Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Manfaat Rumput Ilalang
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Juni 27, 2014, 02:00:57 AM »
Rumput ilalang atau kadang lebih di kenal dengan Alang-alang ini adalah rumput liar yang biasanya bisa jadi rumput pengganggu di Perkebunan kita, akan tetapi banyak yang tidak tau jika Rumput ini juga sangat berguna untuk pengobatan Tradisional yang ampuh, maka dari itu pada kesempatan kali ini, aku sangat tertarik untuk membahas mengenai berbagai manfaat yang terkandung oleh rumput alang-alang ini.

Ilalang memiliki nama Ilmuiah atau nama latin Imperata cylindrica, ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.
Nah untuk yang penasaran dengan akan khasat rumput ini silahkan saja di simak di bawah ini ya

Manfaat Rumput Ilalang Untuk Kesehatan

Obat Keputihan
500 gram akar alang-alang, 2 tangkai daun pepaya, 5 gram pulasari direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring, untuk diminum 2 kali sehari.

Melancarkan Air Seni
250 gram akar alang-alang, gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit, dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Obat Mimisan, hepatitis
200 gram akar alang-alang dicuci, rebus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas, dinginkan, saring, untuk diminum 3 kali sehari.

Obat Prostat
500 gram akar alang-alang direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan, untuk diminum 3 kali sehari.

Obat Radang Paru-paru
500 gram akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati kering, garam, rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Larutan ini untuk diminum 2 kali sehari.

Obat Asma
100 gram akar alang-alang, 25 gram kencur, 25 gram daun sirih, rebus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah, saring, masukkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis, minum sekaligus sebelum tidur malam.

Obat Diare
250 gram akar alang-alang dicuci, rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Sekali minum 1 gelas, segera setelah buang air besar.

Obat Hipertensi akibat sakit ginjal
200 akar alang-alang, tangkue (manisan dibuat dari labu putih), rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah, dinginkan, saring, minum 2 kali sehari.

Obat Kencing Batu
100 gram akar alang-alang, 1/2 genggam daun meniran, 1/2 genggam daun kumis kucing, rebus denga 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas sampai batu keluar.
92
Obrolan Ringan / Manfaat Buah Kesemek
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Juni 18, 2014, 03:04:57 AM »
Buah kesemek memiliki banyak manfaat dan tidak kalah dengan buah lain. Manfaat dari buah ini akan anda rasakan setelah anda mengkonsumsinya. Bahkan ada beberapa kandungan yang tidak terdapat pada buah lain yang bisa anda manfaatkan.

Selain itu, zat serat yang ada di buah kesemek dua kali lipat dengan zat serat yang ada di buah apel. Bentuk buah kesemek memang seperti buah apel, hanya saja penampilannya tidak terlalu menarik minat. Selain itu, di seluruh permukaan kulit buah ini juga terdapat serbuk putih.

Mengenal Manfaat Buah Kesemek
Pohon buah kesemek dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 40 sampai 50 meter. Pohon ini bisa menghasilkan buah kesemek dengan jumlah yang cukup banyak di bulan Oktober sampai Desember. Dan pada bulan November, pohon kesemek akan menghasilkan buah paling banyak. Buah ini bisa dikonsumsi saat sudah matang, selain itu juga bisa disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama jika tidak langsung dikonsumsi. Sebenarnya buah ini berasal dari negara Cina.

Manfaat Buah Kesemek

Buah kesemek banyak digunakan sebagai makanan diet. Manfaat buah kesemek yaitu dapat menjaga tubuh agar tetap langsing. Buah ini sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan diet. Serat yang terkandung didalam buah ini sangat banyak. Jika anda rutin mengkonsumsi buah kesemek ini sehari sekali, ini akan menurunkan resiko terkena jantung. Buah ini memiliki kandungan yang rendah kalori dan kaya akan serat. Buah ini juga terkenal dapat mencegah pendarahan yang diakibatkan pembuluh darah kecil.

Buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang banyak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin C dapat membantu mengembangkan resistensi tubuh terhadap infeksi. Selain itu, buah ini juga banyak mengandung mineral yang baik untuk anda.

Manfaat lain dari buah kesemek yaitu dapat mencegah kanker, menyehatkan paru-paru, mencegah penuaan dini, menguatkan limpa dan masih banyak lagi.
93
Obrolan Ringan / Karbo Sehat dan Aman Dari Umbi-Umbian
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Juni 16, 2014, 08:40:48 PM »
Jika dimasak beserta kulitnya, ubi menghasilkan lebih banyak serat dibandingkan seporsi oatmeal. Kadar indeks glikemik ubi juga lebih rendah dibanding nasi atau roti.

Talas. Konsumsi talas dapat mncegah risiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Talas rebus, tanpa tambahan apapun, bebas dari kolesterol. Selain itu, kandungan sodium tiap 132 gram talas hanya 20 miligram atau hanya 1% darai batasan kebutuhan harian tubuh ANda akan sodium. Tala sjuga kaya muatan mineral. Seangkir talas mengandung 10% magnesium dan fosfat, serta 13% tembaga yang Anda butuhkan setiap hari.

Gembili. Daging gembili berwarna putih, teksturnya mirip ketela rambat. Tapai rasanya manis, bahkan mungkin lebih manis dari ubi madu. Salah satu sumbangan luar biasa umbi inia dalah inulin. Bagi tubuh, inulin merangsang pertumbuhan baik di dalam usus besar, meningkatkan fungsi usus untuk membuang sisa-sisa makanan, meningkatkan produksi vitamin B, dan mendongkrak penyerapan kalsium.

Singkong. Salah satu sumber karbohidrat terbesar di dunoia dan menjadi sumber makanan bagi lebih dari 500 juta orang di bumi. Kadar tepung singkong sangat tinggi dan mengandung kalsium, dietary fiber, zat besi, mangan, potassium, vitamin C dalam jumlah yang signifikan. Suatu penelitian di Filipina memperlihatkan singkon menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan triglyceride karena kandungan seratnya yang tinggi.

Mbote. Kulit luat mbote berambut dan umbinya beruas-ruas. Mbote biasa dikonsumsi setelah dikukus lebih dulu. Kandungan terbesar mbote adalah karbohidrat yang menghasilkan energi.

Ubi. Ubi yang dimasak beserta kulitnya menghasilkan lebih banyak serta dibandingkan seporsi oatmeal. Selain itu, kadar indeks glikemik ubi juga lebih rendah dibanding nasi atau roti.  Artinya, ubi baik bagi pengidap diabetes yang butuh karbohidrat namun rendah gula. Ubi juga gudang vitamin C terbaik. Sepotong ubi dapat memenuhi 66% kebutuhan harian vitamin C. Ubi juga mudah dicerna dan kandungan seratnya yang tinggi dapat mencegah sembelit. Kalsium dan potassiumnya membantu meringankan radang perut.
94
Obrolan Ringan / Kedelai, The King Of Bean
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Juni 16, 2014, 02:10:21 AM »
Banyak cara untuk mendapatkan tubuh sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan bermutu dan kaya gizi. Kedelai yang ngetop dengan julukan The King of Beans, adalah salah satu jenis bahan pangan yang ideal. Kandungan protein, asam amino, serat, vitamin, dan mineral di dalamnya ampuh membantu Anda memelihara kebugaran tubuh.

Menjaga berat badan ideal
Kedelai merupakan jenis makanan dengan nilai indeks glikemik (GI) rendah, sehingga mampu membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Kandungan serat di dalam kedelai juga dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, porsi makan berikutnya bisa ditekan agar tidak berlebihan, sehingga berat badan ideal tetap terpelihara.

Stabilkan Kadar Kolesterol
Kandungan “dynamite duo” di dalam kedelai ampuh menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Yang pertama, lesitin, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Yang kedua, isoflavon, berfungsi sebagai antioksidan serta mampu meningkatkan level kolesterol baik (HDL) yang berguna bagi kesehatan jantung.

Cegah Osteoarthritis
Berdasarkan studi, kandungan vitamin E di dalam kedelai dapat membantu meredakan dan mencegah penyakit osteoarthritis. Osteoarthritis adalah suatu kondisi dimana persendian terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul akibat adanya gesekan pada ujung-ujung tulang penyusun sendi. Bukan hanya itu, vitamin E juga baik untuk membantu meredakan nyeri rematik dan meningkatkan mobilitas sendi.

Penangkal Kanker
Kedelai merupakan bahan pangan yang kaya kandungan zat antioksidan (selenium, vitamin E, isoflavon, serta genistein). Kandungan zat yang bersifat antioksidan ini mampu menangkal serangan radikal bebas yang bisa memicu munculnya sel-sel kanker.

Atasi Gejala Menopause
Kandungan isoflavon serta vitamin E dalam susu kedelai mampu membantu meringankan keluhan yang dialami wanita menopause seperti rasa panas (hot flushes), insomnia, sembelit, serta produksi keringat berlebihan.

Mencegah Migren
Serangan migren amat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi kedelai. Kedelai kaya akan kandungan vitamin B kompleks, mineral (terutama kalium), dan asam amino (terutama lisin), yang mampu membantu mencegah serta meredakan migrain.

Atasi Intoleransi Laktosa
Susu kedelai merupakan pengganti susu sapi yang baik bagi para penderita alergi maupun intoleransi laktosa. Sistem pencernaan penderita intoleransi laktosa tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa (karbohidrat di dalam susu hewan) dengan baik akibat kurangnya produksi enzim laktase di dalam tubuh. Karena itu, konsumsi susu kedelai merupakan solusi terbaik agar tubuh tetap mendapatkan asupan zat-zat gizi penting, yang biasanya diperoleh dari susu sapi.
95
Koleksi Foto Tanaman Hias / Ini pohon apa yaah? Mohon bantuannyaaa :)
« Tulisan terakhir oleh Adinda Pryanka pada Juni 14, 2014, 11:34:35 PM »
Salam kenal sebelumnyaa,
saya member baru di komunitas ini :)



Pohon ini saya temui di salah satu taman kota di Jakarta Selatan,
apabila ada yang mengetahui ini jenis apa, mohon saya diberi info yaaa :)
Saya butuh untuk penelitian saya :)

Terima kasih atas bantuannya :)  ;)

96
Obrolan Ringan / Bumbu Dan Obat
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Juni 10, 2014, 03:04:16 AM »
Bumbu dapur tidak hanya menyedapkan masakan namun juga bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit sejak berabad-abad silam. Riset di jaman moderen membuktikan bahwa bumbu dapur memang punya kualitas menyembuhkan.

Glen Aukerman, MD, direktur medis the Center for Integrative Medicine di Ohio State University Medical Center, AS dan Ruth Knill, PhD, LAc, seorang ahli herbal timur memilih jenis herbal berikut yang bisa memperbaiki kesehatan kita secara umum. Ada juga cara memanfaatkan bumbu dapur itu dalam keseharian.

Jahe
Manfaat : Mencegah mual dan muntah
Kedokteran Cina sejak abad keempat sudah tahu kandungan antimual yang terdapat dalam jaahe. Uji klinis moderen juga membuktikan ada kandungan antimual dalam jahe. Kandungan antimual itu menutup reseptor saraf di dalam tubuh yang memicu reflek muntah di tubuh kita.
Ramuan
Parut jahe menjadi kurang lebih satu sendok makan lalu ambil sarinya.
Bisa juga membuat minuman wedang jahe saat badan terasa tak enak atau mual.

Kayu manis
Manfaat : Mengendalikan diabetes
Mereka yang memiliki diabetes tipe dua kesulitan memproses insulin, hormon yang memerintahkan sel untuk membuang kelebihan gula dari aliran darah. Namun studi moderen membuktikan bahwa kayu manis mengandung zat yang bisa membantu sel merespon insulin. Dengan kayu manis, sebuah studi di Pakistan membuktikan terjadi penurunan kadar gula darah hingga rata-rata 18-29 persen sehari.
Ramuan
Untuk mendapatkan manfaatnya mengatur gula darah, konsumsi sebatang kayu manis sehari. Bisa juga mengonsumsi seperempat hingga setengah sendok teh bubuk kayu manis sehari. Bubuk atau batang ini bisa dicampurkan dengan minuman teh hangat kita sehari-hari.

Bawang putih
Manfaat : Menurunkan kolesterol
Meskipun ada peneliti yang belum setuju keefektifan bawang putih dalam menurunkan kolesterol, kajian beberapa studi oleh Linus Pauling Institute menemukan orang yang mengonsumsi bawang putih selama tiga bulan mengalami penurunan kolesterol total antara enam sampai 11 persen.
Ramuan
Ambil tiga hingga lima siung bawang putih lalu ditumbuk dan dikonsumsi. Bisa juga bawang putih dibakar dan dikonsumsi.

Pala
Manfaat: Menurunkan tekanan darah
Pala bisa membawa darah dari pusat tubuh menuju kulit. Ini membantu darah beredar secara merata ke seluruh tubuh dan tekanannya jadi berkurang.
Ramuan
Setengah hingga satu sendok teh setiap hari.

Cengkeh
Manfaat : Membantu nyeri arthritis
Menurut pengobatan tradisional Cina, cengkeh memiliki kandungan panas yang meringankan nyeri arthritis yang disebabkan oleh dingin. Cengkeh mengandung fitokimia yang mengganggu protein di dalam tubuh yang menyebabkan radang arthritis.
Ramuan
Setengah sendok teh setiap hari.

Kunyit
Manfaat : Meringankan radang
Kunyit mengurangi radang di dalam tubuh yang menyebabkan nyeri. Curcumin yang ada di dalam kunyit bekerja dengan menghalangi enzim sel yang menyebabkan radang.
Ramuan
Setengah hingga satu sendok teh setiap hari.
 
97
Obrolan Ringan / Jamur Tiram Dan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Juni 09, 2014, 01:47:19 AM »
Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur pohon hal itu karena memang jamur ini paling banyak dijumpai di permukaan batang pohon yang sudah melapuk atau di batang pohon yang sudah ditebang dan bisa dijumpai sepanjang tahun dihutan didaerah yang sejuk. namun sekarang jika anda ingin mendapatkan jamur ini udah gak perlu repot-repot lagi untuk mencari nya di hutan karena sekarang udah banyak sekali orang yang membudidayakan jamur ini sehingga jamur ini sudah banyak dijula dipasaran.

Manfaat Jamur Tiram

Jamur yang memiliki nama latin Pleurotus ostreatus termasuk kelas dari Homobasidiomycetes.jamur tiram ini tidak berbahaya sehingga banyak orang yang mengolahnya menjadi makanan dan rasanya pun sangat enak sekali rasa enak dalam jamur ini memiliki kandungan asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram yang akan menimbulkan rasa enak, dan anda juga harus tau ternyata Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jarum tiram kandungannya rendah, sehingga jamur ini aman dikonsumsi setiap hari.namun tak hanya enak untuk dimakan ternyata kandungan Vitamin di dalam jamur tiram ini sangat lah banyak.

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin
Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium merupakan zat yang sangat penting untuk tubuh.

Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan :

Membantu menurunkan kolesterol
Sebagai antibakterial dan antitumor
Penghasil enzim hidrolisis dan enzim oksidasi
Dapat membunuh nematoda
Mengurangi Resiko jantung lemah
Mengatasi Penyakit lever
Membantu menyenbuhkan diabetes
Menghilangkan anemia.
Membantu Sistem pencernaan.
Mencegah timbulnya tumor
98
Obrolan Ringan / Kandungan Dan Manfaat Cempedak
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Juni 06, 2014, 12:50:22 AM »
Buah Cempedak merupakan tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian. tanaman ini di percaya berasal dari  Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat. Nah sebelum kita melihat manfaat dari Cepedak silahkan di simak dahulu, Kandungan Gizi dari Cempedak di bawah ini.

Komposisi zat gizi nangka dan cempedak per 100 gram
Zat gizi Nangka masak Nangka muda Cempedak
Energi (kkal) 106 51 116
Protein (g) 1,2 2,0 3,0
Lemak (g) 0,3 0,4 0,4
Karbohidrat (g) 27,6 11,3 28,6
Kalsium (mg) 20 45 20
Fosfor (mg) 19 29 30
Zat besi (mg) 0,9 0,5 1,5
Vit A (SI) 330 25 200
Vit B1 (mg) 0,07 0,07 0
Vit C (mg) 7 9 15
Air (g) 70,0 85,4 67,0

Sumber: Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (1992)

Nah Untuk Manfaat Buah Nangka Cempedak adalah:

Cempedak mempunyai nilai energi cukup tinggi, yaitu 116 kkal per 100 gram. Nilai energi pada nangka masak 106 kkal per 100 gram.

Tingginya kadar energi pada cempedak berkaitan dengan nilai karbohidratnya yang mencapai 28,6 g per 100 g. Bagi yang sedang berdiet rendah lemak, cempedak dapat jadi pilihan karena kadar lemaknya sangat rendah, yaitu 0,4 g per 100 g.

Seperti nangka, kadar air cempedak cukup tinggi. Fungsi air di dalam tubuh bukan sekadar untuk menghilangkan dahaga, juga untuk mengurangi risiko stroke.

Dalam mengonsumsi air minum, kita jarang memedulikan berapa gelas yang seharusnya kita habiskan selama satu hari agar sesuai kebutuhan hidup. Kita biasanya hanya minum kala haus atau sehabis makan.

Padahal, persediaan air yang cukup dalam tubuh sangat dibutuhkan oleh organ-organ dalam menjalankan tugasnya sebagai bagian dan sistem hidup kita.

Itu sebabnya mengonsumsi buah yang kaya air (seperti cempedak), sangat penting untuk membantu jumlah asupan air ke dalam tubuh.

Air dalam tubuh sangat vital perannya dalam proses pencernaan dan metabolisme. Dalam kedua proses tersebut, air akan mengangkut vitamin dan oksigen untuk memberi makan sel-sel tubuh melalui darah.

Penelitian Prof. DR. Frank Yatsu dari Universitas Houston, Texas, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa asupan air yang cukup akan membantu mengencerkan darah, sehingga memperlancar suplai oksigen ke otak dan mencegah risiko stroke
99
Obrolan Ringan / Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Juni 04, 2014, 08:19:51 PM »
Buah Piang sudah tidak di ragukan lagi akan manfaatnya yang menjadi salah buah yang Fenomenal karena khasiatnya yang sangat beragam, Nah oleh karena itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membagikan artikel Manfaat Buah Pinang ini untuk teman-teman pembaca setia blog Khasiat Daun Alami ini, Buah pinang memiliki Nama Latin Areca catechu dan dalam bahasa Inggris buah ini di kenal dengan nama buah Betel palm atau Betel nut tree, hal ini karena Pinang merupakan jenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur.

Untuk Masyarakat Indonesia sudah apa lagi yang tinggal di Daerah pedesaan sudah sangat akrab sekali dengan buah yang satu ini, hal ini karena di daerah-daerah tertentu buah pinang bisa di jadikan sebagai salah satu hasil kebun yang menjadi penghidupan mereka, Biasanya ada Pabrik yang menampung buah pinang ini untuk di Oleh lagi menjadi bahan pembuatan TInta Batik atau yang lainnya, Nah pada artikel ini saya akan mencoba membagikan artikel Khasiat Buah Pinang yang berguna untuk kesehatan tubuh kita, mari simak di bawah ini.

Manfaat Dan Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Keluar Darah Berlebihan
Air rebusan biji pinang juga digunakan untuk mengatasi penyakit seperti haid dengan darah berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, bisul, kudis dan mencret.

Sakit pinggang

Ambil beberapa lembar daun pinang. Tumbuk daun tersebut dan hangatkan. Daun pinang yang tenah ditumbuk dikompreskan di tempat yang sakit.

Kudis
Parut satu biji buah pinang. Campur dengan seperempat sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Oleskan di bagian yang sakit.

Difteri
Siapkan dua biji buah pinang kemudian rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi 1 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata. Minum perlahan-lahan untuk menyembuhkan difteri.

Mengecilkan Rahim
Biji pinang muda digunakan kaum wanita untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Caranya masak buah pinang muda lalu airnya diminum hingga rahim kembali ke bentuk normal.

Rabun Mata
Untuk mengobati rabun mata. Cukup dengan langsung dikunyah dan airnya ditelan.

Meningkatkan gairah
Meningkatkan gairah seks kaum pria. Khasiat ini di ketahui karena di dalam pinang terkandung arekolin. Ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Potong kecil-kecil kemudian kunyah dan makan. Cara lain, ambil satu biji buah pinang kemudian hancurkan dan rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas. Keduanya memiliki khasiat yang sama.

Mengobati luka kulit.
Caranya, daging buah pinang yang masih muda ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka.

Obat cacingan
Siapkan seperempat potong buah pinang, setengah jari rimpang temulawak, dan setengah jari rimpang kunyit. Semua bahan tersebut direbus kemudian disaring. Minum air hasil saringan tersebut untuk mengatasi cacingan.

Menguatkan gigi dan gusi
Ambil beberapa biji buah pinang. Iris menjadi beberapa bagian, kemudian kunyah irisan tersebut.

Mengobati telinga bernanah.
Caranya, ambil akar buah pinang muda secukupnya, tumbuk halus, peras airnya. Bersihkan terlebih dahulu telinga anak yang sakit dengan kapas, setelah itu tetesi dengan air perasan pinang di bagian telinga yang sakit sebanyak 3 tetes. Sumbat telinga dengan kapas agar air tetesan tidak mengalir keluar. Lakukan setiap hari secara rutin hingga sembuh.
100
Obrolan Ringan / Kembang Sepatu Dan Manfaatnya
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Juni 02, 2014, 03:02:09 AM »
Kembang sepatu adalah bunga yang memiliki Kelopak Merah, Orange dan juga putih ini tidak memiliki bau yang menyengat seperti Halnya Kembang Kamboja, bahkan bisa di katakan Bunga yang satu ini tidak memiliki bau, akan tetapi manfaat dari bunga yang satu ini cukup beragam, oleh karenanya pada kesempatan kali ini saya mencoba membahas mengenai Manfaat Kembang Sepatu, artikel ini juga merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang pernah kami bagikan pada kesempatan yang lalu.

Kembang sepatu saat ini masih belum dapat di pastikan berasal dari negara mana, akan tetapi Khasiat Kembang Sepatu ini sudah banyak di temukan, terutama untuk kesehatan tubuh manusia, baik kita simak langsung di bawah ini.

Kembang Sepatu untuk Obat gondongan
Siapkan 30 gram kembang sepatu yang masih segar
Cuci sampai bersih
Rebus ramuan tersebut dengan volume air 400 mil sampai airnya berkurang menjadi 200 mil
Saring ambil airnya
Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari dengan dosis yang sama

Kembang Sepatu untuk Mengobati keputihan
Siapkan 15 gram kembang sepatu yang masih segar
15 gram jengger ayam
30 gram kulit delima yang masih segar
Cuci sampai bersih kesemua ramuan tersebut
Rebus dengan volume air 500 mil sampai airnya berkurang menjadi 200 mil
Saring ambil airnya
Minum air ramuan tersebut dua kali sehari

Kembang Sepatu untuk memperlancar haid
Siapkan 3 kuntum kembang sepatu yang masih segar
Cuci sampai bersih
Giling kembang sepatu tersebut sampai lumat
Tambah dengan 150 mil air matang
Cuka beras putih secukupnya
Aduk sampai rata
Saring ambil airnya
Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari sekali minum 100 mil

Kembang sepatu untuk Obat sariawan
Siapkan 30 gram daun kembang sepatu
Cuci sampai bersih
Seduh dengan air panas 100 mil selama kurang lebih 15 menit
Dinginkan
Saring ambil airnya
Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari dengan dosis yang sama

Kembang Sepatu untuk batuk lendir dan berdarah
Siapkan 2 kuntum kembang sepatu yang masih segar
Remas-remas kembang sepatu tersebut
Seduh dengan air panas 400 mil
Tutup dan biarkan selama semalaman
Saring ambil airnya pada esok harinya
Tambahkan dengan madu lebah secukupnya
Minum air ramuan tersebut pada pagi hari sebelum makan.

Kembang Sepatu untuk radang saluran napas
Siapkan dua kuntum kembang sepatu yang masih segar
Cuci sampai bersih
Giling kembang sepatu tersebut sampai lumat
Tambahkan air putih (matang) 100 mil
Tambahkan dengan sedikit garam dapur
Aduk sampai rata kemudian peras ambil airnya
Minum air ramuan tersebut dua kali sehari dengan dosis yang sama.

Kembang Sepatu untuk demam malaria
Siapkan 50 gram daun kembang sepatu
Setengah lembar daun pepaya
10 gram garam inggris
Rebus ramuan tersebut dengan volume air setengah liter sampai mendidih
Saring ambil airnya
Minum air ramuan tersebut selagi hangat
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia