Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Kembang Sepatu Dan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Juni 02, 2014, 03:02:09 AM »
Kembang sepatu adalah bunga yang memiliki Kelopak Merah, Orange dan juga putih ini tidak memiliki bau yang menyengat seperti Halnya Kembang Kamboja, bahkan bisa di katakan Bunga yang satu ini tidak memiliki bau, akan tetapi manfaat dari bunga yang satu ini cukup beragam, oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya mencoba membahas mengenai Manfaat Kembang Sepatu, artikel ini juga merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang pernah kami bagikan pada kesempatan yang lalu.

Kembang sepatu saat ini masih belum dapat di pastikan berasal dari negara mana, akan tetapi Khasiat Kembang Sepatu ini sudah banyak di temukan, terutama untuk kesehatan tubuh manusia, baik kita simak langsung di bawah ini.

Kembang Sepatu untuk Obat gondongan
Siapkan 30 gram kembang sepatu yang masih segar
Cuci sampai bersih
Rebus ramuan tersebut dengan volume air 400 mil sampai airnya berkurang menjadi 200 mil
Saring ambil airnya
Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari dengan dosis yang sama

Kembang Sepatu untuk Mengobati keputihan
Siapkan 15 gram kembang sepatu yang masih segar
15 gram jengger ayam
30 gram kulit delima yang masih segar
Cuci sampai bersih kesemua ramuan tersebut
Rebus dengan volume air 500 mil sampai airnya berkurang menjadi 200 mil
Saring ambil airnya
Minum air ramuan tersebut dua kali sehari

Kembang Sepatu untuk memperlancar haid
Siapkan 3 kuntum kembang sepatu yang masih segar
Cuci sampai bersih
Giling kembang sepatu tersebut sampai lumat
Tambah dengan 150 mil air matang
Cuka beras putih secukupnya
Aduk sampai rata
Saring ambil airnya
Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari sekali minum 100 mil

Kembang sepatu untuk Obat sariawan
Siapkan 30 gram daun kembang sepatu
Cuci sampai bersih
Seduh dengan air panas 100 mil selama kurang lebih 15 menit
Dinginkan
Saring ambil airnya
Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari dengan dosis yang sama

Kembang Sepatu untuk batuk lendir dan berdarah
Siapkan 2 kuntum kembang sepatu yang masih segar
Remas-remas kembang sepatu tersebut
Seduh dengan air panas 400 mil
Tutup dan biarkan selama semalaman
Saring ambil airnya pada esok harinya
Tambahkan dengan madu lebah secukupnya
Minum air ramuan tersebut pada pagi hari sebelum makan.

Kembang Sepatu untuk radang saluran napas
Siapkan dua kuntum kembang sepatu yang masih segar
Cuci sampai bersih
Giling kembang sepatu tersebut sampai lumat
Tambahkan air putih (matang) 100 mil
Tambahkan dengan sedikit garam dapur
Aduk sampai rata kemudian peras ambil airnya
Minum air ramuan tersebut dua kali sehari dengan dosis yang sama.

Kembang Sepatu untuk demam malaria
Siapkan 50 gram daun kembang sepatu
Setengah lembar daun pepaya
10 gram garam inggris
Rebus ramuan tersebut dengan volume air setengah liter sampai mendidih
Saring ambil airnya
Minum air ramuan tersebut selagi hangat
92
Obrolan Ringan / Manfaat Lada Hitam
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Mei 30, 2014, 03:08:54 AM »
Sipa sih yang tidak mengenal akan lada Hitam ini, tentu teman-teman yang sudah mengetahuni apa itu lada hitam bukan, Lada biasanya di kenal juga dengan nama Merica Ya tanaman ini mempunyai Nama Latin Piper Albi Linn yang mana merupakan sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Tanaman ini sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu. Jika melihat lagi ke belakang sudah tentu kita sangat ingat bahwa para penjajah terdahulu sangat menginginkan tanaman ini. Yang tentu saja memiliki manfaatnya yang sangat beragam, maka dari itu pada kesempatan kali ini, kami dari manfaat tumbuhan mencoba untuk membagikanya kepada teman-teman, silahkan saja simak di bawah ini.

Merica ternyata memiliki segudang manfaat yang tersembunyi, nah jika kita mau memanfaatkan Merica atau lada hitam ini, sebaiknya kita mengetahui apa saja manfaat dari lada hitam ini, di antanyanya adalah sebagai berikut :

Manfaat Hitam Untuk Kesehatan

Mencegah Kanker
Menurut studi dari Michigan Cancer Center bahwa lada hitam ini dapat memberikan reaksi baik bagi penyembuhan kanker payudara. Didalam lada hitam ini terdapat zat yang dinamakan dengan piperine yang fungsinya membantu mencegah perkembangan dari sel kanker payudara.
Lada hitam juga mengandung vitamin C, Vitamin A, Flavonoid, karoten dan aneka antioksidan lain yang bisa membatu mengatasi radikal bebas di dalam tubuh.

Mengatasi Masalah Pencernaan
Lada hitam ternyata bisa mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, susah buang air besar, diare atau mual. Caranya cukup campurkan lada hitam sedikit saja untuk bumbu masakan, dan dalam waktu singkat akan dapat mengatasi masalah pencernaan.

Menurunkan Berat Badan
Berdasarkan penelitian lada hitam mengandung phytonutrient yang dapat menghancurkan sel-sel lemak yang ada didalam tubuh Anda.

Mencegah Jerawat
Untuk mengatasi jerawat bisa gunakan lada hitam dengan cara dijadikan masker alami. Sebagai scrub, lada hitam bisa menghilangkan sisa-sisa sel kulit mati, memperlancar jalan oksigen didalam kulit,dan menutrisi kulit serta menjadi antibakteri bagi penyebab jerawat.

Mengurangi ketombe
Lada hitam yang berfungsi sebagai antibakteri dan anti peradangan dapat juga membantu untuk membunuh bakteri pada kulit kepala. Makanya tak heran jika lada hitam ini juga mencegah pertumbuhan ketombe.

Menyembuhkan demam dan flu
Lada hitam dapat melegakan hidung dan tenggorokan, serta tubuh bisa menjadi lebih rileks. Caranya adalah dengan menambahkan lada hitam pada semangkuk sup.
93
Obrolan Ringan / Kencur Untuk Kesehatan
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Mei 26, 2014, 02:31:56 AM »
Pasti anda sudah kenal ama yang namanya kencurkan. kencur ini merupakan temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air dan biasanya banyak ditanam oleh orang dipekarangan rumah, karena pohonya yang kecil dan tidak memerlukan tempat yang luas untuk menana,nya sehingga banyak juga yang menanannya menggunakan pot. kencur ini merupakan tanaman yang banyak sekali khasiatnya untuk tubuh bahkan nenek moyang kita juga sudah memanfaatkanya sejak dulu untuk pembuatan obat teradisional.

Kaempferia galanga merupakan nama latin dari kencur. kencur memiliki bau dan rasa yang khas sehingga kencur ini juga sering dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai rempah-rempah untuk memasak loh seperti untuk campuran membuat sambal kencur , nasi goreng kencur dan lainya. karena begitu banyaknya khasiat kencur untuk kesehatan, sehingga kencur kencur dijadikan salah satu bahan untuk pembuatan jamu dan dan beras kencur.

Bagi anda yang ingin tau manfaa t kencur untuk kesehatan Manfaat Tumbuhan Dan Buah Alami akan menyajikannya untuk anda, silahkan simak beberapa manfaat kencur untuk kesehatan dibawah ini ya.

Khasiat Kencur Untuk Kesehatan tubuh

Mengatasi influenza pada anak
Membantu mengeluarkan darah kotor
Memperlancar datang bulan
Mengurangi sakit kepala
Membantu mengobati sakit tenggorokan dan batuk
Mengatasi Keseleo
Membantu mengobati sakit asam lambung
Dan Masih ada beberapa Khasiat kencur ini untuk kesehatna yaitu:

Membantu Menghilangkan Lelah

Bahan :
1 rimpang besar kencur
2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan)
1 biji cabai merah.
Cara membuat :
pertama-tama cuci bersih semua bahan
Kemudian campurkan semua bahan tersebut
Lalu direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas
Kemudian disaring air rebusan tadi
Cara menggunakan :
diminum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk orang pria dapat ditambah dengan 1 potong lengkuas dan tepung lada secukupnya.


Masuk Angin

Bahan:
1 rimpang kencur sebesar ibu jari
garam secukupnya.
Cara membuat:
Kencur dikuliti bersih lalu dicuci dengan air bersih.
Kemudian kencur dimakan dengan garam secukupnya, kemudian minum 1 gelas air putih. Dapat dilakukan 2 kali sehari.
94
Obrolan Ringan / Rumput Laut Untuk Kesehatan
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Mei 22, 2014, 09:26:48 PM »
Sekarang kita masih akan membahas tentang manfaat rumput jika kemaren kita membahas Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan sekarang kita akan membahas rumput yang berasal dari laut yakni rumput laut dan pastinya anda udah kenal kan ama rumput laut. tumbuhan yang berasal dari laut memang sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia untuk diolah menjadi berbagai macam aneka makanan dan yang paling populer adalah untuk bahan dasar pembuatan agar-agar. dan ternyata indonesia termasuk tiga besar dalam penghasil rumput. Rumput laut atau Gulma laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. dan rumput laut ini biasanya hidup di substrat pasir dan karang mati. dan rumput laut ini ada yang berwarna coklat dan juga berwarna hijau.

Rumput laut adalah salah satu jenis dari makanan laut yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Semua jenis rumput laut mulai dari Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lettuce, hingga Nori dikenal kaya akan protein yang baik untuk peningkatan kualitas kesehatan tubuh dan juga memiliki banyak sekali kandung vitaminnya seperti Vitamin A, vitamin B 12, kalsium, zat besi, kalium, dan yodium. Bahkan kandungan kalsium yang ada di dalam rumput laut lebih banyak daripada kandungan kalsium di dalam daging sapi, brokoli, dan susu.Sehingga memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita yaitu seperti:


Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan


Mengurangi berat badan
Rumput laut sama sekali tidak memiliki kandungan lemak atau kalori. Kandungan yodium di dalam rumput laut juga mampu menjaga kesehatan kelenjar tiroid tubuh Anda. Kelenjar tiroid tersebut mampu mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap seimbang. Terlebih lagi mineral yang ada di dalam rumput laut mampu menghancurkan sel-sel lemak di dalam tubuh.

Mencegah kanker
Rumput laut mengandung zat anti oksidan alami yang disebut dengan lignan. Senyawa ini dikenal mampu memperlambat pertumbuhan tumor. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan asam folat yang tinggi di dalam rumput laut mampu mencegah kanker usus besar.

Mampu mendetoks tubuh
Rumput laut cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering terpapar racun dan polusi dari dalam tubuh. Hal ini karena di dalam rumput laut terdapat kandungan klorofil yang membantu tubuh untuk melakukan detos secara alami.

Mencegah Anemia
Rumput laut terbukti dapat meningkatkan hematopoiesis atau pembentukan sel darah merah. Hal ini diyakini karena kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya.

Mempercepat Penyembuhan Luka
Vitamin C yang terkandung di dalam rumput laut terbukti dapat memelihara kekuatan tulang, gigi, gusi, kesehatan kulit dan dapat menyembuhkan luka serta penguatan pembuluh darah.

Mencegah Keropos Tulang
Rumput laut memiliki kalsium yang lebih banyak dari susu. Oleh karena itu, rumput ajaib ini dapat mencegah risiko keropos tulang, menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, menjaga kesehatan kuku, dan rambut.
95
Obrolan Ringan / Ternyata! Rumput Teki Dengan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Mei 21, 2014, 08:11:00 PM »






Tanaman ini termasuk dalam familia Cyperacceae dengan nama latin Cyperus rotundus.Rumput Teki ini merupakan rumput yang paling mudah dijumpai. Rumput ini termasuk tanaman gulma pengganggu tanaman pertanian. rumput teki ini tergolong bandel dan susah diberantas, rumput teki ini mempunya umbi dan akar yang panjang yang membuatnya mampu tumbuh lagi meski pun batangnya sudah kering dibagian atasnya. Banyak orang jengkel dengan rumput teki ini karena mengganggu keindahan tamannya.

Tapi jangan salah ya dibalik bandelnya dan sangat menggangu teta[i rumput teki ini memiliki manfaat nya untuk kesehatan loh.Bagian dari rumput teki yang bisa digunakan sebagai obat adalah umbinya yang mengandung senyawa aktif yaitu Alkaloid,Flavonoid, Sineol, Pinen,Siperon, Rotunal, Siperenon dan dan banyak lagi senyaw-senyawa lain. sebenarnya rumput teki ini telah lama digunakan sebagai obat khususnya gangguan kesehatan penyakit-penyakit kewanitaan.dan jika ingin mendapatkan rumput teki ini . Anda tidak perlu susah-susah mencarinya cukup pergi ke halaman rumah bawa pisau dapat deh umbi rumput tekinya.

Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan

Mengobati Penyakit Kulit
Tepung yang membuat dari umbi rumput teki digunakan sebagai bedak anti nyamuk yang beraroma menthol. Bisa juga dicairkan dengan sedikit air dan digunakan sebagai obat  penyakit kulit semacam panu, kadas, dan luka yang belum sembuh.

Mengatasi Kencing Batu
Umbi segar yang digeprak kemudian diseduh dengan air panas dapat digunakan sebagai obat busung air dan kencing batu.

Memperlancar Buang Air Kecil
Umbi rumput teki yang diramu dengan daun pegagan dan alang-alang bisa mempelancar buang air kecil

Mengurangi Kulit Biru Terbentur.
Rumput teki segar dicuci bersih kemudian digiling, selanjutnya ditempelkan pada bagian yang sakit.

Mengobati Kuku Bengkak.
Umbi rumput teki dan biji kenari ditumbuk hingga halus, kemudian bungkus dengan daun.
Panaskan, lalu tempelkan di kuku yang sakit, atau langsung dibalutkan.

Dan rumput teki ini sangat bermanfaat untuk mengatasi ganguan penyakit-penyakit wanita seperti:

Memperlancar Haid

Gunakan 10 gram rumput teki. kemudian rebus bahan dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya kurang lebih 200 cc, saring dan minum airnya.

Keputihan.
siapkan 10 gram umbi rumput teki kering, 15 gram kulit delima kering.Semua bahan direbus dengan 500 cc air hingga tersisi 200 cc, lalu saring dan airnya diminum.
96
Obrolan Ringan / Daun Binahong Dan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Mei 20, 2014, 09:03:13 PM »
Hapir seluruh Masyarakat Indonesia sudah mengetahui Manfaat Daun Binahong ini, akan tetapi tidak ada salahnya jika kami mencoba untuk membagikan artikel mengenai Daun yang terkenal akan khasiatnya ini, oleh karenanya banyak orang yang mencari Daun ini untuk pengobatan, nah untuk yang belum mengetahui tentang daun yang satu ini, kami akan membahasnya di bawah yang mudah-mudahan bisa membuat anda mengenal tumbuhan yang banyak sekali khasiatnya ini.

Binahong Memiliki nama Latin Bassela rubra linn sementara dalam bahasa inggris di sebut dengan Heartleaf maderavine madevine, merupakan tanaman obat yang bisa tumbuh di Dataran Rendah dan bisa juga tumbuh di dataran tinggi, Tanaman ini sebenarnya susah lama di Indonesia, akan tetapi baru belakangan ini, tanaman ini di manfaatkkan sebagai obat alternatif, nah untuk lebih detailnya silahkkan lihat di bawah ini.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

1. Mengatasi masalah wajah (jerawat, pori-pori membesar, menghaluskan wajah anda, serta menghilangkan flek hitam wajah):
Dengan Cara Berikut ini :
Siapkan daun binahong secukupnya, usahakan cari daun yang masih segar,
Kemudian bersihkan dan remas sampai keluar air lendirnya,
Ambil airnya untuk masker wajah tipis merata
Diamkan saja hingga beberapa menit dan basuh wajah dengan air dingin sampai ramuan hilang.
Usahakan jika ada waktu kerjakan cara ini minimal 2 kali dalam seharinya.

2. Mengobati penyakit (maag, penyakit rematik, ambeien/wasir, thipus, serta penyakit stroke):
Dengan Cara Berikut ini :
Siapkan daun binahong segar kurang lebih 5 lembar, rebus menggunakan bantuan amnci yang ada airnya 2 gelas. Rebus sampai airnya tinggal separonya
Angakat dan saring
Tambahkan madu murni 1 sendok teh saja
Minum ramuan ini sekali habis satu kali dalam seharinya.,

Selain Dua Khasiat Di atas, ada banyak lagi manfaat dari Daun Binahong ini, yakni :

Daun binahong dapat membantu tubuh dalam meminimalisir serangan stroke 
Dapat membantu kulit dalam proses penyembuahan luka gores/lecet
Mengurangi penyakit rematik tahap awal
Membantu tubuh dalam mengembalikan stamina
Dapat mencegah serangan penyakit asam urat yang banyak diderita masyarakat kita
Bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit diabetesmellitus/lebih sering dikenal dengan sebutan kencing manis
Melegakan sesak nafas jadi bagus untuk anda yang memiliki penyakit asma                     
Menstabilkan tekanan darah rendah dalam tubuh anda
Dapat menyembuhkan luka memar                             
Dapat Mengatasi masalah pembengkakan darah dalam tubuh
Menghaluskan dan merawat kulit wajah anda
Beranfaat sebagai penghilang flek-flek hitam diwajah
Mengecilkan pori-pori   wajah yang membesar
Dapat mengatasi penyakit thipus
97
Obrolan Ringan / Buah Cermai
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Mei 20, 2014, 08:46:22 PM »


Buah Cermai atau yang memiliki Nama Latin Phyllanthus acidus ini merupakan Buah yang memiliki rasa yang asam, Membayangkan menggigit buah ini saja Gigi terasa Nyilu,hehe. Daun dari Buah cermai ini mempunyai bentuk yang Kecil-kecil dan tidak memiliki banyak ranting.

Manfaat Buah Cermai
Ilustrasi Buah Cermai
Jika di Desa biasanya buah ini lebih sering di Buat untuk Manisan atau Atau manisan Kering yang kadang di Sebut Alua, nah jika di buat manisan buah ini akan terasa enak sekali, Namun siapa sangka ternyata buah Cermai ini memiliki Banyak sekali Kandungan atau Khasiat yang bisa untuk pengobatan, Nah mau tau apa saja manfaat dari Buah Cermai ini untuk kesehatan, maka silahkan saja lihat di bawah ini.

Khasiat Buah Cermai Untuk Asma

Bahan yang di Butuhkan :
6 biji buah ceremai,
bawang merah 2 butir,
akar kara (Dolichos lablab) 1/4 genggam,
8 butir buah lengkeng,

Cara Membuat Obat Tradisional :
dicuci lalu ditumbuk seperlunya.
Bahan-bahan tersebut lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisah 1 1/2 gelas.
setelah dingin disaring,
diminum dengan air gula secukupnya.
Sehari 2 kali, masing-masing 3/4 gelas.
Manfaat Buah Cermai Untuk Kanker

Bahan Yang di Butuhkan :
Siapkan daun ceremai yang masih muda sebanyak 1/4 genggam,
daun belimbing 1/3 genggam,
bidara upas 1/2 jari,
gadung cina 1/2 jari,
gulau enau 3 jari,

Cara Membuat Obat Dengan Cermai :
dicuci lalu dipotong-potong seperlunya.
Bahan-bahan tadi lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tertinggal 3/4 bagian.
Setelah dingin disaring, siap untuk diminum.
Sehari 3 kali, masing-masing cukup 3/4 gelas.

Cara Melangsingkan Tubuh Dengan Buah Cermai
Minum air rebusan daun ceremai. Obat ini bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama karena efek dari kandungan daun ceremai bekerja sangat kuat. Gunakan sesekali saja.
98
Obrolan Ringan / Parkian Speciosa Atau Pete dan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Mei 15, 2014, 10:21:57 PM »
Buah Petai atau Buah Pete sering sekali di bilang orang kalau buah yang satu ini merupakan buah yang tidak banyak di Sukai oleh banyak orang karena baunya yang menyengat, Namun siapa sangka di balik bau yang menyengat itu Petai memiliki banyak sekali Manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, nah bagai mana apakah anda tertarik untuk mengetahui dan mengaplikasikan Buah pete ini untuk di jadikan Obat saat anda membutuhkan.

Parkia speciosa (biji petai) adalah pohon tropis tahunan dari suku polong-polongan (Fabaceae). Parkia speciosa mengandung tiga gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi dari konten ini dapat memberikan dorongan energi instan, dan efeknya bisa dirasakan pasangan selama satu jam.

Manfaat Buah Petai Untuk Kesehatan
Nah untuk yang sudah tak sabar ingin mengetahui manfaat petai ini mari langsung saja kita lihat di bawah ini.

Obat Hati dan Ginjal, Seperti yang kita ketahui bersama radikal bebas sangat mudah di temui di Produk makanan, terutama pada makanan yang di Goreng atau di Panggang. Hidrogen peroksida, superoksida anion, dan hidroksil, merupakan contoh radikal bebas. Molekul sangat tidak stabil, sangat reaktif, dan kerusakan jaringan. Radikal bebas akan menjadi tidak berdaya ketika berhadapan dengan antioksidan.

Anti Depresi, Parkia speciosa atau yang lebih di kenal dengan Nama Pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Ini akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Tumbuhan Petai ini memiliki kadar kalium yang Cukup tinggi tetapi rendah akan Kadar Garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah tinggi atau Hipertensi. US FDA bahkan mengizinkan perkebunan Parkia speciosa (pete) untuk melakukan klaim resmi mengenai buah yang memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah dan risiko stroke.
99
Obrolan Ringan / Manfaat Buah Belimbing
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Mei 13, 2014, 03:06:42 AM »
Kita masih akan berbicara mengenai Buah belimbing yang mana pada sebelumnya kita telah membahas dengan Tuntas mengenai Manfaat Buah belimbing manis untuk Kecantikan maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Varian dari buah belimbing manis yakni Belimbing Wuluh, berbeda dengan belimbing Manis yang kita manfaatkan untuk Kecantikan, maka belimbing Wuluh ini dapat kita manfaatkan sebagai Obat-obatan atau Manfaat Belimbing Wuluh untuk kesehatan yang bisa anda coba hari ini juga seusai membaca artikel yang ada di blog Kesehatan ini.

Buah belimbing yang kadang sering kita kenal dengan Belimbing sayur ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Kepulauan Maluku yang kemudian di Kembangkan dan Tumbuh secara bebas di seluruh Indonesia, Fillifina, Malaysia, Sri Langka Serta Miyanmar. Nah Sekarang mari kita lihat apa saja manfaat Belimbing Wuluh ini untuk Kesehatan.

1. Belimbing Wulu Sebagai Obat Gondongan.
Ambil 10 ranting muda belimbing wuluh berikut daunnya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Kemudian Balurkan ketempat yang sakit.

2.Obat Batuk Dengan Belimbing Wuluh

Bahan Bahan Yang Di Butuhkan :
25 kuntum bunga belimbing wuluh,
1 jari rimpang temu-giring,
1 jari kulit kayu manis,
1 jari rimpang kencur,
2 butir bawang merah,
1/4 genggam pegagan,
1/4 genggam daun saga,
1/4 genggam daun inggu,
1/4 genggam daun sendok,

Cara Membuat Obat Batuk Belimbing Wuluh :
semua bahan dicuci dan dipotong-potong seperlunya,
Kemudian direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas.
Setelah dingin disaring, diminum dengan madu seperlunya. Sehari 3 kali 3/4 gelas.
Dan semoga Batuknya Cepat Sembuh.
100
Obrolan Ringan / Manfaat Bawang Putih Tunggal
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Mei 09, 2014, 01:38:22 AM »
Manfaat Bawang Putih, Biasanya kita lebih mengenal bawang putih yang terdiri dari bawang yang saling menempel, akan tetapi taukah teman-teman jika bawang putih juga memiliki jenis lainya Yakni bawang putih yang hanya satu biji dalam setiap batangnya, nah bawang inilah yang di sebut dengan bawang putih tunggal, atau kadang di sebut juga dengan bawang putih lanang. Bawang ini memiliki bentuk yang Bulat dan memiliki warna yang lebih putih di bandingkan dengan bawang putih yang biasanya.

Akan tetapi bawang ini jarang di manfaatkan sebagai bahan masakan, di mana bawang putih yang biasanyalah yang selalu di manfaatkan oleh berbagai orang, akan tetapi jangan di kira bawang putih tunggal tidak bermanfaat, karena nyatanya bawang ini memiliki manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita, kalau mau tau seperti apa, silahkan simak dengan seksama artikel di bawah ini.

Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan
mencegah penyakit kanker. Hal ini terkait erat dengan kandungan sulfida yang ada di dalamnya. Senyawa kimia ini bisa membantu organ hati dalam melawan senyawa beracun yang bisa memicu kanker.

Bawang putih tunggal ampuh mengobati serangan virus influenza. Aroma khas bawang ini mampu mengaktifkan kinerja membran mocus sehingga saluran pernafasan menjadi lega karena lendir perlahan akan keluar.

Konsumsi bawang putih tunggal secara teratur diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kolesterol bisa memicu tekanan darah tinggi yang bisa berakibat pada organ jantung. Jadi, konsumsi bawang putih juga bisa melindungi jantung Anda.
sebagai pengontrol bagi mereka yang menderita penyakit diabetes. Bawang putih yang diracik dengan makanan bisa menambah stamina penderita diabetes yang umumnya selalu mengalami kelelahan fisik.

mengatasi penggumpalan darah di dalam tubuh. Caranya cukup konsumsi secara rutin dalam keadaan mentah agar hasilnya lebih maksimal.
sebagai anti-biotik alamiah yang sangat ampuh mengusir bakteri. Jika Anda mengalami peradangan misalkan jerawat, cukup gunakan parutan bawang putih tunggal ini dan jerawat Anda akan steril dari bakteri yang akan membuatnya semakin parah.

mampu mengatasi penyakit maag. Caranya mudah, cukup cuci bersih bawang putih dan kunyah mentah. Lakukan minimal 3 kali dalam sehari hingga maag Anda membaik.

meringankan penyakit asma, batuk pilek, dan masuk angin. Untuk ketiga penyakit ini, cukup campurkan madu bersama dengan bawang putih tunggal yang telah dihaluskan. Saring dan kemudian minum setiap pagi secara rutin hingga kondisi Anda membaik.
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia