Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Beragam Manfaat Daun Kelor
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Januari 21, 2016, 03:48:25 AM »


Kelor juga disebut sebagai Moringa oleifera dan merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daunnya berbentuk bulat lonjong dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan dan menjaga kesehatan, dan tumbuhan ini juga memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, memiliki bunga dengan warna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau dengan aroma bau semerbak, serta memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasa nya di sebut kelentang dan biasanya juga bisa dimasak sebagai sayur.

Penelitian pada manfaat daun kelor dimulai dari daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya, telah dimulai sejak tahun 1980, negara yang tradisi penduduknya menanam pohon kelor adalah somalia, etiopoa, sudan, karena pohon kelor merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari sebagai sayuran dan berfungsi untuk menjaga kesehatan, dan juga hasil dari tanaman ini di perjual belikan. Kegunaan lain dari daun kelor yaitu untuk menjaga tanah agar tidak longsor, air hujan dapat di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang sangat rapat, hal ini telah digunakan di kawasan Konso dan juga Arba Minch, juga digunakan sebagai konservasi tanah, terasering. dan ketika musim kemarau datang, akar disekitar pohon kelor yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lainnya. baca juga manfaat daun sirsak.

Manfaat Daun Kelor



Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi yang masih didalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi ini karena manfaat daun kelor sangat baik, karena ternyata mengandung:
1. Diketahui bahwa mengandung Potasium Tiga kali lipat dari pada pisang.
2. Juga mengandung Kalsium Empat kali lipat lebih banyak daripada susu.
3. Dan juga di ketahui memiliki Vitamin C Tujuh kali lipat daripada jeruk.
4. Mengandung Vitamin A Empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
5. Juga memiliki Dua kali lipat protein dari pada susu.

Organisasi inilah yang menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree setelah melakukan penelitian dan mengetahui manfaat daun kelor lah yang berjasa sebagai penjaga kesehatan yang bisa didapatkan dengan harga murah selama 40 tahun pada negara-negara termiskin di dunia ini.



Berikut Khasiat daun kelor dan cara pemanfaatannya

A. Untuk Alergi
untuk mengatasi alergi,ambil tiga gagang dan direbus, adas pulasari secukupnya, ditambah satu siung bawang merah, dan ditambahkan dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai air mendidih dan sisa kira-kira dua gelas, lalu disaring dan minum setiap hari secara rutin.

B. Untuk Herpes, kurap dan luka bernanah
ambil tujuh gagang daun kelor lalu tumbuklah sampai halus kemudian diitempelkan pada bagian yang bermasalah, Manfaat Buah Daun.

C. Untuk Sakit Mata
ambil tiga gagang lalu di tumbuk hingga halus dan ditambahkan air satu gelas, di aduk sampai merata, lalu diamkan sampai mengendap ampasnya untuk digunakan airnya untuk tetes mata.

D. Untuk Rematik, Pegal Linu, Nyeri
ambillah dua gagang dan kapur sirih sebanyak setengah sendok makan lalu di tumbuk sampai halus, setelah halus gosok pada bagian tubuh yang sakit sebagai param.

E. Untuk Menghilangkan Flek Wajah

ambillah beberapa daun yang masih muda, tumbuk sampai sangat halus lalu dipakai untuk bedak atau bisa juga di campur dengan bedak.

Semoga artikel tentang Khasiat Dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan bermanfaat, sampai jumpa..

Sumber Artikel: http://www.manfaatbuahdaun.com/2014/08/khasiat-manfaat-daun-kelor-untuk-kesehatan.html
Sumber Gambar: http://www.herbalanugrahalam.com/, http://manfaat.co.id/, http://4.bp.blogspot.com/
92
Artikel tentang Tanaman Hias / Bunga Anyelir: Sang Primadona Taman
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Januari 21, 2016, 03:35:00 AM »


Bunga Teluki

Selain dikenal dengan nama Anyelir, bunga cantik ini juga kadang disebut Teluki. Adapun dalam bahasa Inggris, ia diberi nama Carnation. Sedangkan dalam kajian ilmiah, si Anyelir berjuluk Dianthus Caryophyllus. Konon kabarnya, ia pertama kali ditemukan di kawasan Mediterania. Sejak dahulu, Anyelir sudah dikenal sebagai tanaman hias oleh karena bunganya yang cantik dan berwarna-warni. Bahkan ia dijuluki sebagai bunga dewa mengingat namanya yakni “Dianthos” berasal dari kata Yunani yang berarti Dewa untuk Dios dan Bunga untuk Anthos.

Adapun klasifikasi bunga Anyelir ini, menurut seorang pakar botani, sebagai beirikut:
Divisio : Spermatophyta
Subdivisio : Angiospermae
Class : Magnoliopsida (Dicotyledonae)
Subclass : Carryophyllidae
Ordo : Caryophyllales
Famili : Caryoplyllaceae
Tribe : Dianthus
Species : caryophyllus (Linn.)

Sebagai bunga hias, anyelir lebih banyak ditanam di pot daripada ditanam langsung ke tanah. Usia maksimal tanaman ini adalah 18 hingga 20 bulan. Adapun ketinggiannya bisa mencapai 2 meter. Oleh karena tak bisa tumbuh tegak, maka Anyelir harus diikat bersama dengan penyokong. Memang batangnya semu dan baru terlihat nyata pada tanaman yang sudah menua.



Bagian daun Anyelir cenderung runcing dengan tulang daun yang menyirip, sempit dan panjang. Warna daunnya hijau keputih-putihan. Adapun diameter bunga dari Anyelir berkisar di angka 5 sampai 10 cm. Secara umum Anyelir bisa dikelompokkan menjadi dua jika dilihat dari jumlah bunganya. Pertama dalah Anyelir dengan satu bunga pada satu tangkai dan kedua adalah Anyelir dengan banyak bunga atau spray pada satu tangkai.

Klasifikasi Bunga Anyelir



Selain pembagian umum di atas, bunga Anyelir juga bisa dikelompokkan dengan berdasar pada teknik budidayanya, antara lain:
Bunga Anyelir “Standard Carnation”. Bunga ini dibentuk dengan membuang pucuk lateral saat proses budidaya dilaksanakan. Akibatnya, tangkai bunga Anyelir tumbuh dengan kekar. Panjangnya bisa mencapai 60 bahkan 80 cm. Bunga Anyelir jenis ini memiliki 1 bunga besar pada tiap tangkai.

Bunga Anyelir “Midi Carnation”. Merupakan tipe Anyelir jenis standar yang telah mengalami pemotesan di beberapa pucul lateralnya. Namun pemotesan tersebut tidak dilakukan di pucuk utama. Akibatnya, diameter bunga yang muncul memiiki diameter 75% dari bunga Anyelir standar.

Bunga Anyelir “Mignon Carnation". Jenis Anyelir yang satu ini sebenarnya merupakan “Standar Carnation” dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini diakibatkan terbuangnya pucuk terminal juga pucuk lateral. Ukuran bunga ini pun menjadi setengah dari ukuran bunga Anyelir “Standard Carnation”.

Bunga Anyelir “Micro Pink” merupakan jenis anyelir dengan kluster kecil-kecil dengan pucuk yang dibiarkan tumbuh berkembang.

Bunga Anyelir “Spray Carnation” adalah jenis Anyelir yang bagian pucuknya dibuang. Adapun bagian pucuk lateralnya dibiarkan berkembang. Panjang tangkai pada jenis Anyelir yang satu ini bisa mencapai 40 sampai 70 cm.

Bunga Anyelir “Diantini Carnation” merupakan jenis Anyelir yang serupa dengan D Barbatus, namun bagian pucuk terminalnya telah dibuang.


Sumber Artikel: http://sudut-bacaan.blogspot.co.id/2013/11/bunya-anyelir-sang-primadona-taman.html
Sumber Gambar:
http://www.teruskan.com/
http://www.trending-topik.com/
http://cdn.jitunews.com/
93
Artikel tentang Tanaman Hias / Kaktus Cantik Asal Hutan Hujan Tropis
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Januari 17, 2016, 10:29:07 PM »


Ternyata kaktus tak hanya dapat ditemui di padang pasir. Di hutan hujan tropis pun, kaktus bisa ditemui. Sosoknya tak kalah menawan.

Banyak orang mengenal kaktus yang satu ini dengan sebutan holiday cactus. Pasalnya, kaktus berbunga cantik ini seringkali dijadikan hadiah pada hari Natal. Ada pula yang menyebutnya dengan Zygocactus. Sekarang flora tropis ini dikenal pula dengan sebutan Schlumbergera.

Sama seperti kaktus padang pasir, holiday cactus juga memiliki batang sukulen. Bentuknya pipih, keras, dan tak berdaun. Dalam pertumbuhannya, kaktus hujan tropis ini biasanya membentuk semak. Satu hal yang akan membuat orang terpikat akan kaktus ini adalah bunganya.



Bunga Holiday cactus biasa muncul di ujung batang. Warna-warna cerah membuat bunga ini menarik perhatian. Bunga-bunga ini muncul dalam beragam jenis warna. Mulai dari merah muda pucat, magenta, oranye, scarlet (merah menyala), dan putih.

Pada habitat aslinya, "Kaktus Hari Libur" ini bersifat epifit (tumbuh menumpang pada batang pohon). Untuk dikonsumsi sebagai tanaman hias, kaktus ini bisa ditanam pada media tanam yang memiliki nustrisi tinggi dan porositas yang baik.



Holiday cactus menyukai panas matahari, tetapi bukan sinar matahari langsung. Untuk menghindarkannya dari paparan sinar matahari langsung, gunakan paranet. Atau bisa juga meletakkannya di teras atau dekat jendela, yang terlindung atap.

Untuk penyiraman, tidak perlu terlalu sering dilakukan. Kaktus cantik ini menyukai media tanam yang tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Untuk perbanyakan, bisa dengan menanam bibit atau dengan stem cutting (stek).

Sumber Artikel: http://olahraga.kompas.com/
Sumber Gambar: http://www.hartley-botanic.com/ , https://www.directgardening.com/ , http://cdn.midwestliving.com/ , http://i.ebayimg.com/
94
Obrolan Ringan / Manisnya Stroberi untuk Kecantikan
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Januari 17, 2016, 09:07:02 PM »


Stroberi. Siapa tak tahu buah merah kecil yang satu ini? Banyak dijumpai di daerah dataran tinggi dan bersuhu dingin, buah ini bisa dikonsumsi langsung atau diproses menjadi bentuk lain seperti selai, produk minuman, atau pemanis kue. Yang istimewa, kandungan dalam stroberi bisa membantu merawat kecantikan.
Kandungan yang dimaksud adalah nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, dan protein. Selain itu, buah stroberi memiliki kandungan zat penting untuk kesehatan kulit, misalnya asam salsilat dan asam alpha-hidroxic yang dapat mengangkat sel kulit mati.
Berikut ini adalah beberapa manfaat buah stroberi.

Mencerahkan Kulit Wajah yang Kusam



Buatlah masker stroberi dengan menghaluskan buah tersebut menggunakan blender. Tambahkan satu sendok makan madu. Setelah itu, balur ke seluruh kulit wajah dan leher secara merata sambil dipijat-pijat secara lembut agar sel kulit mati dapat terangkat. Diamkan selama 20 menit agar sari buah stroberi dapat meresap ke dalam kulit. Setelah itu, basuh dengan air dingin hingga bersih. Hal ini juga dapat mengatasi masalah lain seperti jerawat dan kulit berminyak. Untuk hasil maksimal, lakukan setiap malam sebelum tidur.


Kondisioner Alami bagi Rambut



Hancurkan tujuh hingga delapan buah stroberi matang dan tambahkan satu sendok makan mayones hingga menjadi pasta halus. Oleskan ke rambut dan kulit kepala, tutup dengan showercap selama 15-20 menit. Bilas rambut dan keramas seperti biasa. Pasta stroberi ini dapat digunakan sebagai kondisioner alami agar rambut lebih berkilau.


Menghilangkan "Mata Panda"



Potong buah stroberi menjadi irisan tipis untuk mengompres "mata panda". Diamkan selama sekitar 10-12 menit agar mata terasa dingin. Rasakan efeknya setelah pemakaian rutin.


Memutihkan Gigi



Oleskan stroberi yang sudah dilumatkan dan biarkan selama dua menit, kemudian gosok gigi hingga bersih. Jika dilakukan secara rutin, gigi akan putih secara alami.


Scrub Kaki



Tumbuk enam hingga delapan buah stroberi, campur dengan beberapa tetes gliserin dan gandum. Rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit. Gosok kaki dengan lembut agar sel-sel mati dan kulit kasar terkelupas. Cuci bersih kaki dengan air dingin dan oles kaki dengan krim kaki. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Sumber Artikel: Harian kompas 16 Januari 2016
Sumber Foto:
http://www.kalampos.com/
http://cdn.klimg.com/
http://media.vivanews.com/
http://kesehatan-kulit.info/
http://0.soompi.io/
http://1.bp.blogspot.com/
95
Artikel tentang Tanaman Hias / Bunga Krisan - Si Menawan yang Memiliki Banyak Makna dan Manfaat
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Januari 14, 2016, 08:41:56 PM »


Bunga seruni, krisan, atau krisantemum adalah sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik. Tumbuhan berbunga ini mulai muncul pada zaman Kapur. Bunga krisan bukan merupakan tanaman asli Indonesia.
Bunga krisan adalah bagian dari tumbuhan suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae yang mencakup bermacam-macam jenis Chrysanthemum.
Bunga nasional Jepang ini dalam bahasa Jepang disebut sebagai ?? (kiku). Karena aromanya yang wangi. Bunga ini sering di tambahkan ke dalam teh agar lebih wangi dan nikmat.
Bunga krisan digolongkan dalam dua jenis yaitu jenis spray dan standard. Krisan jenis spray dalam satu tangkai bunga terdapat 10 - 20 kuntum bunga berukuran kecil . Sedangkan jenis standard pada satu tangkai bunga hanya terdapat satu kuntum bunga berukuran besar.

Krisan merupakan salah satu jenis bunga potong penting di dunia. Pada perdagangan tanaman hias dunia, bunga krisan merupakan salah satu bunga yang banyak diminati oleh beberapa negara Asia seperti Jepang, Singapore dan Hongkong, serta Eropa seperti Jerman, Perancis dan Inggris. Krisan menempati urutan kedua setelah bunga mawar dalam permintaan terhadap bunga di mana dari waktu ke waktu baik dalam bentuk bunga potong maupun dalam pot selalu mengalami kenaikan permintaan.



Manfaat Krisan

Tanaman ini dapat berfungsi sebagai insektisida, fungisida, dan nematisida. Piretrum (Chrysanthemum cinerariaefolium) yang mengandung piretrin yang dapat digunakan sebagai insektisida sistemik yang menyerang urat syaraf pusat yang aplikasinya dengan semprotan untuk membasmi serangga seperti lalat rumah, nyamuk, kutu, hama gudang, dan lalat buah. Senyawa aktif dari tanaman ini terdapat pada bunga di mana memiliki racun kontak yang dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat serangga dan menghambat perkembangan serangga dengan penetasan telur.
Bonggol bunganya mengandung bahan beracun yang disebut piretrin yang memiliki sifat mengusir dan membunuh nyamuk/serangga, sehingga dapat dijadikan insektisida nabati. Bahan aktif piretrin telah digunakan dalam berbagai bentuk, antara lain aerosol untuk anti nyamuk semprot, insektisida untuk dicampur dengan air, dan anti nyamuk bakar.
Bunga krisan sebagai bahan biopestisida tidak banyak diketahui oleh para pencintanya, tetapi dibalik keindahannya ternyata tanaman bunga krisan yang indah sangat berkhasiat.



Arti Bunga Krisan

Selama bertahun-tahun, krisan menandakan pujian dan kekaguman. Bunga krisan dianggap sebagai seorang bangsawan bunga dari kelas bangsawan Cina.

Di Jepang menganggap bunga krisan sebagai lambang matahari. Mereka juga percaya bahwa kelopak krisan tunggal bolinksom ditempatkan dalam sebuah gelas anggur akan menjamin hidup panjang dan sehat.

Arti umum dari bunga krisan adalah: Kegembiraan, kasih sayang, persahabatan dan rahasia
Sekilas arti Krisan berdasarkan warnanya:
Krisan perak mengungkapkan cinta kepada sahabat.
Krisan merah mengungkapkan cinta kepada lawan jenis.
Krisan kuning menyatakan simbol sukacita, optimisme dan cinta.
Krisan putih, itu sebagai tanda bahwa pacar kamu mempercayaimu dengan sepenuh hati, berarti juga kejujuran / kebenaran dan setia.
Krisan ungu mengungkapkan keinginan kuat untuk sehat.

Sumber Artikel: http://caritadunya.blogspot.co.id/
Sumber Gambar: http://daunbuah.com/ ; http://2.bp.blogspot.com/
96
Obrolan Ringan / Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Jerawat
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Januari 14, 2016, 08:20:58 PM »
Salah satu cara untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan manfaat buah naga secara menyeluruh. Masalah jerawat memang sangat mengganggu, khususnya bagi para remaja yang sedang puber sehingga terjadi banyak produksi minyak berlebih. Namun tidak hanya pada remaja saja yang dapat terkena jerawat, tingkat usia diatas remaja juga terkadang dapat terkena masalah jerawat.

Cara menghilangkan jerawat memang harus tepat, karena jika tidak justru dapat menimbulkan bekas jerawat seperti noda titik titik hitam atau bekas berlubang yang telah ditinggalkan oleh jerawat.

Buah naga mengandung vitamin C, B1, B2 dan B3 serta mineral yaitu fosfor, zat besi dan juga kalsium. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah nada ini dapat digunakan untuk membantu mencegah munculnya jerawat baik untuk remaja maupun dewasa.

Caranya cukup mudah, langsung saja simak tips berikut ini dari detik.com:
1) Haluskan buah naga menjadi pasta
2) Setelah itu oleskan pada daerah yang berjerawat kemudian bilas
Lakukanlah cara tersebut dua kali sehari untuk memberikan hasil yang maksimal

Selain dapat digunakan untuk mencegah jerawat, buah nada juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan dalam program diet. Hal tersebut dapat terjadi karena dalam satu buah naga hanya terdapat kandungan kalori sekitar 60. Jadi tunggu apa lagi? Selamat mencoba!

Sumber: http://manfaat-buah-naga-alami.blogspot.co.id/
97
Artikel tentang Tanaman Hias / 15 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan (Part. 3)
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Januari 14, 2016, 03:57:17 AM »


Tanaman hias umumnya ditanam di luar ruangan. Namun ternyata ada juga tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan. Bukan sekedar sebagai penghias ruangan belaka, beberapa tumbuhan dalam ruangan ini ternyata mampu membersihkan udara, menyerap polutan dan gas-gas berbahaya.

National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) telah melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan. Hasilnya, beberapa tanaman hias dalam ruangan ternyata mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara, sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya.

Berikut daftar 5 tanaman hias (bagian ketiga dan terakhir) yang mempu menjadi pembersih udara di dalam ruangan.

1. Warneck dracaena (Dracaena deremensis)



Warneck dracaena merupakan tanaman semak yang mampu tumbuh tinggi (15 meter) namun banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias dalam pot. Di dalam ruangan mampu menhilangkan polutan yang diakibatkan oleh pernis dan minyak.


2. Evergreen Cina (Aglaonema crispum)



Tanaman evergreen cina, di Indonesia lebih dikenal sebagai Aglaonema atau Sri Rejeki, selain mudah dirawat mempunyai kemampuan yang baik dalam membersihkan udara dalam ruangan dari berbagai polutan dan racun. Polutan yang mampu dibersihkan diantaranya adalah benzena dan formaldehida.


3. Palem bambu (Chamaedorea seifrizii)



Palem bambu, bamboo palm, atau red palm merupakan salah satu tanaman palem. Tanaman ini dapat dibudidayakan dalam pot bahkan di dalam ruangan sekalipun. mempunyai kemampuan yang sangat tinggi dalam menyerap polutan benzena dan trichloroethylene serta gas beracun formaldehida yang melekat pada furnitur.


4. Heart leaf philodendron (Philodendron oxycardium)



Genus Philodendron adalah tanaman tropis termasuk dijumpai di Indonesia. Salah satu spesiesnya, Philodendron oxycardium, mempunyai kemampuan dalam membersihkan udara dari polutan. Meskipun daunnya beracun, namun kemampuannya dalam menyerap hampir semua jenis polutan di udara tidak diragukan lagi.


5. Peace Lily (Spathiphyllum)



Peace Lily atau Spathiphyllum adalah sebuah genus dengan puluhan spesies. Tanaman ini dikenal juga sebagai Peace Lily. Sangat baik dalam menghilangkan berbagai racun dan polutan di dalam ruangan seperti formaldehid, benzena, trichloroethylene, toluena, dan xilena.

Semoga artikel ini dapat menjadi inpirasi supaya rumah menjadi lebih indah dan sehat  :)


Sumber Artikel: http://alamendah.org/
Sumber Gambar:
http://www.teruskan.com/
http://www.ladylifehacks.com/
http://ecx.images-amazon.com/
http://www.rainharvest.co.za/
http://www.todayshomeowner.com/
http://3.imimg.com/
98
Artikel tentang Tanaman Hias / 15 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan (Part 2)
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Januari 11, 2016, 09:05:46 PM »


Tanaman hias umumnya ditanam di luar ruangan. Namun ternyata ada juga tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan. Bukan sekedar sebagai penghias ruangan belaka, beberapa tumbuhan dalam ruangan ini ternyata mampu membersihkan udara, menyerap polutan dan gas-gas berbahaya.

National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) telah melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan. Hasilnya, beberapa tanaman hias dalam ruangan ternyata mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara, sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya.

Berikut daftar 5 tanaman hias (bagian kedua) yang mempu menjadi pembersih udara di dalam ruangan.


6. Dragon Tree (Dracaena marginata)



Dragon tree atau Red-edged dracaena adalah tumbuhan dari famili Asparagaceae. Tanaman asal Madagaskar dan Mauritius ini termasuk tumbuhan semak. Di dalam ruangan tanaman ini ampuh dalam menyerap xylene, trichloroethylene dan formaldehida, yang ada di udara akibat lak, pernis dan bensin.


7. Krisan (Chrysanthemum morifolium)



Bunga krisan atau seruni adalah bunga warna-warni. Dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai Florist’s daisy atau Hardy garden mum. Di dalam pot mampu tumbu hingga 90 cm. Selain wangi, tanaman ini mampu menghilangkan benzena (dari lem, cat, plastik dan deterjen), formaldehida, dan bahan kimia lainnya dari udara.


8. Beringin (Ficus benjamina)



Beringin disebut juga pohon ara kerap dijadikan tumbuhan pot, tanaman hias dalam ruangan, dan bonsai. Pohon ini oleh sebagian masyarakat kerap dianggap pohon angker dan dikeramatkan. Di balik mitos tersebut NASA mengungkap bahwa tanaman ini mampu membersihkan udara di dalam ruangan terutama menyerap polutan terkait karpet dan furnitur seperti formaldehida, benzena dan trichloroethylene.


9.Rhododendron (Rhododendron simsii)



Rhododendron atau bunga Azalea (Rhododendron simsii) merupakan tanaman semak yang ampuh dalam menyerap polutan formaldehida dari sumber seperti plywood atau insulasi busa. Indonesia pun memiliki beberapa spesies asli Rhododendron namun perlu dikaji apakah mempunyai kemampuan yang sama dalam menyerap polutan.


10. English ivy (Hedera helix)



English ivy dikenal juga sebagai European ivy adalah tanaman hias dari famili Araliaceae yang asli Eropa dan Asia Barat. NASA mendapati tanaman ini mampu membersihkan udara dalam ruangan dari partikel pengotor udara. Juga mampu menyaring formaldehida yang ditemukan dalam beberapa produk pembersih rumah tangga.

Sumber Artikel: http://alamendah.org/
Sumber Gambar:
http://bibitbunga.com/
http://www.houseplantsexpert.com/
http://data.seruu.com/
http://pohonbonsai.com/
http://image.ggmediaportal.com/
http://southernabbey.com/
99
Artikel tentang Tanaman Hias / 15 Tanaman Hias Pembersih Udara Dalam Ruangan (Part. 1)
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada Januari 11, 2016, 02:00:00 AM »


Tanaman hias umumnya ditanam di luar ruangan. Namun ternyata ada juga tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan. Bukan sekedar sebagai penghias ruangan belaka, beberapa tumbuhan dalam ruangan ini ternyata mampu membersihkan udara, menyerap polutan dan gas-gas berbahaya.

National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) telah melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan. Hasilnya, beberapa tanaman hias dalam ruangan ternyata mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara, sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya.

Berikut daftar 5 tanaman hias (bagian pertama) dari total lima belas tanaman hias yang mempu menjadi pembersih udara di dalam ruangan.

1. Lidah Buaya (Aloe vera)



Nama latin tumbuhan ini adalah Aloe vera, yang di Indonesia dikenal sebagai lidah buaya. Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan ini ternyata mempunyai kemampuan sebagai penyerap polutan. Aloe vera mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.


2. Spider Plant (Chlorophytum comosum)



Spider plant adalah tumbuhan dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum. Tanaman hias yang berasal dari Afrika dan kini tersebar ke segala penjuru dunia ini mempunyai tinggi mencapai 60 cm. Sebagai tanaman hias, tumbuhan ini dapat ditanam dalam pot dalam ruangan. Sebagai pembersih udara tumbuhan ini mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, bahan kimia pada industri kulit, karet dan pencetakan.


3. Gerber daisy (Gerbera jamesonii)



Tanaman Gerber daisy di Indonesia lebih dikenal sebagai Herbras. Tumbuhan asal Afrika Selatan ini mempunyai bunga warna warni dan kerap dijadikan bunga potong bersama mawar, anyelir, seruni, dan tulip. Dapat tumbuh baik di dalam pot dan di dalam ruangan. Tanaman ini efektif menghilangkan trichloroethylene, Cocok diletakkan di kamar mandi, ruang mencuci atau kamar tidur.


4. Lidah mertua (Sansevieria trifasciata)



Lidah mertua atau snake plant merupakan tanaman penyerap racun dengan bentuk khas dan mudah dikenali. Berbagai jenis racun yang mampu diserap oleh Sansevieria antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin. Bahkan hanya dengan 5 helai daun sansevieria dewasa mampu menyerap dan membersihkan ruangan seluas 100 m3 dari berbagai jenis polutan.


5. Sirih gading (Epipremnum aureum)



Sirih gading (disebut juga golden pothos atau devil’s ivy) adalah tanaman berbunga dari keluarga Araceae. Tanaman ini berasal dari Australia, Malenesia (termasuk Indonesia), Indochina, Jepang, China, dan India. Sehingga bisa dikatakan ini merupakan tumbuhan asli Indonesia. Meskipun tanaman empifit dan semi-merambat namun baik dalam menjadi pembersih udara dalam ruangan dan menyerap racun formaldehida dan berbagai polutan lainnya.

Sumber Artikel: http://alamendah.org/
Sumber Gambar:
http://us.images.detik.com/
https://tanamanherbalobat.files.wordpress.com/
http://www.deco-office.com/
https://bengkeltip.files.wordpress.com/
http://bibitbunga.com/
100
Obrolan Ringan / Khasiat dan Manfaat Bawang Putih
« Tulisan terakhir oleh arazone pada April 22, 2015, 09:58:47 AM »
Siapa yang tidak mengenal dan tidak pernah mencoba bawang putih. Bawang Putih yang dimana merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang telah menjadi sangat akrab digunakan dalam kegiatan memasak sehari-hari. Disamping bawang putih sangat mudah ditemukan di diwarung dan dipasar sekitar kita, bawang putih memiliki harga yang relatif terjangkau bagi semua kalangan masyarakat yang membuat berbagai masakan sangat tergantung dengan keberadaan bawang putih sebagai salah satu bumbu wajib penikmat makanan. Namun Tahukah anda Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan, selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur dan masakan, bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat lain. Ya, ternyata bawang putih sangat bermanfaat juga bagi kesehatan, disebabkan dalam kandungan bawang putih mengandung banyak kandungan zat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan.

Sejatinya, Manfaat bawang putih telah lama dikenal oleh para nenek moyang pendahulu kita. Hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan bawang putih untuk kesehatan para nenek moyang kita. Dimana nenek moyang kita telah terlebih dahulu menggunakan dan memanfaatkan bawang putih untuk dapat dijadikan media untuk mengobati berbagai macam penyakit. Mereka memanfaatkan bawang putih ini sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan dan keluhan kesehatan. Hingga saat ini, dengan kemajuan teknologi jaman sekarang, tetap manfaat dari bawang putih tidak bisa dipungkiri.

Berbagai Manfaat Bawang Putih

Manfaat bawang putih dapat memberikan begitu banyak arti bagi kesehatan kita sehari-hari. Seperti bawang putih dapat dimanfaatkan untuk membantu mengurangi dan menyembuhkan penyakit demam, membantu menghilangkan jerawat bagi para remaja muda dan kegunaan bawang putih dipercaya dapat mencegah kanker.

Dengan banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dari bawang putih, makanya sayang apabila kita melewatkan dan tidak mempergunakan khasiat dan manfaat bawang putih sebaik-baiknya, dimana cara pemanfaatannya pun begitu mudah, seperti contoh Untuk mengobati dan menurunkan penyakit demam, kita cukup mengiris beberapa siung bawang putih untuk kemudian dicampur dengan air putih bersih dan diminumkan ke penderita.

Selain dapat mengobati penyakit demam secara alami, manfaat bawang putih yang lainnya ialah dapat mengurangi resiko terserang pilek. kandungan oksida nitrat di bawang putih sangat berguna dan bermanfaat dalam melindungi dinding pembuluh darah serta memperluas dan mempertahankan tekanan darah yang baik dalam tubuh. Bagi anda yang punya masalah dengan tekanan darah tinggi, bawang putih sangat cocok untuk anda konsumsi setiap hari dengan kandungan yang dapat mengontrol tekanan darah dengan baik. Tidak hanya sampai disitu, bawang putih yang juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga sistem kekebalan dalam tubuh. Sebab, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkomsumsi dua hingga tiga siung bawang putih setiap harinya selama tiga minggu terbukti dapat menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih kuat menangkal berbagai serangan penyakit.

Salah satu Manfaat bawang putih yang paling penting dan paling tenar sekarang ini bagi dunia kedokteran adalah kemampuannya untuk mencegah kanker. Hal tersebut disebabkan bahwa dalam bawang putih kaya akan oksidan semacam anti selenium yang dimana zat tersebut sangatlah berguna untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh serta mengurangi berbagai zat radikal dan buruk dalam darah.

Dalam kandungan bawang putih juga terdapat zat yang mengandung anti-bakteri serta antivirus, dimana dalam zat dalam bawang putih tersebut mengandung allicin yang bertindak sebagai antibakteri dan antivirus, yang Zat ini dapat menghancurkan bacteria penyebab sakit perut serta influenza.

Manfaat bawang putih lainnya dalam hubungannya dengan kebutuhan sehari-hari seperti dapat mengurangi kerontokan pada rambut, jadi bagi anda yang memiliki masalah kerontokan pada rambut, anda dapat menggunakan dan memanfaatkan bawang putih untuk mengurangi kadar kerontokan rambut anda, dengan caranya yang cukup mudah yakni dengan mengiris beberapa siung bawang putih lalu digosokkan pada daerah kulit kepala yang mengalami masalah kerontokan. Anda dapat menambahkan campuran minyak kelapa untuk hasil lebih baik sebagai ramuan obat alami mengatasi kerontokan anda. Sedangkan bagi anda yang mempunyai masalah jerawat , masalah anda juga dapat di sembuhkan dengan manfaat dan khasiat bawang putih. Hal ini disebabkan dalam bawang putih terdapat kandungan antioksidan. Anda dapat memanfaatkan bawang putih sebagai obat alami mengatasi jerawat dengan cara menggosokkan bawang putih didaerah terinfeksi jerawat secara perlahan-lahan, dan kemudian bersihkan wajah menggunakan air bersih, untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin.

Sekian Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang telah kami uraikan. Semoga kini kita lebih menyadari dan lebih memanfaatkan bawang putih dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata memiliki banyak manfaat selain fungsinya selama ini yang kita kenal hanya sebagi penyedap dan pelengkap bumbu dapur. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda.

Sumber :http://bibitmurah.net/blog/manfaat-bawang-putih-bagi-kesehatan/] [url]http://bibitmurah.net/blog/manfaat-bawang-putih-bagi-kesehatan/[/url]
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia