Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Trik Sederhana Membuat Ruangan Wangi Seketika
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Juli 11, 2016, 09:30:09 PM »
Oleh: Nathania Hapsari

Butuh wewangian yang menenangkan atau sekadar ingin membangkitkan suasana tertentu dengan aroma yang menyenangkan, Anda tidak harus selalu mengandalkan semprotan pewangi kimiawi.

Anda bisa buat sendiri pewangi ruangan dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan tentunya lebih murah.

1. Hangat dan manis

Keringkan jeruk, cengkih, dan kayu manis hingga kaku. Tempatkan di dalam mangkuk kayu dan tambahkan sedikit minyak rempah. Campuran ini akan menghasilkan wangi yang hangat dan manis.


2. Lilin wangi

Tak perlu membeli, Anda bisa buat sendiri lilin wangi dengan cara yang praktis. Pilihlah bunga-bunga tertentu dengan wangi yang Anda sukai dan tempatkan potongan-potongan kecilnya di dalam wadah. Lelehkan lilin dan tuangkan ke dalam wadah potongan bunga hingga tiap potongan benar-benar terbungkus. Selain bunga, Anda juga bisa gunakan biji kopi yang tak kalah wangi.

Terakhir, bekukan di dalam lemari es. Anda bisa tempatkan lilin-lilin ini di sudut rumah sebagai penghias ruangan.


3. Minyak esensial

Menggunakan minyak esensial jauh lebih efektif dibanding pewangi semprot karena aroma minyak esensial lebih tahan lama. Jangan ragu untuk memadukan dua hingga tiga jenis minyak esensial untuk mendapatkan wangi yang diinginkan.

Tempatkan dalam wadah keramik yang dapat dipanaskan dengan lilin, agar minyak esensial dapat menguap lebih cepat. Biarkan uapnya memenuhi ruang hingga wanginya merata.


4. Sitrus

Untuk menciptakan aroma yang segar, Anda bisa manfaatkan jeruk jenis apapun. Potong-potong jeruk hingga muat untuk dimasukkan ke dalam panci kecil. Tambahkan air dan beberapa helai daun mint. Rebus dan pindahkan ke dalam wadah kaca. Letakkan di tengah ruang dan biarkan aromanya menyegarkan hunian.


5. Bunga hias

Salah satu cara yang paling praktis adalah dengan memajang beberapa bunga hias yang memang memiliki wewangian khas. Contohnya adalah bunga lavender, rosemary, dan daun salam. Padu-padankan ketiganya dan tempatkan dalam vas cantik.



Sumber Artikel: http://properti.kompas.com/
92
Obrolan Ringan / 5 Jenis Bunga yang Memberi Efek Sensual
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Juli 11, 2016, 09:04:19 PM »
Oleh: Rizqi Adnamazida

Kebun bunga yang cantik tentu bisa mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik. Terutama apabila bunga di kebun juga memiliki aroma wangi yang khas. Jika Anda ingin menciptakan suasana yang menyenangkan sekaligus sensual, coba tanam lima jenis bunga berikut ini.

Mawar merah

Bunga mawar yang berwarna merah merupakan simbol sensualitas, erotis, dan cinta kasih. Anda bisa menanam mawar merah di kebun dalam maupun luar rumah. Banyak yang bilang merawat bunga mawar cukup merepotkan. Namun jika Anda telaten, maka Anda bisa menikmati kecantikan mawar merah di kebun bunga milik Anda. Hal yang perlu Anda ingat adalah menggunting duri mawar dan selalu rajin menyiramnya sehari sekali.


Kamboja

Salah satu bunga yang memiliki wangi yang khas adalah kamboja. Ada banyak pilihan warna bunga kamboja yang bisa Anda tanam di kebun Anda. Bunga kamboja juga termasuk mudah dalam pemeliharaan. Namun jika suhu di luar cukup dingin, sebaiknya Anda menanam kamboja di dalam rumah dan menyiramnya secara teratur.


Melati

Selain cocok untuk dijadikan dekorasi, aroma kuat dari melati memberi efek sensual bagi Anda dan pasangan. Menanam melati di kebun luar rumah adalah ide terbaik karena bunga tersebut membutuhkan matahari cukup untuk berkembang.


Jonquil

Bunga jonquil merupakan termasuk jenis bunga daffodil yang memiliki aroma tak kalah wangi dengan melati. Konon bunga ini adalah simbol gairah untuk mencintai, dicintai, dan simpati. Menanam bunga jonquil tidak terlalu sulit perawatannya, sebab Anda hanya perlu menyiramnya secara rutin setiap hari.


Tulip

Jenis bunga terakhir yang mampu memberi efek sensual adalah tulip. Bunga tulip warna merah menyimbolkan pasangan sempurna, sensualitas, dan segala hal yang Anda impikan bersama pasangan. Anda bahkan bisa memotong beberapa batang bunga tulip untuk dijadikan hiasan di dalam vas selama seminggu penuh.


Demikian lima jenis bunga yang memberi efek sensual dan mendukung suasana romantis bagi Anda. Apakah Anda tertarik untuk menanam salah satunya?



Sumber Artikel: http://www.merdeka.com/
93
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Menanam dan Merawat Lidah Buaya
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Juli 11, 2016, 08:42:32 PM »

Lidah buaya atau Aloe vera adalah tanaman yang akrab di telinga. Selain sangat mudah perawatannya, tanaman ini pun dikenal punya banyak manfaat dan khasiat.

Lidah buaya biasanya ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias. Daunnya berwarna hijau tua sampai hijau pucat ; di bagian belakang daun berwarna bintik-bintik putih. Bentuk daun ramping, tebal dan pada bagian tepi bergerigi kecil-kecil.


Bila Anda tertarik menanam dan mengembangkan tanaman ini, berikut ini adalah beberapa tip yang dapat dijadikan panduan.

- Butuh waktu cukup lama buat lidah buaya untuk tumbuh di dalam ruangan. Namun Aloe Vera dapat ditanam di dalam rumah atau pun di luar rumah. Tanaman ini butuh cahaya alami dan akan tumbuh  bagus bila memperolah cahaya langsung selama sekitar  4 jam sehari. Warnanya akan kecoklatan bila kontak sinar matahari secara berlebihan. Pada siang hari lidah buaya butuh suhu 68-72 derajat Fahrenheit, dan malam hari 50-55 derajat Fahrenheit.

- Gunakan pot dengan media tanam dan pengairan yang baik. Media tanam yang cocok terdiri atas satu campuran bagian tanah kebun, satu bagian pupuk kandang atau kompos, satu bagian pasir, dan setengah bagian serbuk arang.  Media tanam diusahakan dalam kondisi agak ekring, tidak boleh terlalu basah.  Karena lidah buaya salah satu jenis succulent, jangan terlalu sering disiram.

- Pastikan tanah atau pasir dalam pot tetap kering sebelum disiram. Pastikan pula ada lubang di bawah pot supaya air dapat mengalir dengan mudah.

- Tanaman yang baru dibeli tidak perlu langsung dipupuk pada tahun-tahun pertama. Tunggu sampai tahun berikutnya

-Pengepotan kembali dilakukan saat media telah menjadi padat dan tanaman sudah memenuhi pot.  Pengepotan dapat dilakukan setiap waktu.



Sumber Artikel: http://properti.kompas.com/
94
Artikel tentang Tanaman Hias / Pendatang Baru Mirip Mawar
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Juli 11, 2016, 08:34:59 PM »
Oleh: Anissa


Selain Eustoma, "kembaran" mawar ini kerap pula disebut Lisianthus. Bunga cantik ini sudah terlebih dahulu dikenal di Jepang, sebagai bunga potong atau bunga hias. Di Indonesia sendiri, bunga ini terbilang masih pendatang baru. Itu sebabnya belum banyak yang mengenalnya.

Eustoma menyukai udara yang sejuk. Jadi, bunga ini paling mudah ditemukan di daerah dataran tinggi. Ketika pertama kali melihat, Anda, seperti halnya banyak orang lainnya, mungkin akan terkecoh. Bentuk bunganya mirip dengan mawar. Tak heran, banyak orang mengira Eustoma atau Lisianthus ini adalah salah satu jenis mawar.


Eustoma berasal dari Amerika Selatan. Ia menyukai sinar matahari, namun hanya dapat tumbuh subur pada area berudara sejuk. Bunganya memiliki beragam warna, termasuk warna biru yang tidak ditemukan pada spesies mawar.

Belakangan, di Indonesia, Eustoma mulai banyak dilirik sebagai bunga hias. Rangkaian bunga ini banyak digunakan untuk dekorasi hotel, restoran, dan pernikahan. Atau bisa ditempatkan di rumah, sekadar untuk mempercantik ruangan.


Setiap tangkai bunga Eustoma, setelah dipotong, mampu bertahan selama maksimal tiga minggu, sehingga tak perlu repot sering mengganti bunga, untuk menghias ruangan.

Menjadikannya tanaman pot pun bisa. Sediakan saja media tanam yang lembap dengan drainase yang baik. Tempatkan Eustoma di area yang kaya sinar matahari. Mudah, kan?



Sumber Artikel: http://properti.kompas.com/
95
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Sambut Lebaran, Jangan Lupakan Taman!
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Juni 30, 2016, 08:42:11 PM »

Bersih dan tidaknya hunian bisa dilihat sejak memasuki halaman dan taman rumah. Di sinilah pandangan pertama tamu merasa nyaman atau tidak saat berkunjung ke rumah Anda, terutama di hari raya nanti.

Untuk menyambut hari raya, memang, tak cukup hanya interior dan segala aksesorisnya yang perlu mendapat perhatian ekstra. Kondisi taman yang bersih dan memancarkan keindahan perlu dijaga. Simak beberapa langkahnya:

Membersihkan gulma 

Rumput dan gulma adalah musuh utama Anda di taman dan halaman. Anda harus membasminya agar tidak mengganggu indahnya pemandangan.

Untuk mengatasi gulma dan rumput liar, Anda bisa langsung mencabutinya secara manual memakai tangan dan bantuan gunting. Jika ingin memakai bahan kimia, Anda harus memperhatikan takarannya agar tak mematikan rumput atau tanaman lainnya.

Selain itu, dahan pepohonan yang mulai melebar, tua dan berantakan arah tumbuhnya juga harus diperhatikan. Anda bisa memangkasnya agar terlihat ramping dan kembali cantik. Kemudian, bersihkan areal taman dedaunan kering. Anda bisa mengumpulkannya dan menjadikan sebagai pupuk.

Tanaman pot

Untuk menambah cantik taman yang baru dibersihkan ini, Anda jgua bisa menghadirkan beragam tanaman pot. Anda bisa memilih beberapa jenis taman dan menyusunnya secara rapi dan membentuk pola agar sedap dipandang. 

Untuk pilihan tanaman, Anda bisa memilih tanaman tanpa bunga. Warna hijau dari daun mampu mempercantik halaman rumah Anda. 

Furnitur

Sebagai penambah daya tarik, tempatkan furnitur kayu di areal ini. Dengan adanya bantalan duduk, meja dan kursi secukupnya, Anda bisa memanfaatkan area ini sebagai tempat berkumpul menikmati suasana ceria di hari raya nanti.

Lampu

Jangan lupa, ganti lampu taman yang telah rusak atau memang sudah waktunya diganti. Karena taman sudah bersih berseri, tak ada salahnya Anda dan keluarga atau sanak saudara lainnya menikmati kebersamaan hari raya di malam hari.



Sumber Artikel: http://properti.kompas.com/
96
Obrolan Ringan / Terbukti... Tanaman Bikin Produktivitas Karyawan Naik 15 Persen!
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Juni 30, 2016, 08:26:46 PM »

Berdasarkan sebuah penelitian, menempatkan tanaman di dalam kantor ternyata membuat pekerja lebih produktif. Psikolog menemukan, bahwa menghadirkan tanaman hijau di tempat kerja menyebabkan bertambahnya konsentrasi staf hingga 15 persen.

Demikian kesimpulan para peneliti dari Cardiff University yang memantau dua kantor komersial besar di Inggris dan Belanda. Mereka melaporkan dalam Journal of Experimental Psychology, bahwa setelah membawa masuk tanaman ke dalam kantor, produktivitas karyawan secara keseluruhan meningkat sebesar 15 persen hanya dalam waktu tiga bulan.

"Data dari hasil penelitian ini menunjukkan lingkungan kerja hijau secara konsisten lebih menyenangkan karyawan. Suasananya lebih kondusif untuk konsentrasi, dan lebih produktif untuk bisnis," kata Marlon Nieuwenhuis, peneliti utama Cardiff University, London, Inggris.

"Memang, awalnya hanya akan memperkaya ruang yang sebelumnya tampak sederhana, tapi tanaman ini bisa meningkatkan produktivitas sebesar 15 persen. Penelitian kami menunjukkan, bahwa investasi dalam lanskap kantor dengan tanaman akan meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas mereka," tambahnya.

Dia menambahkan, meskipun penelitian laboratorium sebelumnya sudah menunjukkan hal itu, penelitian Cardiff malah menunjukkan manfaat dalam jangka panjang.

"Hal ini langsung menantang filosofi bisnis yang bisa diterima secara luas bahwa kantor bisa lebih produktif," ujar Marlon.

Para ilmuwan berpikir, biologi mungkin ada hubungannya dengan dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan pekerja. Sementara itu, penelitian terpisah telah menemukan bahwa daun menyerap polutan di udara, menyaring debu dan meningkatkan kualitas udara.

Tak hanya itu. Beberapa penelitian sebelumnya bahkan telah memaparkan, bahwa sejumlah besar tanaman pot di kantor dapat mengurangi jumlah karyawan yang sakit. Sampai akhirnya ditemukan teori, orang bekerja dengan lebih baik di lingkungan lebih menyenangkan. Adapun sebagian lainnya merasa karena manajer mereka memberi mereka kesan mereka berinvestasi untuk kesejahteraan mereka, menciptakan insentif lebih besar untuk bekerja keras atas nama perusahaan.

"Secara psikologis, ini memanipulasi kerja nyata tentang apa yang benar dan yang salah dengan desain ruang kerja dan manajemen. Kami sedang mengembangkan template untuk kantor yang benar-benar pintar," kata Dr Craig Ksatria dari University of Exeter, yang juga bekerja pada studi tentang hal ini.



Sumber Artikel dan Gambar: http://properti.kompas.com/
97
Trip & Trik Memelihara Tanaman / 5 Tips Agar Bunga Di Vas Segar Lebih Lama
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Juni 28, 2016, 03:03:51 AM »

Bagaimana pun juga, bunga hidup dan asali tentu lebih indah daripada bunga plastik. Sayangnya, bunga hidup lebih cepat layu dan harus diganti. Namun jangan khawatir, Anda bisa membuat bunga di vas segar lebih lama dengan beberapa tips yang mudah.

Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga bunga hias dalam vas segar dan tahan lama.

1. Letakkan bunga di air secepatnya
Jangan menunggu untuk meletakkan bunga ke air. Setelah memotong batang secara diagonal, Anda harus langsung memasukkan batang tersebut dalam air yang ada di vas. Ini mencegah bunga mengalami layu lebih cepat.

2. Aspirin
Anda mungkin tak tahu bahwa aspirin memiliki kegunaan lain selain untuk meredakan rasa nyeri. Caranya hancurkan aspirin dan larutkan dalam air sebelum memasukkan batang bunga ke dalamnya.

3. Hairspray
Seperti halnya rambut, bunga juga akan berdiri lebih lama jika diberikan sedikit semprotan hairspray. Namun sebaiknya gunakan masker saat menggunakannya dan semprotkan pada bagian bawah tangkai, bukan pada daun atau kelopak bunga.

4. Jangan letakkan terlalu banyak bunga
Jika ingin bunga tahan lebih lama, sebaiknya jangan mengisi vas terlalu penuh. Beri ruang untuk sirkulasi udara antar bunga. Jika vas terlalu kecil atau penuh, bunga tak akan bisa bernapas dan lebih cepat layu.

5. Gunakan soda
Berikan setengah cangkir soda pada air dalam vas untuk membuat bunga tahan lama. Sebaiknya gunakan soda yang tidak berwarna untuk menjaga keindahan vas Anda.

Itulah beberapa cara mudah untuk membuat bunga dalam vas segar lebih lama. Kini Anda tak perlu khawatir jika bunga cepat layu. Selamat mencoba!


Sumber Artikel: http://www.merdeka.com/
98
Artikel tentang Tanaman Hias / Warna-warni Lautan Bunga di 5 Kebun Mawar Terindah Dunia
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Juni 28, 2016, 02:53:14 AM »
Oleh: Tantri Setyorini

Pernah mengkhayalkan indahnya taman bunga mawar seindah cerita dongeng? Dengan lautan bunga terhampar dan aroma manis mawar yang memanjakan hidung.

Ternyata di dunia ini ada taman-taman mawar yang semenakjubkan bayangan Anda. Tak hanya satu, ada lusinan taman yang mendapat predikat kebun mawar terindah di dunia. Kebun-kebun mawar ini menyimpan koleksi varietas mawar dari berbagai belahan dunia. Beberapa di antaranya bahkan pernah mendapat penghargaan sebagai kebun dengan penataan terbaik.

Berikut ini kami tampilkan 5 di antaranya yang memiliki koleksi mawar-mawar paling cantik.

1.Keisei Rose Garden - Jepang


Kebun mawar terindah di dunia pertama adalah Keisei Rose Garden yang ada di Jepang. Keisei Rose Garden terletak di kota Yachiyo, Prefektur Chiba.

Taman ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan bara (bunga mawar) di Jepang. Setiap musim semi, Keisei menyelenggarakan festival bunga mawar di mana para wisatawan akan dimanjakan dengan rose art. Sepanjang festival disuguhkan pula pertunjukan live music untuk menemani para wisatawan menikmati keindahan bunga.

Tak hanya wisata memandang bunga mawar, Keisei juga menjual berbagai produk yang terbuat dari bunga mawar untuk suvenir.


2.Roseraie de LHay - Prancis


Roseraie de L'Hay yang terletak Rue Albert Watel, L'Hay-les-Roses, Val-de-Marne merupakan taman mawar tertua di dunia. Taman ini ditanami 16.000 mawar dari 3.300 varietas yang berbeda.

Pada tahun 1910, Roseraie de L'Hay telah memiliki semua jenis mawar dari genus Rosa yang dikenal dunia pada saat itu. Graveraux juga berhasil menyilangkan 27 varietas mawar baru di kebunnya. Tak hanya untuk pembibitan, mawar di Roseraie de L'Hay juga memasok permintaan industri parfum.

Sekarang Roseraie de L'Hay telah menjadi situs sejarah di Prancis. Kebun mawar dan paviliun yang dulu menjadi tempat peristirahatan Graveraux kini dilindungi dan dikelola oleh Dewan Umum Val-de-Marne.


3.Peggy Rockefeller Rose Garden - Amerika Serikat


Peggy Rockefeller Rose Garden adalah salah satu taman mawar [aling terkenal di Amerika Serikat. Taman mawar ini terletak di New york Botanical Garden, Bronx, New York.

Taman ini merupakan persembahan jutawan David Rockefeller kepada istrinya Peggy. Perancang konsep taman adalah arsitek lansekap Beatrix Farrand.

Di Peggy Rockefeller Rose Garden tumbuh sekitar 4.000 mawar yang berasal dari 600 varietas berbeda. Taman ini tampak paling indah pada bulan Mei hingga Oktober, karena saat itu bunga mawar mekar sempurna.


4.Royal National Rose Society Gardens - Inggris


Royal National Rose Society Gardens atau dikenal juga dengan nama The Gardens of The Rose merupakan salah satu taman mawar tercantik di Inggris. Letaknya di Chiswell Green, St. Albans.

Taman mawar ini mengoleksi 7.000 tanaman mawar yang berasal dari 2.500 varietas. Mawar-mawar tersebut ditata dengan apik bersama bunga-bunga lain, misalnya lavender.

Karena taman mawar ini memang didedikasikan oleh para pecinta mawar Inggris, tak hanya rose art saja yang disuguhkan. Royal National Rose Society Gardens juga menampilkan sejarah bunga mawar serta cara menanam bunga mawar di kebun rumah.


5.Butchart Gardens - Kanada


Taman ini terletak di pulau Vancouver, Kanada. Pemandangannya meliputi hamparan 700 jenis tanaman bunga yang dibagi menjadi lima tema, yaitu Japanese Garden, Rose Garden, Mediterranean Garden, Sunken Garden, dan Italian Garden.

Saat musim panas, tepatnya bulan Juni hingga awal September, Rose Garden menjadi atraksi andalan kebun raya ini. Taman mawar ini ditanami berbagai jenis bunga mawar. Kebanyakan varietas tea rose yang ragamnya lebih dari 117 spesies.

Saat bulan Juni hingga September seluruh Butchart Gardens dihias lampu sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan di sana hingga malam hari. Ditambah dengan pertunjukan musik dan kembang api, lengkaplah suasana romantis yang dirasakan pengunjung.


Sumber Artikel dan Gambar: http://www.merdeka.com/
99
Obrolan Ringan / Re:Taman Bunga Nusantara, Kembaran Selecta di Cianjur
« Tulisan terakhir oleh wiro pada Juni 23, 2016, 08:53:10 PM »
wow keren di cianjur ada yang kayak ginian
100
Obrolan Ringan / Re:Jaga kesehatan tubuh saat puasa dengan minum susu Kayu Manis
« Tulisan terakhir oleh wiro pada Juni 23, 2016, 08:52:34 PM »
susu dan kayu manis sendiri memang banyak sekalio manfaatnya
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia