Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Obrolan Ringan / Makanan Penambah Tinggi Badan
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 10, 2014, 02:01:01 AM »
iapa yang tidak ingin punya badan tinggi layaknya bule-bule keren? Jelas semua orang menginginkannya termasuk Anda bukan. Bicara soal tinggi badan mari kita telaah terlebih dahulu apa yang menyebabkan tinggi badan seseorang bertambah dengan cepat ataupun dengan proses yang memakan waktu cukup lama karena kebanyakan orang tidak bisa ditentukan kapan dan berapa tinggi badannya akan mulai ataupun terus naik.

Di Indonesia, tinggi rata-rata orang Indonesia maksimal mencapai 170 cm, tinggi badan tersebut sudah tergolong tinggi jika hanya dilihat dari wilayah Indonesia yang masyarakatnya cenderung lebih pendek dibanding orang-orang eropa. Perbedaannya sangat jelas, kita sering melihat pertandingan sepak bola antara Timnas Indonesia dengan Timnas negara lain, Korea Selatan misalnya. Dari layar televisi saja sudah terlihat jelas perbedaan tinggi badan orang Indonesia dibanding orang Korea Selatan, kenapa?.

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan seseorang adalah faktor keturunan (gen), jika kedua orang tua Anda termasuk dalam kategori yang memiliki postur tubuh cukup tinggi, kemungkinan besar tinggi badan Anda bisa sama dengan orang tua Anda, bahkan bisa lebih. Namun bisa juga kebalikannya, jika orang tua Anda memiliki postur tubuh yang pendek, kecil kemungkinannya tinggi badan Anda akan melebihi orang tua Anda, namun tidak menutup kemungkinan juga jika Anda bersikeras untuk berusaha menambah tinggi badan.

Faktor lainnya bisa dilihat dari makanan, orang Indonesia lebih suka makanan yang cepat saji, mengandung banyak lemak jahat, dan berkolesterol tinggi sehingga tinggi badan pun akan terhambat akibat ini. Sedangkan orang-orang di eropa sana lebih suka makan sesuatu yang menyehatkan tubuh dan biasanya tidak disukai oleh lidah orang-orang kita, misalnya seperti ikan salmon mentah namun sudah di bersihkan kotorannya.

Melihat kondisi tersebut, tidak mungkin jika kita meniru kebiasaan mereka dalam mengkonsumsi ikan mentah, atau jenis makanan lainnya yang mereka konsumsi karena lidah kita tidak serasi dengan lidah-lidah orang luar. Oleh karena itu, disini akan di sebutkan sedikit beberapa makanan sehat yang dapat Anda konsumsi untuk menambah tinggi badan Anda, apa saja itu? Simak berikut ini,

Makanan sehat sebagai penambah tinggi badan

1. Telur

Selain sebagai salah satu sumber makanan yang tinggi pretein, putih telur ternyata juga bisa menambah tinggi badan. Jadi, jangan takut untuk mengkonsumsi putih telur sebagai menu sarapan Anda tiap harinya.

2. Ayam

Sama seperti telur, kandungan protein dalam ayam sangat bermanfaat untuk perkembangan otot dan tulang. Mengkonsumsi dua porsi ayam dalam satu minggu dapat menambah tinggi badan Anda secara signifikan.

3. Daging

Cowo-cowo yang hobi pergi ke tempat fitnes tentu tahu betul apa manfaat daging, yaitu untuk membentuk massa otot tubuh. Memang benar, tapi daging juga memiliki peran lain untuk tubuh, yaitu dapat meningkatkan tinggi badan. Hanya sebagai catatan, pilihlah daging yang rendah lemak.

4. Pisang

Kandungan kalsium dalam pisang bermanfaat untuk menguatkan tulang. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan mineral yang berkhasiat untuk mengembangkan massa otot tubuh. Banyak sekali bukan manfaat buah pisang ini.

5. Oatmeal

Makanan yang satu ini juga sering di konsumsi oleh cowo-cowo yang sering ngegym, katanya bisa membuat tubuh gemuk bagi yang kurus dan juga bisa dijadikan menu sarapan pagi yang sehat karena dapat membuat tubuh kenyang lebih lama dan tentunya dapat menambah tinggi badan Anda.
92
Obrolan Ringan / Re:Pasak Bumi, Obat Kuat Alami Asli Indonesia
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 06, 2014, 09:42:41 PM »
Sebuah temuan yang diterbitkan dalam Journal International Society of Sports Nutrition menemukan tanaman asli Indonesia mampu menjadi pembangkit gairah pria sekaligus suplemen peningkat massa otot.

New Sunday Times menyebut, asupan ekstrak akar tanaman yang disebut 'Tongkat Ali' sebanyak 200 mg setiap hari mampu meningkatkan kadar testosteron pria sebanyak 37 persen selama 28 hari.

Kenaikan testosteron akan meningkatkan libido, dorongan seks, massa otot serta mengurangi massa lemak.  Sehingga ekstrak tanaman ini disebut-sebut sebagai Viagra Asia.

Tongkat Ali selama bertahun-tahun digunakan pria di Indonesia dan Malaysia untuk meningkatkan gairah seksual, libido, kinerja seksual dan untuk mengobati disfungsi ereksi.

Berdasar penelitian, tanaman Tongkat Ali mengandung Adaptophen yang terbukti efektif meningkatkan kekuatan otot dan stamina, memperbaiki libido.

Namun, di sisi lain kritikus mengatakan senyawa dalam tongkat Ali kontroversial karena membuat atlet memperoleh keuntungan yang tidak adil sehingga harus dilarang penggunaannya.

Tetapi ilmuwan pendukung berpendapat, senyawa ini aman dan efektif. "Pelarangan ekstrak alami akan mirip dengan melarang atlet mengkonsumsi creatine , yang juga diisolasi dari sumber alami," ujar Shawn M Talbott, salah satu peneliti.

Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine & Science menemukan pemula yang mengkonsumsi senyawa tersebut selama tujuh minggu mengalami peningkatan otot hingga 600 persen. Mereka juga mengalami penebalan pada massa otot bisep dibandingkan kelompok yang menggunakan plasebo.

Kendati terbukti sangat manjur, peneliti mengingatkan bahwa tanaman ini sangat langka dan ketersediaannya di alam sangat terbatas. Akibat meningkatnya permintaan ekstrak tanaman ini di AS, ilmuwan mengingatkan agar bahaya konsumsi tongkat Ali palsu yang berasal dari China.
93
Obrolan Ringan / Pasak Bumi, Obat Kuat Alami Asli Indonesia
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 06, 2014, 09:40:59 PM »
Tanaman herbal pasak bumi yang dalam bahasa latinnya disebut sebagai eurycoma longifolia radix merupakan tanaman herbal asli Indonesia yang banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk menambah kejantanan dan keperkasaan pria dewasa dalam hubungan seksual. Pasak bumi juga dikenal dengan nama lain Tongkat Ali, tanaman atau tumbuhan herbal pasak bumi ini ternyata telah berkembang yang tidak hanya tumbuh di tanah Indonesia namun juga tumbuh di Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Semenanjung Malaya, Burma Selatan, Laos, Kamboja dan Birma.



Pasak bumi juga memiliki nama sebutan dalam tiap daerah di Indonesia, seperti :

- Kalimantan : pasak bumi
- Jawa : Widara putih
- Bangka : Bidara laut, mempoleh
- Melayu : penawar pahit
- Sumatera : beseng
- Aceh : Tongkat ali

Pasak bumi juga dikenal dan memiliki nama lain di beberapa negara sebut saja seperti di Malaysia yang dikenal dengan sebutan tongkat ali, bedara merah, atau bedara putih, sedangkan di Thailand dikenal dengan nama plaa-lai-pueak, hae pan chan, plaalai phuenk atau phiak.

Berikut ini adalah ciri-ciri umum dari tanaman herbal pasak bumi :

a. Jika diteliti dari batang tumbuhan dengan ciri :

Memiliki lingkar tumbuh dengan batas tidak jelas, tetapi parenkim pita menyerupai batas lingkar tumbuh. Pembuluh: baur, 34-73 persen soliter, lainnya berganda radial 2-3 sel, beberapa bergerombol dan berderet tangensial, panjang 425 ± 21 ?, diameter sampai 203 mikron, rata-rata 99 ± 6 ?, frekuensi 6,2 ± 0,9 per mm2 , bidang perforasi sederhana, ceruk antar pembuluh selang seling, bersegi banyak, diameter 6-11 ?, ceruk antar pembuluh dengan jari-jari serupa dalam ukuran dan bentuk dengan ceruk antar pembuluh, tilosis tidak dijumpai, endapan kadang-kadang ada. Trakeida vaskular: tidak dijumpai. Parenkim: dua macam, pita setebal 2-5 sel dan berjarak kurang teratur dan vaskisentrik, panjang untai, 3-4 sel. Jari-jari: heteroselular dengan 1 atau 1-4 jalur sel tegak, lebar 1- 6 seri, tinggi sampai 2085 mikron, rata-rata 867 ± 89 ?, frekuensi 7,6 ± 0,4 per mm, jari-jari agregat terkadang ada. Serat: dengan ceruk halaman yang tegas, ketebalan dinding sedang, panjang 1040 ± 46 mikron, diameter 16,7 ± 0,9 ?, tebal dinding 4,1 ± 0,3?.

Saluran interselular: saluran aksial traumatik kadang-kadang ada, tersusun dalam deret tangensial pendek. Inklusi mineral: kristal prismatik adakalanya dijumpai dalam sel baring jari-jari, silika tidak dijumpai.

b. Jika diteliti dari akar tumbuhan dengan ciri :

 Lingkar tumbuh: batas tidak jelas, tetapi parenkim pita menyerupai batas lingkar tumbuh. Pembuluh: baur, 30-95 persen soliter, lainnya berganda radial 2-3 sel, beberapa bergerombol dan berderet tangensial, panjang 424 ± 27 ?, diameter sampai 214 ?, rata-rata 88 ± 8 ?, frekuensi 9,4 ± 1,3 per mm2, bidang perforasi sederhana, ceruk antar pembuluh selang-seling, bersegi banyak, diameter 7-9 ?, ceruk antar pembuluh dengan jari-jari serupa dalam ukuran dan bentuk dengan ceruk antar pembuluh, tilosis tidak dijumpai, endapan kadang-kadang ada. Trakeida vaskular : ada pada akar cabang pohon dewasa walau jarang Parenkim: dua macam, pita setebal 2-4(5) lapis sel dan berjarak kurang teratur dan vaskisentrik, panjang untai 3-4 sel. Jari-jari: heteroselular dengan 1-3 atau 1-4 jalur sel tegak, lebar 1-3- 6(8) seri, tinggi sampai 1800 ?, rata-rata 919 ± 131 ?, frekuensi 8,9 ± 0,5 per mm. Serat: dengan ceruk halaman yang tegas, ketebalan dinding sedang, panjang 1017 ± 66 ? , diameter 17,8 ± 0,7 ?, tebal dinding 3,6 ± 0,2 ?. Inklusi mineral: kristal dan silika tidak dijumpai.
94
Obrolan Ringan / Re:Konsumsi Ini Untuk Ginjal Lebih Sehat
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 05, 2014, 09:59:34 PM »
Setiap orang bisa memiliki ginjal yang sehat dan berfungsi baik hingga usia tua. Sayangnya, banyak orang mengabaikan kondisi ginjal. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan ginjal juga masih minim.

Di Amerika, satu dari tiga warganya memiliki risiko sakit ginjal dan jumlah ini terus meningkat. Tekanan darah tinggi, diabetes, atau sejarah keluarga turut memengaruhi peningkatan risiko sakit ginjal.

Dalam pertemuan National Kidney Month pada Maret 2014 dan memperingati World Kidney Day, National Kidney Foundation mendorong setiap orang untuk belajar tentang ginjal dan bagaimana menjaga kesehatannya.

Pengetahuan dasar yang diberikan, antara lain, tiap orang harus mengetahui bahwa dirinya terlahir dengan dua ginjal meski sebetulnya hanya membutuhkan satu. Setiap hari, ginjal menyaring 200 liter darah dan dalam prosesnya menyaring dua liter racun, limbah, dan air.

Limbah dan air biasanya akan meninggalkan tubuh dalam bentuk urine. Melalui proses ini, ginjal mampu mengatur kadar air dalam tubuh. Ginjal juga melepas hormon yang mengatur tekanan darah, produk sel darah merah, dan membantu memelihara kesehatan tulang.
Kerusakan fungsi ginjal biasanya berlangsung perlahan dalam waktu lama. Karenanya, saat seseorang mengalami gagal ginjal, ia cenderung akan mengalami sakit ginjal terlebih dahulu dalam waktu lama. Oleh sebab itu, semestinya masyarakat mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan ginjal. Mulailah melakukan pencegahan dan deteksi dini penyakit ginjal.

Untuk mengurangi risiko penyakit ginjal, berikut enam langkah yang direkomendasikan National Kidney Foundation:

1. Lakukan pengujian
Bila merasa berisiko, sebaiknya segera lakukan pengujian dalam tes kesehatan rutin. Kebanyakan orang suka menunda pemeriksaan, padahal tes dan pencegahan bisa mencegah penyakit ginjal. Berikut dua jenis tes yang harus dilakukan untuk mengetahui penyakit ginjal:
a. Tes urine untuk albumin
Albumin adalah salah satu tipe protein. Protein dalam urine merupakan tanda-tanda dini adanya bahaya pada ginjal. Ketika terlalu banyak protein dalam urine, maka filter pada ginjal mulai rusak dan berisiko bocor.

b. Tes darah untuk kreatinin
Kreatinin adalah produk limbah dari metabolisme otot yang dibuang ginjal. Kadar kreatinin digunakan untuk memperkirakan estimated glomerular filtration rate (eGFR), yang merupakan ukuran kemampuan ginjal menyaring limbah dari darah.

2. Mengatur tekanan dan kadar gula dalam darah
Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua penyebab terbesar penyakit ginjal. Keduanya berpotensi merusak pembuluh darah dalam ginjal.

Sedikit peningkatan tekanan darah (prehypertension) dan gula darah merujuk pada kondisi prediabetes yang membahayakan ginjal. Kata "pre" tidak seharusnya dianggap remeh untuk segera melakukan pencegahan penyakit ginjal.

3. Perhatikan skala indeks massa tubuh
Menjaga berat badan tetap sehat berefek baik pada kesehatan ginjal. Overweight mengindikasikan bahwa ginjal harus bekerja lebih keras menyaring racun dalam proses metabolisme massa tubuh yang meningkat.

Risiko yang sama juga dialami penderita obesitas, yang berpeluang lebih besar menderita diabetes dan hipertensi yang berujung pada sakit ginjal. Untuk mengurangi risiko ini, sebaiknya segera kurangi berat badan pada penderita diabetes dan darah tinggi.

4. Berhenti merokok
Merokok bisa memperburuk penyakit dan kondisi ginjal. Berhenti merokok memang sulit, tetapi perubahan tersebut penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh secara keseluruhan.

5. Olahraga dan hati-hati saat makan
Dengan sifat serangannya yang lama, maka kegiatan dan pilihan menu harian berdampak tidak sama dalam pencegahan penyakit ginjal. Rutin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat akan mengurangi risiko perkembangan penyakit ginjal.

Untuk pilihan menu, sebaiknya perhatikan asupan garam dan kadar sodium dalam pengolahan makanan. Keduanya bisa menyebabkan hipertensi yang mengganggu kesehatan ginjal. Masyarakat bisa mencoba Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) yang seimbang dan ramah ginjal.

6. Waspada dalam memilih obat
Beberapa resep dan obat yang dijual bebas disaring oleh ginjal. Artinya, ginjal mengolah dan menyaring racun pada obat dari dalam tubuh.

Karena itu, biasakan membaca label dan menimbang risiko serta keuntungan mengonsumsi obat. Sebaiknya hindari penggunaan berlebihan obat yang membahayakan ginjal, misalnya ibuprofen dan naproxen.
95
Obrolan Ringan / Konsumsi Ini Untuk Ginjal Lebih Sehat
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 04, 2014, 01:59:40 AM »
Kesehatan ginjal merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan, mengingat fungsi ginjal yang sangat vital bagi tubuh. Fungsi ginjal bukan hanya sebagai penyaring darah dalam tubuh. Namun juga berfungsi menjaga keseimbangan dari tingkat-tingkat elektolit-elektrolit didalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menstimulasi produksi dari sel-sel darah merah.

Agar ginjal tetap berfungsi dengan baik, maka kesehatan ginjal perlu dijaga. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk ginjal. Apa saja makanan yang baik untuk ginjal? Berikut ini beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan ginjal seperti dikutip dari Time of India.

Paprika merah

Selain sebagai penambah rasa dan aroma, paprika merah juga berfungsi untuk membersihkan darah yang akan sangat membantu bagi orang-orang dengan gagal ginjal.

Putih telur

Jika Anda memiliki masalah ginjal, Anda membutuhkan protein dengan kandungan fosfor rendah. Putih telur adalah pilihan yang baik karena merupakan jenis protein yang sehat dengan kandungan fosfor jauh lebih rendah daripada protein jenis lain. Kuning telur harus dihindari, terutama mereka yang memiliki masalah ginjal.

Kembang kol

Sayuran ini adalah musuh dari senyawa beracun dalam tubuh. Mengandung indoles, glucosinolates dan tiosianat, yang secara efektif menghilangkan racun yang mengganggu kinerja ginjal. Cara termudah adalah dengan merebus kembang kol dengan sedikit merica dan garam.

Kubis

Sayuran ini adalah sumber terbaik dari fitokimia yang efektif menyingkirkan radikal bebas yang merusak tubuh dan kulit. Makan kubis mentah sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah ginjal dan harus menjalan cuci darah.

Ikan

Mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan sumber protein yang baik untuk pasien dengan gangguan ginjal. Protein yang terkandung dalam ikan cenderung lebih aman dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

Jus buah

Memiliki kandungan fitokimia yang efektif untuk memecahkan limbah atau racun. Pilihlah jenis buah dengan kandungan antioksidan tinggi seperti berry untuk membantu proses kerja dan fungsi ginjal. Itulah mengapa mereka yang harus menjalani cuci darah dianjurkan untuk banyak minum jus buah.

Itulah dia beberapa jenis makanan untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga serta menghindari rokok dan alkohol.
96
Obrolan Ringan / Re:Keajaiban Kemiri
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 02, 2014, 10:51:16 PM »
Manfaat minyak kemiri adalah salah satu jenis minyak yang banyak digunakan dalam dunia kecantikan, karena khasiatnya yang baik untuk rambut, kulit dan tubuh. Berbagai jenis minyak alami mengandung nutrisi yang memberikan efek terhadap yang kesehatan kulit dan rambut seperti kandungan vitamin E yang juga ada pada manfaat minyak zaitun.

Kemiri sering digunakan sebagai pewarna rambut alami dan untuk mengeluarkan warna alami di rambut. Meskipun menggunakan minyak kemiri untuk pewarna rambut mungkin tidak efektif, karena diyakini bahwa minyak kemiri dapat menonjolkan warna alami rambut. Bahkan, beberapa protein yang ditemukan dalam minyak kemiri diyakini untuk meningkatkan warna dan membuatnya tampak lebih hidup.

Manfaat minyak kemiri

Beberapa waktu sebelumnya kemiri selalu dikenal sebagai sumber asam lemak Omega 3, dan dikonsumsi sebagai kacang sejak dahulu kala. Selama beberapa dekade terakhir kita telah menemukan bahwa manfaat minyak kemiri juga baik bagi kulit, rambut dan kesehatan juga. Konsumsi kemiri telah terlihat banyak perubahan tren dalam beberapa dekade terakhir, yang telah memberikan variasi manfaat dan semua telah terbukti menguntungkan bagi manusia.

Manfaat Minyak kemiri untuk Kulit

Mengatasi keriput - Cara mengatasi keriput dengan manfaat minyak kemiri, dapat berdampak besar untuk memerangi garis-garis halus. tekstur berminyak pada minyak kemiri,  dapat menyingkirkan garis-garis halus dan kerutan pada pemakaian yang teratur.

Obat untuk infeksi - Kita semua pernah mengalami infeksi jamur yang mengerikan dan membuatnya terasa tidak berdaya. Minyak kemiri adalah jawaban untuk menyembuhkan infeksi dan membunuh kuman-kuman penyebabnya.

Melimpah kandungan amtioksidan – Minyak kemiri, mengandung manfaat antioksidan yang sangat baik dan mencegah penuaan dini dengan menghambat tanda-tandanya dengan sangat baik.

Mengatasi rambut rontok

Tidak ada yang suka melihat rambut yang tak terhitung jatuh setiap kali di sisir. Manfaat minyak kemiri, sering membantu orang melawan kerontokan rambut dengan bantuan asam lemak Omega-3  yang mencegah kerusakan sel.

Menghilangkan ketombe

Minyak kemiri, merupakan cara menghilangkan ketombe dengan membantu menjaga kulit kepala tetap  bersih yang menghapus semua kotoran. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mencegah kulit kepala dari  terkelupas karena ketombe.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Minyak kemiri mempromosikan pertumbuhan rambut karena tinggi kalium. Kalium sangat penting karena membantu regenerasi sel dan karenanya mempercepat pertumbuhan rambut.

Manfaat minyak kemiri Untuk Mengatasi Perut buncit

Minyak kemiri dapat membantu mengurangi lemak perut. Hal ini bisa dengan mudah dikonsumsi, yaitu dengan mengganti minyak lain saat memasak dengan minyak kenari. Menambahkan minyak kenari ke salad dapat membuat rasa kenyang lebih lama dan melawan keinginan untuk makan.

Manfaat minyak kemiri juga membantu mengatasi insomnia dan memastikan tidur malam yang baik. Kandungan melatonin membantu tidur dan mengaturnya. Hal ini baik untuk orang-orang dengan pola tidur yang tidak teratur. Beberapa manfaat minyak kemiri yang baik untuk kecantikan dan juga menunjang kesehatan ini, tidak ada salahnya bagi kita untuk mulai mengkonsumsi nya.
97
Obrolan Ringan / Keajaiban Kemiri
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Maret 02, 2014, 10:40:21 PM »
Kemiri merupkan salah satu bahan rempah yang cukup populer di Indonesia. Selain sebagai bahan rempah, kemiri juga dimanfaatkan untuk dibuat menjadi minyak. Kandungan kimia yang ada pada kemiri seperti gliserida, asam linoleat, palmitat, stearat, miristat, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zat lemak.

Masyarakat Indonesia sudah sejak lama memanfaatkan minyak biji kemiri sebagai penumbuh dan penyubur rambut. Jika teratur mengoleskan minyak kemiri ke kulit kepala, maka rambut yang tumbuh akan jadi sehat, tebal, dan berkilau.

Seperti yang dikutip dari kompas online, selain sebagai obat penyubur rambut, buah kemiri juga diyakini mempunyai khasiat bisa mengobati buang air besar yang berdarah, diare, disentri, sakit perut, sembelit, demam, sariawan, dan juga sakit gigi.

Pada kemiri, banyak terkandung zat gizi dan nongizi. Zat nongizi dalam kemiri misalnya saponin, falvonoida, dan polifenol. Banyak peneliti yang telah membuktikan bahwa ketiga komponen ini mempunyai arti yang sangat besar untuk kesehatan. Kandungan zat gizi mikro yang terdapat dalam kemiri contohnya protein, lemak, dan karbohidrat.

Kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium merupakan jenis mineral yang dominan pada buah kemiri. Selain itu juga terkandung zat besi, seng, tembaga, dan selenium, dalam jumlah sedikit.

Sekitar 53 persen dari kemiri adalah lemak. Namun lemak tersebut adalah lemak tak jenuh yang bukan cuma mampu menurunkan kadar LDL, tapi juga mencegah penggumpalan darah yang merupakan biang keladi serangan jantung dan stroke.

Kandungan penting kemiri lainnya adalah vitamin, folat, serta fitosterol yang bisa merusak enzim pembentuk kolesterol di dalam hati, sehingga menghambat pembentukan kolesterol.

Ada dua jenis protein yang ada pada biji kemiri, yaitu asam amino esensial dan nonesensial. Salah satu fungsi asam amino adalah untuk pertumbuhan karena asam amino terdapat di semua jaringan dan membentuk protein dan antibodi.

Asam amino nonesensial yang menonjol pada kemiri, yaitu asam glutamat dan asam aspartat. Keberadaan asam glutamat memberikan rasa nikmat di lidah, sehingga kemiri bisa menjadi pengganti alternatif penyedap masakan seperti MSG.
98
Obrolan Ringan / Nutrisi Dalam Jagung
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 27, 2014, 09:32:10 PM »
Jagung yang memiliki nama Latin Zea mays L. termasuk ke dalam famili Poaceae dan berasal dari Amerika Latin. Jagung merupakan salah satu bahan pangan pokok selain padi dan gandum. Banyak sekali makanan olahan yang berasal dari jagung, baik itu makanan olahan maupun yang tradisional. Contohnya adalah pop-corn, jagung bakar, nasi jagung, dsb.

Bahkan, belakangan ini ekstrak jagung dimanfaatkan sebagai bahan pemanis alami pengganti gula. Pemanis dari jagung ini dinilai lebih baik karena rendah kalori sehingga bagus untuk penderita diabetes.

Kandungan Nutrisi Jagung

Tak hanya kaya serat, jagung juga sumber karbohidrat kompleks, dan sejumlah zat gizi lainnya seperti vitamin B, dan C, karoten, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, omega 6, dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Kandungan nutrisi dalam 100gram jagung:
Energi: 129 kal
Protein: 4,1 g
Lemak: 1,3 g
Karbohidrat: 30,3 g
Serat: 2,9 g
Kalsium: 5 g
Fosfor: 108 mg
Zat Besi: 1,1 mg
Vitamin A: 117 IU
Vitamin B1: 0,18 mg
Vitamin C: 9 mg
Air: 63,5 g

Untuk mendapatkan kandungan serat dari jagung, Anda harus mengkonsumsi jagung utuh, bukan jagung olahan.

Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Karena kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, jagung sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini kita bahas beberapa khasiat jagung diantaranya:

Kesehatan Mata
Senyawa lutein dan zeaxanthin merupakan bagian dari senyawa karotenoid yang membentuk pigmen kuning di retina dan menyerap sinar biru, sinar berbahaya dari matahari, penyebab katarak dan makula degeneratif. Baca artikel: Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menurunkan Berat Badan
Serat kasar pada jagung memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Serat kasar ini juga dapat mencegah sembelit yang kerap terjadi pada orang gemuk. Baca artikel Cara Menurunkan Berat Badan.

Melancarkan ASI
Jagung kaya kalium yang bersifat diuretik (melancarkan air seni) sehingga dapat mengatasi iritasi saluran kemih, menurunkan kadar asam urat, dan mencegah batu ginjal.

Mencegah Kanker
Dari penelitian yang dilakukan Louisiana State University, mereka yang rajin makan jagung terbukti jarang terkena kanker usus besar, payudara, dan prostat. Besar kemungkinan kandungan betakaroten dan serat yang tinggi. Jagung juga mengandung protease inhibitor (saat diteliti pada hewan ternyata dapat mencegah pembentukan sel kanker).

Kesehatan Gigi
Penelitian yang dilakukan di 47 negara yang penduduknya rajin mengonsumsi pati jagung, gigi mereka ternyata jarang berlubang.

Mencegah Penyakit Jantung
Penelitian di Illionis State University menunjukkan, pria yang menjalani diet rendah lemak, dan makanannya ditambah 20 g jagung setiap hari selama 6 minggu, kadar trigliserida (salah satu jenis lemak penyebab penyakit jantung) turun hingga 13%.

Mencegah Diabetes
Jagung yang memiliki indeks glikemik yang rendah tidak serta merta menaikkan kadar gula darah sehingga baik diasup oleh penderita diabetes mellitus.

Manfaat Lainnya
Sementara penelitian di University of Southern California menunjukkan, mereka yang tinggi kadar lutein dalam darah dapat mencegah penambahan plak di arteri jantung. Serat larutnya berkhasiat menurunkan kolesterol. Kandungan asam folatnya menurunkan kadar homosistein (kadar homosistein yang tinggi dapat mengakibatkan serangan jantung).
99
Obrolan Ringan / Manfaat Kedelai
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 27, 2014, 01:13:48 AM »
Beberapa penelitian pernah menyebutkan bahwa kacang kedelai merupakan makanan super karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Kacang ini memiliki berbagai nutrisi penting yang baik bagi tubuh.  Mulai dari asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, kalsium, serat, phytoestrogen, fosfor, hingga zinc.

Nutrisi yang terkandung dalam kacang kedelai sangat direkomendasikan untuk orang-orang dengan gangguan jantung, diabetes dan darah tinggi. Selain itu, menurut dr. Sonia Wibisono, setidaknya ada tiga manfaat yang bisa diperoleh dari kebiasaan mengonsumsi kacang kedelai dan olahannya. Manfaat tersebut antara lain memperlancar ASI, sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan wanita lanjut usia.

Sebaga pelancar ASI, kacang kedelai mengandung phytoestrogen yang dapat membantu ibu menyusui memproduksi ASI yang melimpah. Terutama bagi ibu menyusui yang bekerja.

"Wanita sekarang ini kan sangat aktif. Saat bekerja, biasanya produksi ASI nya akan sedikit berkurang. Kita bisa mengakalinya dengan memperbanyak konsumsi kacang kedelai," ujarnya disela-sela acara Sehat dan Awet muda dengan Kacang kedelai di Pisa Kafe Menteng, Rabu, 26 Februari 2014.

Bukan hanya dapat memperlancar ASI, kandungan phytoestrogen dalam kacang kedelai juga membantu menambah hormon estrogen pada wanita lanjut usia yang mulai mengalami menopause. Karena saat mengalami menopause biasanya kandungan estrogen pada wanita mulai menurun. Hal inilah yang meningkatkan penyakit jantung.

"Wanita itu kan pada dasarnya lebih terlindung dari penyakit jantung karena memiliki hormon estrogen yang lebih banyak dari pria. Tapi saat menopause, hormon tersebut cenderung berkurang," ujarnya.

Sedangkan kandungan saponinnya, mampu berfungsi sebagai antioksidan, mencegah penuaan dini dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan isoflavonnya juga dapat memacu peningkatan kadar
superoxide dismutase (SOD) dalam darah, sehingga aktivitasnya sebagai antioksidan enzimatis meningkat.
100
Obrolan Ringan / Durian Nan Lezat Dan Penuh Manfaat
« Tulisan terakhir oleh bunga_rumput pada Pebruari 26, 2014, 01:04:08 AM »
Durian memiliki nama latin Durio zibenthinus Murr. Durian merupakan tanaman asli Asia yang berasal dari hutan Sumatera, Kalimantan dan Malaysia. Nama durian berasal bentuk buahnya yang memiliki kulit berduri. Soal rasa, buah durian memiliki rasa yang istimewa meskipun beberapa orang yang baru mencobanya merasa tidak suka.

Alfred Russel Wallace mengatakan bahwa durian adalah buah yang mirip puding dan diperkaya dengan rasa almond, kadang-kadang seperti es krim rasa keju, bercampur saus bawang, anggur, dan bermacam rasa yang unik. Mungkin seperti buah jengkol, meskipun bau menyengat masih banyak yang gemar memakannya.

Kandungan Gizi Buah Durian

Selain mendapat julukan ‘The King of Fruit’ durian juga mendapatkan julukan sebagai buah ‘bintang lima’ karena kandungan gizinya yang lengkap dibanding buah yang lain. Di antara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga ada zat gizi utama seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein.

Menurut tim peneliti dari Ohio State University, phytonutrient yang terkandung dalam buah durian diklaim mampu mematikan zat penyebab kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, diabetes, serta penyakit jantung.

Durian juga diperkaya dengan polifenol dan antioksidan seperti vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah durian bisa mencapai 200 mg/100 gr daging buah. Angka tersebut merupakan nilai tertinggi kandungan vitamin C pada buah.

Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo juga memberikan catatan penting tentang kandungan durian. Berdasarkan hasil riset mereka, kandungan zat phytosterol dalam durian berguna antara lain untuk memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, memperbaiki daya tahan tubuh terhadap serangan kanker, dan membantu menghambat pertumbuhan tumor.

Manfaat Kesehatan Buah Durian

Selain rasa memiliki rasa yang nikmat dan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, buah durian juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tak kalah pentingnya, seperti:

Obat Tidur Alami
Bagi Anda yang susah tidur dan jarang mendapatkan tidur berkualitas, mungkin mengonsumsi durian bisa menjadi solusi alternatif yang tepat. Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan euforia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin.

Meningkatkan Kemampuan Otak
Sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.

Mencegah Penuaan Dini
Vitamin C yang terkandung dalam durian merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Seperti kita ketahui bahwa kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.

Mencegah Depresi
Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon penting yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga mencegah Anda dari risiko stres dan depresi.

Lantas bagaimana dengan rumor yang beredar bahwa durian dapat membahayakan kesehatan?

Buah durian dapat mengganggu kesehatan jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Bahkan bisa mengakibatkan kematian jika Anda mengonsumsinya bersama dengan minuman beralkohol. Agar buah durian dapat dirasakan manfaat sehatnya, cukup konsumsi 100-200 gr saja sekali makan.
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia