Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia



Tulisan Terbaru

Halaman: 1 ... 8 9 [10]
91
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Cara Semai Tanaman Bunga Tapak Dara
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 28, 2016, 03:17:22 AM »
Sumber: bukalapak.com

Benih bunga vinca, tanaman hias yang disebut periwinkle atau vinca ini sebenarnya tanaman berkhasiat obat, ada yang menyebut sebagai tanaman tapak dara, ada beberapa warna bunga tanaman tapak dara, yaitu tanaman dengan bunga warna pink, tanaman tapak dara bunga putih, Bunga vinca merupakan bunga tradisional yang sampai saat ini sangat digemari dan hadir dalam berbagai warnya, tentunya sangat indah dan menarik, vinca marak ditanam di pot atau di tanah lahan kebun langsung.

Mengenal Visual Tanaman Vinca
- Tingginya hanya berkisar 20 sampai 50 cm (bergantung pada kultivarnya)
- Cepat berbunga (berbunga dalam tempo singkat, sekitar 2-4 bulan saja umur tanaman).
- Keunggulan nomor satu bunga vinca adalah bunganya yang banyak dan terkesan rimbun, corak warna yang sangat menghibur.
- Diyakini berkhasiat obat
- Daun dan bunga sangat rimbun

Sumber: tamanbenih.com

Jika Anda memiliki biji vinca atau membeli benih/bibitnya, maka panduan menanam tanaman vinca dibawah ini mungkin dapat berguna bagi Anda.

Cara penyemaian tanaman bunga vinca:
- Siapkan tanah humus atau tanah dicampur kompos.
- Basahi media tanam tersebut.
- Tanam biji-biji tersebut di atas media tanam sedalam 2 mm, atau bisa juga hanya ditabur di atas media tanam (tidak perlu ditutupi dengan media tanam).
- Semprot halus biji-biji tersebut dengan menggunakan handsprayer/botol semprotan parfum steril 10/20/30ml.
- Semprot biji 2x sehari, untuk menjaga kelembaban media tanam, tapi jangan sampai tergenang.
- Letakkan media semai di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung dan hujan.
- Dalam 5-14 hari, biji-biji tersebut mulai berkecambah.
- Jika bibit sudah cukup tinggi dan kuat, pindahkan ke kantong polybag ukuran 20



Sumber Artikel: www.gardenmatrial.com
92
Obrolan Ringan / Jika Pohon Bisa Bicara, Maka Ia Akan Mengatakan Hal Ini
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 27, 2016, 08:58:39 PM »
Oleh: Novitasari Suyatno

Sumber: unyilanothersstory.files.wordpress.com

Salah satu makhluk hidup yang mengisi alam ini dan merupakan makhluk yang keberadaannya sangat penting bagi kita, yaitu pohon. Contohnya kalau kita bekerja di depan laptop terlalu lama, maka melihat pepohonan yang begitu hijau akan membuat mata kembali segar.

Contoh di atas itu merupakan contoh kecil, masih banyak lagi peran besar pohon untuk kita. Tapi, kenapa banyak orang suka menyepelekan keberadaan pohon ya? Misalnya saja ada yang menebang pohon secara liar, ada juga yang membakar hutan dan juga tidak memberikan ruang diperkotaan untuk keberadaan pohon.

Andaikan saja kita bisa mendengar jeritan pohon-pohon itu, pastinya mereka akan meneriakkan keluh kesah mereka kepada kita. Kira-kira, kalau pohon bisa bicara, apa ya yang akan mereka katakan kepada kita? Mungkin mereka akan mengatakan hal ini.


1. Menanam Pohon adalah Menanam Harapan

Kalimat yang pastinya akan disampaikan oleh pohon adalah ajakan untuk menanam jenisnya lebih banyak lagi di muka bumi ini. Ini perlu manusia lakukan, karena ketika manusia menanam pohon maka sesungguhnya ia sedang menanam sebuah harapan. Kok bisa begitu ya?

Saat manusia menanam pohon, maka ia akan berharap pohonnya akan tumbuh menjadi besar. Kalau itu pohon yang berbuah, tentu saja mengharapkan pohonnya menghasilkan buah yang berukuran besar dan manis. Selain itu, ketika kita menanam pohon, maka itu menandakan bahwa manusia menginginkan usia bumi semakin panjang.


2. Kemampuanmu Bertahan Hidup Bergantung Pada Eksistensiku

Jika keberadaan pohon semakin hari semakin berkurang, lalu kita akan mendapatkan oksigen untuk hidup dari mana? Bukankah oksigen sangat penting bagi manusia? Dan salah satu penghasil oksigen itu adalah pohon. Berarti keberadaan manusia dimuka bumi ini bergantung dengan pohon dong!

Ya, tentunya keberadaan segala sesuatu dimuka bumi ini memang saling terkait satu sama lain. Jadi kalau ada sebagian yang musnah, maka akan mengganggu keseimbangan alam dan fungsi dari alam, kalau pohon ya berarti tidak ada yang menghasilkan oksigen. Oleh karena itu, kalau pohon bisa bicara, maka ia akan bilang kepada kita, “ Kemampuanmu Bertahan Hidup Bergantung Pada Eksistensinku”.


3. Mereka Berkata Bahwa Orang Tuaku Dibunuh Demi Sesuatu yang Mereka Sebut Pembangunan

Mungkin kalimat yang akan disampaikan oleh pohon berikut ini begitu menyedihkan. Ia akan berkata kepada kita bahwa orangtuanya dibunuh atau ditebang demi sesuatu yang sering orang sebut sebagai pembangunan. Benarkah demikian?

Coba kita lihat pembangunan yang terjadi di kota-kota besar. Bukankah untuk membangun sebuah perumahan, maka yang dilakukan oleh developer adalah mengosongkan lahan? Bagaimana cara mengosongkan lahan, ya tentunya dengan cara menebang pohon-pohon yang ada.


4. Setiap Hari Aku Menyuplai Oksigen

Seperti yang sudah diungkapkan di bagian sebelumnya, bahwa pohon menyuplai kebutuhan oksigen untuk kita dimuka bumi ini, satu pohon saja bisa menyediakan oksigen lebih dari 4 orang lho! Tapi entahlah kenapa banyak dari manusia lupa akan hal itu. Sehingga banyak yang tidak bijak memperlakukan pepohonan.

Karena fungsi pohon mengahasilkan oksigen, itulah mengapa hutan disebut sebagai paru-paru dunia. Jika paru-parunya bolong, maka dampak yang pertama akan kita rasakan adalah menipisnya lapisan ozon. Jika kondisinya semakin parah, maka lapisan ozon ini akan bolong juga. Sehingga menyebabkan panas matahari terperangkap di atmosfir bumi.


5. Aku Bisa Menyerap 22 kg Karbondioksida dalam Setahun

Satu fakta yang perlu kita tahu dan akan disampaikan oleh pohon kepada kita, bahwa dalam setahun satu pohon bisa menyerap 22 kg karbondioksida yang berasal dari sisa metabolisme manusia, serta menyerap karbondioksida dari asap pabrik dari dari sumber lainnya.



Sumber Artikel: Satujam.com
93
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Cara Merawat Tanaman Hias Cocor Bebek
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 23, 2016, 09:25:50 PM »
Oleh: Ragil Prasetyo


Tanaman hias cocor bebek adalah tanaman sekulen (mengandung air) yang biasa kita jumpai di toko bunga sebagai tanaman pot dalam ruangan, namun di tanah asalnya yaitu Madagaskar, cocor bebek bisa tumbuh di area luas outdoor. Tanaman hias ini terkenal karena metode reproduksinya menggunakan tunas daun (tunas/adventif).

Cocor bebek menjadi tanaman yang umum di daerah yang beriklim tropis seperti Asia, Australia, Selandia Baru, India Barat, Hawai dll. Cocor bebek memiliki batang yang lunak dan beruas. Daunya tebal berdaging dan memiliki banyak air. Warna daun hijau muda (kadang kadang abu-abu). Bunga majemuk, buah kotak. Bila dimakan cocor bebek rasanya agak asam dan dingin.


Cara Merawat Tanaman Cocor Bebek

Daun cocor bebek yang berwarna hijau dan berbentuk seperti kerang ini terlihat indah, bahkan seindah bunganya. Kandungan air yang ada pada daun menjadikanya cocok untuk ditanam di tanah yang kering sekalipun. Tapi idealnya di tempatkan pada suhu udara sekitar 16 derajat celcius. Tempatkan di area yang tidak sepanjang hari terkena sinar matahari.

Meskipun tanaman ini terlihat cantik tanpa bunga, akan lebih fantastik jika bunganya juga tumbuh. Cara menumbuhkan bunganya yaitu, jemur tanaman cocor bebek pada pagi hari selama beberapa jam, kemudian simpan di tempat gelap selama 12-14 jam, lakukan hal tersebut setiap hari hingga bunganya tumbuh.

Tanaman cocor bebek membutuhkan pot dengan sistem drainase yang baik. Tanaman ini dapat menjadi penghias ruangan dalam jangka waktu yang lama, namun sebaiknya sesekali jemur tanaman ini dibawah sinar matahari pada pagi hari.



Sumber Artikel: Satujam.com
94
Artikel tentang Tanaman Hias / Fittonia, Tanaman Hias yang Sangat Sensitif Terhadap Udara Dingin
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 23, 2016, 08:25:09 PM »
Oleh: Khair Khairuddin

Sumber: blanja.com

Tahukah kamu dengan tanaman Fittonia? Ya, tanaman fittonia merupakan tanaman yang pertumbuhannya lambat dan sangat sensitif terhadap udara dingin.

Untuk menanam tanaman ini membutuhkan suhu udara yang relatif stabil, hangat dan lembab. Atau bisa dikatakan untuk menanam tanaman ini gampang-gampang sulit. Fittonia tanaman yang baik untuk terrarium sehingga bila ditanam di terrarium akan mudah diletakkan dalam ruangan.


Sumber: tokopedia.net

Tanaman hias jenis ini memiliki 4 tipe yang dapat ditentukan berdasarkan ukuran dan tulang daunnya, diantaranya adalah:

1. Fittonia verschaffeltii yang mempunyai tulang daun warna merah muda.
2. Varietas Pearcei yang mempunyai tulang daun warna merah tua.
3. F. argyroneura yang mempunyai tulang daun warna putih dengan ukuran daun besar (panjang 2 inci),
4. Varietas Nana yang ukuran daunnya lebih kecil (panjang 1 inci), varietas ini lebih tahan dalam ruangan.


Sumber: plantsarethestrangestpeople.blogspot.co.id

Kita ambil contoh tanaman White Fittonia memiliki daun yang hijau subur dengan urat beraksen putih menjadi merah muda dan bulu pendek meliputi batangnya, tunas kecil mungkin muncul setelah waktu di mana batang terbagi menjadi daun.

Bunga-bunga kecil dengan putih untuk warna off-white dan berbunga beberapa kali dalam sebulan.

Perawatan tanaman White Fittonia memerlukan penyiraman secara teratur agar tanaman menjadi tumbuh subur dan melakukan pemupukan sebulan sekali dengan NPK Bunga. Media tanam yang digunakan sebaiknya menggunakan media tanah dan humus.

Ada beberapa kelebihan jika hendak menamam tanaman fittonia diantara adalah dapat digunakan sebagai obat penurun seakit kepala. Sebagaimana pernah dilakukan oleh beberapa suku Amazon Ekuador.



Sumber Artikel: Satujam.com
95
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Tips Jitu Menanam dan Merawat Bunga Lilin
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 20, 2016, 10:31:46 PM »
Oleh: Hartati dan Hasballah

Sumber: bibitbunga.com

Tanaman ini memiliki tampilan seperti lilin yang menyerupai bunga, itu sebabnya tanaman hias ini dinamai bunga lilin. Bunga lilin memiliki tampilan yang sangat unik dengan Kuncup bunga lilin yang berwarna putih yang muncul dari dalam tandan yang memiliki sisik seperti udang berwarna kuning terang. Bunga lilin atau juga dikenal dengan lolipop berasal dari negara Peru yang termasuk ke dalam keluarga Acantaceae.

Untuk pertumbuhannya sendiri, tanaman semak ini bisa mencapai ketinggian hingga 90 sampai 120 cm. Bunga lilin merupakan jenis tanaman yang tidak rewel karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda tertarik untuk menanam tanaman ini di rumah? Berikut tips jitu mulai dari pembibitan, penanaman hingga perawatan yang bisa diikuti agar tanaman lilin Anda tumbuh dengan sehat dan subur.

Pembibitan

Untuk memperbanyak tanaman ini bisa dilakukan menggunakan stek batang. Saat ingin melakukan stek pilihlah batang yang bagus dan memiliki struktur kuat serta bentuk batang lurus. Pastikan saat pemotongan batang menggunakan pisau tajam dan arahnya miring agar tidak merusak kondisi batang.


Penanaman

Persiapkan media tanam yang berasal dari olahan tanah dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1:1. Tancapkan bibit secara tegak lurus dan keatas dengan kedalaman 10 cm agar tanaman kokoh dan perakarannya kuat. Basahi media tanam dengan air agar tidak layu.


Perawatan

Bunga lilin merupakan jenis tanaman yang tidak rewel karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Siram tanaman lilin jika sudah terlihat layu atau kering. Jika terlihat daunnya gugur menandakan tanaman kekurangan air. Penyiraman yang baik dan di beri pupuk cair yang dengan cara disiramkan pada pangkal bunga dapat merangsang pertumbuhan bunga. Jika tanaman sudah mulai tinggi, lakukan pemangkasan sesuai ketinggian yang diinginkan.



Sumber Artikel: Jitunews.com
96
Obrolan Ringan / Teh Hibiscus Kurangi Resiko Penyakit Jantung
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 20, 2016, 07:59:57 PM »
Oleh: Rina Anggraeni


Teh Hibiscus atau dikenal dengan teh bunga sepatu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Teh yang memiliki kandungan bunga sepatu ini memiliki banyak keuntungan menjaga kesehatan, khususnya mereka yang menderita penyakit jantung.

Teh ini dipercaya mengurangi resiko penyakit jantung. Berdasarkan penelitian, orang yang mengkonsumsi minimal 14 cangkir teh kembang sepatu setiap minggu dapat mengurangi tingkat kematian saat mengalami sakit jantung.

Mengutip Boldsky, hal ini dapat mengurangi waktu kematian saat menderita penyakit jantung untuk pertama kalinya. Alasannya, beberapa bahan kandungan pada teh kembang sepatu memiliki kadar tinggi antioksidan.

Antioksidan ini yang membantu dalam melawan radikal bebas hingga dapat mengatur kondisi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi. Dengan demikian, mengurangi risiko penyakit jantung dan gangguan hati.

Selain itu, teh ini juga sangat bermanfaat untuk mengurangi sakit pada penderita kanker serta rasa nyeri saat menstruasi yang sering terjadi  pada wanita.



Sumber Artikel: Sindonews.com
97
Trip & Trik Memelihara Tanaman / Menanam Dan Budidaya Bunga Gerber Daisy
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 16, 2016, 08:09:12 PM »
Oleh: Iskandar Muda


Bunga gerber daisy (Gerbera jamesonii) secara sekilas hampir mirip dengan bunga kertas. Namun bunga ini mempunyai bentuk daun, bunga, dan kelopak yang berbeda dengan bunga kertas. Garber daisy berpohon rendah dengan daun yang lebar. Batang tangkai bunganya juga panjang dan lurus tanpa cabang. Sedangkan kelopak bunganya banyak dengan warna bermacam-macam, mulai dari merah, pink, putih, kuning, dll. Tanaman Gerber daisy di Indonesia lebih dikenal sebagai Herbras. Tumbuhan asal Afrika Selatan ini mempunyai bunga warna warni dan kerap dijadikan bunga potong bersama mawar, anyelir, seruni, dan tulip.

Bunga ini sangat cantik bila ditanam sebagai penghias dirumah Anda. Bunga ini dapat tumbuh baik di dalam pot dan di dalam ruangan. Tanaman ini efektif menghilangkan trichloroethylene. Bunga gerber daisy cocok diletakkan di kamar mandi, ruang mencuci atau kamar tidur. Jika Anda tertarik menanamnya, sebaiknya Anda ikuti panduan berikut ini:


Pembibitan

Garber daisy diperbanyak dengan bijinya. Biji garber daisy dikeringkan di terik matahari sekitar dua hari sampai biji kering sempurna. Simpan beberapa minggu sebelum mulai ditanam. Usahakan penanaman dilakukan setelah pemilihan bibit dengan cara merendamnya selama 2-3 jam sebelum tanam.


Penanaman

Pisahkan bibit yang tenggelam untuk ditanam di media tanam berupa tanah, pasir, dan pupuk kandang/kompos (1:1:1). Masukkan biji pada media tanam yang telah disiapkan tadi. Selanjutnya tutup dengan tanah tanpa dipadatkan supaya cepat tumbuh. Lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban media tanam.


Perawatan

Untuk bunga garber daisy sendiri hanya memerlukan air secukupnya, jadi sebaiknya siram jika sedang akan layu saja. Berikan juga pupuk sebagai nutrisi secara berkala setiap 3 minggu sekali, bisa dengan pupuk tebar atau pupuk semprot.



Sumber Artikel: Satujam.com dan Kehatipertagas
98
Artikel tentang Tanaman Hias / Mengetahui Sekilas Tentang Bunga Vinca yang Indah
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 16, 2016, 07:55:03 PM »
Oleh: Hamasah Izz


Bunga yang satu ini memiliki nama Vinca yang berarti Bunga Tapak Dara, ia berasal dari genus Cartharanthus, dan famili tanaman Apocynaceae, yang nama umumnya adalah Madagaskar Periwzinkle.

Tumbuhan ini dapat hidup pada cuaca panas di semua zona tumbuh, baik itu dataran kering sampai yang berpasir. Ukuran tumbuhan ini mulai dari ukuran 8 sampai 18 inci tingginya, dan menyebar mulai 1-2 kaki.

Sinar matahari penuh sangat cocok sebagai perkembangan tanaman yang satu ini, dan bisa dibilang kondisi terbaik, meskipun beberapa kondisi ataupun lingkungan yang teduh seperti sore hari pun baik-baik saja.

Masa mekar bunga pada tanaman ini adalah awal musim panas pertama sampai pada masa embun beku.

Sedikit tambahan, dedaunan dari tanaman tapak dara ini umumnya berwarna hijau tua dan kasar. Tanaman tapak dara memiliki bunga tunggal dengan lima kelopak yang saling bersambung dan kena antar bunga atau disebut juga tumpang tindih.


Desain Tips

Tanamlah tanaman vinca sebagai tanaman pengisi untuk setiap titik cerah kosong di perbatasan kebunmu, sebagai  tanaman hias yang bisa memperindah kebun dihalamanmu

Sifat perawatan yang terbilang mudahlah yang menyebabkan tanaman tapak dara ini dapat berhasil apabila diletakkan dalam kotak jendela ataupun dalam wadah taman lainnya.


Varietas

Cooler seri: Tanaman yang cocok untuk pilihan ketika musim dingin datang.

Heatwave seri: Tanaman ini memiliki kebiasaan unik, yaitu pertumbuhannya  yang serempak dan angat kompak.

Mediterania seri: Tanaman jejak dua kaki, flora ini akan lebih indah apabila digunakan dalam wadah atau keranjang gantung.



Sumber Artikel: Satujam.com
99
Obrolan Ringan / Re:Memelihara Tanaman di Rumah Bisa Perpanjang Umur
« Tulisan terakhir oleh diankrisechan pada November 16, 2016, 07:30:56 PM »
bener banget tu gan :) so, setidaknya di rumah ada tanaman pot 2-3 untuk menambah keasrian rumah dan supaya udara di rumah bisa lebih sehat  :) :D
100
Obrolan Ringan / Re:Memelihara Tanaman di Rumah Bisa Perpanjang Umur
« Tulisan terakhir oleh bilqis55 pada November 14, 2016, 03:31:21 AM »
Masuk akal juga gan kalau memelihara tanaman di rumah bisa memperpanjang umur karena tanaman di rumah bisa membantu mensterilkan udara sehingga kita bisa menghirup udara yang sehat dan pastinya bisa menambah umur kita
Halaman: 1 ... 8 9 [10]


Copyright © Forum Komunitas Tanaman Hias Indonesia