Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Artikel tentang Tanaman Hias / Makna Bunga Peony Dan Fakta Menariknya
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada April 25, 2016, 01:35:02 AM »

Bunga peony adalah salah satu bunga yang disukai banyak orang. Selain dipakai untuk dekorasi yang cantik, bunga peony selama berabad-abad digunakan pula sebagai bahan obat-obatan. Bunga peony (peoni) merupakan bunga yang masih tergolong ke dalam keluarga Paeoniaceae. Banyak versi cerita asal muasal munculnya bunga peony. Salah satu yang paling terkenal adalah versi Paeon. Paeon adalah seorang murid dari dewa obat dan penyembuh yang berasal dari Yunani. Dewa tersebut bernama Asclepius. Dewa Asclepius sangat cemburu akan kepintaran Paeon sehingga dia berusaha mencelakakan Paeon. Namun Dewa Zeus menolongnya Paeon dan memutuskan mengubahnya menjadi bunga Peony agar Paeon  terhindar dari murka Asclepius.

Bunga peony adalah bunga yang tumbuh di negara 4 musim dan tumbuh subur serta mekar di musim semi yaitu di bulan Mei hingga Juli. Bunga peony memiliki beragam warna cantik seperti putih, merah, coral dan merah muda. Bunga ini berukuran besar, memiliki mekar yang menawan serta wangi sempurna plus tahan lama sehingga banyak digunakan dalam rangkaian bunga pengantin di hari pernikahan.

Untuk konsep pernikahan, umumnya bunga peony digunakan dalam rangkaian tersendiri tanpa hiasan bunga lain, sehingga makna bunga peony yang berkelas dan mewah akan nampak jelas. Namun, ada juga yang merangkai bunga peony bersama dengan beberapa bunga lain seperti mawar, hydrangea, lavender dan spray rose untuk menambah kesan lebih unik dan menarik.


Terlepas dari legenda tentang bunga peony, saat ini peony pun tetap menjadi favorit di banyak negara di dunia. Di Cina, bunga peony sering digunakan dalam upacara-upacara pernikahan karena diyakini makna bunga peony adalah cinta, kebahagiaan, kemakmuran dan nasib baik. Bahkan banyak orang menganggap bunga peony layak digunakan sebagai lambang pernyataan “aku cinta padamu” terutama bagi orang-orang yang malu mengungkapkan perasaannya secara langsung. Makna bunga peony lainnya adalah melambangkan kehormatan dan kepribadian yang berkelas. Jadi memberikan bunga peony untuk orang yang kita cintai berarti pula bahwa kita menghormati dan menjadikannya pribadi yang berkelas di mata kita.

Namun beberapa daerah menganggap bahwa bunga peony juga bisa digunakan untuk mengekspresikan kedongkolan atau rasa malu. Secara umum, bunga ini melambangkan kesehatan, kemakmuran dan kehidupan serta pernikahan yang bahagia. (Bunga yang penuh dengan doa ya, cocok untuk hadiah bagi orang yang kita sayangi seperti teman, saudara dan keluarga :D)


Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya seputar bunga peony yang Anda harus tahu :

- Bunga peony dikenal di Eropa sejak pertama kali dibawa oleh pasukan Romawi pada tahun 1200.
- Di negara Cina, peony disebut Mudan dan merupakan simbol bunga nasional Cina sejak tahun 1903.
- Catatan tentang bunga peony telah ditemukan dalam buku-buku botany terbitan tahun 1636.
- Bila terkena sinar matahari langsung selama kurang lebih dua minggu, daun bunga peony akan berubah warna menjadi burgundy atau merah anggur.
- Bunga peony dikenal pula sebagai bunga pengobatan. Di Jepang, peony disebut dengan Ebisugusuri yang artinya obat dari Cina. Dalam pengobatan tradisional Cina, akar bunga peony seringkali digunakan sebagai obat kram karena sakit akibat menstruasi, asma dan kejang-kejang.
- Pada tahun 1957, pemerintah Indiana mengeluarkan peraturan untuk menjadikan peony sebagai lambang bunga negara bagian tersebut.
- Bunga peony adalah bunga yang paling sering digunakan dalam seni ornamen Cina. Lambang peony kerap ditemukan dalam berbagai macam keramik dan lukisan dari Cina.


Sumber Artikel: http://www.tokobungaindo.com/, http://embundaunhijau.blogspot.co.id/
92
Obrolan Ringan / Bunga Asli vs Bunga Palsu Sebagai Buket Pengantin
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada April 25, 2016, 01:15:29 AM »
Oleh: Ester


Sering kali banyak yang bertanya mana yang lebih bagus buket bunga pengantin menggunakan bunga asli atau bunga palsu. Tak bisa dipungkiri bunga segar memiliki nilai sakral dan keindahan yang mempesona serta keharuman tersendiri. Bagi yang menyukai bunga, maka bunga segar akan menjadi pilihan utama sebagai buket pengantin. Namun, adanya keterbatasan dari bunga segar dan meningkatnya kemajuan kualitas bunga palsu menjadikan pesona bunga palsu naik daun akhir-akhir ini. Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat merencanakan suatu pernikahan. Memilih jenis bunga hanya salah satunya, namun memiliki peranan tersendiri yang dapat berdampak pada keseluruhan konsep pernikahan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat harus menentukan bunga palsu atau bunga segar yang akan membantumu dalam menentukan jenis bunga pengantin.

1. Musim

Jika menggunakan bunga asli sebagai buket bunga pengantin maka harus memperhatikan musim. Sebab bunga asli tidak selalu tumbuh sepanjang tahun. Terutama untuk wilayah yang memiliki empat musim. Jika jenis bunga yang kamu inginkan tidak sedang dalam musimnya maka kamu harus menyampaikannya jauh-jauh hari kepada floristmu agar dia mempersiapkan bunga tersebut (bunga yang ditanam di rumah kaca solusinya). Namun untuk ini kamu juga harus mempersiapkan ekstra anggaran. Di lain pihak bunga palsu tidak mengenal musim. Bunga palsu akan selalu ada dengan aneka warna dan model dari Januari – Desember. Sehingga salah satu alternatif jika bunga favoritmu tidak sedang dalam musimnya, kamu dapat menggunakan versi bunga palsunya.

2. Waktu Pengiriman

Salah satu kelemahan bunga asli adalah rentan untuk layu. Ketepatan waktu pengiriman dan penangnan buket bunga pengantin saat dikirim harus sangat diperhatikan. Sehingga buket bunga pengantin dapat diterima dalam kondisi baik dan sempurna. Cacat sedikit pada buketmu dapat merusak moodmu di hari bahagia. Jika kamu hendak melakukan penyelenggaraan pesta pernikahanmu di luar kota, maka sebaiknya pesanlah buket bunga segarmu di kota tersebut atau gunakan bunga palsu yang lebih tahan banting.

3. Berat

Buket bunga palsu memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan buket bunga asli. Sehingga jika kamu memiliki acara pernikahan dalam waktu yang cukup panjang (misal: pesta ada yang tidak mungkin hanya 2 jam) atau tanganmu lemah dalam membawa barang-barang berat, maka kamu dapat memesan buket bunga segar berukuran kecil atau jika ingin tetap dalam ukuran normal maka  bunga palsu dapat menjadi solusinya agar tanganmu tidak pegal ataupun cidera.


4. Katahanan

Buket bunga palsu tentu lebih tahan lama/awet dan lebih mudah dirawat. Jika kamu ingin buket pengantinmu tetap menghiasi ruang pribadimu maka kamu dapat menggunakan bunga palsu. Tidak menutup kemungkinan buket bunga asli juga dapat diawetkan dengan teknik pengawetan tertentu. Namun tentunya dibutuhkan orang yang ahli di bidang tersebut dan anggaran dana untuk melakukannya.

Selain buket bunga palsu tetap dapat menemani harimu setelah acara pernikahan, buket bunga palsu juga lebih aman dan tahan banting selama acara pernikahan terutama jika konsep pernikahanmu pesta kebun atau pantai atau adat. Cahaya matahari di pesta kebun/pantai akan langsung mengenai buketmu (kecuali acaramu pada sore menjelang malam) sehingga dapat mempercepat bunga segar menjadi layu. Selanjutnya musuh bunga segar yang akan dihadapi saat pernikahan outdoor adalah angin. Angin dapat membuat bunga segar menjadi mudah rontok. Untuk pesta adat yang berlangsung lama (berjam-jam), jika kamu takut bunga segarmu tidak tahan lama maka gunakan bunga palsu.


5. Alergi

Beberapa orang memiliki alergi terhadap serbuk sari ataupun serangga seperti lebah. Jika kamu adalah bagian dari beberapa orang tersebut maka berhati-hatilah saat memilih jenis bunga segar untuk dijadikan buket bunga pengantin atau gunakan bunga palsu sebagai solusinya.


6. Artistik dan Kreatif

Bunga segar sangatlah sensitif dan mudah rusak, sehingga dalam berkreasi harus berhati-hati. Jadi jika kamu ingin berkreasi yang tak lazim dengan buket pengantinmu (misal menempelkan brooches, pearl, dll) maka bicarakan baik-baik dengan floristmu atau gunakan bunga palsu yang lebih tahan banting.


7. Biaya

Sebenarnya ini bukanlah komponen utama dalam kamu menentukan buket bunga palsu atau asli. Itulah sebabnya aku menaruhnya diurutan terakhir. Mengapa ? karena tak selamanya bunga palsu lebih murah dari bunga asli. Seiring dengan majunya teknologi, banyak bunga palsu yang memiliki kualitas premium dan mendekati kualitas bunga asli dalam hal warna, tekstur dan bentuk. Semakin mendekati asli maka harga juga akan semakin mahal, sehingga tidak menutup kemungkinan biayanya sama atau bahkan lebih mahal dari bunga asli. Namun, jika memang tujuanmu ingin menekan anggaran, maka bunga palsu dapat menjadi alternatif. Sebab banyaknya variasi jenis bahan bunga palsu yang dapat menjadi pilihanmu dan disesuaikan dengan anggaranmu.

Jadi, tidak ada yang salah jika kamu memilih bunga palsu ataupun bunga segar sebagai komposisi buket bunga pengantinmu. Sebab terlepas dari bunga asli atau bunga palsu yang menjadi pilihanmu, pilihan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan anggaran biaya dan konsep pernikahanmu.



Sumber Artikel: http://flowerbee.co/
93
Obrolan Ringan / Manfaat Daun Mahkota Dewa Untuk Kesehatan Anda
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada April 20, 2016, 12:51:43 AM »

Mahkota dewa adalah tanaman yang asalnya dari Papua, sehingga tidak banyak orang tahu akan bentuk dan warna dari tanaman ini. Padahal jika anda mengetahuinya, kandungan nutrisi yang ada didalam tanaman mahkota dewa sangat banyak sekali manfaat dan kasiatnya. Buah mahkota dewa sendiri berbentuk bulat sedang dengan diameternya mencapai 4 cm, waranya hijau jika dalam keadaan mentah dan merah saat masak.

Nah, daun dari buah mahkota dewa sendirilah yang memiliki banyak sekali kasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nah, bagi anda yang penasaran akan kandungan nutrisi serta manfaat daun mahkota dewa sendiri, anda bisa simak terus kelanjutan artikel berikut. Perlu diketahui, bahwa tanaman ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat China untuk pengobatan. Anda pasti sudah tahu bukan kalau negara China memang sangat ahli dalam ilmu pengobatan.


Kandungan Zat Dalam Daun Mahkota Dewa

Daun dari tanaman mahkota dewa memiliki sifat tunggal dan rantingnya saling berhadapan. Daun mahkota dewa ini bertangkai pendek dan cenderung menjorong dan lanset. Dibagian ujungnya serta pangkal daunnya akan terlihat runcing dengan tepian daun merata.
Untuk permukaannya sendiri, daun mahkota dewa ini cenderung licin dan berwarna hijau tua. Untuk panjang daunnya, memiliki lebar 2 hingga 5 cm dan panjangnya 7 hingga 10 meter. Nah, sebelum mengetahui akan manfaat daun mahkota dewa akan lebih baik jika kita tahu dulu akan kandungan nutrisi yang ada didalam daun mahkota dewa itu sendiri. Kandungan zat yang ada didalam tanaman daun mahkota dewa diantaranya yaitu saponin, antihistamin, alkaloid, dan lignin/polifenol.

Kesemua zat yang terkandung didalam daun mahkota dewa sangat berperan aktif dalam mengobati segala macam penyakit. Nah, untuk memperjelas akan manfaat dari daun mahkota dewa, berikut akan diperjelas untuk anda.

Khasiat Daun Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui akan kandungan zat aktif yang ada didalam daun mahkota dewa, tidak diragukan lagi bahwa daun mahkota dewa memang sangat berkasiat untuk menyembuhkan penyakit yang ada didalam tubuh anda. Nah, untuk manfaat daun mahkota dewa sendiri diantaranya yaitu:

1.  Dapat dijadikan obat untuk antibakteri

2.  Meningkatkan kekebalan tubuh dna vitalitas

3. Mengurangi terjadinya kadar gula yang berlebihan

4. Mengurangi terjadinya penggumpalan darah

5.  Sebagai anti alergi

6. Dapat dijadikan obat untuk melawan penyakit syahwat, tumor, alergi, disentri, dll

7. Mengobati penyakit tinggi, lever, kanker dan jantung

Selain penyakit diatas masih banyak lagi penyakit lainnya yang bisa disembuhkan dengan menggunakan daun mahkota dewa tersebut. Itulah wacana dan informasi mengenai manfaat daun mahkota dewa untuk kesehatan, semoga wacana dan informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.



Sumber Artikel: http://mulaisehat.com/
94
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Cara Merawat Bunga Bakung
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada April 19, 2016, 11:26:58 PM »

Bunga bakung atau yang memiliki nama tenar bunga lili adalah bunga yang mempunyai wangi yang sangat harum. Bentuk bunganya pun sangat cantik dan dapat sangat memanjakan mata siapapun yang memandangnya. Tata cara menanam bunga lili tergolong mudah dan tidak terlalu merepotkan, begitu pula dengan perawatannya yang cukup sederhana.

Sekalipun sederhana, perawatan yang kurang tepat dapat menyebabkan bunga bakung bisa menjadi layu bahkan mati. Namun, perawatan yang tepat akan membuat bunga bakung bertahan hidup lebih lama.


Tata Cara Merawat Bunga Bakung yang Benar

Cara Merawat Bunga Bakung di Pot dan Tanah
Bunga bakung atau bunga lili akan membawa keindahan pada rumah anda. Menanam bunga bakung di dalam pot adalah salah satu cara agar anda dapat menikmati keindahan bunganya, jika anda tidak memiliki lahan yang cukup.

Namun, jika anda ingin menanamnya langsung pada tanah di halaman rumah anda pun tidak masalah. Bahkan pada tanah langsung, bunga bakung akan mendapat unsur hara lebih banyak daripada jika ia ditanam di dalam pot. Berikut beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat bunga bakung tumbuh subur:

Lakukan pemupukan secara teratur

Tanaman bunga bakung, agar dapat tumbuh subur, memerlukan pemupukan secara teratur. Untuk setiap tanaman bunga bakung, jangan terlalu berlebihan memberikan pupuk pada tanahnya. Terlalu banyak pupuk dapat menyebabkan batang maupun akar bunga bakung mengalami pembusukan. Satu bulan sekali sudah cukup untuk menjadikan bunga bakung tumbuh subur.

Lakukan penyiraman secara teratur

Bunga bakung sebenernya merupakan jenis bunga yang tidak terlalu membutuhkan air yang banyak. Penyiraman untuk bunga bakung dapat tergantung pada jenis bunga bakung yang ditanam. Jika anda menanam bunga bakung jenis oriental ataupun terompet, jangan terlalu sering menyiram tanaman bunga ini. Ketika kuncup bunga bakung mulai muncul, barulah anda dapat melakukan penyiraman sedikit lebih sering dari biasanya.

Lakukan pemangkasan batang

Ketika masa-masa berbunga, pangkas beberapa batang bunga bakung agar pertumbuhan bunganya sehat dan dapat mekar dengan baik. Namun, jangan lupa untuk menyisakan beberapa batang bunga bakung untuk mebuat tanaman bunga bakung ini tetap dapat tumbuh dan berbunga di musim berikutnya.


Demikian beberapa cara merawat bunga bakung yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.



Sumber Artikel: http://flowerian.com/
95
Artikel tentang Tanaman Hias / Bunga Hydrangea (Hortensia)
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada April 19, 2016, 11:08:24 PM »

Hydrangea macrophylla atau Bunga bokor merupakan tanaman hias yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan (Jepang, Tiongkok, Himalaya, Indonesia), Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sebutan bunga ini di berbagai daerah berbeda-beda, ada yang bunga pecah seribu untuk orang pribumi, bunga bokor dalam bahasa melayu, dan ajisai untuk orang jepang. Sebagian besar spesies berasal dari Honsu, sebuah pulau besar di Jepang. Di Indonesia, Hydrangea macrophylla lebih banyak dibudidayakan sebagai bunga potong dan tanaman hias di pekarangan atau di taman-taman. Selain itu, bunga ini digunakan untuk persembahyangan di hari raya galungan untuk menghormati dewa Wishnu. Jadi jangan heran, kalau di hari raya tersebut permintaan bunga seribu warna biru akan meningkat.
Karena bentuknya yang besar dan bulat, bunga ini juga cocok untuk di lempar di acara pernikahan


Bunga bokor dari spesies yang tumbuh di daerah beriklim sejuk yang memiliki sifat menggugurkan daun (tumbuhan peluruh), sebagian besar spesies merupakan tumbuhan hijau abadi.
Pada pertumbuhan Bunga bokor ph tanah sangat mempengaruhi warna bunga, pada tanah yang bersifat asam menghasilkan bunga berwarna biru, tanah dengan pH normal menghasilkan bunga berwarna putih krem, dan tanah yang bersifat basa menghasilkan bunga berwarna merah jambu atau ungu. Hortensia merupakan salah satu dari tanaman yang pada daun bunga mengumpulkan unsur aluminium yang dilepaskan tanah yang bersifat asam sehingga bunga menjadi berwarna biru. Tanaman Bunga bokor dapat diperbanyak dengan stek pucuk (terminal) dari batang atau vegetatif stock tanaman.
Bunga bokor berasal dari daerah subtropis, maka tumbuh baik di daerah dataran tinggi, mulai ketinggian 500 s.d. 1.500m di atas permukaan laut. Tanaman ini tumbuh baik pada jenis tanah yang banyak mengandung pasir dan kompos.


Tanaman ini sebaiknya dipangkas setahun sekali ketika kuncup bunga mulai terlihat, karena Tanaman bunga bokor bisa tumbuh terlalu tinggi ke atas kalau tidak dipangkas. Jika tanaman sudah terlalu tinggi, tanaman bisa doyong hingga patah karena berat batang yang melebihi kekuatan tanaman untuk menyangganya. Bunga hanya keluar pada batang yang lama, sehingga bunga tidak akan keluar di batang baru hasil pemangkasan.


Sumber Artikel: http://kebunipehthepooh.blogspot.co.id/ dan http://nuzulayuadtaka.weebly.com/
96
Obrolan Ringan / Taman Bunga Nusantara, Kembaran Selecta di Cianjur
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada April 18, 2016, 03:04:00 AM »

Traveler pasti tahu dong Taman Bunga Selecta yang sukses merubah wajah Kota Wisata batu bak negara-negara indah di Eropa. Ternyata kabupaten Cianjur, Jawa Barat juga mempunyai taman bunga yang tidak kalah keren bernama Taman Bunga Nusantara. Berada di taman bunga seluas 23 hektar ini berasa seperti liburan di Eropa.

Taman Bunga Nusantara adalah taman bunga yang sangat luas di kabupaten Cianjur. Taman seluas 23 hektar ini terletak di Jalan Mariwati Km. 7, desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi. Taman ini dibangun di atas lahan yang berada dekat dengan Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Jadi udara di taman ini sudah pasti sejuk.

Traveler Cianjur dan sekitarnya menjadikan Taman Bunga Nusantara sebagai destinasi wisata favorit untuk berakhir pekan termasuk warga DKI Jakarta yang bisa menjangkau taman ini dengan perjalanan sekitar 2 jam saja. Di dalam taman yang diresmikan oleh Tien Soeharto pada 10 September 1995 ini terdapat aneka jenis tanaman dan bunga yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Salah satu koleksinya yang paling utama adalah bunga anggrek. Tercatat ada sekitar 2000 jenis anggrek yang dirawat di Taman Bunga Nusantara. Yang paling menarik adalah bunga-bunga di taman ini disusun menjadi beraneka bentuk binatang. Di pintu masuk pengunjung akan disambut kumpulan bunga berbentuk burung merak. Ada pula bunga-bunga yang dibentuk seperti dinosaurus. Itulah mengapa traveler betah berlama-lama di taman kece ini.

Di Taman Bunga Nusantara pengunjung juga akan dihibur oleh Taman Labirin yang dindingnya berasal dari tanaman setinggi orang dewasa. Mereka ditantang untuk memecahkan teka-teki dan keluar dari jalan yang menyesatkan tersebut. Sebagai bantuan di dekat pintu masuk labirin terdapat menara pandang untuk mengarahkan mereka yang tersesat di dalam labirin.

Tak cukup sampai di situ, Taman Bunga Nusantara juga mempunyai zona yang bermacam-macam ada Taman Paris, Taman Jepang, hingga Taman Bali. Semuanya mempunyai koleksi tanaman yang berasal dari daerah yang dijadikan nama serta masih banyak fasilitas menarik lainnya yang tidak akan cukup traveler jelajahi dalam waktu sebentar. Untuk tiket masuknya, setiap traveler yang berkunjung dikenakan biaya Rp. 30 ribu.



Sumber Artikel dan Gambar: http://log.viva.co.id/
97
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Cara Merawat Tanaman Pangkas
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada April 18, 2016, 02:55:56 AM »

Banyak rumah dan taman di sekitar kita ditanami tanaman pangkas, seperti si anak nakal Duranta repens. Tanaman ini memang menyenangkan selain dapat menjadi tanaman pagar atau pembatas, si anak nakal dapat dibentuk sesuai pola yang kita inginkan. Di pasaran beredar 2 jenis tanaman pangkas si anak nakal, yakni tipe berdaun hijau dan tipe hijau kekuningan. Di kalangan pembuat taman, yang tipe yang disebut terakhir biasa dipanggil tanaman pangkas kuning.


Si anak nakal memang dikenal memiliki pertumbuhan yang cepat dan percabangan yang kuat. Namun ia tetap memiliki kelemahan yakni saat tanaman mencapai tinggi di atas 75cm bagian bawah tanaman menjadi tidak rapat, bahkan cenderung kosong. Bila ingin tetap di atas tinggi 75cm dengan alasan menjadi tanaman pagar, pilihan lain yang pas adalah jenis "teh-tehan" seperti tanaman dengan nama latin Acalypha microphylla

Nah, si anak nakal mudah ditanam. Buatlah lubang tanam sedalam 45cm, lantas benamkan 2-3kg pupuk kandang sebelum menanam si anak nakal tersebut. Hal yang paling penting adalah memangkas secara berkala si tanaman sesuai pola yang diinginkan bulat atau persegi panjang.


Bagaimana cara perbanyakan tanaman si anak nakal? Tidak sulit. Penggandaan tanaman dapat dilakukan dengan stek cabang. Stek cabang berupa cabang yang dipotes sepanjang 20-25cm. Jarak antar stek bila menginginkan tanaman berfungsi sebagai tanaman pagar adalah setiap 25cm. Pastikan tanah yang ditanamani stek cabang tersebut selalu dalam kondisi lembab.

Penyetekan berhasil bila cabang mengeluarkan tunas setelah 1 bulan. Bila tidak cabut cabang tersebut dan sulam dengan cabang baru lain. Bila bertunas, diamkan terlebih dahulu selama 1-1,5 bulan berikutnya sebelum dipangkas untuk pertama kali. Pemangkasan hanya dilakukan untuk membuat pola yang diinginkan. Berikutnya pemangkasan dapat dilakukan setiap 2 pekan sampai tanaman terlihat kompak. Nah, supaya wana daun hijau menyatu, setiap sebulan sekali semprotkan tanaman dengan pupuk Urea. Dosisnya 1,5 sendok makan yang dilarutkan dalam 10 liter air.


Sumber Artikel: http://log.viva.co.id/
98
Artikel tentang Tanaman Hias / Jengger Ayam, Bunga Hias yang Bermanfaat bagi Kesehatan
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada April 18, 2016, 12:58:19 AM »

Jengger ayam merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak digunakan sebagai hiasan taman. Tanaman ini termasuk dalam famili Amaranthaceae yang bentuk bunganya menyerupai daging merah, yang tumbuh di bagian kepala ayam jantan. Oleh sebab itu, tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan tanaman jengger ayam. Tanaman jengger ayam ini memiliki ciri batang yang tumbuh tegak dengan tinggi antara 60-90 cm, kemudian di ujungnya akan berbunga yang menyerupai jengger ayam.

Selain menjadi tanaman hias, jengger ayam juga memiliki beberapa manfaat terutama bagi kesehatan. Tanaman ini mengandung senyawa atau zat seperti minyak lemak, pinitol, kaemferitin dan beberapa zat lain yang memiliki efek farmakologis seperti meridian lever dan ginjal, antiradang, menghentikan pendarahan seperti mimisan, batuk berdarah, muntah darah, wasir berdarah, pendarahan rahim saat tidak haid, dan juga untuk mengatasi keputihan, disentri, serta infeksi saluran kencing. Seluruh bagian dari tanaman ini dapat digunakan sebagai obat baik dalam keadaan segar maupun kering.


Sumber Artikel dan Gambar: http://log.viva.co.id/
99
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Cara Merawat Bunga Kertas (Bougenville) Bagi Pemula
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada April 12, 2016, 10:11:46 PM »

Jika anda pemula dalam hal tanam menanam tanaman hias, mungkin bunga kertas atau yang memiliki nama lain bunga bougenville ini cocok untuk anda tanam di halaman rumah anda. Menanam bunga kertas tidaklah sulit, serta perawatannya pun tidak merepotkan. Menariknya lagi, bunga kertas ini memiliki berbagai macam jenis warna yang akan sangat semarak untuk menghiasi halaman rumah anda. Untuk mendapatkan bibit bunga kertas, anda dapat membelinya di toko tanaman hias atau anda juga dapat menggunakan teknik atau cangkok dari indukan tanaman bunga kertas. Bunga kertas ini sebenarnya dapat tumbuh hampir dimana saja. Dari dataran rendah hingga dataran tinggi, yang berbeda hanya soal perawatannya saja.


Tips dan Cara Merawat Bunga Kertas

Meskipun perawatannya tergolong mudah, bunga kertas tetap harus mendapatkan harus mendapatkan perhatian. Ada beberapa hal yang tetap memerlukan perhatian dari anda hingga akhirnya bunga kertas dapat berbunga dan terus dapat berbunga di tahun-tahun berikutnya.

Jika anda mendapatkan bibit bunga kertas dari toko tanaman hias, segera tanam bibit tersebut di halaman rumah anda sehingga bibit tersebut tidak menjadi layu. Menanam bunga kertas di dalam pot bukanlah ide yang terlalu bagus untuk sebuah tanaman yang memiliki batang kayu seperti bunga kertas. Akan lebih baik jika menanam bunga kertas langsung pada tanah di halaman rumah anda. Sehingga akar-akar tanaman bunga kertas ini dapat tumbuh dengan baik. Perhatikan hal-hal berikut ini untuk merawat bunga kertas anda:

1. Bunga kertas membutuhkan cahaya matahari bahkan saat cuaca terik sekalipun. Ini artinya bunga kertas harus mendapatkan akses terhadap cahaya matahari dalam satu hari penuh. Untuk itu, tanam bunga kertas yang memang dapat dijangkau cahaya matahari secara langsung.
2. Penyiraman yang teratur sangat dibutuhkan oleh bunga kertas untuk proses pertumbuhannya.
3. Harus diingat bahwa bunga kertas di dalam satu tahun membutuhkan masa-masa dimana ia tidak memerlukan air. Di saat seperti ini dinamakan masa kering. Gunanya masa kering ini adalah untuk menstimulasi pertumbuhan kuncup-kuncup bunga. Masa kering ini dimulai saat mulai munculnya satu dua buah kuncup bunga kertas dan terjadi hingga tiga atau empat hari lamanya.
4. Lakukan juga pemupukan pada bunga kertas. Pemberian pupuk ini harus dilakukan pada masa kering yang berlangsung empat hari tadi.

Dengan melakukan cara-cara merawat bunga kertas di atas, anda selanjutnya akan melihat bahwa usaha yang anda lakukan tersebut tidak sia-sia dengan munculnya warna-warni indah di tiap dahan tanaman bunga kertas anda.


Sumber Artikel: http://flowerian.com/
100
Artikel tentang Tanaman Hias / Re:Indah dan Penuh Arti “Bunga Dandelion”
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada April 12, 2016, 09:49:29 PM »
Dandelion Si Bunga Ajaib

Oleh: Irma Kurniati, Mutia Nugraheni


Anda sedang bingung memilih tanaman apa yang cocok untuk kebun belakang Anda? Kenapa tak memperindah taman Anda dengan tanaman yang memiliki bunga cantik dan berguna bagi kesehatan, yaitu dandelion yang memang terkenal sebagai bahan obat alami dan sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Akar, daun, dan bunganya bisa dijadikan obat herbal.Ekstrak bunga dandelion bisa dikonsumsi sebagai detoksifikasi atau membuang racun di tubuh.

Bunganya, selain sering dikonsumsi juga sering digunakan sebagai campuran minuman, bagian daun dan akarnya bisa digunakan untuk mencegah penyakit gangguan pencernaan. Dandelion hijau juga sering digunakan sebagai bahan obat diuretik, yaitu memperlancar buang air kecil. Dandelion bisa membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan buang air kecil.

Akar dandelion mengandung inulin dan levulin yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Rasanya memang sangat pahit, tetapi khasiatnya dapat melancarkan aliran empedu dari hati. Selain itu, akarnya juga mengandung cholin, yang sangat baik bagi organ hati. Fungsi lainnya adalah sebagai detoksifikasi atau pembersih usus besar. Sedangkan, untuk bagian daunnya, memiliki kandungan mineral, kalcium, vitamin A, C, K, dan B2 (riboflavin).

Dandelion juga bermanfaat untuk mencegah penyakit liver karena kandungan dalam dandelion itu berfungsi seperti filter yang menyaring racun-racun dalam darah. Jika liver bermasalah akan banyak penyakit yang akan muncul. Seperti sembelit, kulit kasar, jerawat, dan perut kembung, sakit kepala dan PMS.



Sumber Artikel: http://life.viva.co.id/
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia