minyak kemiri sendiri dibawah ini dapat anda coba jika anda ingin memastikan keaslian minyak kemiri yang akan anda pakai.
Berikut adalah caranya:

Siapkan 5-7 butir biji kemiri serta tiga gelas air bersih.
Cuci bersih semua biji kemiri lalu tumbuk kasar.
Sementara itu rebus air sampai mendidih.
Masukkan biji kemiri yang sudah dihaluskan tadi kedalam air mendidih yang sedang direbus dengan api kecil.
Tunggu beberapa saat sampai muncul gelembung putih atau minyak berwarna kekuningan yang mengapung dipermukaan air.
Biarkan air sampai dingin, lalu gunakan untuk membasahi rambut.
Diamkan dulu rambut selama 15 menit, baru kemudian bilas dengan air sampai bersih.



Jika digunakan secara rutin paling tidak setiap tiga kali seminggu pada rambut, maka beberapa manfaat minyak kemiri dibawah ini akan dapat anda rasakan pada rambut anda, diantaranya:

Mencegah dan Mengatasi Kerontokan Rambut. Kandungan protein dan mineral besi dalam kemiri akan membuat rambut anda menjadi lebih kuat sehingga rambut rontok akan dapat dihindari

Membuat Rambut Menjadi Lebih Subur. Sama seperti alasan sebelumnya, kandungan protein dalam rempah ini akan bisa mengatasi masalah kebotakan yang anda alami. Tak heran jika beberapa obat penumbuh rambut menggunakan minyak kemiri sebagai bahan bakunya.

Menghitamkan Rambut. Minyak kemiri memiliki kemampuan untuk membuat rambut menjadi lebih hitam dan berkilau serta memperbaiki penampilan rambut yang sudah rusak. Jadi, keramas menggunakan minyak kemiri bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menghitamkan rambut anda.

Menebalkan rambut. Selain dapat membuat rambut menjadi tampak lebih hitam, minyak kemiri juga bisa membuat rambut menjadi tampak lebih tebal dan berisi.

Menumbuhkan Rambut. Mengoleskan minyak kemiri secara rutin pada bagian-bagian tubuh tertentu, ex: rambut, alis, tangan, kaki, dipercaya dapat membuat rambut di area tersebut menjadi tumbuh lebih cepat.

Memanjangkan Rambut. Gunakan minyak kemiri untuk memijat-mijat kulit kepala dan bagian ujung rambut, maka rambut akan menjadi cepat panjang dan terhindar dari masalah rambut bercabang.
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia