Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Jual & Beli Tanaman Hias / Re:Jual Tanaman Hias di Kota Batu
« Tulisan terakhir oleh bungabunga pada November 14, 2013, 08:34:43 PM »
nama tanamannya gak ada om?
92
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Re:4 Tips Merawat Bunga agar Tetap Mekar Menawan
« Tulisan terakhir oleh bungabunga pada November 14, 2013, 08:31:44 PM »
mantapz, apalagi bunga mahal benar2 harus di rawat tuh
93
Obrolan Ringan / Brokoli, Si Anti Kanker
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada November 13, 2013, 07:29:23 PM »
Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih. Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.

Brokoli punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Mulai mulai dari kaya vitamin C, serat, hingga antioksidan yang berkhasiat mencegah kanker. Namun cara memasak yang tidak tepat bisa membuat sayuran ini kehilangan nutrisi pentingnya.

Studi mengungkapkan, brokoli yang direbus atau dimasak dalam microwave tidak lagi memiliki kandungan nutrisi yang bisa melawan kanker. Para peneliti yang mempresentasikan penemuannya di American Institute for Cancer Research Conference menemukan, cara terbaik mengolah sayur, terutama brokoli adalah dengan mengukusnya selama tiga hingga empat menit.

Dengan cara dikukus sampai warna sayur berubah jadi hijau terang bisa meningkatkan zat yang berfungsi melawan dan mencegah kanker. Contohnya pada brokoli yang kaya akan sulforaphane, zat pada tumbuhan yang telah terbukti melindungi tubuh dari kanker. Enzim myrosinase dalam brokoli dibutuhkan untuk pembentukan sulforaphane. Jadi jika enzim tersebut hilang atau rusak, sulforaphane tidak dapat terbentuk.

Memasak brokoli dengan cara direbus atau microwave, bahkan hanya dalam waktu semenit bisa merusak sebagian besar kandungan enzim myrosinase. Sementara bila dikukus selama lima menit, kandungan enzimnya tetap terjaga dan tidak hilang.

"Cara mengolah makanan saat ini lebih mementingkan bagaimana agar rasanya lebih enak, tampilannya juga lebih menarik. Tapi seharusnya pemrosesan makanan lebih difokuskan pada bagaimana caranya agar kandungan bioaktif pada makanan -yang mencegah kanker- sampai ke sistem pencernaan dalam bentuk yang bisa langsung digunakan tubuh," jelas Dr Elizabeth Jeffrey, peneliti dari University of Illinois, seperti dikutip dari Daily Mail.

Dr Elizabeth juga menemukan, brokoli yang dikukus atau dimasak dalam microwave masih bisa memproduksi sulforaphane dalam tubuh apabila dikonsumsi bersama makanan mentah lain yang mengandung myrosinase. Dalam penelitiannya, Dr Elizabeth meminta partisipan memakan suplemen brokoli tanpa enzim myrosinase.

Beberapa partisipan kemudian makan makanan lain yang mengandung myrosinase. Hasilnya ditemukan, tingkat sulforaphane pada darah dan urin mereka jauh lebih tinggi daripada partisipan yang tidak mengonsumsi makanan kedua (yang mengandung myrosinase).

Makanan apa saja yang mengandung enzim anti kanker ini? Anda bisa menemukannya pada mustard, lobak, wasabi dan tanaman kubis-kubisan seperti kol dan kembang kol. "Kami menemukan makanan ini bisa menjaga pembentukan sulfoaphane," tambah Dr Elizabeth.

Penelitian ini ingin mengangkat pemahaman bahwa apa yang Anda lakukan saat memasak makanan di dapur sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Dan cara memasak yang tepat bisa membuat Anda terhindar dari ancaman kanker.
94
Obrolan Ringan / Tumbuhan Untuk Detox
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Oktober 31, 2013, 09:16:04 PM »
Begitu banyaknya fungsi sel tubuh yang tak lagi bekerja normal akibat racun. Pencemaran itu bisa dari makanan, obat-obatan, atau radikal bebas. Semakin banyak racun yang menghampiri, semakin jauh pula tubuh dari kata bugar. Biasanya ditandai dengan rasa lemas berkepanjangan, kulit kusam, mudah lelah, pusing, atau juga penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh. Cara aman membersihkan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan ini:

Kunyit

Baik di Indonesia, India, maupun China, rempah ini sudah dikenal sebagai pengobatan tradisional. Dari banyak studi yang dilakukan, antioksidan pada kunyit terbukti mampu mengatasi peradangan di seluruh tubuh. Antioksidan itu juga bekerja memulihkan kerusakan sel dan membersihkan racun tubuh yang dikaitkan dengan penuaan.

Lemon

Jangan meremehkan kemampuan lemon untuk mengeliminasi racun tubuh, terutama pada sistem pencernaan. Air lemon mamaksimalkan kerja empedu, sementara kulitnya bertindak sebagai antioksidan. Tambahkan perasan lemon segar pada air mineral yang Anda konsumsi. 

Bawang putih

Selain bersahabat bagi jantung, bawang putih juga meningkatkan imunitas. Kandungan sulfurnya juga membantu membersihkan racun tubuh. Tambahkan bawang putih disetiap hidangan yang disajikan, atau jika kuat menahan rasa getir Anda bisa langsung mengunyahnya.

Apel

Rasanya, apel merupakan buah paling nikmat untuk menyingkirkan toksin. Ini karena pektin, yakni serat serat tinggi yang bertugas membersihkan usus.

Bit

Tak hanya sayuran berwarna hijau, buah keunguan  ini juga bekerja membersihkan organ hati melalui zat warna yang dimilikinya. Bit juga mengandung banyak zat gizi, mineral, dan antioksidan.

Berri

Keluarga berri apapun, mengandung antioksidan tinggi. Yakni anthocyanidins, resveratrol dan asam ellagic. Dalam buku The World’s Healthies Foods, George Mateljan sang penulis mengatakan bahwa asam ellagic dapat memblokir jalur metabolik penyebab kanker.
95
Obrolan Ringan / Daun Semanggi Dan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Oktober 29, 2013, 02:38:32 AM »
Daun semanggi merupakan jenis tumbuhan paku air ( salvinialis ) dari spesies marsiela, tumbuhan ini sangat mudah diperoleh di Indonesia, biasanya tanaman ini dapat ditemukan di tepi saluran irigasi sawah ataupun di pematang sawah. Tumbuhan dengan spesies ini memiliki bentuk yang khas seperti payung yang tersusun dari empat anak daun yang posisinya berhadapan,, di dalamnya terkandung beberapa zat yaitu minyak atsiri, zat samak, dan saponin. Yang mana semua anggotanya memiliki dua tipe spora yang berbeda kelamin.

Di daerah Surabaya, daun tumbuhan ini sering diolah menjadi bahan makanan yang biasa dikenal dengan pecel semanggi. Tak banyak yang tau bahwa tumbuhan ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan wanita. Sebab di dalam tumbuhan ini mengandung isoflavon yang mengandung hormone estrogen. Hal ini jika dikonsumsi secara teratur akan mengurangi gejala klinis yang akan muncul sebelum dan saat masuk tahap menopause dan akan meningkatkan kualitas tulang untuk terhindar dari osteoporosis.

Tumbuhan ini juga memiliki mitos yang berkembang di masyarakat. Daun yang memiliki empat helai dan bernama latin trifolium repens ini disebut dengan four leaf clover. Daun four leaf clover dipercaya sebagai pembawa keberuntungan bagi yang bisa menemukannya, menurut legenda ada yang mengatakan jika seorang wanita menggantungkan four leaf clover di depan pintu rumahnya dan ada pria yang datang atas dasar kemauan sendiri kerumah wanita tersebut dipercaya pria itu adalah jodohnya dan akan menjadi suaminya.

Sehingga dapat disimpulkan bahawa tanaman four leaf clover ini merupakan daun unik yang langka. Dengan tingkat kelangkaan untuk menemukannya 1:10.000. Kalau kita perhatikan daun ini memiliki kombinasi karakter warna hijau yang memiliki bercak hitam di pinggirnya, Dimana kondisi helai daun keempat lebih kecil dari daun lainnya.

Di Irlandia four leaf clover dijadikan sebagai lambang khas yang disebut dengan shamrock. Penduduk Irlandia ini percaya dengan legenda four leaf clover yang akan membawa hal baik dan keberuntungan untuk mereka. Sehingga jika mereka menemukan daun ini , maka mereka akan menjaganya dengan baik.

Masing – masing dari helai daun ini memiliki lambang tersendiri :

Daun pertama melambangkan akan merasakan keindahan kisah cinta yang akan selalu jadi miliknya, cinta itu bisa terjadi antara dia dan kekasihnya , sahabat, keluarga dan juga terhadap dirinya sendiri.
Daun kedua adalah dipercaya akan selalu mendapatkan kesehatan dan umur panjang.
Daun ketiga dipercaya akan mendapatkan kemenangan dan kejayaan dalam hidupnya.
Daun keempat dipercaya mendapatkan kekayaan yang lebih.

Khasiat dan cara untuk mengolah daun semanggi sebenarnya sangat mudah dilakukan.

Yang pertama untuk sakit pengecilan hati. Daun yang masih segar disiapkan sebanyak 50 gram kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu siapkan air 3 gelas dan rebus ramuan tersebut sampai menyisakan satu gelas saja. Kemudian minum ramuan tersebut sekaligus.

Kedua, untuk sakit amandel. Daun yang segar sebanyak 50 gram disiapkan, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai dengan mendidih kemudian pakai air ramuan yang masih hangat itu untuk berkumur – kumur.

Yang ketiga untuk infeksi saluran kencing. Siapkan daun sebanyak 50 gram yang masih segar, kemudian dicuci hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga berkurang menjadi satu gelas saja, ramuan ini dibuat untuk sekali minum saja.

Yang keempat, untuk kencing tidak lancar. Daun yang segar sebanyak 30 gram disiapkan, kemudian cuci sampai bersih, dan direbus dengan 3 gelas air sampai airnya berkurang menjadi satu gelas. Setelahnya, saring dan diambil airnya saja, Anda bisa menambahkan gula pasir 30 gram untuk menyedapkan ramuan ini. Minum satu kali sehari.

Yang kelima, untuk batuk dan sesak nafas. S ebanyak 17 gram daun yang segar disiapkan, kemudian dicuci sampai bersih. Rebus daun dengan 3 gelas air dan sisakan menjadi 1 gelas saja. Saring dan ambil airnya. Tunggu sampai dingin dan ramuan bisa di minum satu kali sehari. Yang keenam, untuk sariawan. Sebanyak 50 gram daun segar disiapkan dan dicuci sampai bersih. Kemudian daun tersebut di tumbuk dan tambahkan air sedikit. Peras dan ambil airnya kemudian minum air perasan tersebut.
96
Obrolan Ringan / Re:Macam-Macam Teh Herbal
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Oktober 27, 2013, 10:48:22 PM »
Teh assam

Teh ini cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang mengurangi asupan kopi. Teh assam yang merupakan keluarga teh hitam asal India ini disarankan disajikan pada pagi hari untuk menyegarkan tubuh.

Teh oolong

Sulit berkonsentrasi? Silakan menyeruput teh oolong. Teh ini ampuh menyegarkan pikiran. Untuk tubuh, oolong bekerja memperbaiki metabolisme. Untuk mendapat kehangatan, tambahkan irisan jahe yang sekaligus menenangkan perut.

Teh mawar

Teh bunga mawar diklaim memberi rasa nyaman pada lambung setelah makan siang. Selain itu juga menyegarkan tubuh, dengan mengusir rasa kantuk saat perut kenyang.
97
Obrolan Ringan / Aloe Vera Dan Kesehatan Kulit
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Oktober 24, 2013, 01:56:55 AM »
Ada banyak materi alamiah yang sangat berguna untuk membantu seseorang menjaga kesehatan tubuh, terutama kulit. Untuk wanita, kecantikan dan kesehatan kulit adalah sebuah isu penting yang tidak bisa diturunkan prioritasnya.

Menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan-bahan kimia kerap membuat seseorang ragu untuk merawat tubuhnya. Namun, merawat tubuh tidak harus menggunakan kosmetik dengan bahan-bahan kimia lho, Ladies. Ada banyak tumbuhan-tumbuhan obat yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh terutama kulit anda.

Salah satunya adalah aloe vera atau lidah buaya. Lidah buaya telah terkenal semenjak dulu memiliki banyak khasiat untuk tubuh seseorang. Salah satunya adalah rambut. Banyak wanita menggunakan aloe vera untuk memperoleh rambut yang lebih sehat, tebal, dan kuat. Tapi aloe vera juga mampu membuat kulit anda lebih sehat lho, Ladies

Pada prinsipnya sebenarnya sama kok. Aloe vera memiliki kemampuan untuk menjaga cairan dalam tubuh tetap terjaga. Tentunya kelembaban kulit yang terjaga akan sangat baik untuk melawan pengaruh panas dan cahaya matahari dan membuat kulit lebih sehat lagi.

Kaya akan vitamin C dan E membuat lidah buaya menjadi sebuah tanaman obat yang sangat disukai dan dipercaya menjadi sebuah obat alamiah yang sehat dan bermanfaat. Selain itu, menurut mindbodygreen.com, lidah buaya juga kaya akan elemen anti-inflamasi yang memiliki pengaruh sangat baik untuk kulit mereka yang konstan beraktivitas di bawah terik matahari namun ingin kulitnya tetap terlindung.
98
Obrolan Ringan / Tomat Hitam, Amankah?
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Oktober 24, 2013, 01:32:24 AM »


Ngeri rasanya kalau melihat tomat berwarna hitam ini. Jadi mengingatkan pada film horor yang menunjukkan adanya sihir pada tanaman. Lantas Anda harus berhati-hati saat memakannya, karena siapa tahu sihir tersebut membuat si tomat jadi beracun.

Biarlah hal itu hanya menjadi bayangan seru di benak Anda. Karena sekalipun warnanya hitam pekat menyeramkan, tomat ini justru punya manfaat yang mencengangkan.

Setelah munculnya jagung hitam yang baik untuk penderita kanker dan dapat membantu mengatasi masalah kanker, kini giliran si tomat hitam. Sekalipun sudah kaya akan antioksidan, di balik warna barunya yang penuh misteri ini, angka antioksidan meningkat pesat. Tomat hitam jadi buah sayur yang kaya dan ampuh untuk mencegah penyakit kanker.

Adalah Ray Brown, seorang ilmuwan berusia 66 tahun yang rutin menjaga tomat hitam ini. Lewat penelitiannya bersama teman-temannya, produk anti kanker ini kemudian dikembangkan dan dijual agar bisa ditanam oleh masyarakat luas di halaman rumahnya.


Tomat yang awalnya dikembangkan di Oregon State University, Amerika ini merupakan bagian dari proyek Indigo Rose. Di mana para ilmuwan bersatu untuk mengembangkan produk buah atau sayur dan memaksimalkan kandungan di dalamnya.

Tomat hitam ini pada awalnya berwarna kemerahan, kemudian menjadi cokelat, biru keunguan, dan nyaris hitam pekat. Diklaim kaya akan antosianin, sebuah bahan yang ditemukan pada buah dan sayur yang dapat mengatasi sakit diabetes, kanker bahkan obesitas.

Dengan meningkatkan kandungan antosianin ini, tomat hitam akan semakin ampuh mengatasi problem penyakit di atas.

Tapi apakah rasanya berubah ya?

Tenang saja, rasa tomat hitam ini tidak berubah sama sekali. Masih berasa tomat yang segar dan lezat untuk dijadikan bahan-bahan makanan sehari-hari. Dan, bagian dalamnya juga tetap merah seperti tomat pada umumnya kok.

Penasaran ingin mencoba tomat hitam ini juga?
99
Obrolan Ringan / Khasiat Tumbuhan Pare
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Oktober 18, 2013, 03:06:13 AM »
Buah  pare menurut penjelasan dari Wikipedia adalah sejenis tumbuhan merambat dengan buah yang panjang dan runcing pada ujungnya serta permukaan buahnya bergerigi. Buah pare tumbuh subur pada daerah dataran rendah dan dapat ditemukan tumbuh liar ditanah terlantar, tegalan, ditanam dipekarangan rumah atau dapat juga dbudidayakan. Tanaman ini tumbuh merambat atau memanjat dengan sulur berbentuk spiral, bercabang banyak, berbau tidak sedap dengan daun tunggal bertangkai dan letaknya berselang-seling. Buahnya berbentuk bulat panjang dengan pangkal berbentuk jantung dan berwarna hijau tua. Buah pare memiliki rasa yang pahit oleh karenanya sangat sedikit orang yang suka untuk mengkonsumsi buah pare  ini. Buah pare ini dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan makanan, diantara dibuat menjadi sayur Pare atau Paria. Dari rasanya yang pahit itu ternyata buah Pare mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Buah Pare mampu untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit kronis. Pahit tetapi menyehatkan.

Berikut adalah kandungan beberapa zat yang bermanfaat di dalam  buah Pare yang bermanfaat untuk tubuh kita:
Buahnya yang mengandung Albiminoid,karbohidrat dan zat warna Daunnya mengandung zat pahit, minyak lemak, asam dammar, protein, besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C yang terkandung dalam buah pare, bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Yaitu menjaga kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sengatan utra violet. Ini berarti buah pare dapat mencegah munculnya noda hitam dan kerutan pada wajah. Sementara akarnya mengandung asam momordial dan asam aleonolat. Sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.

Salah satu  manfaat buah pare untuk kesehatan adalah dapat menjadi penangkal sel kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam suatu penelitian di Jepang. Dalam penelitian tersebut, digunakan beberapa tikus yang diinjeksi sel kanker kemudian diinjeksi dengan ekstrak buah pare. Setelah mereka mengamati perkembangan sel kanker dalam tubuh tikus tersebut, hasilnya menampakkan bahwa sel kanker yang di injeksi berhenti berkembang.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan manfaat buah pare sebagai penangkal sel kanker. Manfaat ini dapat diperoleh karena pare mengandung zat lesichin yang dapat meningkatkan kekebalan untuk menangkal perkembangan sel kanker. Tidak hanya itu, buah pare juga memiliki kandungan beberapa zat yang dapat mencegah sel kanker. Sehingga bagi Anda yang bukan penderita kanker dapat mengonsumsi buah pare untuk mencegah serangan kanker.

Selain sebagai makanan, pare juga dimanfaatkan untuk pengobatan. Kadar kalsium didalam  buah pare  tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pancreas untuk menghasilkan insulin. Bila insulin dalam tubuh mencukupi, mungkin kadar glukosa  membanjir dapar dicegah, sehingga kadar glukosa dalam darah akan menjadi normal atau menjadi terkontrol Senyawa fitokimia lutein dan likopen didalam buah pare berkasiat sebagai anti kanker, antibiotika, antivirus, perangsang produksi insulin, penyeimbang tekanan darah dan kadar gula darah, perangsang nafsu makan dan pembasmi cacing usus. Prof Lee-Huang dari Universitas New York juga menemukan zat yang luar biasa pada  buah pare, yakni senyawa anti HIV-AIDS yaitu alpha-momorchorin, beta-momorchorin dan MAP 30 (Momordica antiviral protein 30). Zat berkhasiat ini banyak terdapat pada biji pare tua. Di amerika sendiri, kapsul berisi bubuk biji pare sudah lazim dipasarkan.Obat tersebut diakui dapat menahan laju perkembangan  virus HIV-AIDS. Berkat terapi buah pare, para pengidap HIV-AIDS di Thailand dan Amerika Serikat secara klinis tampak lebih sehat dan berat badannya meningkat. Tak berlebihan kiranya,jika para ahli di dunia medis optimis dalam 10 tahun kedepan, bakal ditemukan obat untuk memerangi HIV-AIDS.

Buah pare juga kaya serat, vitamin C, karoten, dan kalium. Seratnya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan karotennya dapat meningkatkan aktivitas dan kesehatan mata, seperti karoten pada wortel. Kalium punya kemampuan mengatasi konsumsi natrium yang berlebihan sehingga membuat pembuluh darah lebih lentur, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Sedangkan vitamin C pada  buah pare punya khasiat memelihara kecantikan dan mengatasi ancaman dari sinar ultra violet. Nah ternyata ternyata buah pare bermanfaat untuk kecantikan juga kan.., ini dikarenakan setiap 100 gram pare mengandung 120 ml vitamin C. ternyata buah pare banyak sekali khasiatnya bukan, dan bagaimana soal rasa pahitnya, Anda bisa merendamnya denga air berkali-kali, atau mencucinya dengan air garam, niscaya rasa pahit tersebut akan hilang.

Bagian pare yang memiliki kashiat antara lain: Pare yang masih muda digunakan sebagai obat diabetes, gangguan pencernaaan, obat malaria, penyakit kuning dan bronkhitis. Daun pare juga tidak kalah penting dengan buahnya. Beberapa manfaat daun pare, diantaranya dapat menyembuhkan batuk, menurunkan panas, mematikan cacing kremi, mengobati bisul, dan bermanfaat juga untuk membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan. Selain buah dan daunnya, bagian pare yang juga bermanfaat untuk mengobati penyakit, adalah akarnya. Akar pare berkasiat untuk mengobati disentri amuba dan wasir. Biji pare sendiri, merupakan atioksidan yang cukup kuat yang dapat menghambat pembentukan sel kanker dan mencegah penuaan dini.

Cara pengobatan menggunakan buah pare antara lain:

Diabetes atau kencing manis
Siapkan 200 gram buah pare yang telah dicuci dan diiris tipis-tipis.Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas.Minum air rebusan tersebut tiap hari. Cacingan Seduh 7 gram daun pare dengan air panas,dinginkan lalu saring air rebusannya.Tambahkan satu sendok the madu,minum sebelum sarapan.

Demam
Ambil 3 lembar daun pare segar,cuci bersih,dan lumatkan.tambahkan segelas air dan sedikit garam lalu seduh.Peras dan saring lalu minum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.

Bisul
Ambil segenggam daun pare,cuci lalu rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa satu gelas.Dinginkan,minum hingga sembuh.

Disentri Amuba
Rebus 300 gram akar pare yang telah dicuci bersih dan dipotong-potong .Rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas.lalu minum.Tambahkan sedikit gula bila perlu.

Wasir
Lumatkan akar pare yang telah dicuci bersih sampai halus.oleskan ramuan ini pada wasir.

Bronkhitis
Sediakan dua buah pare, lalu ambil sarinya.Tambahkan satu sendok makan madu.minum sekali sehari.lakukan selama tiga bulan.Ramuan ini juga baik untuk menyembuhkan anemia,radang perut,sakit pada hati,nyeri haid,reumatik dan melangsingkan tubuh.
Meskipun pare begizi tinggi dan  dapat mengobati berbagai macam penyakit, namun bagi wanita hamil,tidak dianjurkan mengkonsumsi pare.Pasalnya pare,mengandung senyawa yang dapat menggugurkan kandungan. Selain itu, batasi juga konsumsi pare pada anak-anak,karena pare dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Dikawatirkan kadar gula anak akan anjlok atau menurun,padahal gula berperan dalam penting dalam pertumbuhan anak.


100
Obrolan Ringan / Ragam Khasiat Rempah India
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Oktober 14, 2013, 12:57:22 AM »
Aroma pedas meruap dari semangkuk kari khas India. Warna merah kentalnya begitu menggoda. Sayang, penderita kolesterol dan hipertensi khawatir menyantap makanan berminyak yang kelihatannya lezat itu.

Padahal, tak semua makanan asli India berbahaya bagi kesehatan. Ada beberapa jenis rempah yang justru menyehatkan jantung. Bahan-bahan makanan itu juga cocok bagi para pelaku diet. Mengutip laman Times of India, berikut ragam rempah India itu.

Kunyit
Mengonsumsi kunyit secara teratur membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat, tekanan darah, dan mencegah risiko serangan jantung.
Kapulaga
Rempah ini sangat cocok bagi para diet. Ia ampuh meningkatkan metabolisme dan membakar lemak dalam tubuh.

Cabai
Bahwa cabai dapat membakar lemak, benar adanya. Sebab, ia mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan sistem metabolisme dan membakar kalori tubuh selama 20 menit setelah mengonsumsinya.

Daun Kari
Menurut penelitian, daun yang satu ini dapat menguras lemak dan racun tubuh. Orang dengan berat badan berlebih disarankan mengonsumsi 10 daun kari per hari.

Minyak Mustard
Ini adalah minyak dengan lemak jenuh rendah yang mengandung fatty acid, oleic acid, erucic acid dan linleic acid. Kandungan tersebut memiliki antioksidan dan vitamin khusus untuk mengurangi koleseterol.

Kubis
Dikonsumsi mentah maupun dimasak, kandungan gizi di dalam kubis mampu mengubah gula dan karbohidrat berlebih dalam tubuh menjadi lemak.

Moong Dal
Kandungan protein, vitamin A, B, C, E, mineral, serta serat dalam kacang ini cocok menggantikan program melangsingkan tubuh. Selain dapat mengenyangkan tanpa menyimpan lemak terlalu banyak, bahan ini juga memperbaiki sistem pencernaan.

Madu
Madu dapat diminum langsung atau dicampurkan ke dalam hidangan. Untuk menurunkan berat badan, disarankan mengonsumsinya sebanyak 10 sendok makan setiap pagi. Itu akan membantu mengubah kelebihan lemak menjadi tenaga.

Buttermilk
Daripada mengonsumsi susu, buttermilk jauh lebih baik. Sebab, perbandingan lemak dan kalori dalam buttermilk jauh lebih rendah dibanding susu.
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia