Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Berbagai Minyak Alami Untuk Kesehatan Rambut
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 29, 2014, 02:42:31 AM »
Rambut indah merupakan salah satu daya tarik wanita. Sejak dahulu wanita oriental memiliki rahasia menutrisi rambut. Mereka memadukan minyak tumbuh-tumbuhan dari generasi  ke generasi, agar rambut tetap sehat berkilau.

Saat ini ritual kecantikan rambut dengan minyak telah dikembangkan menjadi rangkaian Mythic Oil. Ini jadi solusi bagi wanita di seluruh dunia yang memiliki berbagai masalah rambut, mulai dari rambut normal, rambut diwarnai hingga rambut sulit diatur.

Resep Mythic Oil ini diracik dari tujuh bahan yang berbeda. Masing-masing memiliki khasiat tersendiri bagi rambut. Ketujuh bahan itu antara lain.

Minyak citrus
Jeruk atau limau yang juga dikenal dengan citrus, berfungsi mengaktifkan mikrosirkulasi di kulit kepala.

Minyak Cypress
Cypress merupakan tumbuhan yang hanya ada di Eropa. Manfaatnya untuk memurnikan dan memberikan tenaga bagi kulit kepala.

Minyak argan
Merupakan spesied endemik di daerah gurun seperti Maroko dan Aljazair. Argan digunakan untuk memperbaiki dan menyegarkan sehingga rambut lembut dan bersinar.

Minyak teh hijau
Memiliki khasiat serupa dengan cypress, yakni memurnikan dan memberikan tenaga bagi kulit kepala.

Minyak biji rami
Biji rami merupakan tanaman dengan konsentrasi asam lemak omega yang seimbang. Kegunaannya bagi rambut adalah menambah kilau dan menjaga warna rambut.

Minyak biji kapas
Ini adalah minyak yang diekstrak dari biji tanaman kapas. Rambut membutuhkan minyak biji kapas untuk menutrisi dan meregenerasi dengan memberi ruang bagi kulit kepala untuk bernapas.

Minyak dedak padi
Minyak ini diekstrak dari kuman dan sekam yang terdapat di dalam beras. Fungsinya untuk menghaluskan, serta melembutkan dengan menutrisi serat rambut dan kulit kepala.
92
Obrolan Ringan / Tomat Ungu, Spesies Baru Kaya Manfaat
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 26, 2014, 07:37:23 PM »
Di telinga masyarakat awam, nama tomat ungu tentunya masih terdengar asing. Namun di Kanada, tomat ungu sedang diproduksi secara besar-besaran. Jus tomat sebanyak 1.200 liter pun kini sudah siap untuk dipasarkan.

Tomat unik awalnya dikembangkan di Inggris. Fokus pada pengembangan tomat menggunakan pigmen gelap, yang biasa dikenal dengan antosianin. Kandungan ini memberikan tomat manfaat potensial untuk kesehatan. Dalam studi terhadap hewan, diketahui antosianin mampu memerangi kanker.

Tomat-tomat ini dikembangkan di John Innes Centre di Norwich, di mana Profesor Cathie Martin berharap kiriman jus tomat edisi perdana dari Kanada nanti akan memberi kesempatan pada para peneliti tentang potensi manfaat perasan buah itu.

"Dengan tomat ungu ini Anda bisa mendapatkan kandungan yang sekarang ada dalam blueberry and cranberry yang manjur untuk kesehatan - tetapi bisa juga digunakan dalam makanan yang dikonsumsi orang dalam jumlah signifikan dan dengan harga terjangkau," kata Martin seperti dilansir laman BBC.

Pigmen ungun pada tomat merupakan hasil rekayasa dengan mantransfer gen dari tumbuhan snapdragons. Modifikasi ini memungkinkan pengembangan antosianin pada tomat.
93
Artikel tentang Tanaman Hias / Re:Bunga Kacapiring
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 24, 2014, 02:31:19 AM »








94
Artikel tentang Tanaman Hias / Bunga Kacapiring
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 24, 2014, 02:29:27 AM »
Kacapiring atau Kaca Piring?Gardenia augusta) adalah perdu tahunan dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae. Bunganya berwarna putih dan sangat harum. Tanaman juga dikenal dengan nama binomial Gardenia jasminoides yang berarti "seperti melati," walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum (Melati). Di Bali, tanaman ini dikenal dengan nama jempiring dan bunganya merupakan maskot kota Denpasar.

Bunga merupakan komoditas bunga potong, digunakan dalam karangan bunga dan korsase. Daun bisa digunakan sebagai obat seriawan dan akarnya sebagai obat sakit gigi.

Buah mengandung crocin (salah satu jenis karotenoida) berwarna kuning cerah seperti yang terdapat pada safron. Buah yang kering merupakan bahan pewarna. Di Jepang, bahan pewarna dari Kacapiring digunakan untuk pencelupan tekstil dan pewarna kue tradisional (wagashi) dan asinan lobak (takuan).

Kacapiring (Gardenia) banyak dipelihara orang sebagai tanaman hias atau pagar hijau yang memiliki aroma bunga harum. Kacapiring termasuk tumbuhan perdu yang berumur tahunan serta banyak memiliki cabang, ranting maupun daun yang lebat. Kacapiring mudah tumbuh disembarang tempat, baik di daerah dingin maupun panas. Namun, tumbuhan ini lebih cocok di daerah pegunungan atau lokasi yang tingginya lebih dari 400 meter di atas permukaaan laut. Batang pohonnya mampu mencapai ketinggian berkisar 1-2 meter. Bunganya berukuran besar, indah mirip dengan bunga mawar putih dengan tajuk-tajuk melingkar dan bersusun membentuk satu kesatuan yang anggun. Daunnya berbentuk oval, tebal, licin dan mengkilap pada permukaan telapak daun bagian atasnya. Karena keharuman bunganya, kacapiring mempunyai nilai komersial untuk dibuat minyak wangi. Sedang pengembangbiakan tanaman ini dapat dilakukan dengan cara stek.

95
Obrolan Ringan / Cara Sederhana Sembuhkan Sakit Tanpa Obat
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 23, 2014, 02:30:52 AM »
Demam dan hidung tersumbat karena menderita flu, sakit kepala bahkan menurunkan tekanan darah bisa sangat mengganggu. Obat kerap kali jadi solusi. Namun, tergantung pada obat untuk mengatasi penyakit bukanlah hal yang baik bagi kesehatan dalam jangka panjang.
Karenanya, para herbalis menyarankan menggunakan bahan-bahan alami yang lebih ramah bagi kesehatan, seperti dilaporkan Mens Health berikut ini:

Obati migrain dengan seks
Sebanyak 60 persen penderita migrain yang melakukan hubungan seks mengatakan, aktivitas ini membantu mengurangi gejala sakit kepala mereka. Sebagian besar merasa sakit kepala berkurang secara moderat dan lainnya tidak merasakannya sama sekali. Studi ini dilakukan di Jerman pada 2013.

Obati nyeri punggung dengan berjalan
Saat punggung terasa nyeri, hindari berbaring di sofa atau tempat tidur, sebaliknya lakukan jalan kaki rutin 2-3 hari seminggu selama 20-40 menit. Sebuah penelitian di klinik rehabilitasi dan fisioterapi menemukan olahraga ringan dapat meringankan rasa nyeri akibat gangguan atau cedera punggung.

Atasi flu dengan bawang putih
Konsumsi bawang putih sebanyak 600 mg gram dua kali sehari bisa mengurangi efek tidak menyenangkan flu dan mempercepat penyembuhannya. Studi di Clinical Nutrition melaporkan, orang yang mengasup bawang putih saat flu mengalami kondisi yang tidak separah mereka yang tidak mengasupnya. Para peserta studi juga mengatakan lebih cepat sembuh.

Ringankan iritasi lambung dengan peppermint
Peneliti Italia pada 2007 menemukan dua kapsul minyak peppermint dua kali sehari selama empat minggu membantu meringankan gejala iritasi lambung dan usus. Mereka yang minum kapsul peppermint secara rutin mengalami penurunan gejala gangguan ini antaralain kembung, sakit perut, diare dan keluar gas terus menerus.

Redakan heartburn dengan permen karet
Makan makanan pedas dapat memicu refluks asam lambung. Untuk mengatasinya, kunyah sepotong permen karet bebas gula. Studi dalam Journal of Dental Research menunjukkan mengunyah permen karet selama setengah jam setelah makan membantu menetralkan asam di kerongkongan, sehingga tidak menimbulkan rasa terbakar.

Turunkan gula darah dengan kayu manis
Penelitian pada akhir 2013 yang menganalisis 10 studi menemukan, konsumsi sekitar satu setengah sendok teh kayu manis per hari membantu mengurangi kadar glukosa darah, kolesterol total, dan trigliserida. Asupan rempah ini dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes.
96
Obrolan Ringan / Anggur Untuk Kulit Lebih Cantik
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 21, 2014, 10:20:46 PM »
Anggur dipercaya memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Senyawa antioksidan polifenol dan resveratolnya berperan dalam metabolisme tubuh dan membantu menyembuhkan penyakit alzheimer. Bukan hanya itu, buah ini juga dipercaya dapat mengurangi kolesterol dan asam urat serta terbukti baik bagi ginjal dan hati.
Tapi buah penghasil wine ini tidak hanya baik bagi kesehatan. Anggur juga bermanfaat dalam mempercantik kulit. Melansir Boldsky, berikut manfaat anggur bagi kecantikan:

Pembersih wajah
Bingung menentukan pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit? Gunakan saja masker anggur. Buah ini dapat dimanfaatkan sebagai cleansing mask yang cocok untuk semua jenis kulit. Antioksidannya akan membersihkan kulit dari kotoran dan membuat kulit menjadi lebih bersih dan segar.

Melindungi dari paparan sinar matahari
Kandungan flavonoid dalam anggur dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Oleskan jus anggur pada kulit sebelum beraktivitas di pantai atau tempat-tempat yang memungkinkan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari yang tinggi.

Mencerahkan kulit
Mengonsumsi jus anggur dapat membersihkan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan zinc yang tinggi dalam jus anggur dapat memurnikan darah yang baik untuk kulit. Sehingga, dengan meminum jus anggur secara teratur kulit akan menjadi lebih cerah karena darah yang mengalir di arteri merupakan darah yang sudah dibersihkan.

Anti penuaan dini
Jus anggur juga berperan dalam pengelupasan kulit. Buah ini membunuh sel-sel mati yang menyebabkan kulit keriput. Dengan sirkulasi darah yang baik, maka elastisitas kulit juga akan berjalan lebih baik.

Melembabkan kulit
Oleskan satu sendok jus anggur pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu cuci wajah dengan air hangat. Buah ini akan membantu kulit terasa lembab secara alami. Ikuti dengan rajin mengonsumsi jus anggur.

Hilangkan mata panda
Tidak hanya mentimun, anggur juga ampuh menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Potong anggur dan bersihkan bijinya. Oleskan pada mata dan sekitarnya. Cara ini akan memperbaiki kulit di sekitar mata dan mengilangkan lingkaran hitam di area mata.

Melembutkan kulit kering
Campurkan satu sendok teh putih telur dengan satu sendok teh jus anggur. Lalu usapkan pada wajah. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas. Jika dilakukan secara teratur, kulit akan terlihat lebih segar dan lembab.
97
Obrolan Ringan / Pencegah Kanker Serviks
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 21, 2014, 02:12:48 AM »
Kanker serviks yang merupakan jenis kanker paling mematikan ketiga di dunia telah membunuh hampir 200 ribu wanita per tahun. Menurut laporan National Cancer Institute, sepertiga dari seluruh kematian akibat kanker serviks, dipicu pola makan yang salah.

Padahal kanker yang tumbuh di bagian bawah rahim ini bisa dicegah dengan konsumsi makanan tertentu. Dikutip Health Me Up, berikut daftar asupan yang bisa membantu pencegahan kanker serviks.

Vitamin A, C, dan E.

Vitamin A, C, dan E merupakan bentuk antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynaecologic Cancer menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi vitamin-vitamin tersebut, memiliki viral load lebih rendah dari HPV. Anda bisa mendapatkannya dari jeruk, wortel, labu, telur, hati, tuna dan berbagai produk susu.



Vitamin ini juga wajib dimasukkan dalam diet, jika ingin terhindar dari kanker serviks. Folat diketahui dapat menurunkan tingkat homosistein --zat yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim. Vitamin ini banyak terdapat pada brokoli, kembang kol, dan kubis.



Alpukat diakui memiliki efek antioksidan dan mampu menyerang radikal bebas dengan cara membatasi penyerapan usus. Efeknya: membatasi risiko berkembanganya kanker serviks. Makanan tinggi antioksidan lain yang disarankan adalah blueberry, labu, paprika, ceri, salmon dan ikan lain.

Beberapa jenis sayuran tertentu seperti brokoli, kembang kol, dan kubis juga mengandung antioksidan (lutein dan zeaxanthin) yang turut membantu mengurangi perkembangan kanker serviks.

Beta karoten

Makanan yang kaya akan beta karoten dapat membantu mencegah datangnya kanker serviks. Jadi, tidak ada salahnya memasukkan wortel dan sedikit cabai dalam makanan. Kandungannya dapat menetralkan nitrosamine untuk menghindari kanker serviks.

Polifenol dan flavonoid

Dua zat ini biasa terdapat di teh hijau, minyak zaitun, anggur, raspberry hitam, blackberry, cokelat, kenari, jeruk, tomat, kacang merah, paprika hijau, dan delima. Manfaatnya: mencegah kanker serviks dan menghambat pertumbuhannya.
98
Artikel tentang Tanaman Hias / Re:Bunga Kamboja
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 17, 2014, 02:49:44 AM »
Ada berbagai penyakit yang dapat diobati denga tanaa kamboja. Dan ada juga resep tanaman kaboja antara lain :
1. Kencing Nanah (Gonorrhea)
Bahan:
1 Potong akar kamboja
Cara membuat:
direbus dengan gelas air sampai mendidih.
Cara menggunakan:
diminum 1 kali sehari 1 cangkir.

2. Patek, Puru (Frambusia)
Bahan:
2 Sirap kulit kamboja
Cara membuat:
ditumbuk halus dan direbus dengan 1 cerek air sampai mendidih.
Cara Menggunakan:
digunakan untuk mandi dan menggosok yang luka.

3. Memulihkan Bengkak
Bahan:
1 Sirap kulit kamboja
Cara membuat:
ditumbuk halus dan direbus dengan 0,5 cerek air sampai mendidih.
Cara menggunakan:
digunakan untuk merendam bagian tubuh yang bengkak.

4. Bisul
DAUN KAMBOJA
Bahan:
daun kamboja dan minyak kelapa
Cara membuat:
daun kamboja dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa.
Cara menggunakan:
ditempelkan pada bagian yang bisul

AKAR KAMBOJABahan:
Getah Kamboja
Cara membuat:
ambil getah kamboja dari pohonnya
Cara menggunakan:
oleskan pada bagian yang bisul.

Bahan Obat dari Pohon Kamboja Yang Berbunga Putih antara lain:

1. BUNGA

Bisa menggunakan bunga kamboja yang segar atau yang kering. Bunga segar boleh dimakan sebagai lalapan, setelah dikukus terlebih dahulu. Atau rebus bunga kamboja yang kering, kemudian minum air rebusannya setelah dingin. Cara ini bisa dilakukan / diminum 3 kali sehari.

KHASIAT : Untuk menurunkan demam, meredahkan batuk, memperlancar keluarnya air seni, menghentikan mencret karena disentri, mencegah pingsan akibat hawa panas ( heat stroke ) . Jika konsentrasinya pekat ( jumlah bunga kamboja diperbanyak ), berkhasiat memperlancar buang air besar.  Untuk itu, bunga kamboja putih bisa dimakan atau air rebusannya diminum pada jam makan malam atau sebelum tidur.

2. GETAH

Getah pohon kamboja bisa dioleskan pada bagian yang sakit, dilakukan 2 - 3 kali sehari. Getah bisa didapat dengan cara mematahkan pangkal daun atau memangkas batang pohon kamboja.

KHASIAT : Untuk merontokkan kutil dan kapalan, mengobati bisul , menyembuhkan telapak kaki yang pecah - pecah, menyembuhkan borok dan kudis . Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai getah pohon kamboja mengenai mata karena bisa mengakibatkan kebutaan.

3. BATANG

Untuk memanfaatkan batang pohon kamboja sebagai obat alami dimana bagian yang bisa dimanfaatkan adalah kulit batang atau bisa juga batangnya. Caranya : Batasi penggunaan kulit atau batang supaya konsentrasi air yang akan diminum tidak terlalu pekat. Coba ambil 2 ruas jari kulit batang atau batang lantas rebus dengan 5 gelas air sampai menjadi satu gelas,  kemudian  minum .

KHASIAT : Untuk menyembuhkan penyakit cacingan, menyembuhkan busung air, melancarkan buang air besar.
99
Obrolan Ringan / Kopi, Si Peningkat Daya Ingat
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 13, 2014, 12:20:02 AM »
Studi terbaru yang dilakukan Johns Hopkins University, di Baltimore, Amerika Serikat menemukan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi membantu meningkatkan daya ingat seseorang.

Dari hasil penelitian yang dilakukan menggunakan pil kafein 200mg atau setingkat dengan kandungan kafein dalam secangkir kopi, yang diminum setelah mempelajari sesuatu, justru membuat ingatan jauh lebih kuat.

Peneliti meminta 100 partisipan untuk mengingat gambar sebuah objek, baik di dalam maupun di luar ruangan. Mereka diminta melihat gambar-gambar tersebut lima menit setelah meminum pil. Setengah partisipan diberi pil plasebo yang tidak mengandung kafein.

Partisipan juga diambil sampel saliva atau air liur setelah tiga jam dan 24 jam dari saat mereka meminum pil, untuk mengetahui tingkat kafein. Keesokan harinya, partisipan kembali diminta melihat gambar objek serupa, ditambah beberapa gambar acak.

Kedua kelompok partisipan bisa mengidentifikasi gambar, baik yang baru maupun lama. Namun kelompok yang meminum pil kafein, bisa mengidentifikasi gambar dengan lebih akurat. Sementara kelompok dengan pil plasebo kesulitan menentukan gambar baru atau lama.
Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Nature Neuroscience.

Neurologis Dr. Michael Yassa mengatakan penelitian tersebut menegaskan bahwa kafein memang memiliki kemampuan untuk memperkuat memori. "Tapi dengan penelitian ini, kita semakin mengetahui bahwa kemampuan itu terfokus pada penguatan ingatan yang membuat memori kita mempertahankan apa yang telah kita pelajari sebelumnya," kata Dr. Yassa, dikutip dari Daily Mail.

Pusat memori di otak terletak di bagian depan otak yang bernama hippocampus. Hingga saat ini belum ada penelitian dilakukan guna menjelaskan efek kafein pada hippocampus secara detail.

"Jika kafein dikonsumsi dalam jangka waktu 24 jam selama pembelajaran, maka memori kita tidak akan dengan mudah melupakannya," ujar Dr. Yassa.

Lebih lanjut, Dr. Yassa bersama tim penelitinya mengatakan akan mengadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mekanisme kerja otak setelah distimulasi kafein. "Dengan demikian kita bisa memetakan cara kerja otak dalam mempertahankan memori secara lebih sistematis," ucapnya.
100
Artikel tentang Tanaman Hias / Re:Puring, Si Kuda Hitam
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Januari 10, 2014, 02:02:02 AM »










Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia