Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Re:Tips Mudah Menanam Tomat di Rumah
« Tulisan terakhir oleh exxgucute pada November 08, 2016, 07:52:38 PM »
Sudah aku cobain tips yang diberikan di thread ini dan tanaman tomatku bisa berbuah lebat. Makasih banyak ya
92
Jual & Beli Tanaman Hias / Re:Jual Pohon Pule Besar, Bonggol, Unik, Tua, Langka
« Tulisan terakhir oleh exxgucute pada November 08, 2016, 07:47:07 PM »
Pohon apaan tuh kok bentuknya kayak gurita, gak ada sisi keindahannya
93
Artikel tentang Tanaman Hias / Re:Dengarkan Keluhan Tanaman dari Kondisi Fisiknya
« Tulisan terakhir oleh exxgucute pada November 08, 2016, 07:45:44 PM »
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pengamat tanaman, ternyata pohon itu bisa berbicara tetapi untuk mendengarkan harus menggunakan alat khusus
94
Obrolan Ringan / Re:Hemat Berburu Tanaman Hias di Pameran
« Tulisan terakhir oleh exxgucute pada November 08, 2016, 07:43:57 PM »
ITu pohon kaktus mirip semangka gedenya ya? hebat bisa tumbuh segede itu kaktusnya
95
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Rahasia Agar Bunga Potong Tetap Segar dan Tahan Lama
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 08, 2016, 12:05:46 AM »

Menerima hadiah seikat bunga pastilah menyenangkan. Warna-warninya akan membuat suasana rumah Anda menyenangkan, dan harumnya akan membawa memori kita melayang ke kebun bunga yang indah. Tapi sayangnya, karangan bunga biasanya tidak bisa bertahan lama, dan bunga yang mulai layu menjadi pemandangan yang menyedihkan dan akhirnya bunga-bunga tersebut harus lebih cepat berakhir di tong sampah.

Dengan mengikuti beberapa tips sederhana ini, anda akan dapat memperpanjang usia bunga yang biasanya hanya beberapa hari menjadi berumur hingga 3 minggu. Jadi, inilah cara agar karangan bunga tetap segar dan tahan lama.

1. Tes Kesegaran Mawar
Saat Anda sedang memilih karangan bunga untuk dibeli, lihat bagian bawah kelopak untuk mengetahui berapa banyak kelopak yang telah dibuang sebelumnya. Mawar yang segar hanya memiliki satu atau dua kelopak yang dibuang, dan semakin banyak kelopak yang hilang, maka semakin cepat mawar tersebut akan layu.

2. Kebanyakan bunga tidak memiliki aroma harum
Hidung Anda baik-baik saja, kebanyakan bunga hias tidak memiliki bau. Petani cenderung mengembangbiakkan bunga yang besar dan tahan lama, namun belum tentu berbau harum.

3. Jangan letakkan bunga di dekat jendela
Walu akan terlihat sangat menarik bila terkena sinar matahari, namun sinar matahari ternyata akan mempercepat proses pelayuan dan bunga akan segera layu dalam satu atau dua hari. Lebih baik meletakkan pot bunga di tempat yang teduh.

4. Cucilah vas bunga setiap selesai menggunakannya
Jangan letakkan bunga ke vas sebelum Anda mencuci bersih vas bunganya. Bakteri dan jamur dari kuntum bunga sebelumnya akan mempercepat proses pembusukan dan bunga baru Anda akan mati dalam waktu singkat. Untuk hasil terbaik, cuci vas dengan alkohol atau zat pemutih.


5. Buah-buahan adalah musuh bunga
Meletakkan karangan bunga bersebelahan dengan mangkuk penuh buah pastinya nampak indah, tapi sayangnya ini juga akan memperpendek usia hidup bunga-bunga Anda. Buah-buahan mengeluarkan gas yang disebut gas etilen, yang akan mempercepat proses pembusukan tanaman.

6. Jauhkan bunga dari AC
Bunga senang di kondisi lingkungan yang lembab, dan pendingin ruangan akan mengeringkan udara, dan akhirnya memperpendek umur bunga Anda.

7. Ganti air secara berkala
Air yang tergenang adalah tempat berkembang biak bakteri, jamur dan alga. Semua mahluk itu dapat mempercepat proses pembusukan. Dengan mengganti air vas setiap hari, Anda akan memperpanjang usia bunga.

8. Jangan gunakan gunting
Hindari memotong batang dengan gunting. Lebih baik menggunakan pisau tajam tanpa tepi yang bergerigi. Dengan pisau memungkinkan kita mendapatkan hasil potongan diagonal, tanpa harus melukai batang. Dan sebaiknya potonglah batang setiap 3 - 4 hari.


9. Membuang Daun
Sebaiknya Anda memotong setiap daun yang menyentuh air dengan menggunakan gunting. Karena bila tidak, daun tersebut akan mengakibatkan tumbuhnya bakteri atau jamur.

10. Jangan ubah bentuk bunga Anda
Hindari mematahkan, membengkokkan atau merusak batang. Batang sangat penting untuk menyalurkan nutrisi pada bunga.  Bila bunga Anda rusak, lebih baik segera membuangnya dari vas.

11. Jangan beli karangan bunga di jalan
Karangan bunga di jalan sering terlalu lama terpapar matahari. Kondisi ini akan membuat bunga tidak segar. Belilah bunga di toko Favorit Anda untuk memastikan bunga yang Anda beli masih segar.

12. Jangan pakai air dingin
Jika Anda tidak suka air dingin, bunga juga begitu. Saat pertama kali menaruh bunga kedalam vas, atau saat mengganti air, pastikan gunakan air hangat suam-suam kuku.

13. Gunakan "Formula Ajaib"
Selain menggunakan air biasa, Anda bisa membuat formula ajaib yang terdiri dari campuran 4 bagian air, 1 bagian Sprite (Non diet) dan beberapa tetes bahan pemutih. Menggunakan air sulingan lebih baik dibanding air biasa.



Sumber Artikel: www.tipsiana.com
96
Artikel tentang Tanaman Hias / Aglaonema Indonesia: Aglaonema Widuri, Rajanya Kontes
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 07, 2016, 08:20:27 PM »
Oleh: Agus Sugiyanto


Bagi para pecinta tanaman yang menyukai ajang kontes aglaonema merupakan tanaman yang sangat penting. Hal ini terkait dengan seringnya aglaonema widuri memenangkan ajang kontes yang diselenggarakan didaerah maupun ajang kontes skala nasional.

Aglaonema Widuri mempunyai ciri-ciri diantaranya yaitu: bentuk daunnya besar dan lonjong namun cenderung bulat, daunnya cukup tebal dibandingkan dengan aglaonema jenis lain hasil silangan greg hambali, susunan stang daun kompak dengan stang daun pendek.

Daun aglaonema widuri berwarna motif batik dari perpaduan warna hijau, merah dan kuning. Namun terkadang susunan warnanya tidak teratur. Aglaonema widuri lebih tahan terhadap cuaca panas dan tergolong relatif cepat pertumbuhannya.

Penyakit yang biasanya menyerang aglaonema widuri relatif sama dengan penyakit aglaonema lainnya yaitu jamur/ virus pada permukaan daun. Namun penyakit ini jarang terjadi dan biasanya menyerang pada daun yang sudah tua. Penanganannya cukup disemprotkan fungisida/ bakterisida pada daerah yang terkena penyakit. Dan untuk pencegahan bisa disemprotkan secara periodikal setiap satu bulan sekali.



Sumber Artikel: http://santaisaja.net/
97
Obrolan Ringan / Manfaat Almond untuk Otak
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 02, 2016, 08:46:14 PM »

Sebagian besar makhluk hidup bergantung pada tumbuhan sebagai sumber makanan. Bahkan manusia yang paling bijaksana yang berada di planet ini membutuhkan tanaman hijau, dan pohon-pohon untuk makanan sebagai nutrisi.

Berbagai produk tanaman, termasuk buah-buahan, dan sayuran memiliki nilai gizi berbeda salah satunya almond, tetapi memenuhi kebutuhan tubuh manusia.

Fakta ilmiah ini mengungkapkan bahwa almond memiliki beberapa elemen besar yang membuat mereka tidak bisa dihindari untuk pertumbuhan lengkap manusia. Telah ditemukan nilai gizi almond membantu pertumbuhan otak, itu bukan rahasia lagi.

Berikut ini beberapa keuntungan besar dari makan almond untuk kesehatan otak. Almond juga makanan luar biasa yang harus disertakan dalam diet anak untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif.

1. Kaya protein

Almond memiliki cerita yang baik dari protein tanpa lemak yang sangat bagus untuk otak. Selain memasok energi, almond membantu dalam perbaikan sel-sel otak yang rusal selama proses kehidupan.

Hal ini sangat membantu dalam peningkatan fungsi kognitif dari otak yang jelas termasuk kapasitas memori. Juga meningkatkan kapasitas retensi memori.


2. Kuantitas baik dari Zinc

Semua orang tahu pentingnya mineral Zinc untuk pertumbuhan tepat dari tubuh, terutama otak. Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia, almond juga bekerja sebagai antioksidan kuat yang melawan radikal bebas dalam darah.


3. Kebaikan dari vitamin

Studi imliah telah mengungkapkan bahwa almond memiliki kuantitas yang kaya vitamin dan sangat penting bagi kesehatan fungsi otak. Kehadiran vitamin B6 membuat almond merupakan bagian penting dari diet manusia.

Almond juga memiliki vitamin E yang memperlambat proses penuaan otak. Otak tidak terpengaruh oleh kenaikan normal pada usia manusia.


4. Kandungan omega-3

Ilmu menerima keuntungan dari asam lemak omega-3 dalam meningkatkan kecerdasan otak. karena karakteristik ini, sebagian besar minuman kesehatan terkemuka memiliki jumlah tertenu asam lemak omega-3.

Almond memiliki sumber nutrisi alami yang berharga itu. Karena manfaat kesehatan yang kuat mengonsumsi almond untuk otak semakin banyak orangtua memastikan anak-anaknya makan almond untuk diet mereka secara teratur.



Sumber Artikel: Liputan6.com
98

Bunga Krisan (Chrysanthemum)

Krisan berasal dari bahasa Yunani 'Chrys' berarti emas (warna bunga-bunga asli), dan 'anthemon', yang berarti bunga. Nama ini diberikan kepadanya oleh Carolus Linnaeus, seorang naturalis Swedia juga dikenal sebagai bapak taksonomi modern.

Krisan berbunga mekar dalam berbagai bentuk, daisy-like, dekoratif, pompon atau tombol. Mekarnya Krisan datang dalam berbagai macam bentuk dan ukuran dan dalam berbagai warna. Selain kuning tradisional, warna populer lainnya adalah putih, ungu, dan merah.

Bunga Krisan melambangkan kesetiaan, optimisme, kegembiraan dan umur panjang.
- Sebuah krisan merah menyampaikan cinta
- Sebuah krisan putih melambangkan kebenaran dan kasih setia
- Sebuah krisan kuning melambangkan cinta diabaikan


Tentang Bunga Krisan

Setiap bunga Krisan kepala sebenarnya merupakan cluster bunga banyak, terdiri dari kelopak pusat bunga pendek dikelilingi oleh cincin dan sinar bunga. Krisan diklasifikasikan ke dalam sembilan kategori sesuai dengan jenis dan pengaturan lingkar dan sinar bunga - Incurved, Reflexed, Intermediate, Late Flowering Anemones, Singles, Pompons, Sprays, Spiders/Spoons/Quills, Charms and Cascades. Misalnya, 'reflexed' Krisan terdiri dari sinar bunga-bunga yang kurva ke bawah menjadi bentuk payung, sedangkan 'pena' memiliki bunga tabung sinar yang memancar dari pusat kepala.



Beberapa Fakta Menarik tentang Krisan
- Krisan adalah bunga-bunga tropis. Krisan awalnya tumbuh di kawasan Eurasia.
- Krisan milik Asteraceae (Compositae) keluarga, yang merupakan salah satu keluarga tanaman berbunga terbesar dengan lebih dari 1.000 marga dan tentang 20.000 spesies.
- The Chrysanthemum dibawa ke Jepang oleh biarawan Buddha di AD 400. kaisar Jepang begitu mengasihi bunga Krisan bahwa mereka duduk di atas Krisan takhta. Krisan, kikus dalam bahasa Jepang, yang ditampilkan pada Crest Kekaisaran Jepang.
- Bahkan saat ini, sejumlah kota di Jepang mengadakan pameran spektakuler krisan tahunan.
- Krisan sangat cocok untuk berkebun kontainer di teras.
- Teh Krisan rasa sangat populer dan digunakan untuk relaksasi.


Arti bunga krisan

Krisan: Seorang teman yang besar, ceria dan bahagia. Selama bertahun-tahun, krisan menandakan pujian dan kekaguman. Bunga krisan dianggap sebagai seorang bangsawan bunga dari kelas bangsawan Cina.

Jepang menganggap bunga ini sebagai lambang matahari. Mereka juga percaya bahwa kelopak krisan tunggal bolinksom ditempatkan dalam sebuah gelas anggur akan menjamin hidup panjang dan sehat.

Krisan yang dibudidayakan di China sebagai ramuan berbunga sejauh abad 15 SM. Sebuah kota kuno Cina bernama Chu-Hsien, yang berarti "Kota krisan". Bunga ini dibawa ke Dunia Barat pada abad ke-17.

Krisan adalah bunga favorit di antara para landscapers rumah, bukan hanya karena bunga berwarna-warni, tetapi karena mereka mekar di musim gugur, ketika masa mekar banyak bunga lainnya sudah berlalu. Bunga Krisan tersedia dalam beragam warna - dari putih, menjadi kuning dan emas, merah muda, jeruk, perunggu, merah tua, merah, biru dan ungu. Beberapa krisan adalah campuran dari dua warna bahkan lebih.



Sumber Artikel: http://www.bungarawabelong.com/
99
Obrolan Ringan / Selain Sedap Dimakan, Daun Ini Bisa Usir Jerawat di Wajah
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Oktober 30, 2016, 08:30:31 PM »
Oleh: Bella Jufita Putri


Ada banyak cara untuk mengatasi jerawat di wajah. Selain menggunakan produk kecantikan atau anti-jerawat, penggunaan bahan alami seperti daun kemangi ini efektif untuk mengusir jerawat.

Sudah lebih dari 5.000 tahun, daun kemangi dipercaya dapat menyembuhkan rasa sakit oleh masyarakat Ayurvedic. Ekstrak dari daun kemangi memiliki banyak manfaat kesehatan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, meningkatkan sirkulasi darah, hingga sebagai perawatan wajah.

Ekstrak daun kemangi yang mengandung mineral dapat menjaga kelembaban kulit hingga melawan bakteri yang sebabkan jerawat.

Selain itu ekstrak daun kemangi yang bersifat hasantioxidant, anti-inflamasi, antibakteri, dan anti-jamur dapat membersihkan kulit khususnya jika digunakan pada pagi hari. Anda dapat menggunakan ekstrak daun kemangi sebagai campuran pada sabun cuci muka.

Kualitas antiseptik yang diberikan ekstrak daun kemangi dapat membantu kulit terhindar dari pembengkakan, kemerahan, dan noda bekas jerawat. Anda juga dapat mengganti sabun cuci muka yang sudah mengandung ekstrak daun kemangi. Selain mengusir jerawat, aroma dari daun kemangi mampu menenangkan pikiran.



Sumber Artikel: Liputan6.com
100
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Cara Menyiram Tentukan Kesehatan Tanaman
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Oktober 30, 2016, 08:18:47 PM »
Oleh: Tabita Diela

Sumber: Gopego.com

Sebenarnya, ada solusi mudah dan relatif murah dalam memelihara kesehatan tanaman pot, yaitu dengan memastikan tanaman tersebut mendapat asupan air yang cukup. Namun, akan menjadi masalah jika intensitas menyiram tidak sesuai dengan jenis dan sifat tanaman.

Aktifitas menyiram merupakan awal yang baik untuk memastikan tanaman Anda selalu berada pada kondisi prima. Sayangnya, menentukan waktu yang tepat untuk menyiram, seberapa banyak air diperlukan, dan sesering apa penyiraman harus dilakukan terkadang terasa begitu rumit. Pasalnya, semua hal tersebut sangat bergantung pada lokasi tanaman, jenis media tanam, iklim, dan faktor lingkungan lainnya.

Melakukan observsi dan mengetahui kebutuhan tanaman sebelum menanamnya akan banyak membantu Anda.
 
Kebutuhan tanaman
 
Ketika memutuskan untuk menyertakan satu jenis tanaman pot di rumah Anda, cobalah mencari tahu karakteristik dan kebutuhan tanaman tersebut. Anda bisa mendapatkan informasi dari keterangan yang menyertai tanaman tersebut, pembungkus bibit, atau bertanya langsung pada sang penjual tanaman atau bibit tanaman. Pastikan mengetahui lingkungan, media tanam, dan cara perawatan yang ideal bagi tanaman tersebut.
 
Jika tidak bisa mendapat informasi yang Anda butuhkan dari penjual tanaman, setidaknya ketahui nama tanaman tersebut dan cari tahu lebih lanjut. Selain itu, lakukanlah observasi. Biarkan tanaman Anda selama beberapa waktu tanpa disiram. Ketika mulai tampak tidak segar, berarti tanaman tersebut sudah membutuhkan penyiraman. Pastikan Anda mengobservasinya secara konsisten dari hari ke hari. Jangan sampai tanaman tersebut layu.
 

Cek tanah
 
Selain mengobservasi kondisi tanaman, cobalah mengecek kondisi tanahnya. Rasakan tanah tersebut di tangan Anda. Perhatikan karakteristik tanah sedalam 2,5 sentimeter pertama. Jika tanah terasa kering dan Anda sudah mengetahui sebelumnya bahwa tanaman tersebut membutuhkan penyiraman yang sedang (tidak terlalu sering, namun juga tidak terlalu jarang), aktifitas menyiram bisa mulai dilakukan.

Sebaliknya, jika tanaman tersebut membutuhkan tanah yang lembab, jangan sampai tanahnya sempat mengering. Tanaman tropis umumnya membutuhkan tanah yang lembab.

 
Jumlah air yang cukup
 
Selain mengetahui kapan harus menyiram, Anda juga harus menyadari waktu yang tepat untuk berhenti menyiram tanaman. Cara termudah adalah ketika air tampak mengalir keluar pot. Hati-hati, tanah yang terlalu kering akan cenderung memberikan ruang bagi air untuk langsung mengalir keluar dari pot. Ulangi proses penyiraman beberapa kali hingga tanah yang sangat kering kembali lembab.

 
Cara menyiram
 
Meski terdengar sederhana, namun mengetahui cara menyiram yang tepat dapat berperan dalam menjaga kesehatan tanaman. Cobalah menyiram tanaman Anda pada pagi hari, tepat ketika akar tanaman lebih mampu menyerap nutrisi dari tanah.

Tanaman menjadi lebih mampu menghadapi panas matahari setelahnya. Namun, jika Anda hanya bisa menyiram tanaman pada sore hari, pastikan tanaman tersebut sudah kering sebelum malam agar tetap sehat.
 
Sistem irigasi tetes merupakan sistem menyiram yang ideal. Terlebih, jika Anda harus menyiram beberapa pot dalam waktu bersamaan. Namun, tidak salah juga menggunakan cara tradisional dengan menggunakan penyiraman dan selang selama Anda berhati-hati.



Sumber Artikel: Kompas.com
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia